Banyak Harpitnas di Tahun 2018, Ambil Cuti dan Rencanakan Liburanmu Sekarang

Tahun ini banyak H.A.R.P.I.T.N.A.S! Yes! Saatnya merencanakan liburan dari sekarang. Coba ambil kalender.... Banyaaaaak..... 


Agar hidup tidak monoton, sesekali keluar dari zona aman (rumah) dan melakukan perjalanan ke kota yang jauh. Ambil kereta api sebagai moda transportasi pilihan. Bebas macet, dan sampai lebih cepat. Tiket ekonomi sampai eksekutif, semua nyaman dan terstandart. Kereta api jadi pilihan utama saya jika bepergian jauh. Apalagi jika waktu liburan tidak banyak. Misalnya saat harpitnas. Liburan singkat tapi puas. Manfaatkan momen Hari Kejepit Nasional atau Harpitnas. Lumayan kan, tambahan liburannya?

Beneran, lho... tahun 2018 ini banyak hari libur yang terjepit. Saya jadi ingat ketika kuliah semester enam dulu, jumlah hari mudik lebih panjang atau mengambil pekerjaan sambilan sebagai guide bahasa Perancis. Lumayan, praktik dibayar, jalan-jalan gratis ke area timur pulau Jawa sampai ke 2 pulau di sebelahnya. 

Sini, main ke Karimunjawa via Jepara.... 
Psst... saya beritahu, ya... tahun ini, sebagian besar libur adalah hari Selasa. Asyik kan bisa ambil cuti di hari Senin? Bisa liburan mulai Sabtu sampai Selasa. Woho! Rentang waktu yang cukup panjang! Kalau belum punya jadwal harpitnasnya, ini contekan buat kamu:

1. Selasa, 1 Mei: Hari Buruh Internasional
2. Selasa, 29 Mei: Hari Raya Waisak 2562
3. Selasa, 11 September: Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah
4. Selasa, 20 November: Maulid Nabi Muhammad SAW
5. Kamis, 10 Mei: Kenaikan Isa Al Masih

Khusus buat Hari Kenaikan Isa Al Masih, kamu bisa mengambil cuti di hari Jumat. Dengan demikian, total liburannya jadi empat hari, mulai dari Kamis sampai Minggu. Lumayan buat mengeksplore tempat-tempat seru di kota tujuan. Nggak Perlu Khawatir Kehabisan Tiket Kereta

Interior kereta api
Selain long weekend, harpitnas biasanya jadi momen liburan yang banyak dimanfaatkan para pekerja di Indonesia. Jangan resah jika tiket kereta api menuju kota-kota wisata seperti Jogja dan Malang sudah habis sejak jauh-jauh hari. Dunia belum berakhir. Tetap semangat merencanakan liburan. Kamu tidak perlu khawatir kehabisan tiket. Sekarang sudah ada fitur baru di Traveloka bernama “kereta lanjutan”. Fitur ini memungkinkan kamu mendapatkan tiket kereta ke kota tujuan,  dengan sistem transit ke stasiun lain dulu. Jadi, meski tiket kereta di tanggal pilihanmu habis, Traveloka akan memberikan saran rute lain. Jadi, kalau kamu kehabisan tiket langsung dari Jakarta ke Jogja atau dari Jakarta ke Malang. Manfaatkan saja kereta lanjutan yang akan membawamu ke kota tujuan dengan dua kereta yang berbeda.

Asyik Bisa Transit
Serunya naik kereta lanjutan adalah kamu bisa jalan-jalan di kota transit, seperti Bandung, Cirebon dan Purwokerto. Dengan sekali perjalanan, kamu bisa menikmati serunya liburan di dua kota sekaligus. Dengan jarak antar keberangkatan kereta yang cukup panjang, rata-rata 3 – 7 jam, kamu bisa memanfaatkan waktu transit ini untuk mengeksplore kota persinggahan.


Lumayan kan, bisa nongkrong di Bandung atau berburu tempe mendoan di Purwokerto. Baru setelah itu melanjutkan perjalanan ke kota tujuan utama dan liburan sampai puas di momen harpitnas. Kalau momen transit kamu ternyata seru dan belum puas eksplore waktu berangkat. Ambil saja opsi kereta lanjutan lagi untuk perjalanan kembali ke Jakarta. Rentang waktu transitnya nyaris sama, cukup untuk mengeksplore kota persinggahan dengan lebih dalam lagi.

Fitur Yang Memudahkan Perjalanan
Dengan fitur kereta lanjutan yang disediakan oleh Traveloka, kamu nggak perlu mencocokkan sendiri jadwal kereta dan ketersediaan kursi. Cukup buka Traveloka.com, pilih menu Kereta Api,  masukkan kota keberangkatan, kota tujuan, hari keberangkatan dan jumlah penumpang, semua pilihan kereta lanjutan yang tersedia langsung muncul di layar kamu. Kemudian pilih, rute dengan transit kota mana yang bakal ditempuh, kelas kereta apa yang diinginkan dan harga tiket yang paling pas di kantong. Setelah itu lakukan pembayaran, dan e-ticket pun dikirimkan ke e-mail dan juga bisa diakses lewat aplikasi Traveloka di ponsel kamu. Gampang banget kan?

Bagaimana? Sudah cek harpitnas dan jatah cutimu? Liburan pendek atau panjang, selalu menyenangkan dengan kereta lanjutan. Ayo, segera apply cuti kamu sekarang juga! Mau ke Jepara?  Hubungi saya. Sekarang bisa dari kota mana saja, asal pastikan turun di stasiun Semarang.

Comments

  1. Lama nggak naik kereta. Padahal mudik naik kereta tuh asyik banget. :D

    ReplyDelete
  2. Kalau soal harpitnas atau tanggal libur. Saya paling semangat bun. Soalnya suami libur kerja jadi ada yang bantuin dan nemenin di rumah. Biasanya kl harpitnas kami memang suka mudik k kampung halaman

    ReplyDelete
  3. Tahun ini liburny byk ya mba. Nagih bgt bwt traveling.
    Hrs pnh persiapan dan perencanaan.

    ReplyDelete
  4. kalau ada hari libur maunya tidur ajaaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)