5 Macam Produk Asuransi Dana Pendidikan dari AXA Mandiri

Kita harus sama-sama mulai memikirkan dan melek tentang asuransi pendidikan, termasuk asuransi pendidikan dari AXA Mandiri. Karena ada fakta mengejutkan tentang biaya pendidikan yang tidak disadari oleh semua orang tua, yaitu fluktuasi dana pendidikan. Untuk itu, perlindungan dana pendidikan dari AXA Mandiri yang akan mengatasi hal tersebut.

5 Macam Produk Asuransi Dana Pendidikan dari AXA Mandiri
Literasi keuangan untuk dana pendidikan anak

Mari kita lihat faktanya. Memang, sebagian orangtua akan mengeluhkan biaya awal sekolah atau kuliah yang tinggi, bahkan lebih tinggi daripada sebelumnya, tapi keluhan itu terjadi karena spontanitas. Membandingkan dengan biaya sebelumnya. Terkadang sedikit lega karena adanya tidak banyak. Jarang membandingkan dengan biaya masuk tahun-tahun sebelumnya lalu mengkonversi dalam bentuk inflasi. 

Saya salah satunya. Setiap tahun ajaran baru akan menyiapkan dana antara sekian sampai sekian. Tapi itu berarti saya hidup untuk saat ini. Akan tiba saatnya, dengan kemampuan finansial saya, pendidikan tinggi anak akan sulit digapai. Karena, fluktuasi di tingkat perguruan tinggi sudah bukan uang receh untuk membeli bakso atau bolen pisang. Bahkan, ada beberapa perguruan tinggi terbaik yang kenaikannya sudah skala membeli motor baru.

Begitulah logika emak-emak seperti saya. Kalau menganalogikan ya yang sederhana saja, yang di depannya saja. Tapi serius... Tahun 2020 ini saya merasakan kemabokan pertama, karena anak mbarep masuk SMK pilihannya dan si tengah masuk MTS. Pasca melunasi biaya sekolah sebelumnya (yang untunglah tak ada biaya perpisahan), saya dihadapkan dengan biaya masuk sekolah baru yang lumayan.

Keduanya sekolah baru, dengan biaya uang gedung dan tetek-bengek-nya. Terkhusus si mbarep, jangka waktu yang diberikan untuk keterlambatan membayar hanya 5 hari. 5 HARI! Sungguh beruntung saya memenangkan lomba blog senilai 10 juta yang cair pada hari pertama membayar. Langsung cash di muka, semuanya. Uang sekolah anak kedua juga terbayar. Alhamdulillah. 

Byuh! Deg-degan saya kalau ingat. Meski tahu setiap anak punya rezekinya sendiri.

Salah kalau orang tua masih berpikir bahwa biaya pendidikan sudah disubsidi pemerintah lalu bisa santai. Biaya pendidikan itu bukan hanya uang gedung (sekarang namanya apa saya lupa), dan SPP, ada juga biaya buku, seragam, alat tulis, tas, sepatu, dan kebutuhan lainnya. Beruntung juga, tahun ini langsung kelas daring, dia sekolah dengan berbekal HP Pro M1 yang biasa ia pakai sehari-hari.

Sounds familiar, right? Mengalami sendiri, yang mirip-mirip gini? Apa berencana mereka ulang sejarah deg-deg pyaar saat anak masuk sekolah baru? Di sinilah, Manteman Susindra harus mulai berpikir panjang kali lebar kali tinggi agar jadi persegi. Ups....

Saya mau memaparkan tentang produk asuransi pendidikan yang sesuai dengan budget kita.


Dana Pendidikan dari AXA Mandiri
Persiapkan dana pendidikan anak dengan lebih baik


Apa Itu Asuransi Pendidikan dari AXA Mandiri?

Asuransi pendidikan adalah produk asuransi yang menjamin biaya pendidikan anak kita, sampai jenjang tertentu, dengan jumlah uang tertentu yang harus dibayarkan setiap bulan dalam jangka waktu tertentu. Yang tertentu-tertentu ini memang disesuaikan dengan pilihan nasabah, yang tentunya disesuaikan dengan produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, misalnya AXA Mandiri. 

Sekilas mirip tabungan bulanan, tapi beda, karena jumlah yang dibayarkan selalu sama, dan memiliki dua manfaat, yaitu dana pendidikan dan asuransi jiwa. 

Ada juga lho, tabungan pendidikan, atau kita bisa bilang tabungan berjangka, dengan deskripsi mirip, namun TIDAK memberikan manfaat asuransi. Beberapa produk tabungan pendidikan memang memberikan perlindungan asuransi, namun jumlahnya sedikit dan disebut "uang santunan". Di sini kita harus jeli.

Sampai sini sudah paham, ya?

Nah, saya mau menulis tentang produk produk-produk asuransi perlindungan dana pendidikan dari AXA Mandiri. Umumnya, asuransi pendidikan AXA Mandiri dilengkapi dengan investasi. Itu sepemahaman saya. Nah, ada 5 jenis asuransi pendidikan dari AXA Mandiri, yaitu:

  1. Asuransi Mandiri Tabungan Rencana
  2. Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas
  3. Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas Syariah
  4. Asuransi Mandiri Elite Plan
  5. Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah


Apa Saja Maksud dari Lima Produk AXA Mandiri?

1. Asuransi Mandiri Tabungan Rencana

Produk asuransi ini berupa tabungan rencana, namun memiliki manfaat asuransi. Tujuannya bukan hanya sebagai dana pendidikan saja, tapi multipurpose, misalnya untuk dana pernikahan, perjalanan ibadah, wisata, atau jaminan hari tua. Bagi kita yang masih menggak-menggik menyesuaikan budget di masa pandemi, asuransi pendidikan yang satu ini paling tepat, karena premi yang ditawarkan mulai dari Rp100.000 per bulan. Nominal ini bisa dinaikkan saat keuangan sudah lebih stabil.  

Saat mengambil produk ini pun, tak ada proses underwriting atau identifikasi risiko calon tertanggung saat pengajuan. Auto diterima, dan bisa langsung ke Bank Mandiri terdekat. Nanti akan ada mas-mas atau mbak-mbak pegawai yang super ramah di desk AXA Mandiri dan siap membantu. 

Asuransi Mandiri Tabungan Rencana ini masa pertanggungannya 1 tahun, dan dapat diperpanjang sampai batas 20 tahun saja. Oleh karena menyediakan asuransi, maka jika tertanggung (orangtua/yang membayar) mengalami cacat tetap total atau meninggal, maka sisa angsuran akan ditanggung oleh AXA Mandiri. Jika tak sanggup membayar lagi tanpa alasan ini? Uang akan dikembalikan secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Saya pernah mengalami ini, tahun 2012 lalu. 

Lama, ya.... Hahaha. 


2. Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera

Bagi yang belum tahu, yang namanya produk asuransi pendidikan itu aslinya ada 2, yaitu Asuransi Jiwa Dwiguna dan Asuransi Unit Link. Nah, Asuransi Mandiri Perlindungan ini termasuk produk asuransi unit link. Artinya, selain menawarkan dana pendidikan dan perlindungan jiwa, juga akan menginvestasikan dana kita secara kolektif pada produk tertentu. Sistem kerjanya kurang lebih seperti reksa dana. 

Masa pertanggungan produk asuransi ini adalah 25 tahun dikurangi usia anak dengan premi mulai dari Rp1,5 juta per tahun. Pastikan usia anak yang didaftarkan mulai dari usia 0 sampai 15 tahun. Premi akan dibayar oleh pihak AXA Mandiri jika tertanggung/pemegang polis mengalami cacat total/penyakit kritis/kematian. Daan... tersedia loyalty bonus seumur hidup dari tahun ke-7 sampai 100 tahun.

Ehm... tak seperti produk sebelumnya, kalau mau ambil ini, harus melalui Financial Advisor, ya....

3. Asuransi Mandiri Sejahtera Perlindungan Sejahtera Syariah

Bagi orangtua yang ingin menjamin kehalalan apapun yang dipakai anak, maka Asuransi Mandiri Sejahtera Perlindungan Sejahtera Syariah adalah solusi. Produk ini ditujukan untuk membantu perencanaan kebutuhan finansial pendidikan buah hati sekaligus memudahkan Anda meraih keberkahan melalui fitur wakaf. Kontribusi yang dibayarkan mulai dari Rp300.000,- per bulan. 

Produk ini juga menjamin premi akan dibayar oleh pihak AXA Mandiri jika tertanggung/pemegang polis mengalami cacat total/penyakit kritis/kematian. Daan... tersedia loyalty bonus seumur hidup dari tahun ke-7 sampai 100 tahun. 

Bedanya.... ada underwriting atau identifikasi risiko calon tertanggung saat pengajuan. Jangan khawatir, Financial Advisor akan membantu, karena dari sanalah jalur distribusinya.


4. Asuransi Mandiri Elite Plan

Sesuai namanya, produk ini memberikan perlindungan menyeluruh yang memberikan rasa aman dan nyaman. Wajar, premi minimalnya saja Rp1,6 jutaan per bulan. Benefitnya juga elit, yaitu berbagai macam perlindungan asuransi tambahan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Keuntungan lainnya, kamu bisa menarik sebagian unit (dana) untuk kebutuhan pendidikan anak. Perlindungan optimal ditawarkan, dan cocok untuk mereka yang mampu dan menyadari bahwa masa depan yang tidak pasti, karenanya perlu dipersiapkan sejak dini dengan produk terbaik. 

Seperti asuransi pendidikan sebelum-sebelumnya, AXA Mandiri akan menanggung sisa premi jika terjadi cacat/penyakit kritis/kematian. 

Tertarik? Silakan hubungi Financial Advisor terpercaya yang direkomendasikan mereka yang kita percayai. 

literasi finansial dan pana pendidikan dari AXA Mandiri


5. Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah

Produk kelima dari AXA Mandiri ini, secara umum sama seperti Asuransi Mandiri Elite Plan. Perbedaannya jelas, yaitu semua dana dikelola secara syariah, menjauhi hal yang dilarang dalam agama Islam. 

Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah hadir untuk menyediakan perlindungan menyeluruh guna membantu perencanaan masa depan Anda agar terbebas dari ketidakpastian (gharar), riba dan barang haram. Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah juga dilengkapi fitur yang akan mengoptimalkan perlindungan jiwa dan hasil investasi untuk masa depan.

Manfaat lainnya adalah:

Ada maslahat sebesar 100% santusan asuransi dasar apabila peserta meninggal dunia dalam masa asuransi. Maslahat tambahan sebesar 100% santunan dasar apabila peserta meninggal dunia karena kecelakaan saat melakukan ibadah haji/umrah.

Tertarik? Ayo hubungi Financial Advisor terpercaya. Oh iya, minimum kontribusi adalah Rp25.000.000,- per tahun.


Apakah saat membaca asuransi AXA Mandiri di atas, literasi finansial berasa bertambah? Saya juga. 

Hal-hal semacam ini perlu dibaca, diketahui, lalu ditulis agar tidak lupa. Sertakan juga doa agar bisa bisa mengambil produk asuransi pendidikan terbaik, agar masa depan kita dan keluarga terjamin. Tidak kolaps atau resesi lagi saat terjadi pandemi. Siapa yang pernah meramal kita akan masuk di kondisi sekarang ini yang serba sulit, bahkan sekolah pun tak boleh tatap muka.

37 Komentar

  1. Wah ternyata di AXA Mandiri ini bentuk asuransinya beragam sekali ya, jadi bisa dipilih sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  2. betul juga ya kalo dipikir2 biaya pendidikan bakal melonjak tinggi. Entah berapa biayanya pas anakku mulai masuk sekolah nanti.. huhu
    bagus juga ini rekomendasinya mba.. jadi kepikiran dan pengen ikut asuransi AXA mandiri juga..

    BalasHapus
  3. banyak jenis asuransinya ya kak, Paling penting mencari tahu pruduk asuransi mana yang paling dibbutuhkan dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk preminya

    BalasHapus
  4. Beragam juga yh ternyata. Nanti deh dipikirkan lg kalau sudah berkeluarga 😁

    BalasHapus
  5. Wah ada syariahnya juga ya..aku lima anak engga ada satu pun nih yg punya asuransi pendidikan hehe..tapi sekarang sudah pada besar sih...tinggal banyak doadan usaha aja jadinya hahaha

    BalasHapus
  6. 5 macam asuransi pendidikan dari Axa mandiri jadi pilihan banget nih buat masyarakat, apalagi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis yang syariah nya juga. TFS mbak

    BalasHapus
  7. Waah banyak banget ternyataaa. Hihi. Aku sempet ditawarin waktu buka buku tabungan di Mandiri. Tapi blm ngeh sihh. Mungkin waktu itu dengerinnya buru2 jugaa. Bersyukur bisa baca artikel inii

    BalasHapus
  8. Makasih sharingnya kak. Kebetulan aku lagi cari2 asuransi pendidikan untuk anakku. Dengan adanya sharing ini jadi nambah opsi aku untuk pilih2 dengan cermat.

    BalasHapus
  9. Setuju mba, asuransi pendidikan sangat penting ya karena kita gak pernah tahu apa yang terjadi pada kita kelak, Semoga anak anak kita bisa mendapatkan pendidikan sebaik mungkin ya Mba,, Aminn

    BalasHapus
  10. Dulu udah pernah punya asuransi pendidikan, tapi kututup semua. Sampai sekarang masih menimbang2 untuk cari asuransi pendidikan lagi. Btw aku pernah ada di posisi mbak Susi, pas harus bayar sekolah anak, pas menang lomba hehe.

    BalasHapus
  11. Masya Allah Mbak Susi .... rezeki menang lomba blog yang tempo hari itu ya langsung berkah. Di samping rezeki tak terduga memang idealny ada asuransi pendidikan untuk anak ya.

    BalasHapus
  12. Aku tu masi bingung ttg asuransi pendidikan awalnya, sampe sekarang pun lum pake huhu... tapi baca ulasan mba aku jadi mikir ulang ni

    BalasHapus
  13. "Sungguh beruntung saya memenangkan lomba blog senilai 10 juta yang cair pada hari pertama membayar. Langsung cash di muka, semuanya. Uang sekolah anak kedua juga terbayar. Alhamdulillah."

    Duuuh turut seneng baca bagian ini. Benar2 berkah yg tepat pd waktunya ya Mbak. Mempersiapkan dana pendidikan buat anak2 memang pueenttttting bangeeet

    BalasHapus
  14. Memang biaya pendidikan naik terus tiap bulan ya Mba, apalagi ynag swasta. Harus dipersiapkan dengan baik. Dengan asuransi bisa membantu menyiapkan dana pendidikan supaya lebih terjaga

    BalasHapus
  15. Aku juga salah satu pengguna AXA Mandiri, dulu pakai ini tuh gara-gara lihat temanku dan sharingnya dia. Langsung deh ikutan tanpa berfikir lagi karena malah mikirnya untuk masa kedepan.

    BalasHapus
  16. macam-macam asuransi pendidikan dari Axa mandiri jadi pilihanbuat masyarakat y mbak, apalagi bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing masing y mbak

    BalasHapus
  17. iya biaya pendidikan makin tinggi aja dari tahun ke tahun dan kalau tak dipersiapkan memang bisa bikin kelabakan. Salah satu cara mempersiapkannya ya dengan memiliki asuransi dana pendidikan

    BalasHapus
  18. Eh.. AXA ada yg syariahnya ya? Asli saya baru tau. Efek ga pernah tertarik sama asuransi jadi ga ngikutin perkembangan informasinya.

    BalasHapus
  19. Jangan kan biaya masuk perguruan tinggi. Biaya masuk SD aja udah mahal mba sampai puluhan juta. Huhuhu kemana uang sebanyak itu aku dapetin ya hihihi 😂. Standar sekolah aku tinggi tpi ga sesuai ama kemapuan wkwkw 😂. Klo ngeliat biaya pendidikan sekarang yang mahal, punya asuransi pendidikan perlu juga ya mba klo kita ada posnya di sini. Semoga Allah melapangkan rezeki kita ya

    BalasHapus
  20. Wah banyak ya jenis asuransi pendidikan AXA, Alhamdulillah Mbak Susi ya pas butuh eh pas menang lomba blog...memang harus persiapkan dana sekolah ya untuk anak-anak sejak dini..

    BalasHapus
  21. Preminya murah ya kak 1,5 juta per tahun. Keren nih,pertanggungannya juga banyak ya. Makasih ya infonya.

    BalasHapus
  22. Asuransi dana pendidikan dari AXA Mandiri ini pernah kami coba, kak..
    Alhamdulillah..
    Pas banget waktu itu cairnya pas anak-anak masuk sekolah. Alhamdulillah banget.

    BalasHapus
  23. wow, if you read axa independently. so remember. At that time, I registered, then rejected, then several days continued to call to join. well, I'm not excited anymore, so it's canceled

    BalasHapus
  24. dana pendidikan memang penting banget untuk anak - anak kita yaaa mba.. good thing you have prepared it

    BalasHapus
  25. Bener loh mba, dana pendidikan ini jadi prioritas kita untuk anak yaaa... Soalnya kan sekarang biaya sekolah enggak ringan, terutama untuk anakku yang harus mondok, ga ada subsidi pemerintah kaaann ;)

    BalasHapus
  26. Aku masih belum berkeluarga, tapi aku udah sedikit sedikit ngebahas ini dengan calonku, masih ditahap pembahasan terus nih tentang asuransi pendidikan

    BalasHapus
  27. Pilihan jenis asuransi pendidikan di AXA Mandiri variatif ya mba. Ada lima, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan kita. Kalo saya pribadi, lebih suka jenis asuransi pendidikan yang fokus. Artinya ya kalo untuk pendidikan, ya pendidikan saja. Kalo mau ada purpose yang lain, yang gak neko2, misalnya untuk perlindungan jiwa. Terima kasih informasinya Mba Susi.

    BalasHapus
  28. Bener Mba Susi, saya aja yang masih SD 3 anak sudah mulai merasakan kemabokan. Biaya sekolah/pendidikan emang gak bisa main-main. Harus direncanakan dengan baik. AXA mandiri memang pilihan yang tepat.

    BalasHapus
  29. Wah ternyata Axa mandiri ada yang syariah ya kak, jadi tertarik nih pengen ikut Asuransi Mandiri Elite Plan. Mengingat pendidikan bertambah mahal sekarang.

    BalasHapus
  30. iya nih, jadi mikir keras untuk dana pendidikan
    harus disiapin dengan matang
    bisa juga pake jasa asuransi dari axa mandiri

    BalasHapus
  31. Memang sih ya kita harus sedini mungkin mempersiapkan dana untuk buah hati. salah satunya mungkin dengan asuransi itu ya mbak

    BalasHapus
  32. Saya nasabah asuransi AXA Mandiri, Mbak Susi
    Memang benar biaya pendidikan anak itu kalau dipersiapkan sejak dini bikin kita enggak dadakan nanti..
    Apalagi jika ada proteksi asuransi...Jika ada apa-apa dengan orangtuanya apalagi pencari nafkah akan membantu nanti

    BalasHapus
  33. Sy udah merasakan nih Mbak,, manfaat asuransi AXA. Pas anak masuk sekolah Alhamdulillah tercover sesuai harapan.

    BalasHapus
  34. Sebenarnya kalau ingin asuransi pendidikan di Axa Mandiri bisa dengan biaya yang relatif terjangkau ya mbak. Karena banyak pilihan asuransi dan pendidikan itu. Hal ini kalau nggak dipikir matang dan betul2, khawatir ada kejadian di masa mendatang yg nggak diketahui. Jadi memberikan asuransi pendidikan untuk buah hati juga jadi opsi untuk melindungi masa depan mereka, ya
    Terima kasih untuk pencerahannya ya mba

    BalasHapus
  35. Tepat sekali..biaya pendidikan anak ini harus dipersiapkan sejak dini ya mbak soalnya makin lama biaya pendidikan makin mahal

    BalasHapus
  36. jenis-jenis asuransui tuh ternyata ada banyak banget yaa, kadang jadi bingung mau pilih yang mana huhuhu

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)