Cara Beli Asuransi Kendaraan Secara Online

Jumlah kendaraan setiap tahun bertambah secara signifikan. Manusia dengan segala kebutuhan, keinginan dan mobilitas bercampur jadi satu dan melaju di jalan yang sama. Hal ini memunculkan pertanyaan, perlukah memiliki asuransi kendaraan? Bisakah membelinya secara online? 

Cara Beli Asuransi Kendaraan Secara Online


Tak mudah untuk memiliki kendaraan pribadi. Terutama mobil. Mobil impian untuk sekeluarga. Butuh waktu lam untuk merealisasikannya. Sebagian perlu menabung lama, dan sebagian lagi memilih membeli dalam bentuk cicilan. Yang mana pun, proses mendapatkannya menjadi sejarah keluarga. Waktunya menikmati kenyamanan mobil keluarga dan mobil impian tersebut.

Namun adakalanya ketika melaju di jalan, ada perasaan kecil di depan semua yang terhampar di depan mata. Bukan perasaan kecil hati tapi kesadaran bahwa kita ini makhluk lemah yang bisa sedemikian mudah diremuk oleh besi-baja yang melaju bersama.

Manusia dengan segala dinamikanya.....

Tak semua pengendara berada dalam kondisi prima. Ada yang dalam kondisi lelah, ada yang tergesa, ada yang merana, ada yang sedang meradang, atau malah kantuk melanda? Berapa kali sobat menemukan sebuah gesekan kecil  di jalan karena kendaraan. Atau pernahkah mengalami body kendaraan lecet karena diserempet oleh mobil lain?


Asuransikan kendaraan

Ini sebuah anjuran yang baik menurut saya. Tak hanya baik tapi perlu diperhatikan benar dan dilakukan Mengasuransikan kendaraan memberikan perasaan positif setiap kali akan bepergian naik mobil. Mobil sudah punya tameng untuk menghadapi ujiannya di jalan. Tahu kan kalau ada beberapa hal yang bisa terjadi di jalan? Misalnya mogok di jalan, terkena air asin dari banjir atau rob di jalan, atau gesekan dengan mobil lain.

“Tinggal bawa ke bengkel aja, beres,” jawab sesembak.

Oh, ya! Tentu saja. Tinggal bawa ke bengkel dan bayar. Semua selesai.

Bagaimana jika saya tawarkan jalan tengah, yaitu bawa ke bengkel, gratis, karena ada yang bayarin?


Di sinilah enaknya memiliki asuransi kendaraan. Ada yang akan membayarkan tagihan di bengkel. Bahkan untuk kerusakan parah juga ada tak perlu resah. Akan ada yang bayarin kebutuhan reparasinya. Memiliki asuransi kendaraan berarti melindungi uang tabungan kita dari pengeluaran-pengeluaran yang membebani.

Jika suatu saat ingin mengambil premi karena merasa tidak pernah menggunakan juga bisa, dengan dikurangi bea-bea yang sudah dinyataka sebelumnya dalam klausal perjanjian.


Ada 3 fakta penting tentang mengapa perlu memiliki asuransi, yaitu:

  • Jumlah kendaraan selalu bertambah, per tahun mencapai 6%. Jadi potensi bertemu dengan kendaraan di jalanan semakin lama semakin besar. Coba bandingkan dengan penambahan ruas jalan tiap tahun. Tak heran jika ibu kota misalnya, makin lama makin macet. Bahkan kota saya di Jepara, di sisi timur yang menjadi area industri tekstil dan sejenisnya, pada jam-jam tertentu sudah macet. Tentu jauh sekali jika dibandingkan dengan kota metropolitan lainnya.
  • Melindungi kita dari bea perawatan di rumah sakit, yang makin lama makin mahal.
  • Membebaskan dari aneka tagihan bengkel.


Asuransi jenis all risk akan menanggung semua itu.

Oh iya, harus tahu dari awal ya kalau asuransi kendaraan ada 7 jenis tapi yang paling populer adalah Asuransi All Risk dan Asuransi TLO (Total Lost Only). Singkatnya, asuransi all risk menanggung semua risiko, sementara asuransi TLO hanya meng-cover kerusakan parah saja. 

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, baik dari segi pertanggungan maupun besaran premi. Kondisi mobil juga menentukan jenisnya. Ada juga asuransi gabungan, yaitu tahun pertama All Risk dan tahun selanjutnya TLO. Jenis gabungan ini biasanya dipakai untuk kendaraan yang dibeli secara kredit.

Bagaimana dengan pengembalian premi? Tentu bisa dong.


Kenalan dengan Lifepal

Melakukan pembelian secara online sudah lazim dilakukan, sejak sebelum pandemi. Kebetulan saja kiamat kecil kita ini membuatnya jadi kebiasaan dan lama-lama membudaya. Termasuk dalam membeli asuransi, baik asuransi kesehatan maupun asuransi kendaraan.

Konsepnya sama, yaitu membeli proteksi untuk mengamankan posisi saldo tabungan. Bagi yang saldonya tak seberapa seperti saya, berarti mencegah hutang di masa depan ketika terjadi bencana keluarga. Apapun bentuknya baik sakit, kecelakaan atau kematian.

Namun ada satu perbedaan mendasar dari dua jenis asuransi di atas, yaitu bea premi. Asuransi yang pertama bisa membayar bulanan, sedangkan asuransi yang kedua membayar sekali untuk satu tahun. Jadi bagi sebagian orang akan terasa langsung banyak jika mengambil jenis all risk. Tapi untungnya ada TLO yang sebulannya lima puluh ribuan.

Memang selalu kembali ke kemampuan finansial. Dan mengenai berapa-berapanya saya sarankan langsung cek di Lifepal. Pihak ketiga yang dijamin lebih murah dan bisa cari yang termurah. Karena memang situs pembanding asuransi.

PT Lifepal Technologies Indonesia, itu namanya. Punya kantor resmi di Jl. Benda No.92 RT5/RW4, RT2/RW4 Cilandak Timur Kec. Pasar Minggu, Jakarta. Rekanan pembayaran juga lengkap, hampir semua bank nasional. Jadi tak ada alasan untuk mempertanyakan keabsahannya. Oh ya, pastinya terdaftar OJK dan APPARINDO.

 

Membeli asuransi kendaraan secara online

Membeli produk asuransi secara online lebih mudah dan tentu saja bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Sungguh kalimat cliché yang selalu digunakan di mana-mana. Tapi benar sih ya. Membeli secara online sudah menjadi budaya kontemporer yang menyenangkan.

Untuk melakukannya, kita perlu menyiapkan beberapa persiapan dan dokumen, yaitu:

  • Menyiapkan info dan identitas kendaraan.
  • Menyiapkan identitas diri dan dokumen dalam bentuk softcopy atau foto.
  • Melakukan pendaftaran.
  • Melakukan pembayaran melalui kanal yang disediakan baik secara online maupun offline.
  • Menerima polis asuransi secara online maupun offline. Polis asuransi digital dapat dikirimkan langsung melalui email atau surat elektronik.

Semudah itu lho cara membeli asuransi kendaraan secara online. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

12 Komentar

  1. Sekarang serba online, ya, bahkan beli asuransi kendaraan sudah bisa dilakukan dengan mudah.

    BalasHapus
  2. Mengingat asuransi kendaraan ini penting banget apalagi kita ga tahu apa yang akan terjadi ini bisa bantu banget

    BalasHapus
  3. Kadang juga bingung cara asuransi gimana eh ternyata sekarang udah bisa lewat online, mudah banget

    BalasHapus
  4. Aku baru tahu kalau asurnasi juga ada asuransi kendaraan mbak. Boleh juga ya untuk dicoba jadi ketika menggunakan kendaraan hati tenang jk ada apa2 pergi ke bengkel bisa gratis hehe eh kalau bisa jgn terjadi apa2 ya mbak, eh tapi juga namanya musibah gak bisa dihindari ya mbak

    BalasHapus
  5. Asuransi ini emang penting banget sih ya, buat kendaraan kan di jalan kita gak tau risiko apa yang bisa dilewati. Adanya asuransi ini bakal ngebantu banget buat biar arus keuangan kita gak terganggu

    BalasHapus
  6. Sejak punya kendaraan sendiri, suami dan saya selalu mengasuransikan mobil.
    Awalnya karena mobil pertama dibeli saat tinggal di Amerika, yang mana di sana asuransi mobil itu wajib bagi pengemudi. Jadi mau ga mau kami beli.
    Pulang ke Indonesia, saat punya mobil lansung beli asuransinya juga. Dan sudah pernah merasakan manfaatnya. Pernah pas mudik ketabrak bis, kami selamat semua, mobil ringsek bagian tengahnya. Kalau bayar bisa belasan juta. Tapi karena ada asuransi kena biaya admin 300 rb saja di bengkelnya.
    Senang karena ada Lifepal yang praktis karena asurnasi kendaran bisa dibeli secara online

    BalasHapus
  7. Iya juga. Selama ini engga mikirin punya asuransi kendaraan. Padahal kalo terjadi kecelakaan, biayanya bisa habis banyak.

    BalasHapus
  8. Asuransi kendaraan ini penting banget ya bagi yang memiliki kendaraan, karena kita tidak tahu di jalanan bakalan terjadi apa saja. Terlebih lagi jika memiliki usaha di bidang transportasi, semua kendaraan harus ada asuransinya tuh biar aman.

    BalasHapus
  9. Asuransi kendaraan memang perlu ya mba jika sewaktu-waktu terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Bukan berharap namun di jalan kita tak tahu risiko yg terjadi

    BalasHapus
  10. Asuransi kendaraan sangat penting ya. Buat antisipasi banyak hal yang bisa saja terjadi. Harus tahu ketentuan juga untuk klaim asuransi. Mantap jadi banyak tambah pengetahuan tentang asuransi.

    BalasHapus
  11. asuransi kendaraan aja sudah bisa didaftarkan secara online ya, memudahkan sekali. Lifepal bisa jadi salah satu rekomendasinya ya mbak susi.

    BalasHapus
  12. jaman sekarang udah serba mudah ya, sampai buka polis asuransi pun bisa via online

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)