Love Like the Galaxy Part 1 (2022) Sulitnya Mengasuh Anak? Hmm...

Sudah agak lama ya saya tidak menulis review dan sinopsis drama seri Tiongkok. Ada yang kangen ga ya? Padahal saya jarang absen nonton drama yang bagus dan berbudget $$$$$. 

$-nya banyak amat.



Kebetulan selow, saya mau mereview drama Love Like the Galaxy. Drama yang sering bikin saya menutup mulut karena malu ketahuan tertawa sendiri. Drama yang romcod-nya kebangetan. 

Saya membidik tentang sulitnya mengasuh anak, alih-alih tentang Cinderella Love Story. Mengambil sudut yang "gue banget". Selain karena usia dan profesi sebagai ibu dari 2 remaja, juga karena saya suka meneliti tentang sejarah perempuan dan pola asuh anak zaman kolonial. 

Meski rentang waktu untuk latar cerita jauh berbeda, tapi ada banyak kesamaan, karena sama-sama menggambarkan kehidupan feodal. Meski feodal kuno dan modern memang punya beberapa perbedaan mendasar.

Ada yang penasaran setting drama Love Like the Galaxy Part 1? Baca sampai akhir, ya.


Semacam penjelasan tentang Love Like the Galaxy Part I dan II

Drama ini sedang tayang di WeTV. On going sampai episode 40. Atau kalau versi aslinya sih sudah part II episode 13. Oleh WeTV, dua season digabung jadi satu. Padahal memang dibagi dua, part I sebanyak 27 episode, dan part II sebanyak 29 episode. Hal ini dilakukan karena ada regulasi baru, maksimal 40 episode, cmiw. 

Regulasi di Negeri Tirai Bambu sangat ketat sehingga drama yang sudah terlanjur jadi pun harus menyesuaikan. Bagi yang memperhatikan ritme, akan menyadari bahwa sepanjang 2021, beberapa drama tampak sangat cepat menjelang ending. Seperti meloncat-loncat. Banyak scene berpotensi baper yang ditunggu tidak muncul. Itu terjadi karena dari 50-60 dipotong jadi 40. 

Pada tahun 2022 ini, kelihatannya baru Love Like the Galaxy yang dibagi dua. Semi mempertahankan setiap scene yang sudah dibuat dengan susah payah dan budget besar. 

Bicara batas maksimal episode, ... ada cukup banyak judul yang sudah muncul preview-nya tapi penayangannya ditunda. Mungkin proses editing atau syuting ulang beberapa scene agar tetap menyatu.

Sekadar info saja, drama di Cina itu proses pembuatannya tidak instan beberapa bulan jadi. Jauh dari kebiasaan sinetron Indonesia yang adakalanya diberikan pada last minute.

Kalau ada yang perlu dibenahi maka akan syuting ulang bagian yang itu. Dan jangan bayangkan kalau syuting di happy our ya. Dalam 24 jam itu ada beberapa scene yang harus diselesaikan dan kalau dapat shift bermain pukul 1-4 dinihari ya harus taat saja. 

Banyak proses syuting yang baru selesai dalam waktu 6 bulan lalu proses editing dan mendapatkan perizinan. Kabarnya rata-rata 3 tahun. Mungkin hanya rumor dan terjadi pada beberapa judul. The Fated General, Sword Snow Stride, Joy of Life, Legend of Chusen, dan masih banyak lagi drama yang sangat saya tunggu, belum ada hilal kapan tayang perdana. 

Tentang lamanya syuting, ada dramanya Zhang Ruo Yun pemain Sword Snow Stride yang syuting tahun 2016 dan belum launching sampai saat ini. Historical drama tentang jenderal bernama Huo Qu Bin, judulnya The Fated GeneralJumlah episodenya 70. Banyak yang nungguin

Saat menonton trailer-nya, ya ampun mereka masih sangat muda, karena selisihnya 7 tahun dari sekarang. Bai Yu aja masih jadi support role. Ada Meng Long yang mungkin jadi sad boy utama. 

Perihal jadwal tunggu tayang, akan terlihat saat cek profil mereka di MyDramalist - misalnya. Akan tampak banyak judul yang tahun penayangannya 00-00-00 atau TBA. Nama aktor yang saya sebut di atas, Zhang Ruo Yun, punya daftar drama yang menunggu tayang sebanyak 8 judul. The Fated General termasuk yang ditunggu penggemar dengan gelisah.

Nah lho padahal kan mau bahas dramanya Zhao Lu Si dan Leo Wu dan keduanya juga artis papan atas. 

Terkhusus Zhao Lu Si (ZLS), tahun-tahun ini saking laris dan banyaknya judul, kabarnya sudah setahun tidak pulang ke rumah. Tapi dia tak bisa jadi contoh, karena drama TBA-nya cuma 3 dan semua jumlah episodenya aman dari penyunatan. Wu Lei atau Leo Wu (WL) juga aman, hanya 1 TBA dengan 40 episode.

Cukup bisa dipahami ya mengapa ada yang mengatakan episode 40 ada yang episode 13.... Tak lain tak bukan adalah demi lolos sensor dapat perizinan. Feel-nya tetap sama aja, karena part I dan II tayang dengan selisih sedikit menit. Part I episode 27 dan Part II episode 1 tayang bergantian dan diberi judul Love Like the Galaxy episode 28.

Love Like the Galaxy - cover - susindra


Sinopsis Love Like the Galaxy Part 1

Ayah dan ibu Cheng Shao Shang (CSS) pulang dari berperang. Ayahnya naik pangkat menjadi Adipati Quling, berhak tinggal di ibukota. 

Perang 14 tahun mereka berakhir dengan kemenangan. 14 tahun, seperti usia CSS. 

Kedatangan mereka membuat hidup CSS yang sudah sulit karena selalu dirundung oleh bibi, para pelayan dan semua tetangga menjadi makin susah. Ibunya ingin mendisiplinkan dirinya.

Sudah seusia itu dan ia masih belum bisa membaca. Tidak tahu adab. Tidak tahu apa-apa tentang prilaku anak gadis yang sewajarnya. Anak tanpa didikan adalah sebutannya di ibukota. Sebagai Adipati Quling, keluarga Cheng beberapa kali harus menghadiri perjamuan bangsawan dan bergaul dengan sosialita di ibukota.

CSS menjadi terlihat tidak tahu adat. Alih-alih menjadi merpati yang anggun dan patuh, ia malah seperti kuda liar. 

Kuda lepas itu harus dipingit agar kelak patuh pada suami dan keluarga suaminya. Di sinilah peran sentral keluarga Cheng yang sangat unik diceritakan. Dan tentu saja, bagaimana sulitnya mengasuh anak yang sudah telanjur bengal karena tumbuh tanpa cinta sejak bayi.

Bisa ditebak, betapa sulitnya mendidik CSS agar menjadi gadis beradab dan berbudaya. Belajar huruf tentu tidak secepat yang belajar dari usia dini. Menulis? Bisa bayangkan sulitnya karena serupa goresan dalam lukisan. Pendidikan adat? Tata krama? CSS terlalu bebas sejak kecil tanpa didikan sehingga sulit patuh. 

Tak ayal ia harus menerima hukuman pukulan ala militer dari ibunya lalu disuruh ikut pamannya tinggal di provinsi lain yang jauh. Kelembutan istri paman lebih masuk dalam hati CSS. Setidaknya ada satu ilmu seni wajib yang dikuasai, yaitu bermain musik. Meskipun hanya seruling. Bukan alat musik yang rumit. 

Dalam perjalanan dengan paman-bibinya itu, kepahlawanan CSS terlihat. Ia bisa memimpin pasukan pengawal terbaik milik ibunya melawan serangan militer "sapu bersih" yang berencana membunuh kaisar. Ya, meski tetap kalah jumlah, kalah pengalaman, kalah orang dan kalah senjata. Ling Bu Yi (LBY) datang tepat waktu dan menumpas mereka semua. Love Like the Galaxy jadi tambah seru setelah ini.

Semua orang mengatainya sebagai anak yang tidak disayang, anak yang dibuang. Lama-lama dia mempercayai hal ini sehingga sulit mempercayai ketulusan cinta seseorang. Dia tahu Luo Yao dan Yuan Shang Jian mendekatinya, tapi dia terus menjauh. Dia juga menyadari perhatian Ling Bu Yi.

Ia menerima pinangan Luo Yao karena merasa dirinya bebas merdeka. Apapun yang ia lakukan tunangannya itu akan menjadi kaki tangan yang setia. Dia mencari hidup yang tenang.

Tentu saja ibu dan ayah CSS tidak setuju. Sudah jadi rahasia umum jika Luo Yao adalah putra dari keluarga Luo Kedua.  Apalagi putra kedua Luo sudah lama meninggal sehingga semua anak dan istri memiliki posisi sangat lemah di keluarga Luo pertama. Bangsawan Luo adalah guru putra mahkota dan punya status tinggi, sehingga cenderung menindas keluarga Luo lainnya.

Karakter CSS akan sulit untuk tidak memberontak di sana. Belum menikah saja sudah ribut terus dengan nyonya utama dan anak perempuan utama yang sama-sama angkuh. Ibunya khawatir jika kehidupan CSS akan seperti neraka saat di rumah itu. 

Bahkan LBY membantu menaikkan derajat CSS melalui dekret dari kaisar. Pujian sang kaisar sangat berlebihan. Harapan LBY, dekret itu bisa sedikit meringankan kesulitan CSS kelak di rumah keluarga suaminya.

Mereka sudah hampir menikah namun harus batal karena LY harus menikahi He Zhao Jun (putri jenderal He yang meninggal secara heroik dan berwasiat agar putrinya menikah dengan keluarga Luo). LBY dengan tangkas meminta kaisar menjadi wali untuk menikahi CSS. Diputuskan nyaris sepihak, CSS bertunangan dengan LBY. 

Cheng Shao Shang bertunangan dengan Ling Bu Yi. Ia menerima karena tak mau jasa ayahnya pada negara hangus. Padahal sejak awal sudah ada benih cinta dihatinya. Ia merasa tak layak dan akan ribet sekali karena harus berubah menjadi aristokrat yang terkekang adat. 

Seluruh keluarga harus menderita bersama dengan tunangan baru ini, karena LBY menjadikan rumah mereka seperti pangkalan militer. Semua orang harus berlatih fisik yang berat, tanpa kecuali, bahkan semua pembantu dan budak. Oh ada pengecualian yaitu sang nenek dan embannya.... 



Dan semua penderitaan mereka adalah sumber tawa yang tiada habisnya.

Dan tentu saja cerita tentang sulitnya mengasuh anak (CSS) menguap karena sudah ada calon suami yang datang untuk mendidik tunangannya sendiri....



Penjelasan karakter dalam Love Like the Galaxy Part 1

Cheng Shao Shang

Cheng Shao Shang adalah putri keempat keluarga Cheng yang ditinggalkan pada bibi jahat dan nenek yang kemaruk harta. Ia mendapatkan perlakuan buruk dari keluarga dan masyarakat sekitar. 


Gadis berusia 14 tahun yang cerdas, tangkas, dan namun tak bisa membaca. Dia selalu dicemooh di sana-sini dan di-bully. Dikatai sebagai anak yang ditelantarkan oleh kedua orangtuanya. Posisinya sebagai nona keempat keluarga Ceng tak punya arti apa-apa baginya karena pembantu pun bisa merundung dirinya. Ia merasa sangat kecewa pada orangtuanya karena pergi berperang tanpa membawanya serta seperti adik kembarnya yang dibawa serta.

Cheng Shao Shang juga tahu bahwa Yuan Shen atau Yuan Shan Jian mencintainya. Dia selalu pasang muka tidak suka bahkan mengejeknya. Love Like the Galaxy memang sedikit banyak menceritakan tentang kisah cinta CSS yang tidak biasa pada zamannya, yaitu bertunangan sebanyak 3 kali sebelum menikah. Eh? Siapa yang kedua dan ketiga?

Sebagai putri keluarga jenderal, bahkan ayah ibu berperang bersama dalam satu tim, ia punya karakter keduanya. Dominan ke ibunya. Keras kepala, pembangkang, tidak mau tunduk, tidak mau mendengarkan nasihat. Bahkan dia sangat perhitungan dalam hal hubungan timbal balik. Baik-buruk atau cacat-cela dia hitung dan balas dengan tepat. Karakter pendendamnya menjadi komedi di sepanjang cerita, karena balasannya bukanlah mencelakai sampai sadis tapi pelajaran untuk diingat oleh pelakunya.


Ling Bu Yi

Karakter pendendam yang cenderung sadis adalah milik Jenderal Ling Bu Yi (Pangeran kesebelas/Zi Sheng). Anak adopsi kaisar yang keras hati, keras kepala dan keras tubuhnya. Ia melihat bagaimana satu kota tempat tinggalnya dibantai dengan sadis, tak lama kemudian ibunya gila karena saat akhirnya berhasil pulang ke ibukota ternyata suaminya menikah dengan kerabat yang sangat ia percayai.



Ling Bu Yi atau Zhi Seng adalah sosok yang selalu berpikir taktis dan otoriter. Tak ada ruang berdiskusi dengan orang lain. Di satu sisi ia mengalami kehilangan yang amat sangat besar yang menjadi dendam kesumat, di sisi lain ia sangat dimanja oleh kaisar. Ayah angkatnya itu lebih sering memaklumi perilaku LBY yang sering keterlaluan dan bisa membuat urusan kenegaraan menjadi repot. Misalnya membunuh tahanan sangat penting hanya dihukum potong gaji 6 bulan. Di part 2 dia menghukum 8 menteri termasuk menteri sensor, dengan kejam, dan "hanya dihukum pukul 100 kali". Hanya, karena sebagiannya cuma sandiwara. Bisa dibayangkan betapa arogannya LBY. 

Xiao Yuan Li dan Keluarga Cheng

Xiao Yuan Li (XYL), ibunya CSS, adalah ibu dan perempuan yang punya karakter kuat. Dia ikut berperang dengan suaminya dan tak kalah garang dengannya. Menguatkan karakter kurang tegas dari suaminya, Cheng Shi (CS). Pasutri ini pergi berperang bersama dengan 3 anak laki-laki termasuk Cheng Shao Gong (adik kembarnya CSS). Saat mendisiplinkan dan mendidik CSS, ia seperti berhadapan dengan dirinya sendiri versi anak buangan; bandel, pembangkang, dan tidak mau mendengar. Di hadapan semua orang, suaminya jadi merasa XYL adalah istri lembut dan penurut, saking banyaknya karakter yang di luar kebiasaan....

Penonton berusia muda pasti gemes banget ya sama ibunya CSS. Kejam amat sama anak. Malah lebih mengagungkan keponakan. 

Itulah tantangan mengasuh anak. Sulitnya mengasuh anak. Kita tidak bicara tentang CSS saja yang memang dibuat beda dari biasanya. Tapi memang setiap ibu akan mengalami pusingnya saat mendisiplinkan anak. Saat mengasuh mereka dan mengajarkan bekal hidup.



Beberapa anak dibekali dengan karakter bold yang amit-amit keras kepalanya. Kebetulan saya punya dua yang sering membuat saya se-hopeles Xiao Yuan Li. Bedanya saya tidak punya suami seperti Cheng Xi atau adik ipar seperti pasangan keluarga Cheng II. Sulit sekali untuk menahan keluh kenapa si anak x dan y tak seperti yang satunya, padahal anak 3 juga lahir dari rahim dan sumber sperma yang sama. 


Kaisar Wen dan keluarga 

Kaisar Wen (KW), Permaisuri Xuan Shen An (XSA), dan Selir Yue Fei (YF) adalah suami istri yang rukun. Mereka saling memahami posisi masing-masing. Kalau mau cari seteru suami istri, sama sekali tak ada, baik di keluarga kaisar, keluarga bangsawan maupun keluarga non bangsawan. Kalau seteru antar anak, memang jadi sumber cerita; sumber gelak tawa dan penyulam romantisme CSS-LBY. 



KW adalah kaisar pertama. Bisa dikatakan belum stabil. Beruntung dua istrinya rukun dan saling memahami. 


Selir YF adalah cinta pertama kaisar, yang menemani saat berperang untuk mendirikan dinasti. Karakternya kuat dan tegas. Juga pemberani. 

Permaisuri XSA adalah istri utama untuk status. Dengan bantuan keluarga Xuan, Dinasti baru bisa didirikan. Makanya XSA jadi permaisuri. Kebetulan wataknya halus, pengertian, dan bisa menjaga martabatnya. 

Keduanya punya kontribusi besar pada negara. Kaisar Wen juga memberikan posisi setara permaisuri untuk selir kecintaannya, YF. Keputusannya setara dengan keputusan dan wewenang permaisuri. Tentu saja hanya di harem atau di kehidupan rumah tangga saja.

Posisi setara ini menjadi masalah dalam kehidupan feodalistik di masa kuno. Posisi sebagai keluarga permaisuri sangat tinggi dan bisa mengambil yang terbaik setelah keluarga raja. Di wilayah politik, posisi menentukan prestasi, alias berpengaruh pada posisi pejabat pemerintahan. Menteri Yue kecil misalnya, kata-katanya akan diperhatikan oleh kaisar. Kebetulan dari pihak permaisuri malah berkualitas jelek seperti Jenderal Wen. 

Bayangkan dua marga bisa seteru gara-gara ingin lebih dipuja. Yah, kurleb begitulah gambarannya, agar mudah memahami mengapa antar anak raja malah berseteru sendiri, dan tidak akur. Anak permaisuri merasa statusnya lebih tinggi, sedangkan anak selir merasa pihak lawan sewenang-wenang sehingga apapun itu harus dilawan. Perseteruan antar anak dalam drama Love Like the Galaxy juga menggambarkan betapa sulitnya mengasuh anak,

Oh ya, mungkin ada yang memerhatikan cucu dan istri Raja Rouyang yang berseteru dengan CSS. Mereka bukan keluarga kaisar yang asli, hanya pernah "nunut urip" di zaman susah. Oleh karena tak ada ibu yang jadi permaisuri, idep-idep mengangkat keluarga tersebut jadi sesepuh kaisar. Hal ini membuat mereka jadi tinggi hati dan merasa tinggi derajatnya.

Yah... begitulah kehidupan feodal kuno. Beberapa masih bertahan di masa feodal yang lebih modern dan diduplikat pada masa penjajahan kolonial. Yah, melipir ke sejarah.... hehehe. Maaf ya, saya suka meneliti sejarah dan karena sejak abad ke-5, tepatnya tahun 414, jadi memang ada kedekatan sejarah budaya negara kita dengan sana.



Setting drama Love Like the Galaxy 

Ada yang penasaran, setting drama Love Like the Galaxy di dinasti apa? Sama dong. Saya juga penasaran. Kalau lihat tipikal baju yang dipakai para orang tua, seperti era tahun 500 ke bawah, karena mengingatkan pada pakaian era Dinasti Qing. Dan tipikal baju yang melindungi tubuh dari udara super duper dingin karena tebal dan berbentuk seperti kimono. Namun baju yang muda-muda mengingatkan pada era Dinasti Tang. Tebakan saya, kalau dari nama kaisarnya, maksud penulis novel ini, adalah menceritakan kehidupan di masa Dinasti Sui pertama. Karena ada Kaisar Wen juga dari masa Dinasti Han yang pakaiannya sudah lebih modis (dalam artian trend fashion antar dinasti di Cina).  



Yah, sebenarnya ini tebakan juga sih, karena kebetulan kok tipe bajunga seperti kimono, baju yang banyak dipakai pada masa Dinasti Qin (tahun 221-206 sebelum masehi). 

Ada lagi sih, tambahan info yang saya tangkap saat Yuan Shan Jian memberi pertanyaan pada CSS di kelasnya. Kalau tidak salah ingat tentang gap antara ajaran-ajaran lama dan ajaran-ajaran baru. Ajaran-ajaran lama seperti Konfusius dipertanyakan relevansinya dengan yang sekarang. Entah kenapa seingat saya, langsung teringat pada peran Lu Bu Wei (perdana menteri Dinasti Qin pertama) dalam penyusunan buku-buku pada dinasti-dinasti terdahulu yang masih berserakan. Nah, Dinasti Sui ini lahir dan redup pada tahun (581 - 618).

Oh ya, mumpung ingat, kalau memperhatikan pakaian mereka, termasuk sederhana ya. Bahkan pakaian keluarga raja. Sebenarnya ini juga clue untuk perkiraan waktu cerita Love Like the Galaxy

Para sejarawan wastra sepakat bahwa pakaian bisa jadi sumber pembabakan suatu kisah sejarah. Waktu itu teknologi memang belum bagus. Jenis kain, teknik bordiran, alat musik, bahkan teh yang disajikan. Alat musik pipa belum muncul. 

Ingat drama A Dream of Spelndor yang berlatar Dinasti Song? Saat itu alat musik pipa sudah berkembang dengan sangat baik. Seni minum teh juga sudah sangat baik.

Di drama Love Like the Galaxy, acara minum tehnya sangat sederhana. Meski kebiasaan minum teh sudah ada jauh hari alias sebelum masehi, namun seni terkait ini baru berkembang di kemudian hari. 

Tapi saya juga tidak 100% yakin karena beberapa hal yang kurang cocok. Misalnya Ruyang Gate yang muncul di awal. Gerbang masuk ibukota seharusnya tercatat. Saya googling ke mana-mana tidak ketemu.

Beda dengan Gerbang Shouchun - lokasi perang Ling Bu Yi - menegaskan bahwa itu adalah gerbang Negeri Chu. Negeri ini masuk dalam era penaklukan negeri-negeri di bawah Kekaisaran Qin. Oleh karena episode perang belum muncul saya belum ada info apakah menaklukkan negeri atau provinsi yang membelot. 

Kita tunggu saja. Oh ya silakan baca film/drama buatan saya.

Btw, ada yang ingat dengan Insiden Gerbang Xuanwu yang jadi prolog drama The Long Ballads? Pangeran Li Shimin membunuh Putra Mahkota Li Jiancheng and Pangeran Li Yuanji. Sebuah kebetulan, CSS sebagai Putri Yong An dan LBY sebagai A Zhun atau Ashile Sun. Meski mereka tidak berjodoh di sana tapi dijodohkan di Love Like the Galaxy.


Ganjalan di hati atau spoiler Love Like the Galaxy?

Ada yang memperhatikan perbedaan rupa prajurit pada pembuka drama Love Like the Galaxy? Pembuka episode 1. Seorang prajurit terluka di punggung kuda yang berjalan sangat pelan. Ketika melihat gerbang ia langsung mendongak lalu memacu kudanya dengan sangat kencang dan, berteriak, "Buka gerbang! Pasukan kembali dengan kemenangan!" Teriakannya membahana di antara rumah-rumah yang kosong tak berpenghuni. 

Kabar kemenangan yang amat sangat berbeda di menit kedua. Prajurit Ling kembali dengan gagah bahkan disambut dekret kaisar oleh seorang kasim. Pemimpinnya berkuda dengan segala keperkasaan dan menerima beberapa hadiah istimewa bagi jenderal yang menang perang.

Sekilas memang tampaknya satu kurun waktu. Wajar jika prajurit pembawa berita terluka di jalan. Namun ada satu tambahan yang tak bisa diabaikan yaitu bendera yang berbeda. 

Tebakan saya, ini adalah kabar kemenangan Ling Bu Yi setelah berperang dan hilang selama 5 tahun tanpa kabar. Jadi kabar kemenangannya lebih dramatis. 

Selama 5 tahun menunggu, apa yang terjadi pada CSS? Kalau versi novel sih, dia akan bertunangan dengan Yuan Shan Jian dulu. Tapi itu versi novel, karena versi drama kan dalangnya adalah penulis script dan sutradara. Nah, ini spoiler yang mungkin bukan spoiler, ya.

Btw, ada yang bisa menebak berapa kata di artikel ini? 

Sobat Cakrawala Susindra punya pertanyaan terkait drama Love Like the Galaxy? Boleh banget lho, kalau bisa saya jawab akan saya masukkan ke artikel ini atau bikin artikel lagi. Feel free untuk bertanya ya...




8 Komentar

  1. Ah bahkan dari drama romcom begini kita bisa melihat perspektif pengasuhan anak ya. Apalagi ini ceritanya pada zaman dahulu kala, sudut pandang yang dipakai tentu semakin memperkaya pengatahuan kita selain tentunya merasa kerelatean. Karena kapanpun kita mengasuh anak, inti kesulitannya mungkin sama saja.

    BalasHapus
  2. Ternyata ceritanya masih panjang dan berjilid jilid serta diangkat dari cerita novel. Unik juga ceritanya diangkat dari cara mendidik anak. ternyata di masa lampau masih menganut paham yang berbeda dengan sekarang ya

    BalasHapus
  3. Kudu baca dari part 1 sepertinya, untuk tau jalan cerita sampai di part 40

    BalasHapus
  4. Selalu suka sama aktingnya Zhao lu si karna meranin karakter apapun pasti totalitas dan juga dipasangkan dengan siapapun juga selalu cocok.

    BalasHapus
  5. Mbaakk kuat banget nonton sampe episode 40, aku nonton drakor yg 16 episode aja gemas pengen cpt selesai wkwkwk. Aku ngebayangin drama yg ada peperangan ini bakal serius banget tp ternyata seru jg ya. Nilai edukasi jg dapat banget

    BalasHapus
  6. Wkwkw malah disuruh nebak kata, hmmm apakah lebih dari 2500 kata? :D
    Kalau baca kyknya cukup complicated jg ya jalan ceritanya krn tokoh banyak dan masing2 karakter kyk punya lukanya sendiri.
    Btw aku msh bingung mengapa seberapa banyak episode tuh nyangkut ke perizinan mbak?
    Jd kalau yang diitung 2 kali lipatnya tuh kalau ada part I part II-nya gtukah? #malahdibahas :P

    BalasHapus
  7. Ya Allah..
    Drama Love Like the Galaxy ini pasti bikin melting yaa, kak Susi..
    Aku suka... dengan setting drama kerajaan, rasanya cinta tumbuh dengan tantangan yang lebih berat namun akan lebih terasa "dalam".

    BalasHapus
  8. Putri keempat ya? Apakah latar waktu di drama itu udah dinilai termasuk kalau angka empat itu sial? Hehe cocoklogi aja. Tp pasti jd CSS struggle juga ya ya pastinya, mana kena bully dr yg terdekatpun.

    Jd tau kalau uda ada regulasi maks 40 eps :D kalau utk ini alasannya knp Mbak Susi? Utk lebih efisien saja kah?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)