Kelapa Muda, Soto Padang dan Puncak Kiambang

Soto adalah salah satu menu masakan berkuah yang mudah ditemukan. Di kota mana pun dari ujung ke ujung Indonesia, kelihatannya ada masakan soto. Maka tak heran jika ada menu masakan Soto Kudus, Soto Jepara, Soto Semarang, Soto Banjar, Soto Padang,  dan masih banyak lagi. Memang citarasanya tak selalu sama, tetapi nama yang diberikan tetap sama: SOTO. Beberapa kota menggunakan dialek setempat seperti Tauto Pekalongan, Sroto Sokaraja, dan Coto Makassar. 

Kelapa Muda, Soto Padang dan Puncak Kiambang
Jika berada di Ranah Minang, menu gulai pakis tak boleh dilewatkan. Tetapi bagi saya yang menyukai kesegaran soto, maka Soto Padang menjadi menu pilihan sarapan yang segar. Apalagi jika ditemani kelapa muda asli yang segar. Hmm... Membuat semangat yang sempat lesu langsung bangkit kembali.

Rumah makan Ajo Puncak Kiambang, itulah nama yang tertera. Saya mencoba menerka artinya namun gagal. Akhirnya saya menyusul teman-teman yang berkerumun di pagar pembatas. Mereka memegang kamera dan bergantian mengambil foto. Aha... ada pemandangan elok rupanya. Hamparan sawah di Puncak Kiambang memang luar biasa. Tak heran jika teman-teman antusias memotonya.

Berburu keindahan Puncak Kiambang
Puncak Kiambang sangat terkenal dengan pemandangan eloknya, apalagi jika ditambah dengan pemandangan gunung Singgalang. Woaaa.... bak akik yang pernah sangat kekinian itu... Jika teman-teman hendak ke Padang atau Bukittingi, sempatkanlah berhenti sejenak di KM 44 kabupaten Padang Pariaman. Nikmati zamrud katulistiwa sambil menyicip menu khas di sini, yaitu gulai pakis dan atau soto Padang dengan ketupat. Aih, ketupat.... kenapa pula saya memesan nasi? Menyesal tiada guna.

Soto dan kelapa muda pesanan saya, akhirnya datang juga. Padahal saya masih asyik bercengkrama dengan teman-teman perjalanan yang baru saya kenal satu jam sebelumnya dan akan bersama sampai besok malam. Ketika pesanan datang, buyarlah topik pembicaraan. Kami asyik menikmati soto yang ada di depan kami. Hmm.. soto padang memang unik, lezat dan gurih. Kelapa mudanya.... Manis.... tak heran sih ya, jika sangat terkenal dan jadi tempat pelintas Puncak Kiambang berhenti sejenak melepas lelah sambil mencicipi kuliner setempat.

Butuh lensa mata asli atau DSLR untuk menangkap indahnya Puncak Kiambang dari rumah makan
Soto Padang Ajo Puncak Kiambang, atau mungkin soto Padang lainnya (karena saya belum memiliki pembanding) mempunyai ciri khas yaitu daging diiris tipis dan digoreng sampai kering. Jadi rasanya mirip keripik yang diberi kuah dan bihun. Overall, sedap lah... tapi tidak ada rasa manisnya. Hahahaha.... teman-teman tahu tidak, kalau sampai makan siang, saya belum sadar jika masakan di Padang itu tidak ada rasa gurih dari gula? Serius! Mau tahu menu makan siang saya di Pasar Lereng yang terkenal? Jangan bosan ikuti perjalanan saya bersama Sobat WEGI dan PT Semen Padang, ya?
  

28 Komentar

  1. Saya mampir karena itu gambar es kelapa mengundang.. heheehe

    BalasHapus
  2. Tak kira tomyam mbak, aku lagi ngidam tomyaam :(

    BalasHapus
  3. Hahaha orang Padang menggunakan gula hanya untuk kolak atau kopi atau teh manis Mbak Susi. Jadi masakan Padang kalau udah ada rasa manisnya seperti di Jakarta dan di Jabar itu sudah tidak otentik Minang lagi, Kalau menurut saya itu masakan minang perantauan.

    Aku belum pernah berhenti di KM 44 untuk melihat view kiambang yang cantik. Kalau pulang kampung aku catat bakal mampir di sini ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaha... Iya Mbak. Jujur banget ya, ngaku kaget masakan di sana asin semua. Kalau pedes sih, jujur, sudah kebal. jadi ciri khas yg saya tangkap asin saja.
      level pedas saya sudah di atas rata-rata

      Hapus
  4. wah pasti pemandangannya cakep ya mbak di situ hehe.. sambil makan soto kupat plus nasi hehehe pizzzz... siap mbak susi hehe... siap mennati jalan"nya deh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha... Ok ok... masih terpotong beberapa postingan PR lainnya

      Hapus
  5. Baca postingannya bikin saya kepengen soto padangnya mbak haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... fitrah yo Mbak, baca posting makanan jadi pengen. Saya waktu nulis juga gitu. hihihi

      Hapus
  6. Baca postingannya bikin saya kepengen soto padangnya mbak haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... fitrah yo Mbak, baca posting makanan jadi pengen. Saya waktu nulis juga gitu. hihihi

      Hapus
  7. Belum pernah ke Padaaaanggg :(

    BalasHapus
  8. Baca ini pas habis makan lontong sayur Padang...hwehe

    BalasHapus
  9. Minum kelapa muda sambil menikmati panorama alam yg indah di Puncak Kiambang sesuatu banget ya mba.. tambah lahap dong makannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, seap sekali. Apalagi bareng para sahabat

      Hapus
  10. itu pasta kombinasi yang super pas ya mbak, soto ama klamud. sedep sedep mantep. apalagi kalo siang siang panas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Mas Doni. Sedep mantep pokoknya

      Hapus
  11. Balasan
    1. Hihhihihi.... Mari makan makanan terdekat Mas Riki

      Hapus
  12. soto adalah makanan favorit saya... soalnya enak.heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mas. Kalau kopdar kita makan soto, ya

      Hapus
  13. Bikin ngiler tuh mbak...bikin maknyos banget kayaknya. yummy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe.... maaf tak bisa bantu ngirimin soto dan kelapa mudanya.
      cari yang terdekat ya Mas.

      Hapus
  14. jadi pengen kesana lagi y mbak,, belum puas kayaknya,, hahahha

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah bacanya abis makan kolak, jadi nggak ngiler banget2, hihii

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)