Nonton Joy of Life Season 2? Baca Ini Dulu, Fakta Seputar Joy of Life Spesial Edition

Saya benar-benar menantikan Joy of life season 2. Berkali-kali cari spoiler kapan tayang, cuma dapat meme sang penulis yang berkali-kali bongkar cerita selama 3 tahun ga kelar-kelar. Cuma meme lho ya.... 

Fakta Seputar Joy of Life Spesial Edition

Jangan-jangan bernasib seperti Princess Agent dan Sword Snow Stride.... Aduh jangan! Princess Agent lovers pasti sudah agak terhibur dengan cdrama Legend of Shen Li, ya? Saya cuma sedikit sekali terhibur karena berasa nonton cdrama para bucin. Menantikan remake-nya lagi, lah. 

Balik ke Joy of life, apa sih istimewanya? Kenapa Joy of life season 2 sangat dinantikan. Kayaknya sih cdrama yg paling banyak ditanyakan kapan tayang dan paling ditunggu, ya... Saya malah agak suudzon kalau bakalan bernasib seperti cdrama Zhang Ruo Yun lainnya tentang jendral muda yang gagal tayang, padahal teaser dan trailer sudah muncul 7 tahun lalu. 

Makanya saat akhir 2023 lalu dapat bocoran teaser dan trailer Joy of life season 2 saya auto semangat. Awal Mei lalu menemukan Joy of life Spesial Edition... sudah pasti saya tonton, dong.... Apalagi pendek banget, tayang 2 Mei dan tamat 15 Mei. Cepet bener!!! Kalau tidak ada aral dan sesuai jadwal, Joy of Life season 2 mulai tayang besok, 16 Mei 2024 pukul 17.00 WIB.


Nonton Joy of Life Spesial Edition

Siapa yang nonton ulang cdrama Joy of Life berkali-kali sejak tayang 2019 lalu? Saya! Bahkan versi audio Indonesia pun saya tonton lagi dan lagi. Sesuka itu. Makanya, saya dengan semangat '45 menonton Joy of Life Spesial Edition. Meskipun 90% mirip, lho. 

Gapapalah, buat penyambung season 2 yang segera datang. Apalagi Joy of Life Season 3 sudah dikonfirmasi akan menuntaskan rasa cinta penggemar Fan Xian. Cool! Saya masih enggan membaca novelnya yang diterjemahkan ke bahasa Inggris karena 750 bab. Capek.




Senang banget, lho. Meskipun ga kira-kira nih WeTV, tayangin sehari 2-3 episode dengan durasi 65 menit. Lihat jadwalnya saja. Kalau kabar resminya sih 2 episode. Makasih ya, WeTV! Love banget! Saya selalu ambil VIP di sini, lho, sejak 5 tahun lalu. 

Tapi... Asem tenan. Saya kepontal-pontal dengan sukacita saat mengikutinya. Sampai tak sempat menulisnya. Padahal ceritanya ya 90% sama dengan Joy of Life season 1.

Iya, nyaris sama. Bedanya dikit banget malahan berasa kompilasi dari 46 episode (45 menit) menjadi 24 episode (65 menit). Jadi memang ada yg dibuang dan ada sedikit tambahan.


1. Awalannya beda

Yang pernah menonton Joy of Life pasti tahu kalau pembuka ceritanya beda banget. Joy of Life season 1 (2019) dibuka dengan upaya Zhang Qing untuk mendapatkan persetujuan dari Profesor Ye, agar tesis sejarah sastranya dapat segera dikerjakan. Tesisnya unik dan baru ada, yaitu tentang sastra klasik berperspektif modern. 

Demi mendapatkan izin Prof Ye menjadi pembimbing, Zhang Qing memberi karakter Prof Ye sebagai Ye Qing Mei (ibunya Fan Xian). Ye Qing Mei adalah tokoh sentral teknologi modern di novel sastra klasik berperspektif modern yang jadi tesisnya.

Bagaimana dengan awalan Joy of Life Spesial Edition?

Drama dibuka sesuai novelnya, yaitu tentang Fan Shen yang menyambut ajal di sebuah rumah sakit. Fan Shen menderita penyakit myastenia gravis. Ia merasa tak siap mati dan sangat ingin hidup dengan vitalitas tinggi. Beda banget dengan kondisi fisiknya yang lemah dan tak bisa bergerak.

Fan Shen, si tokoh pembuka, yang nantinya akan muncul di pesisir Danzhou sebagai Fan Xian, membuka cerita versi novel dan versi Joy of Life Spesial Edition. Bisa memberikan jawaban bagi para penonton versi pertama, mengapa si bayi bisa selftalk dan mengapa ada benda-benda modern di cdrama ini. 

Jiwa Fan Shen berkelana melintasi masa dan tiba di zaman Dinasti Qing versi masa depan. Masa setelah dunia kiamat berkali-kali. Masa ketika bumi sudah berusia lebih dari 4 milyar tahun, dan kehidupan yang lebih modern dari saat kita ini telah jauh terkubur di dalam bumi, terlindungi oleh sebuah kaca yang maha kuat. Nah, lho... opo iki.




2. Sekilas tentang myastenia gravis

Myastenia gravis adalah penyakit aneh yang memang ada di dunia medis. Jadi memang ada dan diakui ada. Gejalanya adalah cepat lemah dan lelah pada otot-otot di bawah kontrol kesadaran. Masih ada lagi yaitu berpandangan ganda, kesulitan berbicara, kesulitan mengunyah dan otot wajah banyak mengendur sehingga tampak tua di masa muda. Gangguan-gangguan ini terjadi di saraf dan di otot. 

Siapa yang bisa terkena myasthenia gravis? Bisa dialami oleh siapa saja, tetapi kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita usia 20–30 tahun dan pria usia di atas 50 tahun. Maksudnya, penderitanya rata-rata di usia segitu. Penyakit ini sangat langka, kok. 

Penyakit ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh mengalami gangguan dan menghasilkan antibodi yang menyerang jaringan sehat dalam tubuh. Dalam hal ini, antibodi menyerang jaringan yang menghubungkan sel saraf dan otot sehingga otot melemah dan penderitanya menjadi cepat lelah. 

Sayangnya belum diketahui secara pasti penyebab gangguan autoimun pada penderita myasthenia gravis. perkiraannya karena kelainan pada kelenjar timus.


3. Setting kerajaan di masa lalu tapi tentang masa depan

Joy of Life Spesial Edition ini mengembalikan beberapa data yang dihapus di season 1. Sosok Fan Shen di rumah sakit modern ditiadakan padahal ia adalah jatidiri Fan Xian sebelum hidup di Dinasti Qing versi masa depan. 

Kota modern yang mati dan tertutup salju juga dimunculkan kembali untuk menjelaskan bahwa Fan Shen bukan orang modern yang pergi ke masa lalu. Ia bukan datang ke dunia paralel atau melakukan perjalanan ke masa lalu.

Tidak. Ia datang ke masa depan. Masa setelah manusia mati suri di dunianya dan beberapa orang tak biasa berhasil datang ke dunia masa depan yang memulai kebudayaannya dari 0. Mereka ini menjadi legenda di dunia baru di bumi kita ini, kelak, jauh di masa depan. Ia memang terlahir kembali di masa depan sebagai seorang bayi Fan Xian dan menjalani hidup genap seperti manusia pada umumnya, serta menggenapkan takdirnya. Ia dijaga oleh Paman Wu yang tak pernah menua.



Paman Wu adalah robot cyborg dari masa depan. Sepatu boot-nya juga bagus banget, ya. Ada yang perhatiin ga sih? 
Ada juga kotak yang dibuka Fan Xian juga adalah teknologi masa modern bahkan ada senapan RPM-nya juga. Eh tapi kayaknya itu panah modern, deh, ya. Semacam panahnya Arrow dari Starling City atau panahnya Hawkeye gitu.

Bagaimana cerita seunik ini diramu? Tonton saja. Percaya deh, sangat layak ditonton dan ditonton ulang. The Best Drama 2019 dan masih sampai sekarang. Bagi saya dan berjuta pecinta tentunya. Hahahah. Coba tonton review jujur saya yang mengatakan kecewa dengan ending Joy of Life tapi penuh pujian:
Ada unsur komedi yang renyah, sastra yang lezat, tokoh dan karakter kuat, serta dukungan sinematografi yang indah. Arsitektur rumah ala Cina pada masa lampau sangat memanjakan mata. Itulah mengapa saya sangat suka nonton film Mandarin karena pakaian, pemandangan, silat, dan arsitektur indah selalu memanjakan mata. Jangan lupa visual efek dan adegan menarik. Misi saya menonton santai sering tidak berhasil karena selalu memancing keingintahuan. Kadang saya kebablasan menonton 3 episode dalam 1 hari, bahkan bisa lebih. Eh iya, film ini mendapat banyak pujian pada alurnya, komedinya, pemerannya, sinematografinya dan spesial efeknya. Memang istimewa dan tak biasa.

 

5. Hubungan bapak-anak ditonjolkan

Siapa yang tahu kalau Fan Xian adalah anaknya kaisar? Cung! Saya sudah lama banget dapat bocorannya karena tipe kepoan dan kalau mau nonton sering cari tahu dulu.

Semua orang tahunya Fan Xian adalah anak Menteri Fan. Jabatannya wakil menteri tapi powernya ketiga di bawah raja bahkan boleh memiliki pasukan sendiri. Kebetulan memang sohibnya Kaisar Qing. Bertiga; Kaisar Qing (Kaisar Liu Yu), Cheng Ping Ping (Kepala Badan Penyidik) dan Menteri Fan (Fan Jian) mereka pemula dari kekaisaran yang kita tonton ini. 



Selama ini semua orang mengira Fan Xian adalah anak haram Fan Jian yang dibesarkan di kota pesisir nun jauh dari ibukota. Namanya kota Danzhou. Beberapa orang terdekat tahunya ia anak Fan Jian dan Ye Qing Mei. Padahal.... Ia adalah istri dari Kaisar Liu Yu alias kaisar yang saat ini berkuasa. Si ayah ingin Fan Xian yang jadi penerusnya. 

Di cdrama Joy of Life Spesial Edition ini, tokoh kaisar muncul sejak awal sebagai "dalang" dari pencapaian prestasi Fan Xian di ibukota. Ia menyiapkan skenario-skenario yang mengguncang ibukota dan melihat siapa yang terpancing dan apa tindakannya. Ia juga sering dimunculkan untuk memperlihatkan reaksi serta eksekusi rencananya. 

Bagaimana cara tahu jumlah ikan di kolam dan nasibnya? Tak perlu menghitung satu per satu. Beri umpan, lihat siapa yang mengambilnya, dan seperti apa. 


Cerdas! Cdrama Joy of Life memang ga kaleng-kaleng dalam script-nya maupun penggarapannya. Semua jempol naik semua untuk memuji. Terbaik di antara yang terbaik!


6. Ciri Xuanhuan-nya kental

Joy of Life adalah novel dan cdrama xuanhuan. Yang tidak jeli akan mengiranya wuxia. 

Joy of life season 2 adalah Xuan Huan. Xuanhuan adalah cerita fiksi yang mengombinasikan fiksi ilmiah, perjalanan waktu, sejarah militer dan elemen beladiri. Ini penjelasan tersingkatnya. 

Agak susah juga membedakan wuxia dengan xuanhuan. Tapi kita bisa melihatnya dari elemen asing yang muncul dalam ceritanya. Kalau beda xuanhuan dengan xianxia apa? Kurang lebih sama sih, yang jelas di xuanhuan tak ada daoisme (ajaran tao). Munculnya Dewa Kuil sudah auto menjelaskan kalau Joy of Life adalah xuanhuan. 

Dewa yang disembah memang Dewa Kuil, dan kisahnya fantasi misterius. Fix, tak adalagi debat wuxia, xianxia atau xuanhuan, ya.... Memang murni cerita rekaan.

Apalagi, kotak modern dengan kata sandi dan senjata modern, bagaimana bisa jadi genre lain. 

Semoga artikel ini bisa membujukmu segera menonton cdrama yang paling banyak ditanya kapan tayang sejak 2019 sampai sekarang. Join the parade orang-orang yang sangat sangat menantikan Joy of Life Season 2 yang akan segera tayang. 




Psst... bagi yang mendambakan Yan Bing Yun, siapkan hati karena Xiao Zhan tidak ikut mendesirkan hatimu....



0 Komentar