Love Like the Galaxy Part II: Rahasia Besar Ling Bu Yi

Sudah menjelang akhir drama Love Like the Galaxy. Rasanya masih terbuyi-buyi. Istilah yang mendadak jadi trend di antara pecintra drama Cina. Di bagian kedua ini, misteri keluarga Ling Bu Yi terbuka lebar dengan banyat plot twist yang ciamik.

Love Like the Galaxy Part II Rahasia Besar Ling Bu Yi


Iya, ciamik, karena berjalan smooth dan bisa diterima logika. Lanjarannya sangat jelas. Ini membuat saya mau tidak mau, harus memberi nilai sangat tinggi. 

Saya memang tidak pelit pujian pada saat mereview drama, tapi jarang yang akan bertahan sangat lama di hati dan menjadi kenangan. Jadi saat saya mengatakan bagus, belum tentu nilainya sempurna. Drama Love Like the Galaxy ini mau tidak mau saya memberi nilai nyaris sempurna. 

Memang ada satu-dua minor terkait perwatakan, tapi selain itu, saya mengapresiasi drama ini dengan nilai yang sangat tinggi. Worth to remember selama mungkin. Sobat Susindra sudah penasaran? Langsung baca sinopsis dan reviewnya yuk....

Pada episode 27 atau bisa kita sebut sebagai ending Love Like the Galaxy part 1, penonton dibuat panas dingin karena Cheng Shoa Shang (CSS) bertengkar, nyaris putus dengan Ling Bu Yi (LBY). Apakah mereka beneran putus?


Sinopsis Love Like the Galaxy 

Agar enak aja, saya bagi dalam beberapa poin

Pendidikan etika kedaton

Cheng Shao Shang (CSS) harus belajar menjadi istri yang baik bagi Ling Bu Yi (LBY). Bagaimanapun calon suaminya itu adalah pilar negeri yang paling diandalkan. Lagi-lagi pendidikan anak, ya....

Dan begitulah, akhirnya CSS belajar tentang tata krama dan etika perempuan di bawah bimbingan langsung dari Permaisuri Xuan Shen An (XSA). Di istana itu, CSS belajar adab kedaton dan adab menjadi istri bangsawan dengan segala keanggunannya. Perlahan tapi pasti ia bisa mengambil alih "hati" istana. Menjadi orang kepercayaan dan kesayangan Permaisuri XSA, bahkan mengalahkan semua anaknya. Kaisar Wen (KW) juga menyayangi CSS, namun lebih sebagai (calon) menantu. Semuanya tetap lantaran LBY. 

Love Like the Galaxy Sinopsis lengkap


Intrik istana

Kehadiran CSS di istana mengundang beberapa musuh kecil akibat rasa iri. Putri ketiga, putri kelima, Ji Tong (teman belajar putri kelima dan dayang bagi permaisuri), adalah sederet musuhnya. Semuanya dilibas dengan mudah, bahkan dibalas dengan bonusnya. Pasangan CSS dan LBY sama-sama pendendam dan belum bisa tenang jika belum bisa membalas perlakuan buruk yang mereka terima. Dua karakter utama Love Like the Galaxy memang bukan pemilik karakter welas asih dan sempurna.

CSS juga belajar tentang rahasia istana dan intrik-intriknya. LBY selalu mengingatkan CSS agar pura-pura tidak tahu, tapi bukan CSS kalau tidak gatal tangan dan ikut campur. LBY yang selalu membereskan kekacauan yang dibuat CSS. Pasti tahulah, kacau kecil di istana berarti hukuman penggal sekeluarga dan kadang beserta generasi selanjutnya. CSS tahu tapi selalu ingin membantu. Hal ini beberapa kali membuat pasangan CSS-LBY cekcok. 

Puzzle misteri LBY

Saat keduanya sudah hampir menikah, LBY harus berangkat berperang. LBY harus mengejar puzzle misteri keluarganya yang terakhir. 

Selayak suami-istri, CSS-LBY bertukar benda kenangan. CSS membuat "baju zirah bebek berpasangan" dan "baju pelindung kelinci", sementara LBY menyerahkan kunci harta kekayaannya. 

Ketika LBY berperang, konspirasi besar dijalankan. Keluarga CSS dimasukkan penjara dengan ancaman hukuman mati karena ayahnya, Jenderal Cheng, dituduh menyembunyikan 2000 tembaga yang jadi tugasnya. 

CSS mencoba menyelamatkan ayah dan keluarganya. Ling Bu Yi mempercepat perangnya demi membantu CSS. Singkat kata, mereka berhasil. Namun, mereka putus dengan tragis karena rahasia LBY. 

Misteri LBY

LBY ternyata adalah Huo Wu Shang. Ia bukan anak Ling Yi tapi anak Jenderal Huo yang selalu dipuja dan jadi pahlawan besar. Saudara angkat kaisar yang telah lama mati. LBY dijadikan anak angkat karena mengaku sebagai keponakan dari Jenderal Huo.

Rahasia itu terbongkar karena LBY menjadi buron setelah membunuh seluruh keluarga Ling. LBY dan dua perwira kesayangannya membantai semuanya di pesta ulang tahun Ling Yi. Penonton Love Like the Galaxy dibuat ngeri. Atau saya sendiri?

Love Like the Galaxy rahasia ling bu yi


Kaisar Wen benar-benar di antara bahagia dan berduka karena tahu rahasia ini. Khas orangtua yang menyesalkan perbuatan terkutuk anaknya namun tak punya solusi lainnya. Kasus itu dianggap sebagai pembalasan dendam, sehingga tak bisa dihukum.

Putus perjodohan

CSS bukanlah gadis yang sangat mementingkan moral. Ia sebelas-dua belas dengan LBY. Namun ia tidak terima ditinggalkan oleh tunangannya itu. Dia meminta pembatalan pernikahan. Hal yang tak bisa ditolak, bahkan oleh kaisar sendiri. LBY melakukan kejahatan luar biasa dan itu tak terbantahkan. Hanya bisa memutuskan perjodohan dan mengutus LBY menjaga perbatasan selama 5 tahun.

Selama 5 tahun itu, CSS merawat Permaisuri XSA yang sedang sakit. Sang permaisuri meminta pelengseran jabatannya agar putra mahkota (anaknya) bisa lengser juga dengan cara yang baik. Ia menutup istananya. 

Kaisar Wen menuruti permohonan permaisurinya, dan menyerahkan simbol otoritas pemimpin harem pada Selir Yue. Tak jelas apakah sekalian jadi permaisuri atau tidak. Keduanya tidak terlalu mempermasalahkan hal itu. Selir Yue menyayangi permaisuri seperti ayundanya sendiri.

Selama 5 tahun itu, CSS sesekali bertemu dengan Yuan Shen. Keduanya sudah lama punya hubungan yang naik turun, namun memberi warna pada cerita. YS mencintai CSS sejak pertama bertemu namun kalah langkah karena gengsi. Ia pemuda terbaik pertama di seantero negeri dan biasa dikejar gadis-gadis, ternyata mencintai gadis yang salah. 

Mereka sempat sepakat bertunangan, tapi tampaknya tidak jadi karena LBY pulang. Meski CSS tidak goyah namun ia menjadi sedih kembali.

Bahaya terakhir

Permaisuri meninggal dengan segala keharuan dan pesan agar sedikit dari tubuhnya dibawa ke asalnya, untuk bergabung dengan makam ayahnya. CSS diminta mengantar sendiri. Ternyata, hal ini menjadi bumerang bagi CSS, karena ada keluarga Luo yang siap membalas dendam. 

A Yao/Luo You (mantan tunangan CSS) dan istrinya (He Zhao Jun/ZJ) menyambut CSS dengan baik dan menjamunya dengan sederhana. Suasana tegang membuat ZJ tiba-tiba merasa akan melahirkan. Saat panik itulah Luo Yi (sepupu A Yao) berusaha membunuh CSS. Pergumulan terakhir terjadi, menjelang ending Love Like the Galaxy.



Review Love Like the Galaxy

Drama Love Like the Galaxy termasuk drama yang kuat dalam penceritaannya. Babak demi babak berhasil menghibur penonton. Seluruh perasaan manusia dipermainkan. Sedih, gembira, pahit, getir, ngeri, bahkan marah. 


Love Like the Galaxy review ala susindra

Perasaan yang campur aduk

Sangat layak jadi drama komedi karena bisa membuat penonton tertawa tergelak-gelak, bahkan mungkin terguling-guling. Lucunya maksimal. Bahkan ada penonton yang mengaku tersedak karena mendadak tertawa keras saat sedang nonton sambil nyemil.

Sangat layak jadi drama thriller karena ada beberapa babak yang mencekam, sadis, dan sudah dikategorikan sebagai perilaku kemanusiaan. Sebenarnya cukup bisa dimaklumi karena mengisahkan tentang orang-orang yang tinggal pada tahun 200an. Pada masa itu, hukuman siksaan memang sadis. Nyawa manusia tidak berharga jika sudah dinyatakan salah. 

Sangat menguras air mata. Saya tak pernah nonton drama streaming yang terus saja menangis sepanjang 3 episode. Air mata saya berderai-derai, menganak sungai. Memang dasar cengeng juga. Dan ada beberapa episode yang memang membuat (mungkin) siapapun penontonnya akan menangis sedih.

Merasakan getir yang sangat? Iya, itu juga. Sebagai ibu, saya merasakannya juga. seperti review saya yang pertama, lebih pada parenting, berjudul Love Like the Galaxy Part 1 (2022) Sulitnya Mengasuh Anak? Hmm...

Masam? ya. Karena tokoh di drama Love Like the Galaxy ini biasanya jadi tokoh vilain alias antagonis: pendendam dan pemarah.


Karakter antagonis jadi protagonis

LBY adalah pemuda paling menakutkan diminati seantero negeri: tampan, jenderal besar, karier bagus, anak angkat kesayangan kaisar. Watak jeleknya yang pendendam dan kejam sudah jadi rahasia seantero negeri, tapi tak ada yang keberatan dan tetap menjadikannya the most wanted husband. Wu Lei bagus sekali saat memerankannya. Karakter outstanding-nya di The Long Ballad berkembang dengan sangat bagus. kaget juga dengan kemampuannya melakonkan sosok pendendam yang sedang dimabuk cinta.

CSS adalah anak yang tidak dididik orangtuanya karena ditinggal berperang. Kasar, licik, pendendam, dan tidak tahu etika. Di seantero negeri, hanya 3 orang yang pertama kali mengenali kelebihannya, ketiganya adalah cowok terbaik di antara yang terbaik. Aneh, memang. Apa karena bosan dengan gadis-gadis beretika? Bukan. CSS menjadi menarik karena ia berani menunjukkan watak aslinya. Kalau soal ini, Zhao Lu Shi memang jadi ahlinya. Lakonnya di Siswi Akademi dan Rumor Putri ketiga menjadi lebih terasah di sini. 

Yang (menurut keduanya) perlu dipuji adalah sang sutradara, yang menunjukkan sendiri seperti apa yang ia maui dari para pemerannya. 

Ada satu kekhawatiran yang menelusup di dada, saat menonton ini, yaitu kesalahpahaman para penonton berusia muda. Mereka yang selalu mengatakan "gantengnya" atau "cantiknya". Keduanya mewakili sosok anak yang membuat orangtua bisa merasa gagal mendidik kalau tidak ditempatkan pada rentang waktu masing-masing. 

Pada tahun atau masa yang diperankan Zhao Lu Shi dan Wu Lei ini, pembalasan dendam mereka masih bisa dimaklumi sepanjang ada alasan yang tepat. Di tahun yang lain. itu menjadi mustahil untuk dilakukan. 

Dan sang penulis dengan baik hati memberi clue, "Kalau kaisar menyayangimu melebihi nyawa keluarganya sendiri, bolehlah sesekali menantang sang kaisar...."

Ya, setidaknya itu bisa membuat kita para penontonnya menjadi lebih mengerti mengapa ceritanya demikian.

Daaaan... meski memberi judul Rahasia Besar Ling Bu Yi pada sinopsis dan review ala Susindra kali ini, saya tetap merekomendasikannya sebagai tontonan para orangtua yang punya anak berwatak keras kepala. 

Karena, seiring dengan berjalannya cerita, kita akan mengerti bahwa mendidik anak itu seperti mendidik diri sendiri. Orangtua menjadi bijak bersama dengan persoalan-persoalan yang disuguhkan anak. Kesalahan demi kesalahan sangat mungkin terjadi, yang terpenting adalah, pastikan pesan kasih sayang kita sampai ke anak. Karena semua orangtua akan melepaskan seluruh dunia jika diminta sang anak.

Selamat menonton drama Love Like the Galaxy.... Ditunggu kesan, saran dan masukannya ya.






1 Komentar

  1. Lusi ini pemain drama favorit, gemesin banget kalau udah jadi cewek kerajaan yang pecicilan apalagi tubuhnya yang mungil. Lawan mainnya selalu ganteng dan dingin, kisah cintanya memang epik. Drama china satu ini belum lihat sih, jadi penasaran. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)