Yuk Nonton The Love Last Two Minds

Salah satu drama Cina yang masih saya ingat meski agak lama selesai adalah The Love Last Two Minds. Selain kisahnya bagus, juga karena saya baru selesai menonton drama The Moon Brighten for You. Keduanya diperankan oleh Alan Yu sebagai male lead. Apa sih istimewanya drama ini dan bagaimana sinopsisnya?

sinopsis lengkap The Love Last Two Minds
Sinopsis dan review lengkap The Love Last Two Minds 


Drama yang satu ini punya pembuka yang manis dan cukup lengkap dalam memberikan data-data yang membuat orang ingin menonton lagi dan lagi. Episode 1-5 sangat mencuri hati. Setelahnya lumayan menurun dan menurun namun dengan ketelatenan akhirnya lunas sampai ending dengan ketertarikan yang kembali utuh.

Ini hanya tentang selera dan usia saya yang menua, sehingga hal remeh bisa menurunkan minat menonton. Kalau bagi yang masih muda, bisa menonton drama ini dengan high ending yang tetap prima. Alan Yu bikin hati deg-degan dan Yukee Chen (female lead) cantik menggemaskan. Apalagi Mu Bei Yan si sad boy yang akhirnya punya karakter jenderal setelah lama menjadi anak manja tak bisa apa-apa.


Sinopsis The Love Last Two Minds

Jing Ci dan pelayannya punya hubungan yang tak biasa. Feng Mian Wan, namanya, bisa hidup bebas lepas seperti burung yang selalu ia kejar sekaligus jadi teman bermain. Atap demi atap ia lalui, padahal ada Bibi Zhi Xia yang super galak dan sering menjebaknya agar diusir dari istana. Bibi Zhi bahkan dibantu oleh putri Raja Zhao sendiri yaitu Putri Wang Ze Sheng. Punya bibi pelayan yang protektif ditambah hidup menumpang di istana orang yang punya putri memang jadi risiko tersendiri.

Jing Ci ini sebenarnya adalah putra Raja negeri Yong yang ogah pulang sejak tahu jatidirinya. Ia lebih suka menumpang hidup di negara lain, yang merupakan negeri asli ibunya. Alasannya karena ibu Jing Ci meninggal saat jadi target intrik istana dan si putra tampan yang baru lahir tersebut berhasil diselamatkan oleh dayangnya. Ya si Bibi Zhi itu. Terbayang kan beban Jing Ci punya keluarga yang seperti itu.

Masih pula ditambah dengan jatidiri pelayan pribadinya, Feng Mian Wan yang tak kalah unik. Bayi Feng Mian Wan diselamatkan oleh Jing Ci saat hendak dibunuh oleh Bibi Zhi Xia. Ia yang saat itu masih kecil bersikeras menjaga bayi cantik tersebut di sisinya. Lama-lama master dan pelayan kecil tersebut saling jatuh cinta. Karakter Mian Wan teruji dari banyaknya jebakan maut yang disusun oleh Bibi Zhi dan Putri Wang. Episode 1 saja sudah sepadat dan semanis ini....

Semua bersorak saat Jenderal Besar Li Yuan dari negeri Ji datang dan bertemu dengan Mian Wan di jalan. Ia langsung menyatakan akan melakukan perjanjian damai antarnegara jika Mian Wan menikah dengannya. Nothing to loose. Bahkan untung berlipat-lipat. Jing Ci memang menjadi kandidat penerus negeri Zhao yang hanya punya putri.


The Love Last Two Minds manis romantis
Kisah cinta master dan pelayan

Jing Ci seperti biasa, menjadi pelindung bagi pelayannya itu. Namun tiba-tiba dia menyetujui pernikahan tersebut bahkan menyiapkan semuanya. Usut punya usut, si genius ini menyelidiki mengapa si jenderal sangat jatuh cinta pada Mian Wan, dan ia menemukan fakta bahwa ternyata si jenderal itu merupakan kekasih dari Yuan Qing Li. Siapa tuh?

Yuan Qing Li adalah putri dari Jenderal Besar Yuan. Ia putri tercantik di seantero negeri dan membuat banyak pria jatuh cinta. Dia sendiri juga memanfaatkan kecantikannya agar dapat dinikmati semua orang. Alasannya karena ia patah hati berat karena tak bisa menikah dengan jenderal yang ia cintai. Dia jengkel juga kenapa ibunya memilih Mu Bei Yan sebagai calon suaminya. Mu Bei Yan tak lebih dari anak jenderal yang manja dan tak bisa apa-apa.

Jadi...intinya adalah, Jing Ci berhasil menukar Mian Wan dengan Qing Li di perjalanan. Sayangnya Mian Wan sudah terlanjur salah paham dengan jatidirinya sebagai musuh dari master-nya. Bibi Zhi Xia membongkar rahasia mereka dengan sengaja agar Mian Wan membenci Jing Ci dan setuju hengkang dari istana.

Tak dinyana, perjalanan pernikahan Mian Wan menjadi kacau balau. Taktik Jing Ci punya kelemahan dan dimanfaatkan oleh Raja Zhao. Intinya sih, Mian Wan difitnah menyerang Jing Ci dan memutus urat kaki Jing Ci sehingga membuatnya cacat dan mengumpankannya sebagai makanan serigala. Masih bisa jalan kok, akhirnya, dengan perawatan intensif tabib dewa yang ternyata anak angkat Jenderal Mu.

Jing Ci menebak bahwa Mian Wan pelakunya, namun cinta memang aneh. Ia masih tetap menyelamatkan wanita yang dia sayangi itu. Sesuai rencana, ia diberi minuman yang membuat amnesia dan memberinya identitas baru sebagai Qing Li. Tentunya agar Jenderal Li tetap mendapatkan perempuan yang ia kasihi dan negeri Zhao aman sentosa selamanya.

Mian Wan, selanjutnya dipanggil Qing Li saja agar tidak bingung saat menyelaraskan sinopsis saat nonton streaming drama The Love Last Two Minds, berubah nasib menjadi anak kesayangan di keluarga almarhum Yuan. Dia punya karakter hidup bebas sehingga langsung kabur dari ibu kota. Nasib membawanya ke kota kecil bernama Qing He. Dia berhasil mempunyai pekerjaan baru yaitu penjaga keamanan kota. Nama samarannya sekarang adalah Yuan Qing He atau A Yuan. 

Jing Ci bisa menyimpulkan bahwa Raja Zhao berada di balik insiden yang sangat merugikan dirinya. Ia memutuskan pulang ke negerinya dan menjadi anak Raja Yong. Namun ia menolah mengakui ayahnya sehingga hanya diberi gelar Markis Duan. Tak sulit bagi pangeran lain untuk segera melibatannya dalam intrik keluarga kerajaan bahkan hendak membunuhnya.

Pembunuhan yang gagal tersebut membawa Jing Ci datang ke Qing He sebagai Markis Duan. Kisah cinta yang mbulet kembali terjalin di kabupaten kecil ini dan mereka berhasil menyelesaikan semua teka-teki pembunuhan yang berakar pada pemberontakan di istana. Oknum yang selalu berdiri di kegelapan akhirnya terkuak. Masalah belum selesai karena masih ada negeri Zhao yang merasa bahwa Markis Duan adalah miliknya, dan konflik terakhir ini menjadi ending The Love Last Two Minds  yang manis.


Review The Love Last Two Minds

Membaca sinopsis drama The Love Last Two Minds di atas bisa memunculkan pikiran, "Ah, betapa rumitnya". Padahal dracin ini termasuk sweet romance yang mudah dicerna. Bergenre komedi juga. Keandalan Yang Ni Kou sebagai penulis naskah membuatnya demikian. Tak perlu kening berkerut di depan si tampan Alan Yu yang dingin. Alan Yu tampaknya memang paling cocok untuk peran tokoh tertutup tapi jenius.


Genre dan tema

Genre histori, romansa, komedi, dan investigasi, semua diborong jadi satu. Hal ini membuat dracin berjudul lain 两世欢 atau Liang Shi Huan besutan sutradara David Liu dan Yu Cui Hua menjadi menarik. Apalagi temanya tentang amnesia, konspirasi, intrik kerajaan, dan kawin paksa yang membuat pengantinnya melarikan diri. Kesalahpahaman Mian Wan dan Jing Ci menjadi unsur utama yang memisahkan mereka berdua cukup lama. Tapi ya gitu deh, namanya jodoh ya akan ketemu.

Asyik juga jika ditambah dengan baca novelnya....

Bukan costume drama


Bukan costume drama

Nonton dracin yang satu ini akan mendapati tata busana yang bagus meski tidak bisa dikatakan sebagai costume drama. Memang bukan jenis novel/drama yang melewati banyak riset. Bagi penyuka sejarah budaya akan mengernyitkan kening dengan kedangkalan data tentang negeri Zhao, Ji dan Yong. Tidak ada data spesifik, bahkan bajunya juga terlalu cantik untuk masa tersebut.

Tapi kan memang drama ini dibuat untuk penghiburan bagi jiwa-jiwa yang haus akan kisah cinta yang manis disesap dan ringan dirasa...

Intrik dan siasat Jing Ci yang sangat rinci dan tepat sasaran juga disampaikan dengan ringan seringan penjelasan dalam story telling yang memikat. Ga ada kerutan kening. Lagian ngapain juga mengerutkan kening di depan Alan Yu.


Hati-hati pada Alan Yu

Alan Yu lagi, Alan Yu lagi. Bintang yang sedang moncer ini memang bikin yang melihat jadi meleleh. Mulut tipis dan wajah tirusnya ulala. Hais! Puasa... puasa... memang harus hati-hati padanya. Jangan sampai menjadi halu karena menonton perannya yang itu-itu saja karakternya. 

Alan Yu dalam The Love Last Two Minds
Alan Yu dalam The Love Last Two Minds 


Dia pemain The Legend of White Snake versi 2019 dan drama lainnya adalah The Moon Brighten for You. Yang terakhir ini bisa ditunggu sinopsisnya di Cakrawala Susindra. Menurut penelusuran saya, ia malah paling dikenal dalam drama Go Princess, Go! tapi saya belum menontonnya.

Si ganteng berwajah tirus yang cocok memerankan dunia peri seperti Wang Yi Bo dkk ini ternyata adalah penyayi sukses juga. Single perdananya Just Nice lalu dilanjutkan dengan album Toy. Tampaknya ia menganggap dunia peran lebih menarik karena jadi male lead dan penyayi di sana sekaligus, kalau melihat daftar judul drama dan film dan TV Show yang dibintanginya.


Yukee Chen

Yukee Chen atau Chen Yuqi, pertama kali mengenalnya di dracin berjudul Heavenly Sword and Dragon Slaying Sabre. Tak salah, memang bagian dari Trilogi Jinyong yang setiap beberapa tahun pasti dibuat remake-nya. Dia memerankan Zhao Min alias Thio Beng. Btw, lebih familiar dengan nama Zhao Min alias Thio Beng, nih? Dari jawabannya akan ketahuan rentang usianya berapa. Wkwkwk.

Yukee Chen dalam The Love Last Two Minds


Yukee cocok memerankan wanita cantik tomboi yang suka grasak-grusuk menyabet pedang. Ga tahu kenapa, tapi karakter seperti ini membuatnya lebih diingat. Yah, perempuan cantik akan tetap cantik meskipun sembrono. Tapi wajahnya saat sedih akan bikin penonton sontak ingin memeluk.

Di dracin The Love Last Two Minds, Yuke jadi pemeran perempuan yang jitakable. Sabet dulu baru bicara. Masih untung juga sih dia punya wibawa jenderal dari ayahnya sehingga cucok juga. Sampai di sini saya jadi ingat dracin A Girl Like Me yang baru selesai saya tonton. 

Masa pandemi gini, jadi ga sayang kuota untuk nonton drama streaming-an. Hihihi. Ntarlah ditulis di sini, agar banyak pencari spoiler bisa dipuaskan di sini. Rasanya saya juga pengen bikin artikel tentang ending Word of Honor yang bikin penggemarnya antara puas dan pengen tambah. Untungnya Youku sebagai pemilik drama termasuk kokoh dan no plin plan sehingga meski ada 7 cabang ending tapi nggak yang maksa banget seperti hampir semua dramanya Zhang Ze Han. Bisa dikatakan, saya puas dengan ending-nya.

ending sinopsis lengkap The Love Last Two Minds


Nonton The Love Last Two Minds di mana?

Pasti bertanya-tanya dong, di mana bisa nonton streaming dracin The Love Last Two Minds episode 1-36? Kalau saya memang punya aplikasi iQIYI di HP dan nonton dari sana. Bisa juga di Viki, kok. 
Yang pasti sih, drama buatan tahun 2020 ini sudah selesai tayang dan durasi tontonnya tidak lama. Hanya 45 menit saja. Masa sependek itu sering terasa cepat berakhir sehingga mau lagi dan lagi.

Drama The Love Last Two Minds bukanlah drama kolosal yang menyajikan detail sejarah, namun manis untuk ditonton kala senggang. Atau kala butuh senyum-senyum ketika hati gundah gaulana merindukan dia atau merindukan asisten yang membantu pekerjaan rumah. Atau saat jenuh bekerja. Istirahan 45 menit untuk melihat duet Alan Yu dengan Yuke Chen, boleh juga. 

Kalau sinopsis ini menarik, boleh banget membuka sinopsis dracin ala susindra di barisan sinopsis film dan drama. Dijamin banyak yang sudah saya tulis di sana. Kebanyakan memang bergenre sejarah karena saya suka mencermati tradisi dan budaya kerajaan dari negara mana pun. Saya sedang mencari missing link penggambaran sejarah kerajaan di Nusantara, karena sebagian menggambarkan penduduknya memakai baju telanjang dada seperti ukiran relief di candi-candi. Saya sungguh penasaran....

12 Komentar

  1. Berliku-liku ya perjalanan cintanya Jing Ci dan Mian Wan. Tapi syukurlah berakhir baik, namanya jodoh bakal ada jalannya buat ketemu

    BalasHapus
  2. Ya Allah semenjak para narablog bahas film2 drakor/dracin aku yang dulu lebih suka film horor kok sekarang seneng nih nonton2 cinema drakor/dracin gini ya. Jadi penasaran karena jujur saya belum nonton yg love last two minds. Kalo kata kak Nanik di atas endingnya berakhir baik, dan jodoh pasti bertemu... hahaha :D

    BalasHapus
  3. Genre histori, romansa, komedi, dan investigasi, semua diborong jadi satu. Kayanya seru sih ya, lama juga ngga nonton dracin. Episode sampai 36 dengan durasi pendek juga cocok tuh nemenin waktu luang sambil minum teh heheh

    BalasHapus
  4. Waduh alur ceritanya asyik nih, aktor n aktrisnya jug ganteng n cantik. Pingin nonton tapi yang versi filmnya biar cepat kelar

    BalasHapus
  5. Salah satu hal yang membuat saya malas nonton drama seri adala, nunggunya lama. Saya tuh inginnya nonton langsung tamat, hihihi tidak sabaran banget ya saya.

    Tapi berhubung sinopsis yang ditulisakan dalam blog ini menarik, maka boleh deh saya akan sabar menontonnya, apalagi pemainnya cakep dan cantik.

    BalasHapus
  6. Buat yang gak paham sejarah, ya udah lah enjoy aja. mau filmnya kurang riset atau gak banyak mengambil kisah sejarah yang sebetulnya, love last two minds setidaknya memberikan nuansa China zaman kekaisaran yang cukup apik.

    BalasHapus
  7. sudah lama banget gak nonton dracin kaya gini deh, boleh juga yaa ini ditonton buat nostalgia ke jaman2 waktu kecil nonton film seri cina legendaris macam white snake legend dan the return of condor heroes, dan masih banyak lagi dulu suka banget aku

    BalasHapus
  8. Aktris wanitanya wajahnya imut banget ya. Pas banget tadi liat ini di list dracin rekomendasi. Jadi masukin wishlist dulu biar bisa nonton pas lagi santai.

    BalasHapus
  9. Aku baru aja kelarin The Long Ballad mba. Hihihi. Dracin itu episode banyak tapi bikin ketagihan yaaaaa. Bisa jadi rekomendasi berikutnya ini The Love Last Two Minds.

    BalasHapus
  10. lama banget saya enggak nonton film kolosal begini kecuali nonton bibi lung dulu, wkwkwk. film dracin udah banyak yang oke punya yaa, soalnya masih naik daun drakor nih, hihi.

    BalasHapus
  11. Mbaaaak thanks berat ya, sinopsisnya lengkap banget... Aku langsung cari ini drama. Nggak berat kog, mantengin cowok cakeb di drachin ini Sudah biasa, lebih berat konflik sinetron dalam negeri wkwkwk.

    BalasHapus
  12. Wah menarik nih karena selain genrenya saya suka, ternyata satu episode cuma 45 menit ya. Maklum emak-emak banyak acara nih kalau nonton series yang satu episodenya hampir dua jam, rasannya makan waktu banget.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)