Kopi adalah salah satu rahasia menulis saya. Bahkan saat tubuh rasanya lemes, ngantuk, moody. Juga saat semua gejala writer's blog si penghambat menulis muncul. Kopi akan selalu jadi solusi praktis. Tapi minum kopi juga harus dibatasi, makanya, memakai produk Scarlett Whitening Perfect Coffee bisa jadi solusi menjaga semanga menulis dan mengatasi writer's block. Mandi dengan sabun ini membuat semangat menulis terpelihara seharian.

Scarlett Whitening Coffee dan Semangat Menulis


Memang, ya, bagi sebagian orang, minum kopi jadi kebutuhan. Apapun yang berhubungan dengan biji getir namun lezat ini, dirasa bisa membantu daya konsentrasi dan ketenangan. Minum kopi, makan makanan yang beraroma kopi, penyejuk udara beraroma kopi dan sabun beraroma kopi. Semua sudah ada. Tak ada alasan untuk malas menulis lagi. Kira-kira begitu.

Kopi dan semangat menulis

Kopi selalu membuat saya semangat menulis. Jadi kebutuhan penting dalam menciptakan tulisan yang bagus. Saya sangat jarang mengalami kebuntan menulis. Selalu lancar jaya.

Waktu menulis saya tidak tentu. Jumlahnya juga tidak pasti. Tapi termasuk produktif. Rahasianya memang kopi.

menulis dan kopi
Penulis dan kopi


Beberapa waktu lalu saya mengalami kebuntuan menulis yang cukup menjengkelkan. Saya terlalu fokus pada tulisan itu mengabaikan belasan tulisan lain yang harus selesai dan dikirimkan ke tempat seharusnya. 


Kopi mengatasi writer's block

Bayangkan rasanya dikejar bayangan sendiri yang selalu menempel. Selama ada cahaya maka ada bayangan tersebut. Selama saya melek maka akan merasa harus segera menyelesaikannya. Saya menulisnya di artikel Kopi Sebagai Solusi Writer's Block.

Saat tulisan macet, tak ada jalan lain kecuali mencari tahu apa yang terjadi. Tak masalah aapakah faktor intrinsik atau ekstrinsik. Intinya harus diselesaikan secepatnya. Jika tak bisa secepatnya maka ikuti alurnya dan lakukan improvisasi agar tidak menjadi penyebab tulisan mandek. 

Sepanjang yang saya ketahui dari pengalaman pribadi, ada 5 hal utama yang jadi penyebab kita kesulitan meneruskan tulisan, yaitu:

Faktor intrinsik:

1. Kurang menguasai topik yang ditulis.

2. Ada masalah dengan hati atau emosi

3. Ada kebutuhan menulis yang harus dipenuhi terlebih dahulu

Penulis dan writer's block

Faktor ektrinsik

4. Ada pekerjaan yang menyita perhatian

5. Distorsi dalam menulis


Jika ingin tahu tipsya silakan buka artikel sebelumnya: Kopi Sebagai Solusi Writers Block. Lengkap di sana termasuk kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat kopi agar tetap konsentrasi saat menulis.


Kopi juga membuat hati senang

Kopi juga membuat hati lebih senang. Kopi dapat meningkatkan produksi dopamin dalam otak. Si penghasil perasaan senang ini dapat mengubah suasana hati dengan cepat. Tak heran jika dikatakan bahwa kopi juga dapat mengubah suasana hati menjadi baik. 

Dopamin mempercepat produksi hormon serotonin dan menemaninya dalam menciptakan perasaan positif yang bertahan lama. Saat hati bahagia, rasanya menulis apapun lebih lancar. Kopi bisa membantu dalam prosesnya. 

Semangat menulis selalu dapat dipantik dengan meminum kopi. Jangan terlalu banyak minum kopi apalagi jika punya toleransi rendah terhadap kopi Lebih baik pakai sabun mandi beraroma kopi yang manis dan membuat hati lebih sena.



Scarlett selalu jadi andalan

Sobat Cakrawala Susindra, saya surprise sekali saat tahu bahwa brand Scarlett membuat produk kecantikan kulit tubuh beraroma kopi. Bentuknya body scrub dan shower scrub. Keduanya masuk dalam kategori brightening alias pencerah kulit. 

Siapa yang sudah pernah mencoba produk dari Scarlett? Pasti tahu dengan ciri khasnya ya:

1. Bau parfum mewah dan tahan lama.

2. Otomatis lebih putih tapi masih alami.

3. Beneran putih jika dipakai secara konsisten selama 2-3 minggu.

Hasil pemakaian 2 minggu


“Scarlett by Felicya Angelista” itu menjadi salah satu nilai jual. Tahu dong siapa Felicya Angelista itu? Yep! Artis terkenal di Indonesia. Banyak yang awalnya tertarik karena sosok pemilik jenama ini lalu menjadi pelanggan loyal karena memang sesuai harapan.

Saya sudah sampai pada tahap tambah percaya diri jika memakai body lotion Scarlett karena bisa dicium tangan kapan pun. Maklum, sudah senior usianya. Ke mana-mana dipanggil bunda dan dapat ciuman tangan. Untung saja pandemi jadi tak sebanyak sebelumya. 



Scarlett Whitening Perfect Coffee

Setelah Scarlett body scrub Romansa dan shower Scrub Pomegrante habis, saya ganti yang Perfect Coffee Series. Baunya kopi banget! Dan seperti sebelumnya, khusus area punggung saya minta bantuan suami seperti di artikel Luluran di Rumah Dibantu Suami.

Suami langsung berkata, "Bau kopinya manis."

Memang mengingatkan pada bau kopi manis yang menyegarkan badan. Saat baru tiba saya letakkan di sebelah laptop beberapa waktu untuk efek bahagia. Hanya 2-3 hari lalu saya mulai memakainya. Lebih puas dipakai mandi!

Scarlett Whitening Perfect Coffee series


Body Scrub Coffee

Body scrub coffee dikemas dalam wadah seukuran sama dengan pendahulunya. Warnanya coklat kopi. Tutupnya berwarna putih dengan bagian atas berstiker warna dominan coklat. Gambar biji kopi menegaskan seri ini. Ketika tutup pertama dibuka, aroma kopi menguar lembut tertutup alumunium foil yang solid.

Tara.... bahagia langsung terasa ketika alumunium foil dibuka. Bau kopi manis menyentuh hidung. Mata akan melihat pasta scrub berwarna agak coklat dengan butiran (beads) yang sangat lembut dan menyenangkan saat dipakai luluran.

Butiran beads halus dan enak sekali dipakai


Silakan coba pakai di tangan dan buktikan kelembutan butiran scrub-nya yang kaya. Tekstur pasta juga lebih tebal. Para beauty blogger menggunakan kata thick alias kental. Teksturnya memang lebih padat. Sangat enak saat dipakai di kamar mandi yang cenderung lebih lembab daripada ruangan lain di rumah. 

Saat digosok juga lebih mudah luruh dengan warna kecoklatan. Kelembutan butiran atau beads-nya menjadi nilai plus plus plus produk ini. Bikin semangat luluran seminggu dua kali.

Body scrub Coffee dari Scarlett punya beberapa manfaat bagi kulit, yaitu:

  1. Membantu eksfoliasi dengan mengangkat sel kulit mati
  2. Melembabkan dan meningkatkan hidrasi kulit
  3. Bisa membantu mencerahkan kulit
  4. Membantu tubuh jadi lebih rileks dan melancarkan aliran darah

Pastinya, karena kandungan Glutathione dan vitamin E yang memiliki.



Sangat mudah untuk mengecek keaslian produk. Dalam kemasan ada  hologram bertuliskan Scarlett dan ada kode daftar BPOM. Bentuknya ada dua, yaitu kode QR dan nomor register NA18210700581.


Body shower Coffee

Botol body shower coffee mudah dikenali karena bentuknya sama, yaitu botol bening ukuran 300 ml dengan embos tulisan Scarlett di bagian tutup putih dan body botol. Karena bening maka isinya jelas terlihat. 

Cairan kental seperti gel terisi penuh sampai ke tutup saat pertama tiba. Warna cairannya bening kecoklatan dengan butiran super halus berwarna biru dan merah. 



Logo Scarlett berwarna hitam putih berbentuk persegi empat sangat khas ditambah tulisan Glutathione dan vitamin E di sebelahnya dengan tulisan meliuk yang elegan. Sangat khas sehingga langsung tahu dari kejauhan kalau itu adalah produknya “Scarlett by Felicya Angelista”.

Seperti yang lainnya, di botolnya terdapat informasi produk, expired date, komposisi produk dan keterangan lainnya. Juga informasi legalitas produk. Sudah BPOM tentunya dan takkan salah mengenali produk Scarlett yang asli.

Busa body shower termasuk banyak dan keharumannya menyenangkan. Membuat saya ingin mandi lagi dan lagi. Kadang saya cari-cari alasan untuk mencium keharumannya dengan ke kamar mandi dan membuka botolnya sebentar. Waktu mandi juga jadi lebih menyenangkan. 



Kandungan Glutathione dan vitamin E, serta adanya butiran halus dalam gel sangat bermanfaat untuk membersihkan badan dan mengangkat sel kulit mati. Membuat kulit kulit lebih lembab dan lebih cerah dari sebelumnya secara alami. Tambah cantik, deh.

Manfaat lain dari produk ini adalah perasaan rileks, bahagia, dan konsentrasi menjadi lebih baik. Kadang saya mandi ketika semangat menulis turun. 



Di mana membelinya

Produk Scarlett Whitening Coffee sangat bagus untuk kulit Asia. Pas banget dengan kondisi lingkungan dan perempuan Indonesia. Semua produk body care berukuran cukup besar, yaitu 300 ml. Jadi bisa dipakai cukup lama untuk pemakaian rutin. 

Meski demikian, malah pas banget lho, dibawa ke mana-mana. Harga satuannya Rp75.000,-. Kalau mau beli satu paket lengkap isi lima item berupa body scrub, body shower dan body lotion, harganya Rp300.000,- dalam bentuk paket box ekslusif. Ada free gift-nya lho.

Belinya di Instagram @scarlett_whitening saja sekalian intip trik dan tips kecantikan dari official store ini


Bagaimana pengalaman teman-teman dalam mendongkrak semangat menulis? Apakah seperti saya dengan cara mandi dengan Scarlett Whitening Perfect Coffee?