widgets

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Trilogi Jin Yong

Saya suka sekali dengan film yang diadaptasi dari novel wuxia (cersil) karya Jin Yong. Tahu kan apa saja film trilogi Jin Yong yang sangat terkenal itu? Ya! Legenda Pendekar Pemanah Rajawali(LOCH), Kembalinya Pendekar Rajawali (ROCH), dan To Liong To (HSDS). Sengaja saya singkat dengan versi Inggrisnya karena kita lebih familiar dengan film versi Inggris daripada versi aslinya. 

Ketiga cersil di atas sebenarnya bersambung meski beda generasi. LOCH menceritakan masa muda Kwe Ceng (Guo Jing), ROCH menceritakan kisah hidup Yo Ko (Yang Guo), dan HSDS menceritakan kisah cinta Thio Boe Ki dengan Thio Beng. Dari Jika LOCH dan ROCH masih ada hubungan erat, ROCH sampai HSDS mempunyai jeda 100 tahun. Relasinya ada pada Kwe Siang (Guo Xiang) yang menjadi dikemudian hari mendirikan Go Bie Pay, serta pedang kahyangan dan golok naga yang dibuat dari pedang baja milik Yo Ko. Pedang dan golok ini dibuat atas permintaan Kwe Ceng (Guo Jing) dan Oey Yong (Huang Rong).  Di trilogi ketiga, turunan pedang Yo Ko ini menjadi rebutan para pendekar pembela kebaikan dan pendekar sesat. Oh iya, di seri cerita To Liong To, putri dari Yo Ko dan Siauw Liong Lie muncul sekejab dengan sebutan gadis berbaju hijau.

Ketiga Trilogi ini telah dibuat versi terbarunya. LOCH (2008) yang kemarin diputar di Indosiar, ROCH (versi 2006) yang saat ini diputar di Indosiar, dan HSDS (terbaru versi 2003 & 2009) yang semoga diputar Indosiar juga (kelihatannya tidak). ROCH 2006 yang kini bisa ditonton di Indosiar jam 6 sore sebenarnya kelanjutan dari ROCH 2003. Yah, trilogi Jin Yong ini sudah puluhan kali di remake sajak tahun 1970-an. 
Jin Yong atau Louis Cha
Jin Yong atau dalam bahasa Hokkian dilafalkan Chin Yung mempunyai nama asli Zhā Liángyōng dengan nama Inggris Louis Cha.  Novel wuxia (novel silat) Jin Yong sangat melegenda di seluruh dunia  Setidaknya ada 15 karya lainnya yang melegenda.

15 novel wuxia Jin Yong yang paling terkenal
Dari semua karyanya itu, ada 3 novel yang dikemudian hari disebut Trilog Jin Yung. Sudah saya sebutkan di atas. Dan saya paling suka dengan ROCH. Ketika dimainkan oleh Andy Lau dan Ichi Ban, saya sukaaa.. sekali. Nah versi 2006 yang sedang diputar Indosiar sekarang ini, saya tetap suka. 2 pemain utamanya di versi sekarang adalah yang tercantik dan tertampan. Menurut saya sih bisa mewakili tokoh Yo Ko dan Siaw Lionglie dengan bagus sesuai deskripsi penulisnya. Sayang hanya 41 Episode. Padahal seharusnya ada 54 episode. Di China ada larangan sinetron terlalu panjang (KAPAN DI INDONESIA DIBERLAKUKAN PEMBATASAN JUMLAH EPISODE SINETRON AGAR INSAN SINEAS INDONESIA MENJADI LEBIH KREATIF - #esmosi tiap kali membicarakan sinetron Indonesia) maka dipangkas menjadi 41 episode saja. Film yang tengah diputar Indosiar sekarang ini juga mempunyai setting, animasi silat, dan kostum, yang jauh lebih bagus, imaginatif. Kemarin saya sudah membahas tentang sound tracknya di sini.

Mungkin ada yang bingung mengapa saya menyebutkan dua nama untuk setiap karakter. Kita lebih familier dengan Yo Ko, Kwe Ceng, dsb. Versi aslinya menggunakan Yang Guo (Yo Ko) dan Guo Jing (Kwe Ceng). Saya juga sempat bingung juga ketika menonton film aslinya dalam bahasa Cina karena nama-namanya beda.




15 komentar:

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan di sini. :)

  1. Dulu sempet nonton dan jadi sinetron kebanggaan keluargaku mbak, hehhe...
    sountrack yang dinyanyikan Yunisara, kita hafal dan nyanyi bareng-bareng pas mulai, haha...

    yang versi sekarang diputer ulang, gak pernah nonton, masih dikantor, hehhee... Yo Ko memang gantengggggg,, haiyahhh,, haha

    BalasHapus
  2. wah saya juga sempat mania serial ini mbak..

    owh di China ada aturan gitu ya, wah beda ya dengan sinetron kita yang ampe keluar pakem cerita awal, gara-gara sinetronnya diolor-olor episodenya

    BalasHapus
  3. hem.. ternyata ada juga yang seperti ini ya mbak..

    BalasHapus
  4. ouw ini toh aktor utama dibalik kesuksesan film pendekar rajawali dulu mba
    keren euy

    BalasHapus
  5. haduh. . . malah baru tau aku. . .

    BalasHapus
  6. @advertiyha Siapa yang, merubah hatiku?
    siapa yang mebuat kita satu?
    lagunya kayak gitu ya Mbak?
    hehehhehe..
    aku juga langganan nonton itu.
    keren deh,heheheh

    BalasHapus
  7. The legend of the condor hero kan yah???
    Jaman SD dulu niey, aku sekeluarga selalu menunggu diputarnya film ini, di Indosiar.....
    Sound track nya dinyanyiin sama Yuni Shara. Waktu itu aku jadi penggemaar beratnya Andy Lau....

    BalasHapus
  8. kunjungan siang mbak sus. . . .

    BalasHapus
  9. siapa yang merubah hatiku
    siapa yang membuat kita satu
    selalu menyatu beban kecewa
    namun takkan ku kan berakhir

    haha.. masih hafal ternyata :D

    yang lama sama yang versi baru sama2 sukanya :D

    BalasHapus
  10. ada yang tau ga nama putri nya yoko???

    BalasHapus
  11. @Anonim: Sayang sekali tidak pernah disebut lagi kecuali diakhir film To Liong To ada seorang gadis berbaju kuning yang tinggal di kuburan kuno dan bermarga Yo dan membantu pembebasan Cia Sun di Shaolin Pay.

    BalasHapus
  12. pemeran ROCH yang cewek bukan ichi ban, mbak... tapi Idy chan

    BalasHapus