Sehat dengan Bumbu Dapur di Rumah

Indonesia adalah negeri yang sangat kaya akan ragam hayati. Juga kaya akan rempah-rempah. Sebagian di antaranya dijadikan bumbu dapur. Salam, lengkuas, jahe, sereh, daun jeruk, kunyit, kencur, dan masih banyak lagi. Semua bumbu dapur yang saya sebutkan di atas, mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. Syukur alhamdulillah, ada banyak makanan nusantara menggunakan bumbu di atas. Jadi, sehat dengan bumbu dapur memang sudah menjadi gaya hidup kita. Hanya saja, sedikit dari kita yang memanfaatkannya sebagai minuman hangat nan lezat. 



Saat saya masih muda, dengan kesehatan prima, saya beberapa kali mendapati ibu mengeluh dengan badannya. Katanya kaku dan nyeri di mana-mana. Saya mengira hal itu disebabkan karena usia. Saat saya bertambah usia dan mulai masuk ke gerbang penderita tubuh nyeri dan kaku, barulah saya paham rasanya. Apalagi setelah saya diberi momongan kembali di usia 40 tahun dan bertekad full ASI. Kaku dan nyeri jadi teman sehari-hari. 

Ibu masih gesang sampai sekarang. Namun sejak 5 tahun lalu beliau menggunakan kursi roda. Beliau tinggal di rumah Mbakyu yang memang luas dan memiliki kamar mandi yang ramah bagi penderita disabilitas. Ibu mengharuskan diri tetap mandi sehari sekali di kamar mandi. Adakalanya, ibu ingin mandi dengan air rebusan sereh. Air rebusan ini membuat tubuh lebih relaks, menghilangkan pegal di badan, dan menjadi antibiotik alami. Ibu tinggal di area kota Jepara yang berada di pesisir dengan hawa panas yang cukup menyengat. Saya dan Mbakyu bergantian merawat ibu.



Saya tinggal di desa, jauh dari rumah keramaian kota tapi jarak cukup dekat dengan rumah tinggal ibu. Hanya sekitar 10 KM. Lokasinya di tempat yang agak tinggi, dan masih banyak pepohonan. Dukuh kami dilewati dua sungai yang melingkari kami. Hawanya lebih dingin jika dibandingkan dengan kota. Ini sangat disadari para tamu yang baru pertama datang. Biasanya mereka akan mengatakan, “Di sini dingin, ya.”

Kami memang memilih rumah tinggal di sini karena hawanya yang dingin dan suasana asri. Dua buah sungai melingkari dukuh kami, dengan jarak cukup dekat dari rumah. Kami terpesona dengan suara jangkrik cicadas yang bernyanyi lantang di atas pohon. Juga nyanyian burung tetangga yang sering tanpa sengaja sering menjadi backsound saat kami merekam. 

Semua itu dibayar mahal pada awalnya. Saya mengalami pendarahan hebat ketika musim hujan tahun pertama, karena dinginnya. Juga, kadang menggigil kedinginan sendiri tanpa sebab. Saya memang memiliki alergi dingin. Tapi itu hanya pada tahun pertama. Tubuh saya sudah normal pada musim hujan tahun kedua dan sampai sekarang, memasuki tahun keempat. Saya hanya mengalami bersin yang seru saat melewati jembatan menuju kota karena di situlah perubahan hawa dingin dan panas dikenali oleh tubuh saya. Setelah itu, semua kembali normal.

Wedang saat badan mengalami rangkaian gejala flu


Saya mempunyai resep untuk menyamankan diri dari keluhan yang saya sebutkan di atas. Resep dari dapur sendiri, dengan menggunakan bahan bumbu dapur, yaitu jahe, sereh, salam, lengkuas, daun jeruk, jeruk nipis, kunyit, dan kencur. Tidak dicampur semua, tapi dipadupadankan.

Saya sangat suka jahe. Tapi sedih jika jahe sedang sangat mahal seperti sekarang ini. 3 bulan ini, jahe dijual di pasar dengan harga Rp 15.000,-. Kenaikan ini membuat saya mencari alternatif minuman lain. Itulah awalnya. Gayung bersambut. 2,5 bulan lalu saya ke kafe yang mempunyai menu unik. Wedang dari bumbu dapur. Namanya wedang uwuh. Wedang ini disarankan pemilik kafe saat melihat saya bersin dan tampak tidak nyaman dengan hawa sekitar. Saya juga sedang lelah sehingga akan mudah mengalami gejala flu. Dari situlah saya mengenal wedang uwuh pertama kali. Saya perhatikan bahan-bahan yang masih disertakan dalam gelas saji, yaitu: sereh, jahe, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Ada bau teh ringan, jadi mungkin ada tehnya. Ini salah satu versi wedang uwuh ala kafe tersebut. Benar, lho. Badan saya langsung hangat, dan gejala flu saya hilang. Setelah itu, saya atm atau amati, tiru dan modifikasi. Saya coba bikin wedang sereh dan jahe, wedang sereh dan jeruk, lemon tea sereh, wedang uwuh campur jeruk nipis, wedang uwuh tanpa teh, dan variasinya. Sesuai bahan yang ada di dapur saja. Tapi, yang paling sering adalah wedag sereni atau sereh + jeruk nipis. Paling cepat bikinnya dan hampir selalu ada. Saya beli di tetangga.



Resep wedang uwuh ala ala 
Bahan:
3 sereh, geprek.
2 iris lengkuas
3 daun jeruk
3 daun salam
Teh celup (jika suka)
1 jeruk nipis (jika suka)
Air 1 liter
Gula secukupnya (boleh diganti madu)

Cara membuatnya sangat mudah. Cukup direbus saja semua bahan kecuali jeruk nipis. Setelah mendidih, kecilkan api kompor. Rebus selama 15 menit. Boleh kurang dari itu. 
Masukan perasan jeruk nipis setelah hangat. 
Bisa diminum dengan es.



Catatan: Saya sering membuatnya agak banyak, sekitar 3 liter. Saya merebusnya sebentar, 2 kali air naik karena mendidih. Setelah dingin saya masukkan ke dalam kulkas, tanpa menyaringnya. Bisa diminum selama 3-4 hari. Air rebusan jadi lebih ringan.

Bisa kurangi salah satu bahan untuk mendapatkan citarasa lainnya. Saya melakukannya jika ada bahan yang kurang.


Manfaat: membuat badan fit kembali, mengurangi gejala flu, mengurangi nyeri sendi, dll



Resep Sereni
Bahan:
3 batang sereh
1 buah jeruk nipis
1 liter air
Gula secukupnya

Cara membuat: 
Rebus semua sereh. Setelah mendidih, kecilkan api kompor dan masak selama 10 menit. Boleh kurang. 
Setelah hangat, masukkan perasan jeruk nipis

Catatan: Saya sering membuatnya agak banyak, sekitar 3 liter. Saya merebusnya sebentar, 2 kali air naik karena mendidih. Setelah dingin saya masukkan ke dalam kulkas, tanpa menyaringnya. Bisa diminum selama 3-4 hari. Air rebusan jadi lebih ringan.



Resep sereh jahe
Bahan:
3 batang sereh
1 iris jahe ukuran jempol
1 liter air
Gula secukupnya

Cara membuat: 
Rebus semua sereh dan jahe. Setelah mendidih, kecilkan api kompor dan masak selama 10 menit. Boleh kurang. 

Catatan: Saya sering membuatnya agak banyak, sekitar 3 liter. Saya merebusnya sebentar, 2 kali air naik karena mendidih. Setelah dingin saya masukkan ke dalam kulkas, tanpa menyaringnya. Bisa diminum selama 3-4 hari. Air rebusan jadi lebih ringan.

Seperti inilah cara saya sehat dari dapur sendiri. Sangat murah meriah.

38 Comments

  1. Wah...kirain ada produk tertentu...ternyata murni buatan sendiri.. keren... ga sulit juga sich...coba ikutan ah

    ReplyDelete
  2. Kesukaanku banget nih rempah-rempah. Dari mulai diminum, makan, hingga perawatan kecantikan. Yang alami lebih sehat

    ReplyDelete
  3. Mbak. Kusuka minuman tradisional indonesia, wedang jahe salah satu favoriteku. Setelah baca artikel ni, pen coba deh saking penasaran hehe

    ReplyDelete
  4. Bahagianya jadi ornag Indonesia, di mana obat-obatan bisa didapat dari bumbu dapur.
    Udah mulai ketagihan dengan Jahe + Sere, aromanya segar dan minumannya menghangatkan badan.

    ReplyDelete
  5. Mbak, resep minuman sehat dengan bumbu dapurnya membuatku ingat sama Ibuku. ibuku rajin bikin dan minum ramuan seperti ini.
    Sekaang aku paling cuma bikin jahe anget saja kalau lagi mau flu, atau kunyit asam saat sedang haid.
    Aku mau coba bikin wedang uwuh dan resep sereni. Biasa minum yang sudah serbuk atau keringan siap saji.
    Kalau sereh jahe, aku inget banget, jadi welcome drink di hotel Ayana waktu aku ke Labuan Bajo. Kulihat bule-bule senang menikmatinya.
    Ah, besok aku mau bikin juga

    ReplyDelete
  6. Daripada minum yang kekinian lebih sehat minuman ini ya mbak. Aku juga kalau lagi rajin bikin sendiri kayak bandrek gitu. terutama kalau lagi deman, enak bener minum yang begini.

    ReplyDelete
  7. Nice post! pembahasan yang sangat menarik sekali..

    ReplyDelete
  8. Recommended banget nih buat aku yang suka alami-alami

    ReplyDelete
  9. Wah ini memang murni buatan sendiri ya. Alami banget nih, bisa nih dicoba resepnya

    ReplyDelete
  10. Bumbu dapur ini memang bisa membuat badan menjadi lebih sehat ya Mbak

    ReplyDelete
  11. Wah kalau saya lebih suka dengan wedang jahe nih Mbak. Bisa bikin badan hangat juga

    ReplyDelete
  12. Bumbu dapur ternyata tidak hanya jahe saja ya yang bisa bikin badan sehat

    ReplyDelete
  13. Wedang jahe ini memang bisa nih ya untuk mengatasi badan yang sedang flu juga

    ReplyDelete
  14. Entah kenapa gak suka sama jahe, tapi jahe sendiri banyak khasiatnya jadi ya harus pinter2 ngonsumsi bumbu rempah khususnya jahe

    ReplyDelete
  15. laos bisa dijadiin minuman, mbak? baru tahu. rasanya kaya apa ya.. kl sereh saya sering bikinnya cuma dikucurin jeru nipis aja sm gula batu. kl lagi bosen ngopi.

    ReplyDelete
  16. Paling sering bikinin suami teh sereh jahe lantaran dia sering banget radang tenggorokan. Yg alami emang lebih oke dan lebih aman. Makasih sharingnya mba.

    ReplyDelete
  17. Aku penasaran sama minuman yang ada bunganya mba, itu apa namanya? Aku termasuk yang malas repot nih mba, tapi kalo khasiatnya memang terbukti bolehlah resepnya kita coba. Thanks resepnya mba.

    ReplyDelete
  18. Wedang Uwuh, pernah denger namanya dan beberapa kali juga kucoba direkomendasikan di saat pancaroba seperti sekarang. Habis baca ini dan tau resepnya, aku jadi ingin mencobanya bikin juga. Selama ini sih aku seringnya minum wedang jahe, emang seger banget sih. Rasanya badan jadi plong gitu

    ReplyDelete
  19. ini murni kita bikin sendiri dan ngumpulin bahan sendiri ya, aku kira ada produk yang siap konsumsi :) heheh maklum anak jaman now.

    ReplyDelete
  20. Istriku kemarin hampir setiap hari rutin bikin ramuan rebusan sereh dengan jeruk nipis..katanya bisa buat menurunkan berat badan, dan bisa bikin badan bugar

    ReplyDelete
  21. wuah ini nih yang bikin kita sehat dan tetap energik.
    mensyukuri hidup, menyesat wedang yang dibikin sendiri sambil menikmati pemandangan ijo2 depan rumah
    uuuuh idaman banget

    ReplyDelete
  22. Bumbu dapur memang fantastik ya, Mbak Susi. Tidak hanya buat masak, tapi juga buat minuman. Dari jahe, kunyit, kencur, sereh, merica dan lainnya.
    Dan kita beruntung hidup di Indonesia. Rempahnya sangat banyak hehehe.

    ReplyDelete
  23. Ini nih salah satu hal yang paling dirindukan saat ngerantau, kangen sama resep-resep tradisional buatan mamah dirumah. Mau itu resep masakan, resep minuman, resep obat, dan segala macem.

    ReplyDelete
  24. dengan menggunakan sereh, lengkuas, jeruk dan daun salam membuat stamina tubuh saya meningkat hehe

    ReplyDelete
  25. dapur masyarakat Indonesia emang istimewa. Isisnya rempah-rempah yang bikin sehat. Saya aja sering bikin gula asem hasil dari ngubek dapur mamake hehehe

    ReplyDelete
  26. Wah terima kasih mbak untuk resepnya. Bermanfaat sekali buat saya yang juga sedang butuh ekstra jaga kesehatan. Ternyata mudah ya bikin minuman sehat dengan bahan bumbu dapur yang kita pakai sehari-hari

    ReplyDelete
  27. Wow rajinnya, aku kebiasaan beli yg udah jadi nih, apalagi banyak wedang jahe / susu jahe di pinggir jalan 🙈 kapan2 cobain ah resepnya

    ReplyDelete
  28. naaah, kemaren di salah satu cafe itu menyediakan minuman rempah btw. dan kata temenku yang mencobanya itu enaak banget. Seger dan enak dibadan katanya

    ReplyDelete
  29. Wah ini...kirain tadi mo mereview. Ternyata malah share resep ramuan herbal. Sip...mo nyoba sereni ah...

    ReplyDelete
  30. Minuman kesehatan dari bahan yang selalu ada di dapur nih, sekarang jadi tau bisa dibuat minuman kesehatan yang taunya hanya untuk bumbu dapur saja

    ReplyDelete
  31. Minuman buat kesehatan sebenarnya gak jauh2 dri bumbu dapur ya mbak, lebih sehat dan bersih kl bikin sendiri

    ReplyDelete
  32. aku suka banget nih minum rimpang-rimpangan, enak dan insyaAllah lebih sehat, manfaat nya pun banyak..

    ReplyDelete
  33. Kebetulan saya tidak suka minuman seperti ini atau jamu-jamuan. Akhir-akhir ini pengen nyoba maksa untuk membiasakan minum rempah-rempah. Tapi kok belum berani mulainya����

    ReplyDelete
  34. Wiih ternyata tak begitu sulit membuat minuman sehat dari bumbu dapur di rumah ya. Aku jadi pengen nyobain membuat minuman sereh jahenya mbak. Makasih resepnya :)

    ReplyDelete
  35. Kmren bapak2 di kantor abis juga share bikin sereni ini mbak. Katanya bikin badan enak bgt

    ReplyDelete
  36. Membaca tulisan ini jadi teringat pas orang rumah buatkan minuman dari kunyit, jahe dan berbagai rempah. Pertama coba rasanya aneh, mungkin karena belum terbiasa kali ya. Padahal bumbu-bumbu dapur ini khasiatnya luar biasa

    ReplyDelete
  37. Aku juga menanam sereh di halaman. Sayang jahe dkk nya mati, dimakan tikus tahu. Dan memang jadi minuman favoritku tahu teh sereh, seger.

    ReplyDelete
  38. Kalo di Lampung bisa banyak nanem, di Surabaya gak ada lahan. Jadi beki semua dah.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)