Mudahnya Sewa Mobil di Traveloka

Karimunjawa, surga indah di lautan sebelah utara Jawa yang tak pernah sepi pengunjung. Bahkan, pada bulan tertentu, armada kapal ekspress harus menambah jam berlayar agar dapat mengakomodir jumlah wisatawan yang ingin ke sana. Para tamu terus berdatangan. 

Sekarang bisa sewa mobil di Traveloka. Sumber Pixabai.com
Hotel dan resort besar biasanya punya agen atau pegawai di Jepara, yang mengatur antar jemput tamu. Saya pernah beberapa kali membantu mengatur perjalanan ke sana, mulai dari membelikan tiket sampai menyiapkan mobil yang menjemput di bandara atau hotel di Semarang. Saya bekerja untuk diri sendiri dan atau membantu sebuah resort. Pekerjaan yang cukup challenging mengingat saya tak punya mobil sendiri, jumlah sopir yang saya kenal tidak banyak, dan tidak selalu available. Dan saya pernah mengalami, tamu lupa dijemput di Bandara, ditambah, ternyata tamu menginginkan mobil yang lebih besar karena bawaannya banyak. Masih kurang menantang? Tamu datang pada hari lebaran, yaitu tanggal 1 Syawal. Bisa bayangkan bagaimana saya berjibaku mencari persewaan mobil di Semarang, sementara saya di Jepara? Berapa orang yang saya telpon agar bisa segera menjemput tamu di Bandara A. Yani, sedangkan hari itu adalah hari lebaran?

Mengingat pengalaman itu, rasanya saya ingin mengetuk kepala saya yang lupa memastikan kembali pada sopirnya. Saya hanya memberikan grand schedule penjemputan pada hari Senin, dan jumlahnya cukup besar. Padahal, biasanya saya memastikan sehari sebelumnya. Andai saat itu Traveloka sudah punya persewaan mobil seperti sekarang ini, saya akan bisa lebih tenang, ya. Saya bisa menyewakan mobil plus sopir untuk tamu yang akan datang. Ini adalah jasa rental mobil paling mudah. Efisien juga, dan tarifnya termasuk murah, lho. Bebas pula memilih mobil yang mana, sesuai budget kita.

Adanya sewa mobil di Traveloka ini, memberikan banyak keuntungan bagi traveler. Keuntungan pertama adalah kemudahan menyewa mobil terpercaya kapan saja, dengan harga transparan. Keuntungan kedua, servisnya pasti memuaskan, karena sesuai pilihan kita, dan yang pasti, semua partner sewa pastinya berusaha yang terbaik untuk kliennya. Keuntungan yang ketiga, bisa pilih mobil sesuai rating yang ada, sehingga lepas dari waswas. Keuntungan keempat, bisa mulai sewa jauh-jauh hari atau dadakan. Sewa dihitung 24 jam,ya. Dan... ada asuransinya. Cara menyewa mobil di Traveloka cukup mudah, siapkan data-data yang dibutuhkan, yaitu KTP/Passport, SIM A, dan kartu kredit penyewa (bisa juga kartu kredit keluarga). 


Semisal Sobat Susindra akan ke Karimunjawa via Jepara, daripada minta dijemput di Semarang, lebih baik sewa mobil, kan? Sewa mobil seharian plus sopir. Bisa sambil jelong-jelong di Jepara, dong. Jepara itu Nusantara kecil kami yang indah dan ramah. Laut, gunung, bukit, lembah, ngarai, teluk, semenanjung, rawa, telaga, sungai-sungai indah, bahkan terasering ala Bali juga ada. Banyak gardu pandang yang menyejukkan mata dengan udara yang masih alami. Bahkan pantai pun, ada pantai berlumpur di area selatan yang kaya akan kerang, pantai berpasir putih yang menjadi mayoritas di sini, pantai berpasir hitam di sekitar Sekembu, pantai bertebing, bahkan pantai bercampur tanah merah juga ada. Lihat betapa kayanya alam kami. Itu baru kekayaan alam. Kekayaan seni dan tradisi kami tak kalah dari Yogyakarta. Dengan sistem cluster, lebih mudah mencari sebuah produk seni atau non seni sesuai dengan jenis bahan dan jenis gayanya. Jepara memang sarat kekayaan seni tradisi dan budaya. Layak sekali, jika dikunjungi sebelum atau setelah dari Karimunjawa. Sudah bisa pesan hotel dari Traveloka. Jangan hanya ke kepulauan indah itu saja, Sob. Kamu telah melewatkan sedemikian banyak surga lainnya di Jepara.

2017 lalu, pernah jadi model-madul di Sejuta Akar. Sekarang lebih indah lagi

Boleh sewa mobil ke Karimunjawa? Euy... menurut saya, jangan deh. Kelamaan. Wkwkwk, Bahkan jika pun kamu bawa mobil sendiri, saya sarankan diparkir di sekitar Dermaga Kartini saja. Dengan bayar uang 100 ribu, bisa menitipkan mobil selama 2 – 7 hari. Lebih dari 7 hari, mungkin sama, mungkin juga ada tambahan. Biasanya tamu saya yang bawa mobil hanya berlibur 3-5 hari. 

Bawa mobil ke Karimunjawa itu ribet. Begini caranya. Pertama, harus naik kapal ferry Siginjai yang berangkat jam 6 pagi. Kedua, mobil harus sudah di atas kapal pukul 6.30. itu artinya, selain kepagian di sana, beli tiketnya harus lebih fajar atau jeli titip beli ke calo yang ada di depan loket. Ketiga, biaya angkut mobil, sekali jalan sekitar 700 ribu. PP 1,4 juta. Sayang banget, kan, uangnya?  Ya kalau kamu kenal semua jalan di Karimunjawa. Di sana pulaunya tidak seberapa besar kok. Mau jelajah pulau, pp, 1,5 jam juga sudah selesai. Kadang, bensin dan solar kosong beberapa hari, sehingga warga sana sudah biasa nyetok BBM.

Di Karimunjawa juga sudah ada rental mobil yang siap antar jemput kok. Cukup mahal, memang. Semisal mau sewa ke 1 lokasi, biayanya 100 ribu pp, dan ada batas jamnya. Kalau mau sewa seharian juga 700 ribuan. Nah, lho... mobilmu tetap aman di Jepara, tapi kamu bisa ke mana saja dengan sewa mobil, kan? Tapi ya bukan sewa mobil di Traveloka. Belum ada.... 

Pemandangan di Bukit Love Karimunjawa

Sekarang sudah banyak orang daratan (orang dari pulau Jawa yang bukan Karimunjawa, ribet jelasinnya) yang mencari sebongah berlian di Karimunjawa. Surga beneran, sih, ya. Tamu tak habis-habis, dan kalau tahu di mana bisa makan enak dengan budget mini juga ada. Sayang bojo tercinta saya terlalu mencintai Jepara. Boro-boro diajak mencari emas di sana, diajak menetap ke kota kelahirannya saja tak pernah mau. Curhat detect!

Eh iya, kalau ke Karimunjawa, kamu ngapain saja, sih? Kunjungan dari pantai ke pantai, kah? Pantai apa saja? Psst... kamu tahu, Sob, kalau di dekat alun-alun, di belakang warung sebelah barat, di situ ada sunset yang sangat sangat sangat sangat dan sangat indah. Sunset di situ sering membuat saya terpesona. Di dermaga ikan juga indah sekali, lho. Jadi jangan hanya istirahat saja, kalau ada free time sore hari. Jalan kaki ke alun-alun saja, lalu mlipir ke belakang warung atau ke dermaga. Asyik, kan? Tak kalah dengan spot-spot kece yang kamu datangi bersama rombongan jika ke sana dengan membeli paket ke Karimunjawa. 


Ealah... jadi ingat jika masih ada belasan cerita tentang Karimunjawa yang belum saya unggah.

Sebelum saya tersesat bercerita terlalu jauh sampai lupa esensi posting kali ini tentang mudahnya sewa mobil di Traveloka, saya cukupkan di sini saja dulu ya. Lain waktu pasti disambung lagi. Pasti. 

16 Comments

  1. Aaaaa pengen ke Karimunjawa suatu saat nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya doakan bisa segera ke Karimunjawa, Mbak. Nanti hubungi saya, ya. Agar bisa kenalan secara langsung.

      Delete
  2. wah baru tau aku bisa rent car dari traveloka.. lebih enak dong ya jadi lebih jelas keliatan harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lebih transparan dan bisa menyesuaikan budget, ya.

      Delete
  3. mantap ya traveloka bisa menyewakan mobil, mantap

    ReplyDelete
  4. Aku juga sempat check sewa mobil di Traveloka, jaga2 pas pulang dari mana ga ada yang jemput.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu sangat perhatian dengan detail perjalanan, Mbak

      Delete
  5. Kalau jalan2 paling nyaman memang sewa mobil saja. Saya juga mau ke Bandung dan lagi explore Traveloka buat cari sewa mobil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bebas ke mana saja, ya. Mau 24 jam jalan-jalan juga bisa. Mumpung di Bandung. Ide bagus.

      Delete
  6. Karimun jawa sering saya dengar, namun sepertinya saya belum menjelajahi daerah itu. Terima kasiha atas tulisannya Keren. Salam dari Blogger Pontianak

    ReplyDelete
  7. karimunjava...salah satu destinasi yang masih jadi impian hingga kini...hehehe

    ReplyDelete
  8. Ternyata sewa mobil pakai Traveloka lebih mudah, murah, dan menyenangkan. Saya terpesona pada foto panoramanya. Sunset-nya subhanallah, indah sekali. Segala yang ada di sana seakan seperti pantulan keindahan Sang Pencipta.

    ReplyDelete
  9. Karena sekarang udah bertiga, klo traveling kayaknya emang enak sewa mobil aja biar nyaman. Untung Traveloka udah menyediakan fiturnya ya sekarang jadi aman deh.

    ReplyDelete
  10. Lebih baik mending nyewa mobil dibandingkan harus pakai kendaraan umum, terlebih kita warga pendatang jadi blm hafal benar... Kecuali yg suka naik kendaraan umumu itu lain hal..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)