Cara Efektif Mencegah Fraud Absensi Karyawan

Dalam sebuah perusahaan tak jarang absensi karyawan menjadi sumber fraud oleh karyawan itu sendiri. Fraud dapat diartikan sebagai cara tidak jujur atau tindak kecurangan yang dilakukan oleh pribadi maupun kelompok dalam satu komunitas untuk memperoleh kepuasan pribadi. Nah, cara mencegah fraud dalam lingkup sebuah perusahaan salah satunya dengan menggunakan sistem absensi karyawan secara online.

Talenta untuk absensi selama WHF mencegah fraud karyawan


Sebenarnya budaya fraud yang biasa terjadi melalui absensi karyawan dapat dicegah atau paling tidak diminimalkan dengan berbagai cara. Dalam hal ini perusahaan harus menerapkan cara-cara tersebut sedini mungkin supaya kebiasaan fraud tidak semakin mengakar.

Strategi atau pencegahan fraud sendiri dapat dilakukan dengan cara-cara yang cukup efektif berikut ini. 

Menggunakan Absensi Online

Untuk mencegah tindakan fraud absensi karyawan, salah satu cara paling efektif yaitu menggunakan absensi online. Secara singkat, absensi karyawan merupakan alternatif sistem pelayanan mandiri bagi karyawan namun tetap fleksibel dan terjamin keamanannya.
Intinya seluruh data yang tersimpan dalam absensi online ini sangat sulit untuk diubah. Mengapa demikian? Karena seluruh data yang sudah dimasukkan dan tersimpan telah terenkripsi dan bisa ter-update secara berkala. Disamping itu, karena absensi karyawan online termasuk salah satu sistem layanan bersifat mandiri maka ruang gerak karyawan juga sangat kecil jika berniat melakukan fraud.
Talenta untuk absensi selama WHF mencegah fraud karyawan
Add caption



Memperbaiki Sistem Kerja

Menggunakan absensi karyawan online mampu meminimalisir fraud absensi karyawan. Kendati demikian akan lebih baik lagi jika dibarengi dengan memperbaiki sistem kerja. Perlu diketahui bahwa sistem kerja sangat berpengaruh terhadap perilaku karyawan, termasuk ketika melakukan kecurangan atau fraud

Ada beberapa contoh sistem kerja yang tidak efektif dan kurang “ramah” bagi karyawan, misalnya jam kerja diatas normal tanpa ada gaji lembur. Kondisi inilah yang kadang-kadang membuat karyawan melakukan berbagai tindak kecurangan.

Ada juga sistem kerja yang sangat ketat, pengajuan cuti dipersulit, birokrasi kerjasama yang sangat bertele-tele atau bahkan kebijakan pimpinan yang justru cenderung punya perilaku fraud juga. Beberapa hal tadi kemudian mendorong karyawan untuk melakukan fraud yang kemudian menjadi kebiasaan.

Meningkatkan Employee Engagement 

Employee engagement dapat diartikan suatu keterikatan karyawan pada perusahaan yang ditandai dengan sikap ataupun perilaku positif pada pekerjaan maupun organisasinya. Keterikatan ini umumnya ditunjukkan melalui perasaan bersemangat dalam bekerja dan dedikasi tinggi demi kemajuan perusahaan. Bisa dikatakan employee engagement ini merupakan kunci sukses sebuah perusahaan. 

Dari nilai positif employee engagement tadi, untuk mencegah fraud maka perusahaan perlu meningkatkan employe engagement itu sendiri. Misalnya dengan menumbuhkan rasa nyaman serta kepuasan karyawan yang bekerja di perusahaan, salah satunya menghilangkan budaya micromanagement

Bila perlu pihak perusahaan juga memberi fasilitas insentif dalam bentuk penghargaan. Fasilitas-fasilitas penunjang kerja seperti kesempatan mengembangkan karir atau mengembangkan kemampuan personal juga perlu diberikan oleh perusahaan sebagai bentuk apresiasi kerja bagi karyawan. 

Dari berbagai macam cara mencegah fraud absensi karyawan, menggunakan absensi online memang cara yang paling direkomendasikan. Dengan kata lain ketidakjujuran atau kecurangan-kecurangan karyawan saat melakukan absensi kemungkinan besar tidak terjadi lagi.

Saat ini absensi karyawan online pada software HR Talenta dan Payroll sudah dilengkapi fitur geo-tagging. Dengan demikian karyawan bisa melakukan absensi kapan saja dan dimana saja tanpa takut mereka melakukan kecurangan.

Software absensi karyawan online Talenta memiliki keunggulan rekapitulasi data yang dapat dilakukan secara real-time, bahkan dapat dikonversi menjadi berbagai macam format file. Dengan demikian pekerjaan sebagai personalia menjadi lebih mudah, cepat, dan ringkas. 

Post a Comment

25 Comments

  1. Kalau perusahaan abinya bekerja sudah dari beberapa tahun pake sistem absensi online. Lebih mudah karena bisa terekap langsung ke program. Sepertinya mirip dengan software absensi karyawan online Talenta ini.

    ReplyDelete
  2. Wah, bagus nih dengan adanya fitur geo-tagging membuat karyawan bisa melakukan absensi kapan saja dan dimana saja tanpa takut mereka melakukan kecurangan. Keren inovasi absensi karyawan online pada software HR Talenta dan Payroll ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inovatif, ya Mbak. Melihat kebutuhan dan merealisasikan

      Delete
  3. Mantap ya, dengan adanya absensi karyawan online seperti itu, bisa memudahkan pihak perusahaan merekap kehadiran karyawannya. Dan tentu saja meminimalisir timbulnya kecurangan dalam melakukan absensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak. Talenta bagus untuk tugas yang ini

      Delete
  4. absen online ini sudah diterapkan dikantorku kak, jadi bisa absen lewat smartphone masing masing sekalian juga nambahin foto malahan yang lengkap dengan koordinat serta waktu dan tanggal hehehe manteeeep lah pokoknya

    ReplyDelete
  5. Iya nih...kadang klakai absen jari masihada yang suka booong..datang cuma buat ngabsen..ntar pergi lagi..

    Absen online ngurangi dosa para karyawan yang selalu boong heheheh

    ReplyDelete
  6. Penasaran dengan absensi on line, berarti bisa dari rumah dong?
    Absensi ini emang problem sexy, di setiap era selalu ada, cuma beda cara curangnya 😁😁😁

    ReplyDelete
  7. Sekarang udah gak zaman absensi manual. Sekolahan aja sekarang udah pake finger print. Kekeke. Nah, aplikasi absen online kayak Talenta ini juga tetap bisa digunakan di masa-masa work from home ini ya mba. Semua sudah terintegrasi secara real time online.

    ReplyDelete
  8. Semoga rajin datengnya diimbangi dengan rajin kerja ya :D Bukan malah rajin dateng trus rajin pakai komputer dan internet kantor buat keperluan pribadi :))

    ReplyDelete
  9. Bagus banget yah ini, absensi karyawan online software HR Talenta dan Payroll. Apalagi dilengkapi fitur geo-tagging. karyawan bisa melakukan absensi kapan saja dan dimana saja tanpa takut mereka melakukan kecurangan. Mempermudah kerjaan HR yah mba. Jadi inget dulu jaman kerja di bagian HRD. Duh saat rekap absen. Masih manual. Repot banget. Alhamdulillah sekarang teknologi semakin meringankan dan mempermudah

    ReplyDelete
  10. Emang sekarang semuanya serba digital ya...
    Termasuk untuk absensi kantor...

    ReplyDelete
  11. Sekarang pas wfh, absensi ini penting, ya, Mbak. Apalagi buat yang kantoran, pastinya perlu pakai aplikasi absen online biar memantau kinerja karyawan.

    ReplyDelete
  12. Zaman sekarang yang serba digital, absensi pun sebisa mungkin online, di kantor suamiku sudah nerapin absensi online ini.

    ReplyDelete
  13. Aku udah nggak ngantor lama jadi gak paham dengan absensi online. Ternyata ada juga ya model absensi online, apalagi sekarang justru dibutuhkan karena work from home

    ReplyDelete
  14. Presensi online, penasaran dengan cara kerjanya. kalau online bukannya malah bisa disalahgunakan, orang lain yang absen asal punya akunnya

    ReplyDelete
  15. Wah kalo pakai absensi online gini memudahkan kedua belah pihak ya, karyawan dan perusahaan.. Asiknya lagi gak bs disalahgunakan lagi, khan jam kerja entar dimintai pertanggung jawaban juga hehe

    ReplyDelete
  16. Absensi online kalau dengan finger juga masih bisa diakali, Mbak. Karena sidik jari bisa diduplikat. Kalau mau yang susah diakali pakai retina mata, susah menduplikatnya hehehe

    ReplyDelete
  17. Kalau masalah absensi, jadi ingat saat kuliah dulu sering TA alias Titip Absen.
    Namun setelah bekerja, sikap seperti ini sangat saya hindari. Karena merugikan, tentu.
    Kalau presensi online begini, jauh lebih tertib yaa...

    ReplyDelete
  18. Hmm, di masa work from home begini aplikasinya cocok banget digunakan. Secara online ga bisa lagi tuh fraud absensi.

    ReplyDelete
  19. Kalau perusahaan besar, sistem absensi memang kudu jelas. Aku dulu pakai yang sistem sidik jadi. Cuma karena waktu itu mesinnya cuma 1, jadi antri ramai banget

    ReplyDelete
  20. diradio tempatku bekerja sudah menggunakan absensi online, sekalian absen dengan menuliskan nama dan mengerjakan apa, juga memasang fitur google maps. jadi ketahuan absennya dari mana

    ReplyDelete
  21. Sistem absensi yang tepat bagi PNS dan anggota MPR DPR nih :) jadi beneran datang dan kerja, ga nitip absen doang tapi tetap dapat gaji

    ReplyDelete
  22. Setelah era pandemi, sepetinya absensi skrg ga bgitu penting krn sdh bnyk online, kecuali yg berhdpn lgsg dengan publik ya sprti loket gitu.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)