Bakteri E.Coli vs Ekstrak Cranberry dari Uricran



Anyang-anyangan, menjadi salah satu masalah kesehatan saya. Sering banget kambuh kembali. Rasanya sangat menyiksa. Bayangkan, saya bisa pipis di celana hanya karena bersin, batuk, atau terkaget-kaget. Jika bepergian agak lama, saya memakai pembalut agar tidak ngompol di celana. Keadaan ini tentulah sangat menyiksa. Jika sedang kumat, saya malas berkegiatan di luar kecuali terpaksa. Saya harus meminum obat anyang-anyangan. Tapi terlalu banyak meminum obat berbahan proanthocyanidins bisa cukup berbahaya. Jika ada yang herbal atau berbentuk buah, akan jauh lebih baik.

Pasca keguguran bulan April lalu, saya sempat mengalami anyang-anyangan kembali selama hampir sebulan. Sebelum keguguran, saya mengalami pendarahan hebat selama 2 hari, yang saya pikir itu hanya menstruasi yang sangat banyak. Padahal di lubuk hati saya curiga dengan intensitas darah yang keluar. Pasca keguguran, saya masih mengalami pendarahan selama 2 hari. Area V selalu basah dan lembab. Saya mengalami keguguran di perjalanan mudik ke Purwokerto. Jadi ada saat-saat saya membersihkan darah di toilet umum. Karena saya kelelahan membersihkan darah setiap setengah jam, saya melakukannya asal saja. Bahkan saat membersihkan darah di toilet umum pun, saya kurang hati-hati. Aturan utama membersihkan organ wanita kita adalah dari depan ke belakang. Bukan asal bersih saja. 

Foto dari site uri-cran


Kurang dari seminggu kemudian saya mengalami infeksi saluran kemih berupa anyang-anyangan. Kali ini lebih parah dari biasanya. Saya merasakan nyeri yang menyiksa saat buang air kecil. Intensitas urin keluar tanpa dirasa lebih banyak. Mungkin karena ditambah pembesaran rahim sehingga menekan kandung kemih. Jangankan bersin, tertawa lepas saja sudah membuat celana saya agak basah. Makanya saya senang sekali saat diberi rekomendasi meminum Privé Uri-cran yang ekstrak cranberry-nya terbukti ampuh menyembuhkan anyang-anyangan. Karena telah membuktikan manfaat Prive Uri-Cran Plus dari Combiphar, saya boleh memberi testimoni positif, dong, ya. 


“Saya kurang suka makan sesuatu yang asam. Makanya saya kurang suka jenis buah berry. Makanya, jika tracking di gunung atau di bukit dan menemukan buah ini, saya cuek saja. Di kota saya, kadang ada yang jual buah strawberry yang asamnya bikin ill fill banget. Tapi saya suka essens strawberry, karena baunya sedap. Nah, lho…. Makanya, saat pertama diberi saran agar mengkonsumsi buah cranberry, saya langsung ogah saja. Kebayang asamnya dan kerepotan membeli buahnya. Di Jepara tak ada yang menjualnya. Mungkin di Semarang pun tak ada yang menjual buah impor itu. 


Minuman segar ekstrak buah cranberry - sumber foto dari site uri-cran

Satu-satunya cara adalah membeli Privé Uri-cran yang merupakan ekstrak buah cranberry. Pilihan saya jatuh pada Privé Uri-cran plus yang berbentuk serbuk. Selain saya dapat sensasi minum buah cranberry yang ternyata enak rasanya, saya juga mendapat aneka manfaat kesehatan. Saya coba minum 2 sachet Prive Uri-cran Plus selama seminggu. Alhamdulillah anyang-anyangan saya sembuh. Dan senangnya lagi, saya doyan dengan ekstrak cranberry ini. Rasanya mirip jus buah namun lebih bening. Ada sedikit rasa asam segar. Satu dosis berisi 375 mg ekstrak cranberry tambahkan 100 mili liter air. Praktis dan bisa diminum kapan saja. “

Saat meminumnya, saya membayangkan pertempuran hebat antara cranberry versus bakteri e. coli di dalam tubuh saya. Hehehe…. Saya sempat bikin dongeng kecil bagi anak lanang agar mengenal bakteri e. coli ini. Si mini ini memang sangat berbahaya sekali. Sayangnya, ia ada di mana-mana. Jumlahnya sangat mengerikan. Jadi peluang anak terinfeksi bakteri e. coli semakin besar. Simak dongeng pertempuran mereka, yuk…

*****


Hai… Namaku Escherichia Coli. Kamu mengenalku dengan nama bakteri E. Coli. Aku sudah ada jutaan tahun lalu, jauh sebelum ada manusia. Pak Theodor Escherich menemukanku pada tahun 1895. Sejak saat itu manusia sering mempelajari tentangku.

Aku makhluk hidup yang sangat kecil. Aku hanya bisa dilihat melalui mikroskop. Ukuranku hanya 0,5 – 5 milimikron. Bentukku lonjong seperti Mr Plankton tapi memiliki bulu cambuk panjang (flagella) untuk melekatkan diri pada dinding sel manusia. Sekali flagelaku melekat, kami sulit diusir. Kami termasuk bakteri pathogen atau bakteri yang merugikan. Hai manusia, hati-hati denganku!


Aku dan keluargaku paling suka hidup di makanan mentah dan air kotor. Jumlah kami tak terhingga. Kami sangat mudah berkembang biak. Cara reproduksi kami dengan membelah diri.  Kami biasa masuk ke tubuh manusia melalui makanan yang tidak higienis. Kami tinggal di saluran pencernaan, terutama di usus besar. Kalau bisa tinggal di sini, rasanya seperti tinggal di apartemen mewah di ibukota! Sebagian besar saudara kami tinggal di sungai-sungai kotor menunggu kesempatan tinggal di capitol eh tubuh manusia. Beberapa ada yang berusaha keras menghuni makanan yang berprotein tinggi agar bisa segera masuk ke dalam tubuh manusia. Iya, kami memang bakteri yang sering mengganggu sistem imun dalam tubuhmu. Coba simak animasi cara kami berkembang biak.



Beberapa dari kami terbawa keluar dari tubuh manusia melalui kotoran. Tapi kami tak mau kalah dengan manusia. Beberapa dari kami akan menempel di saluran kemih. Kami paling suka jika ada yang kurang bersih saat beristinjak. Kami pindah rumah baru yang tak kalah nyaman dan menginfeksi di sana. Kami membuat manusia sering buang air kecil dengan tambahan rasa sakit di pinggang dan perut bagian bawah. Terutama para wanita yang kurang menyadari pentingnya membersihkan organ dalam dengan benar. Makanya, 5 dari 10 wanita pernah mengalami anyang-anyangan. Apakah kamu pernah juga?

Saat ini kami sedang mengembangkan wilayah baru. Jumlah kami semakin banyak. Sudah saatnya memperluas jaringan. Lihat dinding sel ini? Kami hanya perlu mendakinya untuk mencari celah masuk. Caranya mudah. Ayo kita mulai memanjat. Flagella-ku sudah bergerak-gerak tak sabar. Ayo kita berangkat…. 


Uh… sesuatu yang lengket dan licin mengenaiku. Aku semakin sulit merekatkan bulu-bulu dan flagella-ku. Mungkinkah itu….

******
Hai… namaku cranberry. Nama latinku Vaccinium oxycoccos. Aku tanaman semak yang sangat disukai manusia karena kandungan antioksidanku. Meski asam, manusia tetap menjadikanku sebagai salah satu makanan yang harus sering dikonsumsi. Jus buahku sangat lezat. Kamu coba deh.

Aku sangat baik bagi kesehatanmu. Kalau kamu serung kena sariawan atau infeksi saluran kemih, kamu harus banyak-banyak memakanku. Harus. Kalau kamu ingin menjaga kesehatan jantungmu dan ingin mencegah kanker, aku adalah makanan terbaikmu. Kandungan Proanthocyanidins-ku menjadi 1 dari 7 anti oksidan super di dunia.

Saat ini kami sedang mendapat tugas melindungi saluran kemih manusia bernama Susindra yang terkena anyang-anyangan. Perlahan tapi pasti, ribuan dari kami menyebar dan siap menyerang. Ayo bantu ikuti sepak terjang kami menghancurkan para bakteri e. coli. Mereka akan langsung tak berkutik jika bertemu kami. Kami selimuti tubuh mereka sampai mati. Jadi... semua penyakit yang disebabkan bakteri bandel ini akan hilang.  


Nah… sekarang percaya kan kalau cranberry bisa menyembuhkan anyang-anyangan? Jangan lupa, selalu konsumsi kami, ya.

*****

Saya pengen membuat cerita pertempuran antara cranberry vs E. Coli lebih seru dengan banyak ciat-ciat, tapi saya belum mahir membuat fiksi silat. Padahal saya suka bukunya Kho Ping Hoo. Hehehe....

Tapi jika dilanjut terus, saya khawatir kamu bosan membaca fiksi ala-ala pemula ini. Yang penting kamu selalu ingat pada buah ajaib yang banyak ditemukan di Amerika dan Kanada ini. Khasiat buah merah berukuran kecil ini sangat besar. 

Enakan mana sih, minum jus buah aslinya atau ekstraknya? 


Yah... kalau kamu menemukan buahnya sih, lebih segar yang asli. Tapi... jangan salah, justru ekstrak buahnya memberi lebih banyak manfaat. Durasi kerja vitamin, mineral dan senyawa lain lebih lama daripada yang buah asli. Ekstraksi yang dilakukan membuat kinerja proanthocyanidins lebih efektif dan efisien. Nah... buat kamu yang terkena infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan, jangan lupa minum Privé Uri-cran merupakan ekstrak cranberry asli. Bebas memilih yang kapsul atau serbuk. Kandungan utama buah berry merah yang kaya akan flavonoid antosianidin, sianidin, dan quercetin membantumu menjaga kesehatan. Jangan lupa, buah semak ini juga kaya akan senyawa fitokimia ini menjadi sumber anti oksidan polifenol untuk kesehatan jantung dan mencegah kanker. Makin sehat, kan?

Foto dari facebook page Uri-cran

Oh ya, selain minum Prive Uri-cran, kamu juga perlu menjaga kesehatan saluran kemih kamu, ya. Basuh dengan cara yang benar, yaitu dari depan ke belakang. Bagi yang sudah menikah, biasakan buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan badan. Jangan menahan keinginan pipis, apapun alasannya. 

Selain tiga cara di atas, yang tak kalah pentingnya adalah kebiasaan meminum air putih 8 gelas per hari. Kadang, masalah buang air kecil terjadi karena tubuh kekurangan cairan. Kopi dan gula berlebih juga tak baik bagi wanita yang memiliki kecenderungan menderita ISK. Dan jangan lupa, sering-sering mengkonsumsi ekstrak buah cranberry untuk mencegah anyang-anyang kembali lagi. Semoga kamu selalu sehat, ya.



Share:

Geliat Literasi di Indonesia Melalui #BukuUntukIndonesia

“Mama… Kapan Mama beliin buku City of Glass?” tanya si sulung yang baru selesai UN.
“Mama, kapan beliin raket dan kok?” tanya si adek. 
“Papa, kapan beli blender baru?” tanya saya. Ups… abaikan.


Alangkah senangnya memiliki 2 anak yang sudah sekolah SD. Si kakak berusia 12 tahun, sedangkan si adik sebentar lagi akan berusia 9 tahun. Keduanya punya 2 minat yang berbeda. Si kakak suka membaca buku fantasi dengan imajinasi yang sering bikin saya terkaget-kaget. Si adik suka aktivitas fisik karena ia kinestetik. Energinya durable.  Keduanya juga memiliki karakter berbeda, gaya belajar berbeda. Bahkan faktanya, karakter mereka lebih banyak berbeda. Yang menyamakan adalah rasa sayang, senang bikin dadar sendiri, suka memancing di sungai, dan permainan catur. Uhuk… ibu mana yang tak bangga memiliki 2 anak laki-laki yang saling back up dan menjadi “partner in crime” untuk meluluhkan hati papa mama mereka?

Hobi membaca Destin mengingatkan saya pada masa kecil. Saya sangat suka membaca. Sehari-hari, saya selalu di atas pohon membawa sebuah buku. Sehari saya biasa membaca 2 buah buku. Makanya saya senang sekali melihatnya suka membaca. Meski dia telah teracuni gadget, tetapi dia tetap senang membaca buku. Memang tak seekstrim masa kecil saya yang sudah mirip kutu buku dan melahap tema apa saja. Tetapi.. hei… zaman sekarang… semakin sedikit yang suka membaca buku. Riset menyimpulkan bahwa dari 1000 orang Indonesia, hanya 1 orang yang suka membaca. Ini sangat memperihatinkan. Lalu, apa kabar Literasi Indonesia?


Saya tak pernah ragu bahwa masa depan Literasi Indonesia akan cerah pada akhirnya. Bahwa angka-angka dalam statistik itu akan meningkat. Jumlah pegiat literasi akan bertambah. Jumlah pembaca juga akan meningkat. Taman Bacaan Masyarakat bermunculan seperti jamur. Tawaran meramaikan TBM makin kreatif. Saya yakin itu. Karena saya sedang bergerak bersama mereka. Saya salah satu pegiat literasi Indonesia dengan letupan semangat, ide dan kreativitas tinggi. 

Misi awal saya hanya membuat anak saya menjadi pecinta buku. namun sekarang saya makin mantap untuk mengajak puluhan Destin lain melangkah bersama dan bangga berkata, “Kami kutu buku. Kami haus ilmu.”

Guru parenting saya pernah berkata, “Burung yang berbulu sama pasti akan bertemu.” Terkadang langsung bertemu dan klik. Adakalanya perlu tersesat dahulu. Saat saya membuat misi menjadikan anak gemar membaca, saya mencari TBM yang cocok di hati. Saya mencari TBM yang memiliki koleksi buku anak-anak melimpah. Maka perkenalan saya dengan Rumah Belajar Ilalang (RBI) pun terjadi. Dari sekadar baca buku sampai akhirnya memutuskan menjadi ranger (relawan) untuk program kreatif dolanan anak. Akhirnya saya terjebak di sana, dan jalan satu-satunya yang saya lihat adalah membuat TBM sendiri, bersebelahan. Akhirnya kami menjadi tetangga. Saya fokus membuat TBM untuk para Ibu dengan nama Omah PINK (Omah Para Ibu Ngangsu Kawruh). Untuk anak-anak, saya diminta meng-handle kursus bBahasa Inggris dan menulis saja dengan nama RBI. RBI dan Omah PINK memang sepakat berkolaborasi. Kami mencoba menginisiasi Kampung Literasi di Jepara. Saya dan Mas Hasan, pemilik RBI, teracuni oleh konsep Kampung Literasi yang dibawa Mbak Tirta Nursari, pemilik Warung Pasinaon. Pertemuan kami memicu percikan geliat Literasi Jepara. Kami sepakat membuat grup Literasi dan saling back up. Kami mulai saling kunjung dan saling ATM (amati, tiru, modifikasi). Berbagi informasi jika ada program berbagi buku. misalnya seperti program #BukuUntukIndonesia  dari BCA. 


#BukuUntukIndonesia adalah salah satu rangkaian perayaan hari ulang tahun BCA ke-60. Gerakan #BukuUntukIndonesia  akan mendonasikan buku-buku ke 60 titik area di Indonesia yang kesulitan mengakses buku berkualitas. Kita tahu, masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang masih ketinggalan soal akses pengetahuan dari buku karena tidak tersedia buku yang memadai dan memang buku menjadi barang mewah buat mereka. Anak-anak daerah ini punya mimpi besar memajukan daerahnya namun mengalami berbagai kendala. Klise… tapi itulah realitanya. Mereka layak menjadi #LebihBaik dan kita berkewajiban membantu mereka. Sama-sama Indonesia namun beda kesempatan, alangkah sedihnya. Seperti ada jurang di antara kita. 

 Klik gambar ini untuk mulai donasi


Kita bisa memperperpendek jurang kesempatan dan kelayakan belajar anak-anak daerah terpencil ini dengan ikutan gerakan ini. Caranya mudah. Sumbangkan sebagian uang kita ke program #BukuUntukIndonesia yang menjadi program BCA bekerjasama dengan Blibli.com. Donasi dibuat dalam bentuk paket. Kita bisa memilih Paket Berbagi  mulai dari Rp 100.000 rupiah sampai Rp 1.000.000 rupiah. Semua ada pilihannya. Seluruh pembelian paket  yang nanti akan ditukarkan menjadi buku oleh pihak BCA. Buku ini yang nantinya akan diberikan kepada anak-anak di pelosok daerah. 
Mau lihat video menyentuh ini?


Alangkah senangnya anak-anak yang mendapat bantuan buku. Saya senang menontonnya lagi dan lagi. Saya ingin memeluk Destin dan Binbin. Kedua anak saya ini beruntung sekali, karena mereka memiliki akses buku berkualitas. Di dekat mereka ada Taman Baca Masyarakat (TBM) yang memiliki banyak buku anak-anak. Saya sengaja pindah rumah ke sana agar mereka bisa bebas membaca. Saya bersyukur karena tergugah membuat TBM agar geliat literasi Indonesia semakin nyata. Tak sempat untuk terjun langsung seperti saya? Tenang aja, kamu bisa lho berpartisipasi aktif melalui gerakan #BukuUntukIndonesia ini.  Langsung ke https://bukuuntukindonesia.bca.co.id/ ya.


Langsung klik berbagi saja. Nanti akan dialihkan menuju ke site pembelian di blibli.com. Ada beberapa pilihan paket buku mulai dari Rp 100.000,- sampai Rp 1.000.000,-. Jumlah paket yang dibeli pun tidak dibatasi. Kabar baiknya, saat kamu menyumbang, silakan masukkan kode voucher “susindra” di donasimu, ya. Saya akan mensubsidi sedikit donasi kamu, Jadi kita bisa nyumbang sama-sama.




Berbuat baik dan membuat orang lain bahagia semudah itu kok. Kita mulai donasi yuk… Demi geliat literasi di Indonesia. Kita ingin semakin banyak masyarakat Indonesia yang suka membaca, kaaan..
Share:

Harga Tiket Terjangkau di Bioskop Cinema XXI Terbesar di Solo

Kota Solo atau yang Surakarta telah menjadi kota modern, bersih serupa kota metropolitan. Perubahan signifikan kota ini terlihat mulai tahun 2005 hingga 2010, terlihat dari pengelolaan kota menjadi lebih teratur. Terlebih, kesenjangan antara usaha kecil dan besar sudah tidak kentara. Semua dikelola dengan apik. Pasar tak lagi kalah dengan pusat perbelanjaan. 

Parkiran Paragon - sumber: Solopos.com

Pusat perbelanjaan di kota ini pun beragam, mulai pusat grosir hingga dan mal yang menawarkan beragam produk berkelas internasional. Semua hadir dengan harga bersaing. Fasilitas hiburan pun lengkap dimana pemerintah kota tetap mempertahankan hiburan rakyat seperti pembangunan taman-taman kota, serta tak mempersulit ijin fasilitas hiburan modern yang ada di dalam mal.

Keberadaan bioskop-bioskop modern di beberapa pusat perbelanjaan pun menjadi bukti, dimana menonton film adalah hobi yang telah melegenda. Keinginan masyarakat Solo dan kota-kota penunjangnya untuk menikmati film terbaru dengan fasilitas prima juga terpenuhi. 

Salah satunya adalah Paragon XXI. Terletak di dalam Solo Paragon Mall yang terkenal dengan kemewahan serta kenyamanannya, gedung bioskop yang tersedia pun menyajikan hal serupa. Mal ini berada di peringkat 10 besar dari 50 tempat paling keren di Solo, versi salah satu situs wisata terkenal di dunia. Tak mengherankan, karena memang pusat perbelanjaan ini dirancang sebagai pusat perbelanjaan bagi semua kalangan. Fasilitas hiburan, gerai produk makanan dan fashion bahkan hotel juga ada disini. 

Tentu, hal ini berimbas pada kunjungan di Paragon XXI. Daya tarik Paragon XXI dimulai saat bioskop ini pertama kali beroperasi di tahun 2013. Saat itu, studio yang paling dipenuhi penonton adalah studio yang menayangkan film “The Hunger Games: Catching Fire”. Paragon XXI dan The Premiere diluncurkan di saat yang tepat, yakni bulan Desember 2013, sehingga liburan akhir tahun para warga Solo serta wisatawan semakin lengkap dengan bertambahnya fasilitas menonton dan jadwal bioskop di solo

Paragon XXI bukanlah gedung bioskop XXI pertama yang hadir di kota ini. Tetapi, satu studio The Premiere yang juga menjadi daya tarik Paragon XXI membuat masyarakat Solo antusias untuk mencoba kenyamanan menonton di The Premiere yang memiliki 40 kursi.

Jadwal film Grand Solo bulan Juni 2017
Jumlah ini dirasa kurang, mengingat studio deluxe di Paragon XXI hanya ada empat. Namun demikian, Studio 1 dan 2 dirancang cukup luas sehingga dapat menampung jumlah penonton yang membludak, terutama di akhir pekan serta saat gala premiere film-film Indonesia saat aktor dan aktris pendukung dihadirkan. Tiga studio memiliki kurang lebih 200 kursi, sedangkan studio 4 hanya berkapasitas tak lebih dari 150 kursi. 

Studio The Premiere di kota Solo juga tak mahal. Penonton hanya perlu membayar Rp 75.000 di hari Sabtu, Minggu atau libur nasional. Harga yang tak mahal dibandingkan dengan tiket masuk studio The Premiere di kota-kota besar di Indonesia, terutama ibukota propinsi. Padahal Paragon The Premiere juga menghadirkan fasilitas yang sama dengan kota-kota lainnya. Tak mengherankan, The Premiere juga sangat penuh, terutama di hari Senin hingga Kamis karena tiket masuk hanya seharga Rp 50.000. 

Paragon XXI pun tak kalah pamor. Para pengunjung antusias dengan beragam promo yang ditawarkan, terutama menonton hemat di hari Senin.  Bioskop ini menyesuaikan film-film yang ditayangkan di ibukota, seperti The Mummy, Wonder Woman, dan Pirate of Caribbean.

Tak hanya film Holiwood yang sedang box office, bioskop terbesar di Solo ini juga menayangkan film anak-anak dan film nasional. Target penonton memang diperluas sehingga semua keluarga bisa menonton bareng. Mal dan cinema ini memang sengaja dihadirkan bagi seluruh anggota keluarga, sehingga mayoritas penonton pun berasal dari berbagai kalangan usia. Salah satu film nasional yang sangat digemari adalah film Kartini. Ingin menonton film nusantara yang paling digemari bulan Juni ini? Ada Critical Eleven-nya Reza Rahadian, Surau dan Silek, Parakang, serta Ziarah. Lengkap, bukan? Jangan lupa selalu pantau jadwal tayangnya secara online.

Sekarang percaya kan, kalau Paragon XXI memang juaranya cinema di Solo. Bisa shopping asyik, hangout, buka puasa bersama dan nonton film dalam satu hari bersama para sahabat. Yuk nonton bareng di sana.  
Share:

Sahabat Susindra