Merasakan Keseruan Mengunjungi Wisata di Rancaupas Bandung

Wisata alam untuk anak. Sumber foto dari Atemalem.com


Membicarakan wisata Bandung memang tidak akan pernah ada habisnya. Kota ini dikenal memiliki berbagai tempat wisata alam yang sangat menarik. Terlebih lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat suhu udara masih sejuk dan segar. Salah satu tempat yang harus dikunjungi adalah wisata di Rancaupas Bandung. Tempat wisata ini sangat cocok untuk refreshing dan menikmati keindahan alam. 




Lebih Mengenal Tempat Wisata Rancaupas 

Gambar dari Bridestory.com

Rancaupas merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat populer di Bandung. Setiap weekend dan musim liburan  tiba banyak orang berbondong-bondong mengunjungi tempat ini. Selain tempatnya menarik, harga tiket masuknya cukup murah dibandingkan wisata alam lainnya. 

Pada mulanya tempat wisata di Rancaupas Bandung dikenal sebagai tempat penangkaran rusa dan camping. Namun saat ini sudah disulap menjadi destinasi wisata. Letaknya juga tidak jauh dari tempat wisata lain, seperti Kawah Putih dan Perkebunan Ciwidey. 

Pemandangan yang disuguhkan di Rancaupas memang sangat luar biasa indah. Selain untuk liburan, tempat ini juga cocok untuk dijadikan lokasi untuk pre-wedding. Tempat wisata Rancaupas berada di Jalan Raya Ciwidey-Patengan Km 11, Patengan, Rancabali, Bandung jawa Barat. 

Daya Tarik Rancaupas Bandung 

Rancaupas untuk camping. Foto dari Beritagar.id

Ada banyak daya tarik yang ditawarkan oleh Rancaupas sehingga banyak masyarakat yang ingin mengunjungi. Daya tarik tersebut adalah:

1. Keindahan Alam yang Masih Alami 
Daya tarik pertama dari wisata di Rancaupas Bandung adalah keindahan alam masih alami. Hal ini karena Rancaupas berada di dataran tinggi sehingga memiliki udara yang masih sejuk, segar dan alami . Di sekitar Rancaupas juga dijadikan kawasan wisata hutan lindung.

2. Vegetasi Flora dan Fauna 
Rancaupas masuk ke dalam kawasan wisata hutan lindung karena merupakan pusat konservasi flora dan fauna langka. Kawasan disini sangat subur sehingga banyak ditemukan berbagai flora yang cantik dan langka, seperti jamuju, hamiru, guru, kihujan, kitambang. Sementara ada fauna yang juga dilindungi, seperti monyet, burung, babi hutan, rusa dan sebagainya.

5 Wahana Wisata di Rancaupas Bandung 

1. Penangkaran Rusa 
Seperti yang diketahui jika Rancaupas masuk ke dalam kawasan hutan lindung. Dimana salah satu hewan yang dilindungi adalah Rusa. Bahkan di sini merupakan pusat konservasi satwa langka rusa. Ratusan rusa dibiarkan hidup bebas dan berkembang biak secara alami di habitat aslinya.
Ketika mengunjungi tempat wisata ini  bisa menyaksikan dari dekat dan berinteraksi langsung dengan rusa.  Pengunjung tidak diminta biaya masuk lagi atau gratis. Berarti harga tiket masuk yang sudah dibayarkan di awal sudah termasuk wahana ini. Jika ingin memberi makan rusa hanya perlu membeli wortel dengan harga Rp 5.000.

2. Rancaupas Smart Camp Adventure 
Rancaupas merupakan salah satu tempat yang cocok digunakan untuk kemah. Area kemah di tempat ini sangat luas. saking luasnya bisa digunakan kemah sampai sepuluh ribu orang. Tidak heran jika sering dijadikan lokasi untuk kegiatan jambore tingkat nasional.

Pengunjung yang akan memasuki kawasan kemah maka akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000. Jika tidak mau repot membawa peralatan kemah sendiri maka disini menyediakan berbagai peralatan kemah untuk disewa. 

3. Pemandian Air Panas 
Foto dari Infopromodiskon.com

Wahana  wisata di Rancaupas Bandung yang bisa dinikmati oleh pengunjung adalah pemandian air panas. Keberadaan pemandian air panas ini tentunya sangat menyegarkan dan menyehatkan tubuh. Alasannya karena mengandung sulfur yang bagus untuk kulit. 

Menariknya lagi pemandian air panas ini berada di kawasan dataran tinggi yang sejuk sehingga bisa untuk menghangatkan tubuh. Untuk menikmati wahana ini akan dikenakan  biaya sebesar Rp 10.000 per orang.

4. Waterboom Rancaupas 
Wahana wisata di Rancaupas Bandung selanjutnya adalah waterboom. Waterboom yang ada di Rancaupas ini masih menjadi favorit untuk bermain air, mulai berenang hingga mencoba wahana sliding dan ember tumpah. Harga tiket masuk waterboom adalah Rp 10.000 per orang. 

5. Outbound 
Bagi yang menyukai kegiatan outbound maka bisa mencoba outbound di Rancaupas. Outbound yang disediakan di sini adalah permainan/games, jalut tracking, flying fox, permainan jejak, paintball, sepeda gunung, archery war dan sebagainya. tiket masuk setiap wahana outbound mulai Rp 10.000 hingga Rp50.000.

Itulah informasi mengenai wisata di Rancaupas Bandung. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal wisata Bandung? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya

16 Comments

  1. Jawa Barat gak pernah membosankan di seluruh wilayahnya, mulai kota sampai pelosok desa. Duh saya pas baca ada Smart Camp Adventure jadi ingat anak-anak. Pengen bawa mereka ke sana, camping bareng.

    ReplyDelete
  2. Terakhir aku ke rancaupas itu kyaknya udah belasan tahun yang lalu mba. Terakhir waktu SMK aku kemping di sana. Kayaknya sekarang dari gambarnaya juga Ranca upas udah makin cantik ya dikelolanya. Soalnya emang dari dulu udah terkenal tempat kemping dan di situ masih dinginnnnn banget

    ReplyDelete
  3. Sepertinya seru bisa camping di alam. Lokasinya menarik untuk dikunjungi ya mba. Aku masukkan list liburan aku ahhhh.

    ReplyDelete
  4. Melihat foto2nya bikin mupeng mbakk, rasanya segar dan suasananya beda dengan di kota. Waktu ke Kawah Putih sempat lewat sih tapi gak sempat mampir. Jadi peer nih harus ke Bandung lagi 😀

    ReplyDelete
  5. Aku belom ke sini hiks. Suami diajaki ke Rancaupas masih nanti-nanti. Soalnya kalau musim libur arah ke sini memang macetnyaa..
    Tapi baca ini mesti kubujuk dia. Sepadan pasti dengan perjuangan ke sininya..:)

    ReplyDelete
  6. Mba Susi, rancaupas ini kok terjangkau banget sih ..
    Akunya jadi mupeng pengen bawa anak-anak kemah di sana..

    ReplyDelete
  7. Jadi pengin ke Rancaupas nih, Mbak Susi. Apalagi berdekatan dengan wisata lainnya. Jadi bisa sekali jalan. Dan memang dari foto-foto yang tersaji, memang keren sekali. Buat camping juga pasti seru. Ehm.. membicarakan wisata Bandung memang tidak ada habisnya ya, Mbak. keren-keren semua.

    ReplyDelete
  8. Aih Rancaupas jadi satu alasan lagi untuk kita main - main ke Bandung semoga kali ini bisa champing bareng di sana ya

    ReplyDelete
  9. Rancaupasnya kelihatan segar dan alami ya mbak, jadi masih tergolong wisata alam yang masih terjaga. Jadi next destination ini. Makasih rekomendasinya

    ReplyDelete
  10. Ndak mahal ya tiket masuknya. Terjangkau lah gitu...
    Tapi di kolam air panasnya ada prosotan melingkar??
    hmmmm

    ReplyDelete
  11. waw termasuk rame ya untuk tempat camping
    yawes, kalau ke bandung dan ada waktu cukup lama, kudu nginep di rancaupas
    menikmati sejuknya kota bandung, hoho

    ReplyDelete
  12. Wah di Rancaupas ada outbond dan pemandian air panasnya yaa. Mana biaya masuknya terjangkau banget pula. Eh itu wisata air panasnya boleh buat mandi kan ya?

    ReplyDelete
  13. Pemandian air panasnya nih yang pengen banget. Seumur-umur belum pernah ke pemandian air panas. Di Jogja jarang soalnya...

    ReplyDelete
  14. Meskipun belum pernah ke sana,tapi liat picture yang mba share aja aku udah takjub.
    Ngebayangin aku dan suami bisa ke Rancaupas Bandung, camping sambil menikmati keindahan alam yang luar biasa indah.

    ReplyDelete
  15. Sejuk bgt ya pemandangannya. Jadi pengen camping di sana bareng sama anak2 dan suami. Pasti mereka pada seneng

    ReplyDelete
  16. Rancaupas banyak destinasi seru dan bagus-bagus. Saya sering juga ke sana kalau ada camping, liburan sama teman teman, atau acara tertentu. Tapi sayang kalau weekend atau hari libhr, perjalanan ke sana macet total dari arah Bandung

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)