#Memesonaitu Isyarat Percaya Diri yang Tersampaikan Meski Tanpa Kata

Seorang wanita, berjalan anggun memasuki ruangan. Dagu tegap memperlihatkan rasa percaya diri. Bahagia terpancar di wajahnya. Matanya lurus memandang ke depan. Ia tahu apa yang dicari dan untuk apa dia berada di sana. Senyum tetap terlihat saat ia menyapa atau berbicara. Saat ia bahagia, seluruh partikel dalam dirinya terlihat ikut bahagia. Sehingga, siapa pun yang berada di dekatnya akan ikut merasa bahagia. Pernah melihat wanita itu? Atau kamu sendiri? 

Memesona itu percaya diri. Sumber foto: Pancarkanpesonamu.com
Wanita yang saya sebutkan di atas adalah sebagian dari definisi wanita memesona. Ia wanita yang tahu apa yang harus dia sampaikan dengan gesture tubuhnya. Ia luwes, percaya diri, mandiri, dan berpenampilan baik, sesuai tempat yang didatanginya. Wanita memesona tak harus cantik dan berambut panjang berkilau dengan gigi rata. Itu stigma lama yang kadang masih dipakai. Tidak! #Memesonaitu, isyarat percaya diri yang tersampaikan dari cara berlaku, meski kadang tanpa kata.

Tampil memesona adalah idaman semua wanita. Wanita memesona selalu ada di sekitar kita. Aku dan kamu, juga bisa menjadi wanita memesona. Ketika kamu menjadi leader sebuah project, dan kamu bisa mengiring semua tim untuk bersatu mencapai goal yang ditetapkan bersama, di situlah kamu menjadi wanita idaman itu.  Karena butuh rasa percaya diri, kemampuan take over, decision maker, daring dan lovely person untuk bisa menggerakkan hati tim dalam bekerja sama. 

Tiba-tiba, ingatan saya meloncat jauh ke depan, kepada para selebritas yang selalu berpenampilan charming. Fokus saya pada seorang presenter yang tidak cantik namun enak dilihat, yaitu Ayu Dewi Kusumawati. Saat bertemu Ayu Dewi, mata kita akan mengenali dan menikmati pesonanya. Ia lucu, percaya diri, dan cerdas. 

Ingatan saya menangkap seraut wajah gagah yang sempat membuat kontroversi hebat, lalu menjadi wanita kecintaan Indonesia, yaitu Bu Susi Pudjiastuti. Bu Susi (bukan saya), memang tak cantik. Namun, beliau memiliki kekuatan besar mengendalikan orang lain dengan kepercayaan diri tinggi, pengalaman dan pengetahuan di bidang yang digeluti. Beliau bisa membuat orang lain percaya dan melakukan keputusannya. Tampil cantik menjadi nomor sekian baginya. Akan tetapi, tampilannya sering memesona. Seperti foto yang tertangkap kamera di bawah ini.
Ayu Dewi, Susi Pudjiastuti, dan Susi Ernawati, 3 wanita memesona ala Cakrawala Susindra
Foto Ayu Dewi (bintang.com), Susi Pudjiastuti (malangtoday.net) dan Susi Susindra (dokpri)
Saatnya melihat kepada diri sendiri. Apakah saya termasuk wanita memesona? Saya memandang pantulan wajah saya di cermin untuk mencari tahu.

Wanita berkulit coklat dengan garis-garis halus di wajah menatap kembali melalui cermin. Mata kami bertemu, saling mengukur. Apakah saya wanita yang percaya diri, luwes, mandiri dan berpenampilan baik seperti layaknya wanita yang saya sebutkan di atas? Senyum merekah. Mata kami melunak, lalu beriringan menyusuri kenangan-kenangan yang tersimpan. Begitu banyak peristiwa yang saya alami. Baik atau buruk, berkesan atau berlalu begitu saja, semua muncul bergantian. Cukup lama saya membiarkan diri menggali kenangan. Lalu, saya menyadari, setengah dari hidup saya lalui sebagai wanita yang luwes, percaya diri, mandiri, dan berpenampilan baik. Terkadang tak lengkap keempatnya, karena saya bukan wanita sempurna. Tetapi proses itu ada. Bahagia saya mulai terwakilkan di foto, setelah sempat beberapa tahun dikritisi tentang cara tersenyum yang tidak terlihat tersenyum. Di foto-foto candid pun, wajah percaya diri saya mulai tampak. Menjalani hidup sesuai passion membuat saya bahagia dan kepercayaan diri meningkat. 

Bahagia terpancar di wajah saat bertanya, peran apa lagi yang bisa saya lakonkan
di masyarakat? (Dokpri)

Dahulu saya adalah wanita pemalu dan mideran. Siapa saya? Apa peran saya? Bagaimana saya bersikap? Dahulu, saya sering menjawab pertanyaan itu dengan pertanyaan lain. Sejalan dengan pertambahan usia dan pertambahan peran di masyarakat, serta proses belajar yang tak sebentar, saya telah merasa nyaman dengan diri saya. Dan saya menikmati proses ‘menjadi’. Apakah sudah usai? Belum. Proses ‘menjadi’ saya akan berlangsung seumur hidup. Saya tidak tahu kapan tutup usia, tetapi saya tahu cara membuat diri saya nyaman dan percaya diri. Saya, wanita memesona. 

“Kursus Kepribadian”. Kata itu menyelinap begitu saja di benak saya. Ya, seandainya saja, di sini ada kursus kepribadian. Tak harus sekelas John Robert Powers atau Lembaga Pendidikan Duta bangsa. Untuk wanita yang tinggal di kota kecil, cukuplah cara berinteraksi, perubahan gesture, cara berdiri, cara mengeluarkan suara agar pesan sampai, membangun percaya diri dan wibawa, public speaking, padu padan baju, sampai table manner. Sayang, saya harus puas belajar secara daring. Untuk gesture, suara dan public speaking, saya belajar dari channel youtube, terutama dari Komunikasi Cemerlang.


Untuk belajar dan membaca tips menjadi wanita memesona, saya banyak membaca artikel di Pancarkan Pesonamu.Com. Ada 5 tema besar yang harus wanita baca dan pahami, yaitu: inspiration, fashion, body & mind, beauty, dan lifestyle.

1. Inspiration. Semua yang perlu diketahui wanita cerdas dan mempesona ada di sini, terutama tentang hubungan pribadi dan social. Beragam tips terbaik bisa kita baca di sini.

2. Fashion. Trends baju terkini, tips fashion yang nyaman dan memesona, dan masih banyak lagi tips seputar fashion.

3. Body & Mind, mengungkap sisi lain wanita memesona terkait kebutuhan tubuh dan pikirannya. Makanan, kulit, sampai kebugaran tubuh ada di sini.

4. Beauty, semua tips dan trik tampil cantik ada di sini

5. Lifestyle, gaya hidup pilihanmu juga lengkap di sini.



Dari artikel-artikel di sana, ada satu artikel yang paling mengena tentang cara menjadi wanita memesona. Saya menyarikannya dari artikel 6 Cara menjadi wanita memesona

1. Gunakan pakaian yang nyaman. Nyaman bukan berarti terbaru, tetapi memakai outfit yang tepat situasi.

2. Melakukan perawatan tubuh secara rutin karena tubuh yang bersih dan sehat akan terlihat memesona.

3. Bersikap ramah pada orang lain. Sikap positif ini akan memancarkan pesonamu. 

4. Tingkatkan wawasan. Pengetahuan membuatmu menjadi sosok yang selalu tepat diajak bicara siapa saja sehingga membuat orang lain kagum.

5. Percaya pada diri sendiri membuatmu terlihat menarik tanpa harus berbuat atau berpenampilan berlebihan. Percaya dirimu adalah pesonamu.

6. Selalu bahagia. Karena bahagia berarti hati dan pikiranmu dikelilingi aura positif.


6 cara di atas adalah cara paling sederhana bagi perempuan untuk tampil memesona. Saya selalu mencoba mempraktikkannya. Memakai pakaian yang bersih, nyaman dan tidak kusut, ternyata sangat meningkatkan rasa percaya diri. Apalagi jika ditambah tubuh yang bersih. Tak perlu make up tebal. Make up natural pun bisa memancarkan kecantikan wanita. Dan... ada satu tambahan yang sangat penting dan tak boleh terlupa, yaitu bau harum. 

Bau harum yang tercium dari tubuh wanita bisa meningkatkan percaya diri. Dan bagi sekitar, harum yang menguar dari tubuh wanita memiliki daya pikat tersendiri. Dan ada 3 jenis aroma parfum wanita yang paling disukai para pria, yaitu: 

1. Aroma Vanilla yang sangat lembut dan membuat relaks, sehingga kepenatan bisa terurai saat mencium aromanya.
2. Aroma Musk yang hangat dan mengundang sisi romantis. 
3. Aroma Sandalwood yang memberi sensasi hangat, seksi, romantik dan santai di saat yang sama. 

Makanya, tak heran jika parfum-parfum berkelas memiliki salah satu aroma di atas. Saya pribadi lebih suka jenis wewangian eu de cologne karena lebih lembut dan ringan. Saya lebih suka menyemprotkannya sedikit di bagian-bagian yang membuat saya bisa membauinya dengan ringan seperti di ketiak dan dekat leher. Sedikit di dekat pergelangan tangan sebagai ekstra wewangian saat saya membutuhkan tambahan rasa percaya diri.


Parfum adalah energi untuk membangkitkan semangat, keajaibannya mampu memancarkan kekuatan sekaligus kelembutan karakter dalam setiap partikel-partikel lembut yang berbaur di udara. Pilih aroma parfum yang tepat dan sesuai dengan karakter kepribadianmu. Vitalis parfume akan selalu menunjang penampilanmu untuk tampil elegan dan berkelas. Vitalis adalah produk wewangian dan perawatan pribadi yang sukses dengan keharuman lembut terbaru, dipersembahkan untuk wanita modern dan ramah, membantu memancarkan rasa percaya diri untuk mencapai kesuksesan di dunia kerja dan menikmati hidup sepenuhnya. - http://www.pesonavitalis.com/home
Menjadi bagian dari budaya mendongeng bagi anak menjadi proyek saya saat ini (Dokri)
Di antara semua produk wewangian Vitalis, saya paling suka dengan Vitalis Eu de Cologne Houte Couture. Aroma dasar mawar selalu menjadi pilihan saya setiap membeli parfum. Dan saya mendapat kejutan indah di Vitalis Eu de Cologne Houte Couture. Aroma wangi mawar yang lembut berpadu dengan geranium, ylang-ylang, woody dan musk sangat cocok dengan kepribadian saya. Perpaduan aroma mawar dan woody menciptakan pesona baru, seperti saat saya bertualang di alam. Rasanya sangat menyenangkan, menenangkan sekaligus menumbuhkan semangat baru untuk menyambut petualangan baru setiap kali keluar dari rumah. Ini luar biasa. Dengannya, saya merasa, #memesonaitu bukan hanya milik wanita cantik. Memesona itu, isyarat percaya diri yang tersampaikan meski tanpa kata. Cukup lihat dan rasakan kehadirannya bersamamu. Jadilah wanita memesona impianmu, karena tak ada hal yang tak mungkin jika kamu meyakininya.

Apa arti #Memesonaitu menurutmu, teman? 

#MemesonaItu

Share:

17 comments:

  1. Kenyamanan pakaian emang ngaruh ke tinggal ke-pd-an, ya mbak.

    ReplyDelete
  2. 3 wanita ini cantik mempesona. Masing2 punya daya tariknya tersendiri, kereeen.

    Sukses ya Mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Ketiganya punya pesona berbeda

      Delete
  3. senyum ketiga wanita di atas memang memesona :)

    ReplyDelete
  4. #MemesonaItu memang dimulai dari dalam diri ya mba. Seperti 3 wanita yang mba sebutkan di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Selalu dimulai dari diri sendiri

      Delete
  5. betul mba, untuk bisa memesona org lain, kita harus bisa tampil percaya diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah menguatkan pendapat saya Mbak

      Delete
  6. Bener banget mbak. Saya kadang jg masih kurang pede

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diusahakan selalu pede saja Mbak. Jadi kita bisa terlihat saat bersama teman.
      Dulu, saya sering tidak pede. Sekarang, alhamdulillah jauh lebih baik

      Delete
  7. Hmmm,saya juga harus selalu tampil PD nih

    ReplyDelete
  8. hihii ibu Susi dari Jepara yang memesona. ayu, sederhana, ndak nek-neko, talk less do more

    ReplyDelete
  9. Aku malah fokus banget ke ketiga wanita diatas, memesona itu emang punya sudut pandang yang berbeda yak.. cihuy banget dah

    ReplyDelete
  10. Ya Ibu Susi adalah contoh yang paling tepat bahwa untuk memesona wanita tidak harus cantik secara fisik. Wanita memang sunnah adalah yang mempunyai kepercayaan diri tanpa terlihat sombong, otaknya berisi tahu menempatkan diri

    ReplyDelete
  11. Bener banget deh "6 Cara menjadi wanita memesona" apalagi point 3 bahwa kita harus bersikap ramah.

    Salam kenal ya, kunjungi juga yuk postingan aku di :

    http://ikajuariah.blogspot.co.id/2017/05/memesonaitu-berani-beda-untuk-aspek.html

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra