3 Alasan Mengapa Harus Membeli Penyedot Debu

Dari namanya bisa ditebak, penyedot debu kita perlukan untuk membersihkan rumah agar bersih. Tetapi, kegunaan alat ini ternyata tidak sesederhana namaya. Untuk satu peralatan rumah tangga saja, bisa dibilang penyedot debu adalah alat yang multifungsi. Jadi, mengapa kita perlu membelinya untuk rumah membersihkan rumah? Simak beberapa alasan berikut ini.
 
3 alasan membeli penyedot debu

1.   Membersihkan kotoran dari berbagai permukaan

Rumah kita memiliki lebih banyak jenis kotoran daripada yang kita kira. Partikel debu selalu beterbangan di sekitar rumah, meski kita tidak bisa melihatnya. Remah makanan berjatuhan setiap harinya. Tak perlu menunggu waktu lama, remah makanan ini akan segera diserbu bakteri yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Setiap hari, kita, sebagai manusia, melepaskan sel-sel kulit mati yang lama-kelamaan akan terkumpul di karpet, kasur, dan sofa. Bercampur dengan debu, semua kotoran itu menjadi tempat yang sangat baik untuk berkembangnya mikroorganisme penyebab penyakit. Belum lagi bulu hewan kesayangan yang rontok.

Nah, dalam hal menyingkirkan semua kotoran itu, penyedot debu memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya:
  • Mampu memerangkap kotoran dan debu sebelum menyebar. Menyapu atau membersihkan debu dengan bulu ayam hanya akan mendorong-dorong debu. Partikel-partikel debu yang lebih kecil akan melayang-layang dan akhirnya mengendap di tempat lain. Penyedot debu mampu memerangkap debu tanpa membuatnya beterbangan.
  • Mampu membersihkan debu yang terjebak di area yang sulit dibersihkan, misalnya di kerai, rak buku, penutup lampu, bahkan daun tanaman yang dipajang di dalam rumah.
  • Mengurangi alergen dalam ruangan. Celah-celah antara panel jendela dapat menjebak debu dan serbuk sari. Mengisap debu secara teratur, termasuk di kerai jendela atau pintu, dapat mengurangi akumulasi alergen dan menjaga keluarga tetap sehat.
  

2.   Menyingkirkan hewan kecil penyebab penyakit

Tak hanya menyingkirkan debu dan kotoran, sebuah penelitian yang dilakukan Ohio State University menunjukkan bahwa sering menyedot debu juga dapat membunuh lebih dari 90 persen tungau dan kutu di rumah, baik yang masih larva maupun yang sudah dewasa.

Tungau debu berukuran mikroskopis dan sulit dilihat dengan mata telanjang. Tungau rumahan ini suka bersarang di tempat yang lembap dan hangat seperti kasur, karpet, tirai, dan sofa. Tungau memakan serpihan kulit mati (dari manusia maupun hewan) yang menempel pada perabotan itu.

Gigitan dan kotoran tungau dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti alergi, gatal-gatal, batuk, dan sesak napas. Untunglah, penyedot debu dapat bekerja menjangkau ke tempat-tempat tungau berkembang biak.

Penyedot debu juga cukup efektif menghilangkan kutu busuk atau kutu kasur yang cukup mengganggu karena menggigit dan memakan darah manusia. Penyedot debu yang bertangkai panjang juga dapat digunakan untuk menjangkau dan memerangkap laba-laba atau nyamuk yang berkumpul di sudut-sudut langit-langit.
 

3.   Menjadi investasi yang dapat diandalkan

Harga penyedot debu di pasaran sangat beragam. Fitur yang ditawarkan pun semakin berkembang. Dengan banyaknya pilihan, kita harus memastikan harga yang dibayarkan sesuai dengan manfaat yang diperoleh. Pastikan Sobat Cakrawala Susindra memilih penyedot debu yang benar-benar dapat membantu “membersihkan udara”.



Salah satu hal yang membedakan penyedot debu kebanyakan dengan apa yang disebut "penyedot debu sehat" adalah tingkat penyaringan. Pastikan penyedot debu pilihan Sobat Susindra memiliki sistem filtrasi yang memadai sehingga tidak hanya mengisap kotoran dan debu, tetapi juga memerangkapnya dan tidak membiarkannya keluar lagi.

Sebagian besar penyedot debu sehat memiliki sistem penyaringan bertingkat untuk mencapai tujuan ini. Saat ini, filter HEPA adalah cara terbaik untuk menjaga udara dan karpet tetap bersih karena dapat memerangkap 99 persen debu di udara ke dalam filternya.

Inilah investasi yang kita inginkan. Dengan penyedot debu yang berkinerja baik, kita dapat tetap sehat, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk berobat, juga tidak perlu membuang waktu dan menunda pekerjaan karena sakit.

Selain itu, dengan membersihkan semua perabot berbahan atau berpenutup kain, kita dapat menjaganya tetap awet. Dalam hal perawatan karpet, menyedot debu adalah pertahanan pertama melawan kuman serta pertumbuhan bakteri dan jamur.

Kotoran yang menempel dapat membuat serat kain cepat rusak dan terlihat usang. Dengan membersihkan secara teratur, karpet dan permadani Sobat Cakrawala Susindra bisa bertahan lebih lama. Kita tidak harus membeli yang baru jika perabotan yang ada terpelihara dengan baik. 

14 Komentar

  1. Nah, tungau dan kutu itu lho yg ngeselin paraaahh
    Bener bngeeett, kita butuh punya penyedot debu di rumah

    BalasHapus
  2. Saya punya penyedot debu di rumah, tapi jarang digunakan, hehe. Paling cuma untuk sesekali sedot karpet, sofa dan gorden. Kalau untuk sehari-hari, saya lebih sering pakai sapu ijuk sama sapu lidi karena lebih ringkas.

    BalasHapus
  3. Penting banget nih untuk pengidap alergi
    Anak sulung saya alergi debu, aduh kasihan banget kalo udah bersin-bersin
    Karena itu saya ekstra bersih bersih kamarnya
    Asyiknya sekarang ada penyedot debu sehat, sehingga debu benar benar minggat :)

    BalasHapus
  4. Penyedot debu memang lebih bisa membersihkan bagian-bagian sulit, bahkan horden pun mudah dibersihkan dengan penyedot debu, ga perlu terlalu sering dicuci tapi tetap bebas debu.

    BalasHapus
  5. Kasur sekarang gak terlihat ada kutunya, karena pakai spring bed. Tapi yang tak terlihat ini malah bahaya. Sama kayak sofa butuh dibersihkan dengan penyedot debu. Kalo aku gak punya sofa mba, jadi penyedot debu aku gunakan untuk membersihkan kasur spring bed. Biar tidurnya pules gak terganggu debu atau kutu

    BalasHapus
  6. Wah benar ya, klo pake penyedot debu nggak cuma bisa angkat debu, tapi juga hewan2 kecil yg tak nampak itu

    BalasHapus
  7. Penting banget ini untuk yang alergian sepertiku dan punya anak yang asma. Tungau dan debu musuh besar keluarga kami, hufttt...

    BalasHapus
  8. Sy juga pakai penyedot debu di rumah. Karena ada riwayat dari anak-anak yang alergi debu. Lumayan membantu banget buat membersihkan rumah terutama bagian yang susah dijangkau..

    BalasHapus
  9. Di rumah lama selalu pakai penyedot debu untuk bersih-bersih rumah, Mbak. Baik untuk lantai keramik, karpet dan sofa. Rasanya lebih bersih aja. Sekarang balik lagi ke sapu hehehe

    BalasHapus
  10. Kalau penyedot debu yang besar macam vacuum cleaner gitu saya gak punya. Adanya pembunuh tungau Kurumi gitu. Emang butuh sih untuk bersihkan sprei, bantal, dan playmat tempat bermain anak.

    BalasHapus
  11. Sepertinya barang ini sangat diperlukan ya mba mengingat fungsinya yang tak kalah pentingnya dengan peralatan rumah tangga lainnya seperti mesin cuci. Thanks infonya.

    BalasHapus
  12. Penting bgt mbak. Sehari aja debu dah banyak yg nempel. Dan kl bersihkan manual banyak makan waktu, itupun ga efektif, malah debu nya pindah.
    Hehe

    BalasHapus
  13. Penting bangeet ya mbaak membersihkan debu secara rutin karena debu ini jd sumber beragam penyakit. Apalagi di masa pandemi begini, huhu harus jd makin rajin bersih" jugaa. . .perlu banget punya penyedot debu biar urusan bersih" debu gak repot lagi. Makasih sharingnya mbaak 😁

    BalasHapus
  14. Dulu aku punya beberapa penyedot debu khusus karpet mbak. Sejak gak pakai karpet lagi, penyedotnya aku kasih ke sodara :D Tinggal satu dipake buat sedot debu di pinggir kasur, jendela, dan kawat pintu

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)