3 Cara Detoksifikasi Tubuh Nyaris Gratis

Sehat akan selalu jadi dambaan dan standar hidup manusia. Bahkan bagi pemilik rezeki minim dengan nominal yang pernah membuat banyak orang terbelalak tidak percaya, yaitu 2 jutaan per bulan. Mari tak berpolemik tentang hal ini karena pemilik rezeki sejutaan juga masih banyak. 

3 Cara Detoksifikasi Tubuh Nyaris Gratis


Detoksifikasi tubuh adalah salah satu cara menjaga kesehatan. Membuang racun-racun di dalam tubuh sehingga secara alami tubuh sehat kembali. Bonusnya adalah kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Kabar baiknya, ada 3 cara detoksifikasi tubuh yang nyaris gratis. Nyaris. Mau tahu? Harus baca sampai akhir, karena saya bagikan bahannya komplit dengan cara mendapatkannya.

Detoksifikasi dengan air putih


Kebutuhan air setiap orang tidaklah sama. Dalam manual atau tips, sering dikatakan kebutuhan kita sehari adalah 8 gelas. Memang lebih mudah begitu. Tapi jangan berhenti di angka 8. Tambahlah sebanyak mungkin, misalnya 10-12 gelas per hari. Pastikan tambahan itu berupa air putih.

Tubuh tahu seberapa banyak ia membutuhkan air. Asalnya dari air putih, buah, sayur, kuah, dan aneka minuman yang kita konsumsi. Jadi bukan 8 gelas secara harfiah. Tapi kesalahan pemahaman ini bisa menjadi baik juga, jika kita minum 8 gelas air putih per hari. Atau 10 gelas? Boleh.

cara detoksifikasi dengan air putih
Detoksifikasi dengan air putih


Sekali lagi, tubuh tahu yang dibutuhkannya. Kelebihan air putih akan luruh dalam bentuk kegiatan ke kamar mandi yang lebih sering. Bersamaan dengan itu, tubuh juga membuang zat-zat yang tidak dibutuhkannya. 

Seperti itulah detoksifikasi termurah dan termudah.

Detoksifikasi dengan bunga telang


Investasikan sedikit uang dan waktu untuk menanam bunga telang. Beli bijinya di toko bunga terdekat atau dari teman. Harganya beragam. Per 10 biji ada yang menjual mulai dari Rp2000 sampai Rp10.000,-

Kabar baiknya, bunga telang ini sangat mudah ditanam dan sangat mudah tumbuh. Tak meminta perawatan khusus, bahkan persyaratan cahaya matahari. Ada teras sempit 2x1 meter dengan cahaya 2-3 jam saja, sudah cukup. Makin luas dan makin banyak cahaya makin baik, tentunya.

wedang bunga telang

Syaratnya – ala saya – hanya tiga: Saat menyemai, pastikan media tanah selalu lembab, diletakkan di tempat yang bisa kita lihat tiap hari dan ada cahaya matahari. Misalnya di jendela dapur atau ruang kerja.

Kenapa? Karena kita takkan lupa kalau sedang menanam. 

Jika langsung ditebar, kita bisa lupa memastikan tanahnya lembab atau malah tidak tahu jika dimakan ayam/tikus. Hehehe. 

Percaya deh, bahkan untuk saya yang suka menanam, masa semai adalah masa paling saya perhatikan, karena yang pertama menentukan berhasil atau tidaknya kita menanam.

Jadi... tak ada alasan untuk tidak menanam lagi. Oh iya, bunga telang dapat mulai dipanen setelah 4 bulan. Makin lama jumlah bunganya makin banyak. Perhatikan kegemburan tanahnya ya. 

Kalau mau banyak bunga, sisa kulit sayur (yang belum direbus) bisa dikuburkan di sekitar tanaman bunga, berjarak sekitar 15 cm dari batangnya. Teknik pupuk langsung ini tak bisa digunakan jika ada tikus di sekitar rumahmu. 

Jika ada tikus di rumahmu, masukkan sisa sayur dan buah ke dalam ember/botol yang terisi air. Tutup rapat ember dan biarkan dalam satu malam. Nah, setiap hari bisa diambil airnya untuk menyiram tanaman. Namanya POC. Encerkan dengan air sekitar 3 kalinya ya. Misal ambil 1 gelas POC, encerkan dengan 2-3 gelas. Jangan lupa, botol/embernya diisi air kembali.


Bunga telang memiliki banyak khasiat. Setidaknya ada belasan. Salah satunya adalah detoksifikasi tubuh.

Cara menggunakan bunga telang sebagai detoksifikasi tubuh tidaklah sulit. Petik 5 bunga telang segar, cuci dan seduh dengan air panas. Setelah uap hilang dan air berwarna biru, tambahkan gula atau madu. Silakan langsung diminum.

wedang bunga telang


Jika tak ada bunga telang segar, bisa juga bunga telang kering. Harga per ons-nya sekitar Rp20.000 sampai Rp50.000.
Lumayan, ya. Tapi dapatnya sangat banyak kok.

Detoksifikasi tubuh dengan jahe


Jahe menjadi bahan minuman penghangat badan yang sudah sangat dikenal dan biasanya pertama kali terpikirkan. Tak heran jika konsumsi jahe amat sangat tinggi. Harganya juga cukup fluktuatif seperti cabai dkk. Kadang hanya Rp30.000 per kg, namun pada masa tertentu bisa jadi Rp80.000 per kg. Ini untuh harga jahe lokal dan jahe gajah. Harga jahe merah dua kali lipatnya.

Mengingat harganya yang sangat menggiurkan, saya memutuskan menanam jahe dalam karung bekas beras. Masa tanam sampai panen antara 10-12 bulan. Lama, ya. Hahahaha. Tapi cukup layak, kok. 



Saya beli jahe ¼ kg, ruas besarnya untuk saya konsumsi. Sebelumnya, ari-jari yang kecil saya potong (dengan sedikit tambahan ruas utama) dan simpan di tempat yang teduh, agak lembab, tapi terkena matahari. Sekitar 3-4 minggu akan tumbuh tunas dan siap ditanam di karung. 

Cara tanamnya cukup mudah. Isi karung dengan media tanam setengahnya saja. Basahi dengan air dan letakkan jahe yang bertunas. Satu karung diberi 1-2 jari saja. Bisa juga langsung 3 jari jika menggunakan karung gula (karung ½ kwintal). 

Saat menaman pertama kali saya isi 3 jari yang bertunas (rata-rata 3) dan karung jadi sangat cepat penuh dengan pohon cabe. Akhirnya saya bongkar dan bagi 3 karung. Mengulang lagi, deh...
 
Jangan lupa, sesekali siram tanah di sekitarnya dengan POC yang saya bagikan cara membuatnya di atas, ya.

Jadi... dalam satu tahun pertama mungkin kamu perlu beli jahe, tapi setelah itu kamu mungkin akan punya kebun jahe. Hihihi.

Saya baru punya beberapa karung, tepatnya 5 karung pohon jahe merah dan 1 karung jahe gajah. Ada 3 pohon jahe dalam polibag yang akan saya pindahkan ke karung kalau sudah beli.

Kok sedikit?
Pohon jahe merah saya banyak diminta keluarga/teman yang ingin menanam dengan cara super praktis. 



Jahe menjadi salah satu minuman detoksifikasi karena merupakan makanan diaphoretik alias memicu keluarnya keringat. Jadi, dengan sendirinya bisa menjadi alat detoks yang ampuh. Tentu saja harus minum air yang banyak, ya. Bagus sekali jika plus olah tubuh.

Racun dalam tubuh seperti gorengan siang tadi, dapat ikut keluar melalui keringat. 

Oh iya, jadi ingat, kalau sedang demam, flu dan batuk, minumlah jahe agar cepat berkeringat. Jadi, demam akan cepat berkurang. 

Berita baiknya, minum air putih dan wedang bunga telang juga ampuh untuk mereka yang sedang sakit demam, flu dan batuk.

Mau tips sehat lainnya? Saya punya banyak tips sehat dari rumah.

21 Komentar

  1. Ada yang bilang bunga telan itu cuma efek warna saja. Ternyata bisa untuk detoksifikasi juga ya?

    BalasHapus
  2. Waww aku sedang di cara pertama, banyak minum air putih. Dulu malas disuruh konsumsi air putih, dikit-dikit minum manis. Baru sada waktu awal kuliah, ternyata tubuh jadi lebih bugar

    BalasHapus
  3. Informatif sekali, suka sama artikel yang memberi informasi begini, mungkin bisa dicoba tips dan triknya

    BalasHapus
  4. Aku nggak terbelalak, Mbak, karena sering berada di bawah nominal itu :)
    Btw, aku nanem jahe yang bertunas di plastik bekas kemasan minyak goreng 2 liter, atau kemasan detergen cair yang 1 liter. Itu bagusnya buat berapa tunas, Mbak? Aku kemarin asal masukin aja. Sekarang udah ada yang mulai subur. Kusenaaaang....

    BalasHapus
  5. Thankiss mbak infonya♥️ aku baru ngelakuin 1 aja ni, yang air putih saja. Etapi air putih hangat. Gak tahu dulu pernah baca kalau sering minum air putih hangat itu bisa melembabkan kulit juga (ya selain dirawat juga sih ya sebenarnya). So, memang air putih itu banyak juga kegunaannya selain kesehatan juga kecantikan♥️

    BalasHapus
  6. Aku suka minum air bening banyak buat detoksifikasi. Kadang2 minum jahe anget tapi jarang. Klo bunga telang sama sekali blom pernah coba. Lagi hype banget ya bunga telang.

    BalasHapus
  7. wahhh hampis semua sudah ku pernah coba kak, favorit yang bunga telang sih, ditubuhku berasa banget dan lebih segar emang.

    BalasHapus
  8. Oke kak infonya buat kesehatan. Kalau aku tiap pagi bangun tidur minum segelas air lemon hangat dan juga membiasakan minum air putih 8 gelas sehari

    BalasHapus
  9. Sederhana dan mudah didapat , kebutuhan sehari-hari ya, paling bunga Telang saja yang agak susah dapet nya

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Wah aku lagi coba nanam jahe kemarin tapi belum tumbuh, memang bibitnya terlalu muda waktu itu, sekarang lagi pengen nanam bunga telang belum tau harus nyari dimana nih bibitnya...

    BalasHapus
  12. Cara paling murah dan mudah ya memang rajin minum air putih ya mba, ak blm pernah coba tuh yang bunga telang, kalo jahe akunya yang kurang suka hehe

    BalasHapus
  13. Detoks pakai air putih dan jahe memang bagus ya mom aku jg selalu lakuin itu. Ada satu lg mom detoks dengan buah. Untuk bunga telang aku baru tau informasinya mom. Bermanfaat sekali informasi nya.

    BalasHapus
  14. Saya biasanya minum air jahe, untuk seduhan bunga telangnya patut di coba nih. Mudah dan bahannya juga gampang didapat.

    BalasHapus
  15. Yang jadi rutinitas detox versi saya ya minum air putih 2 liter bahkan lebih sehari. Apalagi sehabis bangun tidur, itu wajib minum air putih sebanyak banyak nya. Klo jahe kondisional, klo habis berolahraga ataupun habis motoran baru deh bikin air jahe

    BalasHapus
  16. Selama ini saya hanya mengandalkan air putih saja untuk detoksivikasi. Baca artikel ini, saya jadi tergoda untuk belajar bertanam bunga Telang. Warnanya cantik. Bisa jadi bunga hias kan ya.

    BalasHapus
  17. Aku biasa pakai air putih dan lemon, baru tahu kalau bunga telang bisa buat detoks. Kapan2 bisa coba nih :)

    BalasHapus
  18. Kalau aku biasanya dengan air putih saja kak. Aku baru tahu bunga telang kak. Baca review tulisan ini. Boleh juga dibeli untuk di rumah. Thanks infonya kak

    BalasHapus
  19. kalau air putih saya udah ngelakuin. mungkin bunga telang akan saya coba berikutnya hehe, ga begitu suka jahe soalnya. makasih sharingnya

    BalasHapus
  20. aku lagi nyoba detox dengan air putih, tapi itu efeknya suka kencing ya

    BalasHapus
  21. Klo aku lebih sering minum air putih, jahe pun jg doyan. Tapi klo bunga telang, jujur bru tau skg2 aja..dan aku gak suka meskipun blm pernah coba..cuma aneh aja makan/minum bunga

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)