5 Tempat Wisata Seru di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Ingin sejenak refreshing dari pekerjaan dan aktivitas sehari-hari? Bepergian sejenak ke luar kota bisa jadi solusi menarik nih. Meski masih dalam kondisi pandemi, namun dengan tetap mengikuti protokol kesehatan di mana pun berada, kamu bisa bepergian dengan aman dan nyaman.



Nah, Semarang bisa jadi pilihan kota yang menarik untuk dijelajahi lho! Jaraknya yang tidak begitu jauh dari Jakarta dan pilihan tempat wisata yang begitu beragam tentu akan buat rencana bepergian kamu terasa beda dan menyenangkan.

Berikut adalah kumpulan tempat wisata seru di Semarang yang sayang untuk dilewatkan.

1. Bukit Cinta Rawa Pening

Setelah direnovasi, kini Bukit Cinta yang berada di tepi Rawa Pening yang legendaris itu tampil lebih menarik dan fresh. Tak hanya menawarkan pemandangan yang indah dan asri, kini kamu bisa menelusuri sekitaran Rawa Pening dengan mudah di Bukit Cinta ini.


Bukit Cinta Rawa Pening (Sumber: Kompas)

Pintu masuk dan loketnya didesain menarik menyerupai mulut naga raksasa. Di dalamnya ada terdapat banyak area berjalan untuk menelusuri danau ini. Ada juga taman dengan atap unik yang jadi salah satu spot foto populer di tempat ini. Playground juga tersedia untuk menghibur pengunjung yang membawa anak.

Kamu juga bisa menyewa perahu motor untuk mengelilingi Rawa Pening lho! Jika cuaca sedang cerah kamu bisa melihat pegunungan yang jadi latar danau ini, seperti Gunung Merbabu, Ungaran dan Telomoyo.

Oh ya, jangan lupa bawa topi atau payung jika berkunjung disini agar kamu tetap nyaman saat mengelilingi wisata ini ya.

2. Dusun Semilir Eco Park

Sempat ditutup karena penerapan protokol kesehatan, tempat wisata hits di Semarang ini sudah kembali beroperasi lho! Kamu bisa ajak seluruh anggota keluarga untuk berwisata ke sini karena ada banyak spot yang cocok untuk semua usia.

Wisata instagramable di Semarang ini terlihat begitu wow mulai dari interior bangunannya yang menyerupai stupa yang megah. Fasilitas di dalamnya pun lengkap, mulai dari villa, playground bermain untuk anak-anak, restoran dengan view keren, berbagai hewan dan wahana bermain.

Dusun Semilir (Dokpri)


Jika kamu tipe yang suka foto-foto, siapkan outfit terbaik karena di sini ada banyak sekali spot foto cantik yang bisa dijadikan latar berfoto. Ada juga toko oleh-oleh yang berisi banyak kerajinan tradisional cantik yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Oh ya, untuk masuk ke Dusun Semilir kamu wajib pakai masker ya!

3. Ayanaz Gedong Songo

Satu lagi tempat wisata instagramable di Semarang yang tidak boleh kamu lewatkan. Terletak di daerah Bandungan, tempat wisata ini masih berada dalam satu kawasan komplek Candi Gedong Songo lho, jadi cocok sekali dijadikan tujuan wisata karena bisa mengunjungi dua tempat wisata sekaligus.

Di sini kamu bisa menikmati keindahan alam Semarang dari ketinggian ditemani banyak sekali spot cantik untuk bersantai dan tentu saja foto-foto.

Mulai dari tenda gelembung, tempat duduk di tengah kolam, balon udara dan masih banyak lagi. Kamu bisa menyusuri tempat wisata ini untuk mencari spot duduk paling nyaman sambil menikmati sejuknya udara khas daerah pegunungan.

4. Taman Bunga Celosia Bandungan

Masih di daerah Bandungan, kamu bisa mampir ke taman bunga Celosia yang masuk ke dalam salah satu wisata hits di Semarang. Disini kamu bisa melihat hamparan bunga-bunga cantik berbagai warna yang menyegarkan mata.

Taman bunga celosia semarang (Sumber Tribun)


Wisata yang juga dekat dari wisata Candi Gedong Songo ini juga memiliki replika ikon landmark berbagai negara populer, seperti Patung Merlion seperti yang ada di Singapura, Menara Eiffel dan juga Kincir Angin seperti yang ada di Belanda.

Soal spot foto, jangan ditanya lagi. Kamu tinggal bawa kamera dengan baterai penuh untuk mengabadikan keindahan tempat ini ya.

5. Eling Bening

Tempat wisata yang satu ini menawarkan spot wisata lengkap dengan view Rawa Pening dari ketinggian yang memukau.

Di sini kamu bisa menikmati berbagai pilihan makanan menarik, bersantai sambil ditemani pemandangan yang wow, bermain di berbagai wahana yang tersedia dan juga berenang. Wisata yang satu ini juga memiliki banyak spot cantik untuk berfoto lho!


Sudah tidak sabar berkunjung ke Semarang? Jangan lupa pesan dulu tiket bus travel Jakarta ke Semarang di Traveloka ya.

14 Komentar

  1. 5 Tempat Wisata Seru di Semarang yang Wajib Dikunjungi dan seru untuk diagendakan

    BalasHapus
  2. Bukit Cinta Rawa Pening, yang ini sepertinya seru. Ngebayangin duduk di tepi danau trus ngelamun, trus dapet ide cling-cling untuk tulisanšŸ¤©šŸ¤© Ah jadi pengen ke sana...

    BalasHapus
  3. Kangen berkunjung ke Semarang lagi. Saya udah pernah beberapa kali ke sana. Tetapi, selalu urusan kantor. Makanya belum pernah explore kotanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ku baru sekali ke Semarang, Chi, dan pengen balik lagi deh, soalnya kesana waktu itu dalam rangka dinas dan waktunya singkat banget, jadi ga sempat main. Cuma nyobain kulineran yang di dalam kotanya saja. Bookmarked dulu catatan Mba Susi ini, ah! Nanti berkunjung ke sana. :)

      Hapus
  4. Waktu ke Semarang kemarin belum sempat ke Eco Park, lain kali mau mampir sekalian ke tempat lainnya hehe

    BalasHapus
  5. Wah bolak balik ke Semarang saya belum ke 5 destinasi ini
    Kalo pandemi usai saya cicil ke Rawa Pening dulu ah

    BalasHapus
  6. wah semarang!!!
    ini salah satu destinasi impianku mbak...renacananya sih liburan tahun ini kesana
    ternyata di semarang banyak ya tempat wisata menarik yg bisa dikunjungi

    BalasHapus
  7. Semakin banyak inovasinya, jadi kangen maen ke Semarang lagi dan konsep wisata nya juga lebih kekinian. Asik sih utk seru-seruan bareng apalagi bagi yg suka foto-foto

    BalasHapus
  8. Menarik ya, ternyata banyak spot wisata menarik di Semarang. Akses jalan Tol dari Malang ke Semarang juga udah ada. kapan-kapan mau lah jalan-jalan menjelajah wisata Semarang. Nunggu mbak Corona pergi dulu

    BalasHapus
  9. wah seneng banget ini dapat refrensi wisata di Semarang, terkadang kalau pas singgah di Semarang suka bingung mau kemana mentoknya ke tempat oleh2 aja hehe..makasih ya mba aq kepoh ini sama taman bunganya :)

    BalasHapus
  10. Belum pernah ke semua tempat itu. Ketika ke Semarang hanya ke Lawang Sewu mba Susi :) apa kabar mba Susi?

    BalasHapus
  11. dan semuanya aku belum pernah kunjungi huhu.. ke semarang bbrp tahun lalu kayanya cm sempet nengokin herritagenya aja. skrg udah makin banyak pilihan ya

    BalasHapus
  12. Baca ini mendadak jadi kangen dan pengen ke Semarang. Ternyata masih banyak destinasi wisata yang menarik dan belum saya kunjungi. Apalagi itu Taman Bunga Celosia di Bandungan. Duuhh pasti istagenic banget untuk pepotoan ya

    BalasHapus
  13. Tertarik ingin berkunjung ke Semarang. Dan penasaran dengan Ayanaz Gedong Songo. Pasti seru menikmati alam dari ketinggian sambil mengabadikan diri di sana.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)