Kaum Milenial pun Bisa Mandi Wangi ala Putri Keraton

Sobat Cakrawala Susindra, kalau melihat kulit perempuan tampak halus lembut, sering iri seperti saya, atau tidak? Atau, kalau melihat seorang ratu tapi kulitnya tidak glowing, merasa aneh, tidak? Misalnya Ratu Fanny dari Keraton Agung Sejagat di Purworejo itu, tuh. Waktu beritanya mencuat, para kaum hawa pecinta sejarah langsung berkomentar tentang kulit wajahnya. Saya salah satunya. Hmm... seharusnya dia tahu ada rahasia mandi ala putri keraton dan memakai #SabunKecantikan agar kulitnya lembut dan memancarkan cahaya. Eh, kira-kira, kita ini, para milenial, bisa mandi wangi ala keraton atau tidak?





Putri keraton memang identik dengan kecantikan dan keindahan kulitnya. Tak heran juga jika akhirnya jadi patokan. Bahkan standar produk kecantikan kulit juga tak lepas dari produk dengan varian skin brigtening, skin refreshing dan skin nourishing. Memang begitu adanya. Dengan embel-embel salah satu di antaranya, akan memiliki penggemar sendiri.

Mengapa harus mandi?

Mengapa harus mandi? Hih! Ini pertanyaan macam apa coba. Kira-kira yang bertanya, sudah berapa lama, tidak mandi?

Mandi itu, menghilangkan bakteri yang berkembang bersama keringat kita. Angin berdebu juga bisa bikin kulit kita berdaki jika malas mandi. Seperti anak punk, tuh, yang kulit putihnya bisa jadi coklat sawo. Setelah mandi bersih, jadi kelihatan lebih putih, dari sebelum mandi. 

Daki yang bercampur keringat dan tidak dibersihkan, bisa membuat tubuh kita lebih bau. Bau sekali. Jadi, buatmu yang punya bau badan berlebih, ayo, buruan mandi. Mandi yang bersih. Tidak harus 2 kali sehari. Nanti malah keterusan jadi malas mandi.


Mandi harus jadi aktivitas yang menyenangkan


Mandi harus 2x sehari?

Kadang saya mandi sehari sekali. Alasannya klise. Saya jarang keluar rumah dan atau cuaca sangat dingin. Jadi, saya mandi menyesuaikan aktivitas. Jika seharian selow, saya mandi sekali, pada pagi, siang atau sore hari. Jika sedang sibuk dengan aktivitas fisik, terutama jika berkebun, saya akan mandi 2 kali, bahkan 3 kali. Cuaca juga mempengaruhi.



Cara mandi saya tidaklah salah, kata dokter. Kata saya juga, selama 15 tahun bekerja dengan bos dari Perancis. Mereka yang berasal dari negeri 4 musim, saat di sini tidak serta-merta mandi sehari 2 kali. Yang penting adalah mandi yang benar agar kulit menjadi lebih sehat dan putih. 

Masih mau bilang jorok?

Tips mandi yang benar dan bikin kulit sehat

Mandi, meski dilakukan setiap hari 2 kali seumur hidup, belum tentu benar cara mandinya. Salah mandi malah bisa bikin kulit kering karena kehilangan minyak alami kulit. Ini nih, tips mandi yang benar dan bikin kulit sehat:

1. Pakai air biasa saja

Air biasa maksudnya adalah air PDAM, air sumur, atau air sungai. Para perempuan desa yang tiap hari mandi di sungai, lho, kulitnya putih dan bersih. Pun begitu yang mandi dengan air sumur atau PDAM. 



2. Jangan mandi air hangat

Jangan mandi air hangat kecuali sedang kelelahan. Mandi air hangat malah bisa membuat kulit kering dan kusam. Kalau badan rasanya sangat lelah, baru deh, mandi dengan air hangat. Tapi tetap saja, jangan lama-lama dan langsung beri pelembab kulit.

3. Gosok badan dulu

Gosok badan dulu, dengan atau tanpa lulur, agar semua daki terangkat. Bisa juga langsung dengan sabun mandi Vitalis. Kalau pakai lulur dan sabun mandi, lakukan bergantian, diselingi dengan guyuran air. Kok gitu? Kalau langsung guyur air, beberapa daki ada yang lebih sulit diangkat. 

4. Gosok badan perlahan

Gosok badan perlahan, mulai dari kaki, lanjutkan ke tangan dan ketiak, baru seluruh badan. Lakukan perlahan sambil menikmati keharuman Vitalis body wash Soft Beauty with Skin Nourishing.

5. Guyur badan dengan air. 

Guyur badan dengan air. Pastikan rata, semua kena, dan kotoran luruh ke bawah.



6. Ulangi dengan sabun wangi 

Silakan ulangi mandi dengan sabun wangi lalu bilas akhir, boleh juga tidak mengulangi. 

Kulit putih bersih dan lembut akan jadi milik kita jika telaten. 


Jadi, bukan tentang 1 atau 2 kali mandi, tapi mandi yang benar. Eh, tapi, setelah mencoba sabun mandi Vitalis, saya jadi mandi sehari 2-3 kali. Hihihihi. Saya suka banget dengan aroma lembut Vitalis body wash ungu dengan wangi bunga mawar dan bunga velvet. Wanginya lembut menenangkan.

Manfaat Mandi

Setelah tahu tentang cara mandi, saatnya mengetahui manfaat mandi, terutama #MandiKeharuman. Saya mengutip dari situs Hello Sehat berjudul Mandi Sehari Sekali. Ealah, ketahuan dari mana saya bisa percaya diri mengaku sering mandi sehari sekali. Hihihi.

  1. Meningkatkan sistem imun;
  2. Mengurangi nyeri dan pegal pada otot;
  3. Mengurangi bengkak;
  4. Melancarkan aliran darah;
  5. Meningkatkan konsentrasi;
  6. Mengurangi rasa lelah;
  7. Melancarkan pernapasan.
Setelah mandi, lanjutkan minum wedang rempah dapur buatan sendiri

kaum-milenial-pun-bisa-mandi-wangi-ala-putri-keraton-lomba-blog-vitalis

Resep lulur mandi wangi ala putri keraton

Keraton memiliki rahasia menjaga kecantikan para perempuannya. Rahasia ini sangat terjaga. Saya agak kesulitan mencari rahasianya. Untungnya ada Bu Sri Kartodimedjo yang membongkar rahasia perawatan tubuh ala putri raja. Bukunya yang berjudul “Cantik dengan Herbal: Rahasia Putri Keraton” mengungkap beberapa bahan lulur yang digunakan untuk mandi di keraton. 

Resep pertama sangat komplit. Bahannya adalah daun pandan, daun dan bunga kemuning, bunga kenanga, bunga kantil, jeruk purut (ambil air perasannya), temu giring, biang kunyit (kunyit yang sudah sangat tua, haluskan), tepung beras ketan, susu, minyak cendana, dan minyak zaitun. Semua daun dan bunga dihaluskan, lalu campur semua bahan kecuali minyak cendana dan minyak zaitun. Kedua bahan ini dicampur saat akan dipakai saja. Wah, suatu kebetulan, semua bahan saya punya kecuali kantil, dan tetangga saya punya pohon bunga ini!

Menurut Bu Sri Kartodimedjo, lulur ini bisa dimasukkan ke dalam freezer jika membuat banyak. Lumayan, bisa tahan sebulan.

Kira-kira, Ratu Kerajaan Keraton Agung Sejagat (KAS) Fanny Aminadia tahu resep ini tidak, ya? Dia kan memang keturunan keraton. Asli, lho, ini informasi valid dan sempat dibahas di grup sejarah yang saya ikuti. Hanya saja... bisa dikatakan sebagai korban imajinasi ketinggian dan tega memanfaatkan kerinduan orang tentang sosok Ratu Adil. Sudah, ah, jangan bahas itu lagi. Takutnya candaan saya ini bikin senep atau mual seseorang.



Resep lulur mandi wangi yang lebih sederhana

Kalau sudah kliyengan dengan banyaknya bahan, pakai resep lulur ala keraton juga, yang paling sederhana di bawah ini. Lulur yang satu ini enak dan bikin badan capek jadi fresh kembali. Resepnya adalah haluskan 2 sdm tepung beras, 3 ruas kunyit seukuran ibu jari, 2 ruas kencur seukuran ibu jari. Tambah air sampai adonan menjadi pasta. Langsung balurkan ke semua tubuh, diamkan sampai kering, setelah itu gosok dengan gerakan memutar. Bilas dengan air mawar.

Cara mandi wangi kaum milenial

Kaum milenial biasanya suka yang cepat dan instan. Tapi beberapa juga tidak meninggalkan tradisi leluhurnya. Resep lulur di atas, terutama yang sederhana, bisa dipakai seminggu sekali, agar kulit menjadi putih, halus dan bersih. Setelah memakai lulur ini, langsung mandi seperti biasa dengan #SabunKecantikan dari Vitalis.

Jikalau enggan bikin lulur, kaum milenial bisa juga skip lulurnya. Vitalis warna merah muda ini mengandung ekstrak susu dan licorice. Lama-lama kulit pasti putih, cerah dan bersinar. Praktis, kan? 

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash White Glow with Skin Brightening

Sabun mandi yang satu ini mudah dikenali. Warnanya nuansa merah muda mewah. Sabun mandi ini, wewangiannya dapat dibagi 3 aroma, yaitu:
1. Aroma buah dari ceri dan rasberi;
2. Aroma bunga marshmallow & gardenia (cempaka);
3. Aroma tambahan adalah woody & suede.

Jangan lapar karena ada aroma bunga marsmallow. Ini jenis bunga hias yang cantik. Memang, sih, marshmallow identik dengan camilan lezat yang lembut dan lumer di mulut. Mungkin Pak Alex Doumak sangat terinspirasi dengan bunga marshmallow yang berwarna lembut ini sehingga pada tahun 1961, memakai nama marshmallow untuk camilan barunya.

Kombinasi semuanya membentuk keharuman mewah kelas internasional yang tahan lama. #Glamor adalah kesan pertama saat melihat kemasannya. Apalagi setelah dipakai mandi. Kulit terasa bersih, lebih cerah, halus dan lembut. Tak heran, ada 2 bahan utama pencerah kulit yang alami, yaitu ekstrak licorice dan susu. Hasil yang diharapkan dengan penggunaan teratur adalah bisa merawat kulit hingga tampak bersih, cerah bersinar.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle with Skin Refreshing

#Vitalisbodywash Fresh Dazzle, sesuai namanya, menciptakan sensasi segar, halus  dan lembut. Ada ekstrak jeruk yuzu dan anti oksidan dari teh hijau, tak heran jika bikin kulit segar. Pemakaian rutin diharapkan membuat kulit lebih bersih, wangi, segar dan terawat. 



Mengenai aroma, ada 3 golongan aroma, yaitu
1. Aroma buah nan segar dari jeruk bergamot;
2. Aroma bunga dari floral bouquet;
3. Aroma lainnya adalah musk dan amber
Vitalis sangat berpengalaman di bidang parfum, namun tetap aktif melakukan riset, studi, dan eksperimen sehingga sangat memahami trend parfum dunia. Fresh Dazzle ini wanginya mewah dan modern, serta membangkitkan semangat kembali. Wanginya tahan lama, lho.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Soft Beauty with Skin Nourishing

Di antara 3 varian sabun mandi Vitalis, varian ini terfavorit saya. Wanginya lembut dan tahan lama. Wangi bunga mawar dan velvet sangat lembut, sehingga menenangkan syaraf yang kadang tegang karena aktivitas harian. Mandi sabun Vitalis yang ini membuat saya tenang dan kalem kembali, padahal sebelum mandi berasa ada tanduk di atas kepala. Ibu rumah tangga yang anaknya laki-laki semua kadang bisa mudah bertanduk karena kadang komunikasi mereka dengan gabresan atau perang-perangan. Setelah mandi, dapat bonus kulit terasa halus, lembut dan terawat.


Tak heran, sih, ada bahan pencerah berupa ekstrak alpukat dan Vit. E. komposisi aroma wewangiannya juga istimewa:
1. Aroma buah dari fruity aldehydic
2. Aroma bunga mawar dan velvet
3. aroma kacang tonka dan sandalwood yang mewah. 

Pemakaian produk yang kemasannya berwarna ungu ini membuat kulit tetap kenyal, halus, dan  lembut.

Putri keraton suka berkebaya. Ada beberapa rekomendasi jenis kebaya bagus, nih.

Pengalaman setelah mencoba tiga sabun mandi Vitalis di atas

Awalnya, suami heran, mengapa ada 3 Vitalis body wash di kamar mandi. Kenapa tidak satu per satu kalau mau coba. Saya jelaskan dengan kalem, bahwa 3 #Vitalisbodywash itu punya fungsi berbeda. 

Vitalis skin brightening saya pakai harian karena rasanya segar seperti gadis yang sedang jatuh cinta. Selalu menaikkan semangat mengasihi seluruh keluarga, meski lelah mengerjakan pekerjaan domestik yang tak habis-habis. 


Vitalis skin refreshing cocok untuk suami dan anak laki-laki. Agar mereka juga bisa mandi wangi. Baunya bisa membuat semangat terangkat juga.

Vitalis skin nourishing membantu saya tetap kalem pada saat ada kejadian yang membuat ingin menggigit sandal. Yaah.. namanya punya 3 anak laki-laki... tahu, kan rasanya? Menaruh handuk di tempatnya saja kadang menunggu diingatkan. Belum yang lainnya. Vitalis ungu ini baunya lembut dan bikin rileks.



Semua sabun cair Vitalis memiliki keharuman khas yang pasti disukai semua orang, karena PT Unza Vitalis memang leading market untuk parfum di Indonesia dan Asia Tenggara. Ketiganya punya kualitas sabun melimpah yang sama, dan membersihkan dengan tuntas. Kulit jadi segar, tidak kering. Bau wanginya tahan cukup lama. Saya coba tanpa menambahkan body lotion, wanginya tahan lebih dari 2 jam. Saya jadi berharap akan ada seri body lotion dengan wangi serupa. Akan jadi pengalaman mandi yang lebih menyenangkan.

PT UNZA VITALIS

Pasti tahu tentang Vitalis, dong, produk parfumnya merajai pasar parfum di Indonesia. Saya berani bilang merajai pasar parfum, karena omset penjualannya selalu meningkat dua kali setiap tahun. Itu tandanya, banyak perempuan (dan laki-laki) yang percaya dan cocok dengan wanginya Vitalis.

#SabunKecantikan produksi PT UNZA VITALIS relatif baru. Baru dierkenalkan ada pertengahan tahun 2019. Akan tetapi, produknya langsung laris manis di pasaran. Produknya memberikan sensasi #MandiParfum yang tahan lama wanginya. 

Setelah tahu rahasianya mandi wangi ala putri keraton sehingga kulit menjadi halus, lembut dan bercahaya, jangan lantas melakukan tindakan tak terpuji seperti Raja dan Ratu abal-abal dari Purworejo ini, yaaa.... Selalu melakukan tindakan terpuji dan jauhi sikap buruk, agar sehat kulit dan hati. 

140 Komentar

  1. Baru tahu kalo sering mandi air hangat itu bisa bikin kulit cepat kusam. Padahal musim hujan kayak gini enakan mandi air hangat..😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siasati dengan pakai sabun mandi dengan pelembab terbaik dan tambahkan body lotion yang juga punya pelembab ekstra.
      Silakan mandi air hangat sepuasnya

      Hapus
  2. Mauuukk banget mandi pakai Vitalis
    Aromanya wangii menguar, enakk bangett ya Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Wanginya enak dan pas dengan selera

      Hapus
  3. Aku juga pake lohhh mbak Susi, Vitalis Body Wash ini. Wangi nya bikin aku betah mandi, sejak aku pake Vitalis Body Wash Fresh Dazzle aku jadi tambah PD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pribadi yang terbuka, ceria dan kreatif, nih, yg suka fresh dazzle.

      Hapus
  4. Yes, yang penting bukan jumlah mandi per harinya, tapi benar cara mandinya.
    Hihi... asyik aku jadi punya argumen kalau lagi malas mandi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk....
      Tapi sekarang aku jadi rajin mandi, Mbak Nanik.
      Suka banget dengan wanginya sabun vitalis.

      Hapus
  5. Buat lelaki ok ga sihhh
    Biar wangi jugaaa hehe
    Nanti saya coba kasih tau istri juga supaya pakai ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok banget, dong. 3 laki-laki saya pakai fresh dazzle. Mereka suka. Segar baunya.

      Hapus
    2. Wahhh, bisa seger sepanjang hari nih, ada pilihannya wanginya juga ya, mantabs

      Hapus
  6. Ahh samaan mba, aku juga suka vitalis ungu. Dan btw. Aku langsung googling berita tentang KAS, haha.. Kudet ternyata aku ya, baru ngeh ada kerajaan di purworejo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha...
      Sedang happening banget ini Mbak.

      Hapus
    2. Ikutan gugling ah, ikut penasaran
      Betulkah wajahnya mulus 😁😁😁

      Hapus
  7. Aku..juga pakai VItalis...body wash..beneran rasajadi putri saat mandi ..


    Kalo lagi pengen marah2 trus dibawa mandi pakai VItalis...mood baik langsung menghampiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya mandi memang bisa menghilangkan perasaan tertekan atau emosi negatif, Mbak.
      Vitalis body wash membantu prosesnya lebih cepat dan lebih tahan lama wanginya

      Hapus
  8. Nenek moyang kita memang terkenal dengan keahliannya meracik wewangian
    Karena mereka kan hidup di era monarchy ketika orang bersaing untuk mendapat perhatian
    Warisan keharuman tsb rupanya digunakan Vitalis untuk merawat keluarga di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mbak, dulu persaingan sangat ketat. Kriteria tubuh ideal juga sangat banyak sehingga bagaimana caranya harus punya rahasia ramuan sendiri.

      Hapus
  9. Waahhh mandi a la Keraton, nggak perlu bikin kerajaan dulu ya, udah bisa mah mandi wangi pakai Vitalis.
    Btw handuk pinkynya menggoda Mba.
    Saya suka yang hijau, tapi yang ungu juga doyan, yang pink di pakai anak saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw khasiat mandi memang banyak banget ya Mba, sayapun sering menjadikan mandi sebagai me time, habis mandi tuh rasanya jauh lebih segar dan bersemangat.

      Apalagi mandinya pakai Vitalis body wash :)

      Hapus
    2. Nggak harus, Mbak.
      Era keraton sudah usai. Tinggal 32 keraton se-Indonesia dan kita bukan anggotanya. Wkwkwk
      Tapi memang sih, kerabat keraton selalu punya tips hidup sehat sendiri, termasuk mandi sehat dan wangi. Saya tahu karena kenal dan pernah beberapa kali datang ke rumah beliau. Beliau dari Mangkunegaran

      Hapus
  10. Bikin penasaran deh wangi Vitalitas Body Wash ini. Aku jadi kepengen berme-time ria dengannya. Wanginya memanjakan kayaknya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus coba Mbak. Harganya tidak akan membuatmu sayang beli lagi dan lagi.

      Hapus
  11. ternyata kebanyakan mandi air hangat juga gak bagus ya. uh ada mawar yg merekah, indahnyaaa...paati seharum aroma white glow nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga kok Mbak, asal telaten memberikan pelembab ekstra banyak ya, karena memang bikin kulit kehilangan minyak alami dan lama produksi kembali.

      Hapus
    2. Oh iya, mawarnya dari kebun sendiri Mbak. Kebetulan bunga yang merekah ada 3; 2 untuk foto, 1 untuk taburan. Hihihi.

      Hapus
  12. Iya sih sebenarnya mandi itu enggak harus 2 kali sehari, tapi aku tim yang memang prinsipnya mandi 2x sehari mau dihari itu pekerjaanya banyak atau cuma santai. Sudah kebiasaan sih :D

    Vitalis ini kalau parfumnya itu emang terkenal baunya enak sih menurutku, duh jadi penasaran nih pengen beli body wash vitalis ini. Karena, aku bucin banget kalau sama aroma sabun apalagi kalau wanginya enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak, kebiasaan. Tapi kalau tinggal di daerah dingin seperti saya yang tidak berkeringat, saya sering 1 kali mandi. Tapi ya bersihin badan, muka dan tangan kaki ya sering banget... lha wong itu cara jaga kesehatan. HIhihi

      Hapus
  13. Kira-kira ratu Fanny bakal suka yang mana ya di antara varian-varian Vitalis? Eh :D
    Heboh benar ya berita itu, lagi nunggu apakah ada ratu di Sunda Empire? Atau saya yang ketinggalan ya?

    Mbak Susi suka yang wangi yang mana Vitalis Body Wash-nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di antara ketiga Vitalis Body Wash ini, yang mana yang ada efek anti aging-nya ya Mbak Susi?

      Hapus
    2. Saya paling suka yang ungu, Mbak.
      Kalau Ratu Fanny, entahlah, karena kami tidak saling kenal.
      Kalau yang ada anti-aging, setahu saya tidak ada, Mbak. Kalau berpelembab atau nourishing, nah itu yang ada. Warna ungu kesayangan saya.

      Hapus
  14. Gimana rasanya jadi Putri Keraton ya? Mungkin salah satu rasanya seperti mandi pakai Vitalis ini. Saya baca postingan di atas sambil ngebayangin gimana aroma ke-3 jenis vitalis. Ga sabar pengen mandi wangi kaya Mbak Susi juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak do dan don't kalau jadi putri keraton, Mbak. Kita mungkin takkan kuat. Hihihi.
      Biarlah kita ala-ala saja, meniru wanginya.

      Hapus
  15. Sudah coba semua varian wanginya dan semuanya wangi parfum. Setiap mandi bikin moog jadi baik dan wanginya awet. Paling suka sama varian white glow. Wangi buah yang manis bikin seger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Mbah, yang white glow itu baunya manis. Saya bayangkan seperti gadis manis yang mendamba cinta kalau usai mandi dengan si pink ini. Sukaaaa....
      Tapi favorit saya tetap yang ungu.

      Hapus
  16. Khusus buat putri aja iya kak.
    Klw buat pangeran ada gak nih.
    Seandainya ada, boleh lalh nanti aku coba pakai dan beli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli yang fresh dazzle, Mas. Cocok banget buatmu.

      Hapus
  17. Mandi wangi ala keratin Yang simple dengan sabun mandi vitalis. Etapi Kalau dingiiin banget, saya nyerah mbak, mlipir ngrebus are dulu deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus disesuaikan kondisi, memang Mbak. Yang penting tahu bahwa setelah mandi air hangat harus pakai pelembab

      Hapus
  18. Kalau zaman dulu apalagi para putri keraton menggunakan bahan rempah mesti diramu dulu baru bisa digunakan.
    Untung sekarang udah ada yang praktis " Vitalis Body Wash" yang nggak kalah wangi sama ramuan ala keraton.
    Selain wangi aplikasikan ke seluruh tubuh juga nggak ribet.
    Mandi jadi happy dong ya

    BalasHapus
  19. Aku sampe nyatet lulur berasnya. Hahaha. Pantes putri kraton awet cantiknya ya, rahasia lulurnya aja segambreng.

    Btw, aku suka yang Fresh Dazzle. Segerrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk. Ayo datang ke rumahku. Bahannya lengkap kecuali kantil. Tapi aku tahu harus minta ke mana dan hubungan kami baik, jadi ga ada sungkannya.
      Atau aku minta sekarang-sekarang ini dan tanam di rumah, ya....
      Malah baru kepikiran. Wkwkwk

      Hapus
  20. Tips-tips untuk mandi ini boleh juga, menarik untuk diikuti biar mandinya berkesan gitu. Betewe, Vitalis itu apakah hanya untuk cewek saja atau cowok juga bisa pake? Kan prinsip mandi buat menyegarkan dan membersihkan, semoga saja bisa. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cowok bisa mandi dengan Vitalis Body Wash, kok. Pilih yang Fresh Dazzle ya.

      Hapus
  21. Semua variannya bikin penasaran. Jadi pengen nyobain. Tapi resep lulur tradisionalnya boleh juga tuh. Aku suka luluran karena di Solo sini masih banyak penjual lulur asli di pasar Gede itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, asyik banget kalau ada bisa beli lulur Solo, Mbak. Resepnya masih disembunyikan. Atau seperti yg saya tulis di atas, ya?

      Sementara ini saya puas dengan Vitalis body wash.

      Hapus
  22. Mandi segar dengan keharuman yang bertahan lama, tentu saja jadi pilihan ya Mbak :)
    Saya huju sedang menggunakan sabun cair Vitalis yang Fresh Dazzle loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, segar banget Mbak. Saya sudah coba 2x dan suka. Tapi saya mau habisin yang pink dan ungu dulu. Ntar belinya yang Fresh Dazzle agar bisa dipakai sekeluarga. Anak dan suami suka, sih

      Hapus
  23. Mandi wangi seperti putri raja ya kak.... pasti kesegarannya membuat pengalaman mandi menjadi membahagiakan. belum lagi keharumannya paasti bisa menjadi aromaterapi tersendiri plus kulit jadi lembut dan sehat. seruuunyaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mas. Pengalaman mandi yang tak terlupakan

      Hapus
  24. Anak gadis saya suka banget pakai vitalis body wash dan parfume. Total wangi,katanya. Oh ya, ttg air untuk mandi, baiknya memang pakai air dingin supaya kulit ga kering dan keriput lebih cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Mbak. Meski boleh juga kok pakai air hangat saat tertentu. Tak ada larangan. Salam untuk putrinya ya

      Hapus
  25. suka sekali dengan ulasannya mbak susi hihi lengkap dan menarik :3. aku juga kalau mandi air hangat kalau keujanan atau capek banget aja, tapi sukanya lupa terus tidur mba :3, wah iya si, sekarang bisa mandi mewah dan bikin mood balik lagi dengan vitalis body wash, aku juga sukak banget :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau suka, Mbak. Membuatnya dengan sepenuh hati.

      Saya kalau super lelah, sangat butuh, baru mandi air hangat.
      Kayaknya perlu sering-sering juga ya

      Hapus
  26. Wah makin penasaran sama wanginya Vitalis ini mbak Susi. Gak usah bikin lulur cukup pakai Vitalis badan wangi segar sepanjag hari yaa.
    Coba ah nanti beli produknya, kyknya mau coba yang kemasan pink dulu ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bemer sekali mbak Susi abis mandi yang saya suka tu kulit jd lbh cerah ya trus jd lbh wangi dan lembut juga jadi ya kudu pakai sabun yanh tepat supaya bisa mendapatkan semua manfaat itu

      Hapus
    2. Alhamdulillah, kita sama-sama suka, ya. Memang the best deh, Vitalis body wash ini.

      Hapus
  27. Oh gt ya soal air hangat. Makanya emang relaksasinya malam mandi air hangat krn mau tidur n relaks dr kelelahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya, tentu saja. Mandi air hangat itu paling cocok saat malam hari akan tidur. Tidur jadi nyenyak sekali.

      Hapus
  28. Wanginya emang mantul banget ya mbak, aku udah pernah coba ketiga variannya dan suka semua sama wanginya.. paling favorit aku yg warna hijau fresh banget deh segeeerr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seger banget yang hijau. Makanya kuserahkan ke anak dan suami, agar mereka pakai dan suka.

      Hapus
  29. Ternyata salah satu manfaat mandi adalah meningkatkan sistem imun. Tapi sering mandi juga bikin kulit kering.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti mandi yg pas itu 2x sehari saja ya mba. Kadang saya mandinya pernah sekali sehari lantaran benar-benar di rumah tok, gak keluar rumah.

      Hapus
  30. Aku butuh Vitalis Skin Nourishing kayaknya, karena kejadian pingin gigit sandal itu bisa tiap hari kualami maklum ada 2 anak laki-laki dan seorang suami hihihi
    Tapi perlu juga sih yang Vitalis Skin Brigthening buat pemusnah hayati yang lelah...Terus yang Vitalis Skin Refreshing untuk 3 laki-laki yang tercinya
    Jadi beli tiga aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... begitulah kita para istri dan ibu. Harus pandai menahan diri agar tidak meledakkan amarah. Karena hal-hal negatif kadang tak terelakkan, bahkan jadi pijakan untuk level selanjutnya.

      Hapus
    2. Nah, maka mandi ala keraton dengan Vitalis begini bisa mampu meredakan gelebah hati. Enggak jadi marah dan negative thinking pun musnah:)

      Hapus
  31. Kebetulan ini udah waktunya belanja bulanan. ntar saya coba deh beli vitalis.
    bicara mandi, saya kurang suka tu berbath up ria, kok ya rasanya ndak bersih hihi

    saya lebih suka bershower ria. serasa mandi hujan, dan terkenang masa kecil kwkwkwkw

    BalasHapus
  32. Pakai parfumnya aja nyaman banget sama wanginya, apalagi body wash nih makin rajin mandi dan tentunya tubuh bisa wangi seharian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabun mandi itu awal yang indah Mbak. Lanjutkan ke body lotion lalu parfum.
      Semoga saran saya, ada body lotion diterima

      Hapus
  33. Enak nih pake yg mawar sambil berendam di bath up. Ulalaaaa. Hihihi. Beneran berasa jadi puteri kraton yaaaa Mba Sus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WO iya, pastinya Mbak. Kalau berendam jadi rasanya lebih segaaaar...

      Hapus
  34. Beberapa kali ngebaca reviewnya, jadi mupeng bener pengen nyibain wanginya sabun mandi ini. Kayak aap sih wanginya outri keraton. Hahaha.

    BalasHapus
  35. Belum nyoba udah kebayang wanginya. Jarang-jarang brand parfum merambah ke sabun. Hampir bisa dipastikan kalau sabunnya akan sewangi sabunnya

    BalasHapus
  36. Ya ampun, Mbak ... Aku tadi mikir sampai dahi berkerut siapa gerangan Fanny Aminadia itu. Langsung googling dong dan ahahahay ... ternyata yang itu, tho.

    Wis, biarkan aja. Sekarang bahas urusan mandi dan wewangian aja dulu. Aku belum pernah sih duduk bersebelahan dengan putri keraton. Jadi nggak tahu wanginya seperti apa. Nah, tapi nggak mungkin bau badan juga, hihihi ...

    Coba ah diikutin tipsnya, mandi pakai vitalis, dan nggak lupa rajin luluran pakai resep tradisional. Mesti siap-siap terpukau nih sama aroma wangiku, hahaha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahaha. Saya cukup update kalau yg dimaksudkan untuk mengurangi berita yang seharusnya viral seperti Natuna dan Jiwasraya. Apalagi yang anomali seperti Sunda Empire

      Hapus
  37. Aku dulu sempat nyobain parfum vitalis, wanginya seger. Ternyata sekarang sudah ada body washnya juga. Jadi mau nyobainnya juga nih.

    BalasHapus
  38. suegerrr pol ya Mba, mandi pake Vitalis
    AKu doyan bgt ama aromanya
    menenangkan jiwa raga bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sudah mulai beli lagi, Mbak. Wkwkwk.
      Ketagihan segarnya pasca mandi

      Hapus
  39. Vitalis juara parfum wanita. Sekarang ngeluarin produk Vitalis Body Wash, tambah cinta sama Vitalis 😘😘😘

    BalasHapus
  40. aku sudah cobain Vitalis Body Wash dan beneran wanginya bikin segerr

    BalasHapus
  41. Wah ternyata mandi air hangat Justru nggak bagus ya mbak untuk kesehatan kulit..

    Sy ini termasuk pengguna produknya vitalis. Di rumah ada parfumnya tapi belum nyobain sabunnya nih. Jadi penasaran pengen mandi juga pakai vitalis body wash

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus untuk tubuh lelah, tapi harus ekstra pelembab, Mbak

      Hapus
  42. aku suka yang warna pink, wanginya seger dan harum. berasa jd princess pas mandi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama... Tiap keluar kamar mandi berasa punya energi untuk menjadi 20 tahun lebih muda yang mendamba cinta. Xixixi

      Hapus
  43. Klo aq suka yg pink mbak..wanginya manis, jadi brasa abg lagi

    BalasHapus
  44. enak ya ini sabunnya? belum pernah coba. pakai produk vitalis hanya lotion aja.

    kalau saya, udah ga boleh mandi di atas jam 5 atau udara udah dingin. kecuali pakai air anget. jadi rata2 emang cm seali sehari mandinya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget Mbak. Terbaik untuk harga segitu

      Hapus
  45. Kayaknya suamiku harus membelikan aku Vitalis ya Mba susi. Biar males mandi ku bisa sembuh, hehe

    BalasHapus
  46. Wah, saya sudah baca banyak review tentang body wash satu ini dan bagus semua 😍 bikin saya jadi mupeng pengen coba juga dan merasakan sensasi mandi ala keraton, bisa dibilang Royal Bath ya? 😆 Kalau parfumnya saya juga pakai dari Vitalis ini, dan sekarang pengen cobain body wash nya juga 🤗

    BalasHapus
  47. aku kok salfok malah sama cara mandi dan minum wedang anget yang uenaaaak abis mandi ya, pasti lebih seger di badan

    BalasHapus
  48. Wah, aku baru tahu kalau mandi yang benar itu langsung sabunan tanpa membasahkan badan terlebih dahulu. Berati selama ini saya salah yaa. Jadi mau coba step by step mandi benarnya hehehe...

    Thanks for sharing, Mba.

    BalasHapus
  49. Langkah no 3, badan digosok dulu biar daki terangkat belum aku lakukan nih. Biasanya gebyur-gebyur aja, sabunan, gebyur, andukan. Wisss…
    Wah, gimana mau rileks ya kalo mandi kilat seperti itu. Padahal justru rileks dengan wewangian dari Vitalis bikin badan tambah segar…
    Walah...Kerajaan Sapu Jagat kebawa-bawa...Haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau langsung guyur... keburu pori2 menutup dan ga total bersihnya

      Hapus
  50. Vitalis dah sering banget aku baca reviewnya. Sesuai deh ma taglinenya mandi parfum. Emang vitalis keren abis

    BalasHapus
  51. Wahhh baru tahu nih kalau vitalis ngeluarin produk sabun cair selain parfum. Dlu aku pakai parfumnya yang warna ungu. Cus lukurnya deh

    BalasHapus
  52. Aaku suka sabun mandi yang wangi. Bikin mandi jadi semangat. Pastinya bikin rileks banget. Beres mandi rasanya segeeeer. Kudu nyoba nih sabun Vitalis Body Wash ini. Berasa jadi ratu kayaknya ya saat mandi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mandi wangi memang bisa jadi relaxing, Mbak

      Hapus
  53. Ternyata terlalu sering mandi menggunakan air hangat kurang bagus juga yaaa
    Boleh nih dicoba tipsnya mandi ala keraton. Bisa jadi me time banget donk buatku apalagi pake vitalis

    BalasHapus
  54. Vitalis memang jagoan kalau soal wangi. Jadi rajin mandi kalau sabunnya harum kayak gitu...

    BalasHapus
  55. Ini namanya mandi mewah ala putri keraton yaa mba, wanginya juga elegan banget, kebayang kalo mandi pake bathtub bisa betah itu berendem lama-lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waag... Banget, Mbak. Andai punya bath up...
      Benar-benar seperti mandi ala keraton

      Hapus
  56. Mandi ala Keraton ini memang istimewa ya. Meski sedikit ribet tapi hasilnya sangat memuaskan. Kalau aku pilih mandi pakai Vitalis Body Wash saja. Habis mandi bau harumnya masih menempel di badan. Terasa segar dan bikin orak refresh lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya kadang sengaja mandi malam hari agar lancar menulisnya.
      Waktu menulis saya hanya malam.

      Hapus
  57. Kalau mandi ala keraton, banyak yaaa embel2nya dan rempah2nya.. xixi. Dah wuis ada yg praktis dan wanginya awet, pakai vitalis aja ya.. hahaha ga mau ribet.

    BalasHapus
  58. Sekarang gampang ya mau mandi wangi ala keraton tinggal make sabun kayak vitakis mandi parfum ini. Variasi baru dari vitalis ya yang awalnya cuma parfum aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Konsepnya seperti mandi parfum.

      Hapus
  59. Terus terang ya Mba, Me Time aku itu mandi loh. Bisa mandi tanpa diteriaki anak dan bisa sambil gosok-gosok pakai sabun agak lama aja udah seneng banget hehehe. Makanya wangi sabun yang menyegarkan itu penting banget. Kapan-kapan aku cek wanginya vitalis ini deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, seru, ya.
      Alhamdulillah saya bisa mandi tanpa diburu anak. Biasanya pastikan dia a da yg ajak atau setelah tidur. Jam tidurnya masih pagi dan jelqng sore.

      Hapus
  60. Ternyata gak baik ya Mbak, mandi air panas kalau tubuh tidak kelelahan. Tapi mandi air dingin bikin gemetar, mungkin kalau pakai Vitalis mandi pakai air dingin pun jadi menyenangkan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik-baik saja Nas. Sesuai kebutuhan. Hanya perlu tambahan pelembab saja, agar kulit tidak kering dan kusam.

      Hapus
  61. Kenapa kayak mandi di Keraton ala putri raja? Ya karena wangi bunganya kelewatan banget.. Harumnya tahan lama^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar,
      Selain, isu tentang keraton sedang mengudara. Hihihi

      Hapus
  62. Penasaran nih dengan produk vitalis ini setelah baca review mu mba, nnt klo uda habis sabun ku ini coba ke market deh cari yang warna pink gemes juga liat warna nya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus Mbak. Yang pink baunya segar banget, dan manis. Saya sangat suka

      Hapus
  63. Saya kemarin ingin menyarankan ke Istri pake sabun Vitalis, tapi berpikir ulang karena sedang isi. Apakah tidak ada larangan pemakaian buat ibu yang sedang isi?

    BalasHapus
  64. Awalnya yang aku tahu itu Vitalis ini cuma produk parfum aja. Kalau aku paling suka dengan Vitalis Body wash yang warna pink karena wanginya cocok untuk aku jadi aku suka.

    BalasHapus
  65. Kebiasaan mandi pake air hanya menghilangkan kelembaban yang tersimpan didalam kulit katanya gitu ya. Padahal dalam kondisi apapun kayaknya enak banget hihi

    Btw, apa saya yg gak tahu vitalis ya, perasaan dulu cuma parfum pengharum badan aja, sekarang merambah ke sabun cair pula. Atau emang saya yang belum tahu? :-D

    BalasHapus
  66. Nah ini, produk yang menurut ku masih baru untuk di daerah ku, jadi pengen nyobain.

    Kalo aku mandi minimal 2 kali, pagi dan sore hari,, kecuali kalo bepergian dan lama di perjalanan. Paling cuma cuci muka.

    Emang kerasa seger kalo sudah mandi, badan juga jadi enak.

    BalasHapus
  67. Kalau saya malah merasakannya mandi mewah ala selebriti :) soalnya praktis saat menggunakan Vitalis Body Wash, saya suka banget sama keharuman varianvFresh Dazzle

    BalasHapus
  68. Ha ha, tos untuk anak-anak lelaki kita yang selalu membuat capek karena sifat mereka khas lelaki banget.
    Saya baru punya satu anak lelaki, Palung saja harus rajin mengingatkan.
    Setidaknya itulah seni hidup yang menyenangkan. Karena mereka kelak akan menjadi penjaga kita.

    Saya suka yang pink, Palung suka yang hijau. Ayahnya bilang mau pilih yang ungu tetapi pada akhirnya malah sanaaan dengan Palung yang hijau. Kesannya memang segar dan jantan, he he

    Soal resep lulur, saya ingin punya me time untuk luluran terapi aktivitas yang padat membuat saya rasanya pilih cara praktis dengan mandi parfum Vitalis.
    Kapan-kapan coba luluran jika punya waktu yang memungkinkan. Resepnya sederhana dan mudah diterapkan. Terima kasih. Pengen juga cantik ala Putri Kedaton.

    BalasHapus
  69. Untuk mendapatkan badan yang wangi ga harus kaum milenal juga kan, yang jaman old juga masih bolehkan nyobain sabun vitalisnya.

    Coba ah, siapa tahu istri jadi pengennya deket terus kalo lagi dirumah :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)