Masih Sedikit yang Tahu, Inilah Manfaat Luar Biasa Colocation Server

Jika sudah sering berada di lingkungan IT mungkin Sobat Cakrawala Susindra sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah seperti domain atau hosting. Namun, apakah Anda juga tahu tentang colocation server


Memang saat ini masih tidak banyak yang mengetahui tentang hal ini, bahkan walaupun mereka sudah lama berada di lingkungan IT. Lebih banyak orang yang mengetahui domain dan hosting saja. 

Apa Itu Colocation Server?

Lalu, sebenarnya apa itu colocation server? Colocation server merupakan sebuah layanan untuk menyimpan server di data center milik orang lain. Dengan begitu, kita tidak perlu lagi mengeluarkan sejumlah biaya guna mempekerjakan ahli IT dan membuat berbagai infrastruktur ruang data center. Kita hanya perlu menyediakan server dan selanjutnya tinggal menyerahkan pada penyedia layanan tersebut.

Biasanya penyedia jasa colocation server akan memiliki tempat, daya, pendingin, bandwidth, dan juga keamanan fisik. Adanya jasa ini benar-benar akan menghemat waktu, dan kita bisa mengalokasikannya ke hal-hal yang lebih penting. Kita tidak perlu memikirkan berbagai hal terkait dengan masalah IT karena semua itu sudah ada yang mengurusnya.

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Colocation Server

Kita tidak harus langsung menggunakan jasa ini. Ada beberapa waktu yang tepat untuk Anda menggunakan colocation server. Jadi, mau menggunakan atau tidak, semuanya pasti ada situasi dan kondisi masing-masing. Namun, ketika Anda sedang mengalami atau berada pada kondisi di bawah ini, artinya Anda harus segera menggunakan colocation server.

1. Ingin menghemat biaya

Pertama, jika kita merasa bahwa pengeluaran kita terlalu besar, terutama pada bagian IT, mungkin ini saatnya kita mulai menggunakan colocation server

Membuat ruangan data center sendiri memang membutuhkan biaya yang ekstra besar. Belum lagi kita juga harus membayar teknisi IT yang notabene juga tidak kecil jumlahnya. Dengan menggunakan colocation server, biaya tersebut bisa Anda pangkas.

2. Traffic mulai tinggi

Ketika traffic dari website Anda sudah semakin besar, mungkin Anda akan merasakan layanan yang sedang Anda gunakan tidak cukup untuk menunjang hal itu. Di saat inilah waktu yang tepat untuk menggunakan colocation server. Apabila sebelumnya kita menggunakan layanan VPS linux, sebuah pilihan yang tepat jika Anda memilih colocation server untuk upgrade.

3. Loading halaman mulai lamban

Selanjutnya, kita harus mulai menggunakan colocation server ketika untuk membuka halaman website Anda terasa lamban. Masalah ini akan menyebabkan pengunjung menjadi tidak nyaman dan bisa kabur dari website Anda. Oleh sebab itu, Anda harus segera melakukan tindakan. Jika masalah ini terletak pada bagian hosting, memilih colocation server adalah langkah yang tepat.

Keuntungan Menggunakan Colocation Server

1. Hemat biaya

Terkait dengan waktu yang tepat untuk menggunakan colocation server di atas, memang hal ini akan sangat menghemat biaya. Dengan menggunakan layanan ini, kita bisa memangkas biaya-biaya yang cukup besar seperti gaji teknisi IT, ruangan data center, listrik tambahan, fasilitas keamanan berstandar Internasional, AC, koneksi internet, dan lain-lain.

2. Memiliki keamanan yang terjamin

Server-server perusahaan yang telah dititipkan pada pengelola colocation server akan dijamin keamanannya. Biasanya para penyedia jasa colocation server seperti NEX data center sudah memiliki tingkat keamanan dengan standar Internasional. Tidak sembarangan orang bisa masuk dan mengakses data. Selain itu, gedung atau tempat penyimpanan biasanya juga memiliki perlindungan dari berbagai masalah seperti kebakaran.

Jadi, bisa dikatakan menggunakan colocation server memiliki banyak sekali keuntungan, terutama pada masalah waktu dan biaya. Oleh sebab itu, jika dirasa sudah waktunya, sebaiknya Anda segera mencari colocation server seperti NEX data center. Di tempat tersebut Anda akan mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang berkualitas dan terjamin keamanannya. Lebih lengkapnya Anda bisa membuka nexdatacenter.com.


12 Komentar

  1. Betul, kebanyakan orang tahunya domain atau hosting dan tidak terlalu paham bahwa ada server yang bisa jadi tempat aman sebagai jalan keluar ketika alami masalah. Saya pernah nonton drakor yang ada ruangan server bagi perusahaan itu. Luar biasa luasnya. Tetapi tidak semua kantor sanggup punya tempat server macam itu karena ribet dan makan biaya, maka Coalocarion server sebagi solusi.

    BalasHapus
  2. ya aku tahunya juga Hosting sama domain awalnya mbak. Dan tahu kalau penggunaan Colocation lebih efisien dan mudah juga ya, trus banyak keuntungan yg didapat.

    BalasHapus
  3. baru denger sih tentang Colocation server dan ini speertinya sangat dibutuhkan bagi yang memerlukan kapasitas server yang besar. Apalagi kalau traffic melonjak ya kak

    BalasHapus
  4. makasih sharingnya, baru tahu ini

    BalasHapus
  5. biasanya sih kalau sekadar blog belum perlu, krn tetap nyimpennya di server si empunya jasa domain hosting. Yang punya domain hosting, kalau sudah level perusahaan ya pastinya butuh banget, dan kalau nyewa lebih murah drpada bangun ruang server sendiri yang besar

    BalasHapus
  6. Colocation Server, jujur baru denger nih mba..ku pikir bakalan tambah mahal menggunakannya..ternyata bisa lebih hemat...


    Terimakasih sharingnya..

    BalasHapus
  7. info baru nih buat aku, jadi kalau menggunakan jasa ini malah jadi lebih murah ya untuk penyimpanannya. apalagi kalau misal udah punya data banyak dan ukurannya besar, pasti butuh ini

    BalasHapus
  8. Kok jadi ingat ide cerita dalam drama Rich Men Poor Women yaa...kak Susi.
    Apakah kalau sudah bergabung di sebuah penyedia hosting dan domain, Colocation Server juga akan terjamin di maintenance oleh sang penyedia jasa hosting?

    BalasHapus
  9. Informasi baru banget untuk saya. Masih abstrak juga sih, belum terlalu paham. Saya harus praktik dulu atau menguliknya lbh fokus supaya lebih paham. Anyway,terima kasih sudah berbagi informasi,Mbak :)

    BalasHapus
  10. Aku baru dengar colocation server ini, tapi secara gak langsung trnyata aku udah lakuin hal ini.
    untuk blog yang aku punya aku ikut di hosting orang lain, ini termasuk colocation server juga gak sih ya ?

    BalasHapus
  11. Colocation server merupakan sebuah layanan untuk menyimpan server di data center milik orang lain .. wah baru tahu Mbak Susi ... makasih sharing-nya.

    BalasHapus
  12. Solusi banget ini buat yang traffic pengunjungnya tinggi. Eh iya, kapan yak traffic blog daku bisa tinggi hehe. #galfok deh

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)