Ide Desain Kamar Mandi Minimalis

Sedang senggang. Saatnya mencari ide desain kamar mandi minimalis. Memang pengen sekali punya kamar mandi baru yang tertata rapi. Yang minimalis saja, tapi termasuk agak modern dan berkonsep natural. Efikasi menjadi salah satu hal yang penting karena area yang tersedia termasuk kecil. Hanya 2x2,5 meter. Kecil sekali ya. Hmm…  Ada yang lebih sempit tapi bisa membuat desain kamar mandi yang sangat bagus. 

 


Namanya cari ide, tapi pada akhirnya lupa waktu. Saya senang sekali menjelajahi pinterest. Dengan pertanyaan “small bathroom” maka ratusan ide muncul. Lumayan banyak. Oleh karena saya ingin ada unsur alamnya, saya ubah pencariannya dengan, “small natural bathroom”.  


Mengapa kamar mandi minimalis?

Kenapa harus minimalis? Kenapa ga gaya country, gaya natural, atau malah yang elegan? Alasan saya bukan karena area sempit tapi agar lebih rapi dilihat.. Di atas saya sudah menyebut efikasi adalah hal penting. Efikasi adalah sangkil-mangkus atau efektif dan efisien. Ruangan minimalis membuat konsentrasi lebih baik. Hidup lebih ringan dan sehat. Juga jadi lebih fokus ke tujuan.

Kamar mandi minimalis berarti semua perabot yang ada sudah dipikirkan baik-baik fungsinya dan memang sering dipakai. Sehingga, semua yang ada menjadi lebih simpel, jadi mudah dibersihkan. Tidak menjadi tempat debu dan berkembangnya aneka bakteri serta jamur. 

Kamar mandi adalah area yang sering basah dan sering dipakai untuk membersihkan kotoran, sehingga memang harus selalu bersih. Nah, aslinya ini nih alasannya, agar pekerjaan saya membersihkan kamar mandi lebih cepat selesai.

Sebenarnya bisa juga sih disiasati dengan ventilasi dan pencahayaan yang bagus…. Jadi bagi yang mau kamar mandi lapang, jangan berkecil hati. Eksplor saja kamar mandi impian itu.


Yang harus dilakukan saat ingin desain kamar mandi baru:

Namanya menginginkan sesuatu yang baru, maka tentunya ada hal-hal yang harus dilakukan. Menentukan sejak awal (dengan keluarga tentunya) akan membuat pekerjaan renovasi rumah lebih cepat selesai. 

Pernah di suatu masa ada keluarga yang sedang membuat kamar mandi, dan selama pembuatannya sering diintervensi alias diubah-ubah sesuai keinginan 1-2 anggota keluarga. Yang satu ingin kloset di utara, satunya di selatan, dsb. Ya, karena biasanya pekerjaan seperti ini dianggap sepele sehingga tidak dibicarakan dulu desainnya. Siapa itu? Tentunya saya dan suami, 10 tahun lalu. Hihihi. Akhirnya saya menyerah yang penting cepat jadi.


Sumber: Better Home & Garden

Nah, makanya, yuk kita cari tahu dulu yuk, apa sih yang dibutuhkan jika mau merenovasi kamar mandi. Tips ini penting lho, karena bisa membantu menentukan desain kamar mandi minimalis impian kita.


1. Ukur luas kamar mandi

Lokasi kamar mandi dan ukuran menjadi sangat penting karena menentukan hampir semua aspek dalam pengerjaannya. Kamar mandi di dalam rumah, di luar rumah, di antara kamar, di dekat dapur, atau malah di lantai atas?

Ukuran juga sangat menentukan mau ditaruh perabot kamar mandi yang mana saja. Area yang sempit bisa disiasati agar menjadi lapang dengan memakai shower sehingga area 50x50 cm sudah cukup, sehingga kloset bisa dipilih antara yang duduk atau jongkok, dan mau pakai bufet/rak seperti apa. Misalnya. Jika kamar mandi luas, bisa dihitung berapa perabot yang masuk dan jaraknya agar indah dipandang. 


2. Pilih desain kamar mandi yang diinginkan

Saya bukan arsitek apalagi belajar tentang desain kamar mandi. Hanya suka cari ide dan suka baca. Dari situlah saya bisa katakan, setidaknya ada 6 desain kamar mandi, yaitu:

a. Desain kamar mandi minimalis

b. Desain kamar mandi kayu

c. Desain kamar mandi alam

d. Desain kamar mandi modern

e. Desain kamar mandi elegan

f. Desain kamar mandi mewah

 

Sumber: Pinterest unggahan Momooze


Saya sudah menentukan desain yang saya inginkan adalah yang minimalis beserta alasannya. 

Tips membeli unit rumah di Jakarta Selatan


3. Cari ide kamar mandi

Di mana mencari ide kamar mandi? Di Cakrawala Susindra juga boleh. Silakan buka kategori Rumah untuk tahu tulisan apa saja yang saya tulis tentang topik ini. 

Saya senang mencari ide di Pinterest. Memang sangat kebarat-baratan jadinya. Tapi namanya ide itu tak mewajibkan harus menjiplak secara utuh. Biasanya saya ambil intinya saja lalu menyesuaikan dengan ketersediaannya di sini. Seringkali menyiasatinya agar tidak perlu ke kota besar jika perabotnya hanya bisa dibeli di sana. 

Hmm… tapi kan sekarang sudah ada toko online penjual segala alat dan kebutuhan rumah, perkakas pertukangan dan segala kebutuhan saat membangun sebuah rumah impian. Lengkap sekali.

Jadi, cari ide sebanyak-banyaknya dan jangan khawatir, bisa beli di BBP nanti. Apa itu BBP? Beli Bayar Puas. Tertarik? Selesaikan baca dulu…


4. Tentukan semua perabot wajib ada di kamar mandi

Ada banyak jenis perabot kamar mandi dan kita perlu jeli memilih. Bukan karena hanya ingin. Dan memang harus dipilih benar bersama keluarga. Sebagai contoh, saya suka kloset/toilet duduk. Saya termasuk cepat menuntaskan hajat. Suami dan si mbarep lama sekali kalau ada hajat. Beuh! Teriakan pagi jadi sesuatu yang normal (dulu) kalau hari sekolah. Keduanya bisa jongkok 20 menit lebih. Apakah lalu ingin yang kloset duduk? Tidak. Mereka maunya yang jongkok saja. Alasannya lebih nyaman. Nah, lho, alasan apa ini….

Daripada pusing dengan drama keluarga Susindra, yuk tentukan apa saja perabot kamar  mandi yang wajib ada…

a. Bathtub atau shower?

b. Toilet duduk atau jongkok?

c. Wastafel

d. Keran air

e. Bufet/rak penyimpanan

f. Aksesori kamar mandi

 

Sumber: Pinterest, unggahan Cathy Matthews


Tentukan semua bersama keluarga. Bisa juga bikin angket agar semua keinginan keluarga terpenuhi. Kami melakukannya karena dua dari tiga anak saya sudah besar dan pendapatnya sangat penting.


5. Tentukan semua aksesori yang mungkin ada di kamar mandi

Printilan kamar mandi yang wajib ada, apapun bentuk kamar mandinya. Beberapa aksesori di bawah ini bisa menjadi ide desain kamar mandi minimalis yang pas. Apa saja sih?

a. Rak sabun 

b. Wadah sikat dan odol

c. Gantungan handuk

d. Tempat tisu

e. Tempat sampah

f. Pegangan untuk lansia


Beberapa kamar mandi punya aksesoris yang lebih banyak misalnya yang berkaitan dengan elektronis seperti AC, cermin, pengering rambut, pengering tangan, dan sebagainya. 

Saya ingin menambahkan aksesoris lainnya yaitu tanaman. Misalnya sirih gading yang menjadi si pemurni udara. Ada 30an jenis tanaman air purifier tapi hanya belasan yang tahan di tempat lembab. Si sirih gading ini menurut saya adalah kandidat terbaik.

4 yang penting saat renovasi kamar mandi


6. Pilihan jenis lantai

Yang saya tahu, lantai kamar mandi beda dengan lantai untuk ruangan lainnya, meskipun sama-sama keramik. Padahal tidak harus keramik juga kan? Misalnya lantai plester. Kamar mandi kami saat ini adalah lantai plester agar lebih murah meriah. Di kafe yang mengusung konsep alam saya menemukan lantai unik dari plester dengan tambahan batu yang permukaannya mulus. 

Yang ingin simpel bisa langsung pilih antara lantai tegel dan lantai keramik yang permukaannya tidak licin. Model/motifnya juga bagus-bagus. 

Lantai tegel bisa jadi pilihan menurut saya karena gaya klasik alias kuna yang langsung muncul. Hmm… menarik.

 

7 alasan renovasi kamar mandi

Sumber: Appartement Therapy


7. Pencahayaan dan ventilasi

Ini yang menurut saya sangat penting meskipun banyak yang lebih penting. Yang penting dan harus ada, begitu saja ya. Sepanjang saya masuk ke kamar mandi di rumah keluarga/kenalan atau di kafe/resto, pencahayaan dan ventilasi termasuk tidak banyak dipikirkan. Padahal saya tidak sedang mengacu pada bangunan bertingkat seperti mall dan semacamnya, tapi rumah yang dikaryakan sebagai tempat kulineran.

Kebanyakan mengandalkan lampu. 

Oh, no. Pencahayaan dan ventilasi saya gabungkan karena keduanya saya jadikan satu dalam bentuk jendela di atas. Ya sebagai ventilasi ya sebagai sumber pencahayaan. Juga sebagai pembunuh kuman. Dan banyak ide desain kamar mandi minimalis yang punya jendela besar dan menambah keindahannya.


8. Di mana bisa membeli semuanya

Kurang lebih itu yang dibutuhkan, dan ternyata sangat banyak ya. Hmm… Dan tidak semua bisa dibeli di warung tetangga. Kalau dulu sih, saya akan ke Semarang untuk membeli perlengkapan rumah yang tak mungkin ditemukan di kota sepi saya, Jepara. Lagian, kalau pun ada, beberapa merk juga hanya ada di toko besar, dan jelas tidak ada di kota saya.

Ipar tertua saya bekerja di sebuah pengembang sebagai mandor sehingga sedikit banyak saya tahu standar alat kamar mandi yang awet. Saya ga berani bilang bagus, ya, karena saya tahu bahkan kran air saja kalau merk tertentu bisa sejuta harganya. Yang awet dan mudah dibersihkan.

Solusinya adalah membeli di BBP Indonesia, sebuah e-commerce yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah, perkakas, dan pertukangan. Semuanya serba ada dan komplit. Banyak juga promo menarik seperti flashsale, voucher, bahkan pengguna baru juga mendapatkan potongan sebesar Rp100.000,-


Beli, Bayar, Puas!

“Beli Bayar Puas” adalah janji dari sebuah PT yang berdiri di Batam sejak 1996. Perusahaan ekspor impor ini sudah sejak lama dikenal sebagai distributor dan pemasok segala jenis bahan bangunan. Sudah ada lebih dari 700 produk yang dipasarkan oleh BBP Indonesia dan sebagiannya adalah merk BBP sendiri. Namanya PT. Batam Bangun Prathama.



Tampaknya lamanya menggeluti usaha juga membuat PT BBP melihat peluang sebagai produsen. Dan melihat jumlah pembelian produk tersebut, bisa dikatakan bahwa kualitasnya memenuhi harapan semua orang. Coba tanya orang Kepri, semua pasti tahu. Slogan “Beli Bayar Puas” adalah komitmen toko online produk rumah tangga dan bahan bangunan ini untuk selalu memberikan pelayanan berbelanja yang andal dan cepat. Kepuasan pelanggan adalah prioritas. 

Sejak setahun ini, PT. Batam Bangun Prathama meng-online-kan tokonya dengan nama BBP Indonesia yang selain diambil dari singkatan nama perusahaan juga akronim dari slogan dan janji perusahaan. Bulan Agustus ini ada banyak flash sale untuk merayakan 1st Anniversary SALEbration. Banyak gratis ongkir mulai Rp25.000 juga. 

Saya sudah pilih-pilih kebutuhan calon kamar mandi saya di sana. Banyak sekali perlengkapan kamar mandi yang punya standar bagus dan hanya bisa didapatkan di toko besar. Dan semua bisa dibeli di toko ini tanpa keluar rumah. Cukup buka web, scrolling dengan HP, diskusi dengan suami mana yang perlu di-check out. Pakai HP juga bisa.

Zaman sekarang sudah serba mudah. Punya impian apa, bisa beli dari rumah. Tak perlu keluar dana untuk keluar rumah bahkan ke luar kota demi membeli kran dan pegangan pintu khusus. Saya dulu saat masih jadi eksportir mebel salle de bain alias mebel kamar mandi modern dengan tujuan negara Perancis dan Belgia, harus sering ke Semarang demi cari pegangan pintu dan aksesoris khusus lainnya. 



Sekarang? Di rumah saja. Cari ide desain minimalis, cari tips, coret-coret, diskusi dengan suami, lalu beli-beli yang dibutuhkan tanpa keluar rumah. Sejak pandemi ini saya meng-online-kan semua rekening tabungan, karena kurang nyaman ke mesin ATM. Begitulah, mudahnya hidup saat ini. Dan lebih sehat, karena saya juga aktif bergerak dan berkebun di rumah. Semoga ide desain kamar mandi minimalis ini menjadi solusi untuk semua sobat Cakrawala Susindra…


23 Komentar

  1. kalau liatin desain kamar mandi minimalis di pinterest, suka pengenn aja bawaannya dan berandai-andai
    pastinya kalau nanti punya rumah sendiri, pengennya serba minimalis dan nyaman juga

    BalasHapus
  2. Kalo kamar mandi lega, kesannya berantakan ya, karena bisa naro barang apa saja, mulai dari ember, sapu, mantan dan lainnya. Namun kalo kamar mandi mungil, jadi keliatan lebih rapi aja. Bersihinnya juga nggak capek.

    Baru tau nih ada marketplace untuk perkakas rumah tangga di BBP Indonesia. Jadi nambah wawasan baru nih lewat artikel super keren ini. Makasih ulasanya ya.

    BalasHapus
  3. Kalau kamar mandinya bagus, jadi betah berlama-lama buat membersihkan badan ya. Enak juga dilihat kalau ada tamu numpang ke kamar mandi. Nah, belinya cocok nih di satu tempat, di BBPIndonesia. Biar lebih hemat dan waktu yg dibutuhkan lebih efisien.

    BalasHapus
  4. Desainnya unik. Hehe... bahan-bahan semakin mudah didapatkan dengan BBP Indonesia. Taglinenya Beli Bayar Puas” sangat menggaransi. PT yang berdiri di Batam sejak 1996 sudah lama jadi bisa dipercaya.

    BalasHapus
  5. Pengen juga bikin kamar mandi minimalis. Memakai warna yang cerah dan ada tanaman kecil yang bikin ruang terlihat lebih oke. Jadi kesannya enggak kotor.

    BalasHapus
  6. Nah, kita samaan nih mba. Saya juga ingin punya kamar mandi minimalis. Belanja di BBP ini lengkap kok ya salah satunya ada perlengkapan kamar mandi yang dibutuhkan.

    BalasHapus
  7. Wah idenya boleh dicoba nih pas mau renovasi kamar mandi. Untung ada BBPIndonesia ya, jadi gampang mau membeli peralatan kamar mandi untuk mendesain kamar mandi.

    BalasHapus
  8. Aduh kalau desain kamar mandinya macem ini mah, pasti sukaaa. Btw ak baru tahu lho soal BPPIndonesia, supermarket perkakas rumah gitu ya konsepnya hahaha. Meluncur ah, lagi mau cari item biar kamar makin cakep

    BalasHapus
  9. Ahaaaii, sekarang trennya minimalis, rapih, dan jangan meletakkan sesuatu tdk pd tempatnya ya mbaaa

    keinget sodaraku di desa kan mayoritas kamar mandinya luasssss
    Akibatnya segala rupa barang teronggok di sono.
    Ya sapu, alat pel, ember, macem2 dah.

    nah, kalo toiletnya kicik tapi rapi elegan gini kan makin enjoyable.

    BalasHapus
  10. Pas banget aku nih lagi pengen bikin kamar mandi, jadi dapat ide2 dan inspirasi gimana biar bagus

    BalasHapus
  11. ide yang bagus banget nih desain kamar mandi minimalis, kebetulan di rumah ada rencana untuk me-re design kamar mandi yang ukurannya sangat minimalis biar lebih nyaman, kekinian dan aethetic juga

    BalasHapus
  12. Cakep-cakep banget desain kamar mandinya, kayaknya ide buat nambahin tumbuh-tumbuhan gitu bisa nih kuaplikasikan

    BalasHapus
  13. Desain kamar mandinya menginspirasi banget ini, untuk rumah baru nanti aku jadi pengen kamar mandi yang begitu.

    BalasHapus
  14. aduh gemes-gemes banget desainnya. boleh juga nih buat rekomendasi kamar mandi ku di rumah baru.. hihi

    BalasHapus
  15. Ide-ide di Pinterest tuh seringkali memang memanjakan mata banget ya, Mbak. Banyak yg gampang juga bikinnya (kalau craft). Ide-ide kamar mandi natural juga menyenangkan sekali ternyata.
    Saya juga suka kamar mandi yg minimalis saja. Soalnya kalau luas ntar kelamaan mandinya, hehehe..
    Makasih sharingnya, Mbak. Baru tau nih ada BBP :)

    BalasHapus
  16. Kamar mandi idaman banget semoga kalau punya rumah nanti, bisa seapik ini aamiin. Betah kalau model nya begini kamar mandinya ya Mba

    BalasHapus
  17. Kamar mandiku masih standar developer hehe
    Namun punay keinginan kalau ada rezeki mau juga renovasi kamar mandi yang nyaman dan fungsional. Iyap saya pun suka banget desain2 yg minimalis lbh gampang bersihinnya.

    BalasHapus
  18. Kamar mandinya aesthetic sekali..
    Aku juga inginnya punya kamar mandi kering dan basah, tapi belum kesampaian karena masih ada anak-anak.
    Someday..

    Belanjanya di BBP, Byar Beli Puas.
    Sungguh lengkap dan bisa diandalkan untuk memiliki design interior rumah idaman.

    BalasHapus
  19. Beneran aku save nih mbaa, karena kebetulan jg mau bikin rumaah hihi. bermanfaat bangett untukku yg lagi cari2 ide design

    BalasHapus
  20. Paling suka sama konsep rumah minimalis, apalagi klu isi dalemnya minimalist semua. Smga cpt punya rumah dan wujudkan impian

    BalasHapus
  21. Jadi terinpirasi nih melihat berbagai macam desain kamar mandinya.
    Boleh juga nih diterapkan di rumah ya.

    BalasHapus
  22. wuih mantap, untung baca artikel ini. Pas saya mau rehab kamar mandi yang minimalis, modern dan terlihat elegan mewah, meskipun hanya mungil saja. Cocok. Terima kasih sharingnya. Salam sehat dan selamat beraktifitas.

    BalasHapus
  23. Kalau lihat dekor2 rumah gini tuh aku suka gemes. pengen cepet2 punya rumah sendiri biar bisa dihias2 sendiri. Semoga dananya ada... hehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)