7 Kebiasaan Orang Bahagia

Bahagia itu sederhana.


Pernah dengar kalimat pembangkit semangat yang satu ini? 
Banyak yang mengamini, 
Banyak yang menyangsikan,
Banyak yang menertawakan. 

Kamu pilih yang mana, teman?

Saya termasuk yang menyatakan dengan bahagia, tentang BAHAGIA ITU SEDERHANA. Mengapa? Karena bahagia itu dari hati. Punya semua harta di dunia tidak menjamin bahagia jika hati masih ingin mengejar tambahan harta. Tiap hari keluar masuk Starbuck tidak akan bahagia jika cicilan kredit di depan mata. Atau... Makan kue kering Syahrini atau Princess cake yang berjargon Kacida Raosna juga tidak terasa lezat jika hati gundah akibat sakit gigi. 

Bahagia saya sederhana. Tinggal di desa, menyapa para tetangga yang lewat, berpanas-panas di kebun, berangkat PKK, makan bakso usai berkebun, atau seperti saat ini, menulis ditemani kopi hitam buatan suami; adalah letupan bahagia yang konstan dan membuat saya bahagia. Sederhana sekali. Jika teman-teman sulit percaya, silakan tulis semua hal yang membuat bahagia hari ini. Memang, untuk bisa memaknai arti bahagia, sebaiknya membuat semacam buku diary yang berisikan hal-hal yang membahagiakan hari ini. Silakan dicoba. Dalam satu hari, setidaknya ada 30 peristiwa bahagia yang bisa dituliskan. 

Saya mencoba merangkum 7 kebiasaan orang bahagia. Boleh juga disebut 7 kunci hidup bahagia yang seerhana dan pasti bisa.


1. Bangun pagi 
Bangun pagi membuat perasaan riang apabila diawali ibadah lalu jalan-jalan di sekitar rumah dan menyapa setiap bertemu kenalan. Kelihatannya sederhana sekali, tetapi udara pagi yang sejuk membuat hati sangat ringan. 
Bangun pagi dan menghindari riuhnya media sosial adalah solusi bahagia paling pertama.

2. Sedikit bicara.
Saya seorang ibu. Pagi hari para ibu selain tangan disibukkan rutinitas menyiapkan keperluan semua anggota keluarga, mulut juga biasanya sama sibuknya. Bangunkan anak, mengomel, lalu balik ke dapur menjadi rutinitas. Tengok anak kembali, mengomel kembali, lalu kembali ke rutinitas. Siapa yang begitu? Bukan saya. Pagi saya hampir selalu sedikit bicara. Menjaga perasaan saya sendiri karena banyak bicara = banyak mengingat = banyak berpikir, dan ujung-ujungnya merusak hari. 
Sedikit bicara juga salah satu cara hidup bahagia. Baik di dunia nyata maupun di dunia digital.

Yah, dunia maya atau dunia digital sudah jadi bagian yang menyatu di kehidupan kita. Sayangnya, saya melihat kecenderungan sekarang adalah, apapun yang terjadi di depan mata (atau hanya di benak) disampaikan ke media sosial yang merupakan ruang publik. Maka gesekan antar teman pun sering terjadi dengan mudahnya.

3. Mengabaikan ucapan yang mengganggu
Begitu riuhnya dunia nyata dan dunia maya. Begitu banyaknya kata dan ucapan yang disampaikan. Di antara milyaran ucapan yang kita dengar/baca, tentu banyak sekali yang mengganggu. Maka, saringan yang dipakai harus elastis dan mengenali pola. Di dunia nyata, saya mengenal banyak orang yang diksi/pilihan katanya pahit-pahit, dan kepadanya, saya menyaring makna positifnya saja, bukan per kata. Di media sosial pun saya melakukan hal yang sama. Makanya, teman saya tetap banyak, multi kultural, dan tidak memandang kasta. Jika membaca status baik saya like, melihat status yang bertentangan saya abaikan (seakan tidak pernah membaca). Maka, saya tetap bahagia.

4. Banyak tertawa.
Saat sedih, tubuh kita membuat hormon adrenokortikotropik yang memacu produksi kortisol. Hormon kortisol adalah hormon yang dikeluarkan saat stres atau terjadi emosi negatif yang besar. Kedua hormon ini membuat sangat ampuh menghapus bahagia sehingga perlu segera dihilangkan. Dan cara yang paling mudah adalah dengan tertawa sehingga tubuh menghasilkan hormon endorfin. Hormon yang diproduksi kelenjar pituitary ini membuat perasaan menjadi nyaman, bahagia, dan berenergi. Setidaknya ada 7 reaksi unik tubuh saat tertawa yang perlu kamu tahu.


5. Tidak menuntut.
Tuntutan hidup memang semakin banyak. Pelajar dituntut mengikuti pelajaran yang semakin seabrek-abrek dan semua dijejalkan jadi satu. Lulusan kuliah dituntut segera menikah cari kerja dan pay back biaya belajar yang melebihi harga sebuah rumah. Para orangtua dituntut memenuhi kewajibannya setelah diberi amanah putra/putri. Belum termasuk kebiasaaan konsumeris di depan mata sehingga ada letupan dalam hati untuk melakukan/membeli yang sama. Lelah? Iya. Jika kamu masuk ke dalam gelombang tuntutan.

Tidak menuntut adalah rahasia orang bahagia. TERIMA SAJA APA ADANYA. Jika sangat membutuhkan sesuatu dan tidak bisa didapatkan, cari solusi yang paling mudah dan kreatif. Kebiasaan menuntut bisa membuat tubuh menghasilkan kortisol. Sudah saya sebutkan di atas, kan? Nah, kortisol ini sebenarnya bukan hormon yang buruk karena berada di dalam darah Tugasnya mempengaruhi kinerja berbagai organ tubuh seperti jantung, sistem saraf pusat, ginjal, dan kehamilan. Namun hormon kortisol juga terlibat pada respon stres, sistem kekebalan tubuh, peradangan, metabolisme karbohidrat, pemecahan protein, mengatur kadar elektrolit darah dan perilaku. Makanya, ada ambang batas yang tak boleh dilewati. Silakan baca efek hormon stress untuk mengetahui hormon kortisol lebih banyak.

6. Belajar hal baru yang diminati 
Belajar hal baru sangat menyenangkan. Selain memuaskan curiosity yang secara alama terinstall di tubuh kita, di proses belajar itu juga energi seperti durable. Apalagi saat menyadari bahwa diri berhasil memahami hal baru tersebut. Percikan-percikan bahagia akan terasa. Apalagi jika berhasil menguasainya. Belajar hal baru itu nyandu. Apalagi jika dibarengi enjoy, easy, Excellent, dan Earn. Subhanallah...


7. Membantu tanpa pamrih
Saya pernah membaca, saat kita tersenyum, bagian otak yang mengatur bahagia akan bekerja meningkatkan hormon pembangkit semangat dan mengurangi hormon stress. Hanya tersenyum saja, bisa dikatakan kita memberi sedekah pada orak kita sendiri dan orang yang bahagia melihat senyum kita. Hanya senyum. Bayangkan jika kita membantu lebih banyak lagi. Membantu tanpa pamrih bisa meningkatkan ketulusan dan kepuasan pribadi, serta menurunkan egosentris. Ada kebanggaan saat berhasil mengalahkan ego yang satu ini, sehingga saya semakin bahagia. Kamu bisa coba.

Ada banyak cara membantu tanpa pamrih yang bisa kamu lakukan. Misalnya menyingkirkan batu di jalan, membantu kakek/nenek tak dikenal menyebrang jalan, membawakan belanjaan tetangga, mengirimkan masakan coba-coba ke tetangga sebelah rumah, atau berdonasi kecil-kecil, Bahkan, bagi blogger seperti saya, membantu publikasi sebuah kegiatan charity pun bisa. Salah satu cara berdonasi kecil di bidang literasi bisa dibaca di Geliat Literasi di Indonesia.

Nah, itulah 7 kebiasaan saya orang bahagia ala saya. Sederhana sekali dan sehari - hari. Disadari atau tidak, bahagia itu sederhana, karena bahagia itu berasal dari hati. Bahagia bisa diciptakan, dan alaminya, otak kita lebih banyak menghasilkan hormon bahagia, namun kita meracuninya dengan hal-hal remeh yang membuat sedih.

Selamat berbahagia, teman!

Share:

Suka Baca Spoiler Film atau Buku?

Setiap individu itu unik. Sangat unik. Kelihatannya di antara sekian trilyun manusia, tak ada yang sama. Keunikan dan ketidaksamaan ini membentuk pola atau pattern. Kecenderungan manusia adalah mencari teman yang sepola agar lebih mudah menjalani bersama. 


Saat menuliskan hal ini, saya sedang membayangkan sebuah gerobak bubur ayam di dekat SMIK atau SMKN 2 Jepara. Setiap pagi, mamang penjual bubur dikerubuti pelanggan karena harganya murah. Hanya Rp 6000,- per mangkok. Nah, banyak juga yang membeli dan di makan di sana, meski tempat duduk yang disediakan sangat minim. Apa hubungannya? 

Anu... Saya ingat tim bubur diaduk dan tidak diaduk yang pernah heboh di ibukota. Jauh, ya? Hahahaha....

Sebagaimana terciptanya tim bubur diaduk vs Tidak diaduk, tim rambut belah tengah vs belah pinggir, tim Iron Man vs Tim Captain Amerika, atau tim SNSD vs Tim Elly... Dunia tanpa sadar dibelah-belah tanpa ampun. Maka, di dunia film (dan buku) pun ada tim spoiler dan tim anti spoiler. Saya tim spoiler. Mau beli buku harus baca dulu minimal beberapa bab. Mau nonton film harus tahu spoilernya kalau perlu endingnya. Kenapa? 

Alasan saya adalah, saya ingin menghabiskan waktu dan uang untuk benda/hal yang tepat guna. Dan saya punya banyak teman yang 1 pendapat. Makanya, sinopsis film Susindra sangat spoiler. Apalagi tipe penulisan saya adalah menggunakan gabungan panca indera. Rasa dan karsa saya masukkan, termasuk imaginasi pribadi saya. 

Nah... Kalau teman-teman tipe yang antispoiler film, saya sarankan jangan baca sinopsis saya sampai akhir deh. Cukup 50%nya saja. Jadi tidak menyesal baca, kan?

Nah... Bagi teman-teman yang sangat suka spoiler bahkan suka menebak-nebak alur film yang dibuat sekuelnya.... Rajin-rajin datang ke sini, ya. Kalian bakalan puas banget bacanya. 

Jangan lupa baca kategori Sinopsis Film ya
Share:

Bakteri E.Coli vs Ekstrak Cranberry dari Uricran



Anyang-anyangan, menjadi salah satu masalah kesehatan saya. Sering banget kambuh kembali. Rasanya sangat menyiksa. Bayangkan, saya bisa pipis di celana hanya karena bersin, batuk, atau terkaget-kaget. Jika bepergian agak lama, saya memakai pembalut agar tidak ngompol di celana. Keadaan ini tentulah sangat menyiksa. Jika sedang kumat, saya malas berkegiatan di luar kecuali terpaksa. Saya harus meminum obat anyang-anyangan. Tapi terlalu banyak meminum obat berbahan proanthocyanidins bisa cukup berbahaya. Jika ada yang herbal atau berbentuk buah, akan jauh lebih baik.

Pasca keguguran bulan April lalu, saya sempat mengalami anyang-anyangan kembali selama hampir sebulan. Sebelum keguguran, saya mengalami pendarahan hebat selama 2 hari, yang saya pikir itu hanya menstruasi yang sangat banyak. Padahal di lubuk hati saya curiga dengan intensitas darah yang keluar. Pasca keguguran, saya masih mengalami pendarahan selama 2 hari. Area V selalu basah dan lembab. Saya mengalami keguguran di perjalanan mudik ke Purwokerto. Jadi ada saat-saat saya membersihkan darah di toilet umum. Karena saya kelelahan membersihkan darah setiap setengah jam, saya melakukannya asal saja. Bahkan saat membersihkan darah di toilet umum pun, saya kurang hati-hati. Aturan utama membersihkan organ wanita kita adalah dari depan ke belakang. Bukan asal bersih saja. 

Foto dari site uri-cran


Kurang dari seminggu kemudian saya mengalami infeksi saluran kemih berupa anyang-anyangan. Kali ini lebih parah dari biasanya. Saya merasakan nyeri yang menyiksa saat buang air kecil. Intensitas urin keluar tanpa dirasa lebih banyak. Mungkin karena ditambah pembesaran rahim sehingga menekan kandung kemih. Jangankan bersin, tertawa lepas saja sudah membuat celana saya agak basah. Makanya saya senang sekali saat diberi rekomendasi meminum Privé Uri-cran yang ekstrak cranberry-nya terbukti ampuh menyembuhkan anyang-anyangan. Karena telah membuktikan manfaat Prive Uri-Cran Plus dari Combiphar, saya boleh memberi testimoni positif, dong, ya. 


“Saya kurang suka makan sesuatu yang asam. Makanya saya kurang suka jenis buah berry. Makanya, jika tracking di gunung atau di bukit dan menemukan buah ini, saya cuek saja. Di kota saya, kadang ada yang jual buah strawberry yang asamnya bikin ill fill banget. Tapi saya suka essens strawberry, karena baunya sedap. Nah, lho…. Makanya, saat pertama diberi saran agar mengkonsumsi buah cranberry, saya langsung ogah saja. Kebayang asamnya dan kerepotan membeli buahnya. Di Jepara tak ada yang menjualnya. Mungkin di Semarang pun tak ada yang menjual buah impor itu. 


Minuman segar ekstrak buah cranberry - sumber foto dari site uri-cran

Satu-satunya cara adalah membeli Privé Uri-cran yang merupakan ekstrak buah cranberry. Pilihan saya jatuh pada Privé Uri-cran plus yang berbentuk serbuk. Selain saya dapat sensasi minum buah cranberry yang ternyata enak rasanya, saya juga mendapat aneka manfaat kesehatan. Saya coba minum 2 sachet Prive Uri-cran Plus selama seminggu. Alhamdulillah anyang-anyangan saya sembuh. Dan senangnya lagi, saya doyan dengan ekstrak cranberry ini. Rasanya mirip jus buah namun lebih bening. Ada sedikit rasa asam segar. Satu dosis berisi 375 mg ekstrak cranberry tambahkan 100 mili liter air. Praktis dan bisa diminum kapan saja. “

Saat meminumnya, saya membayangkan pertempuran hebat antara cranberry versus bakteri e. coli di dalam tubuh saya. Hehehe…. Saya sempat bikin dongeng kecil bagi anak lanang agar mengenal bakteri e. coli ini. Si mini ini memang sangat berbahaya sekali. Sayangnya, ia ada di mana-mana. Jumlahnya sangat mengerikan. Jadi peluang anak terinfeksi bakteri e. coli semakin besar. Simak dongeng pertempuran mereka, yuk…

*****


Hai… Namaku Escherichia Coli. Kamu mengenalku dengan nama bakteri E. Coli. Aku sudah ada jutaan tahun lalu, jauh sebelum ada manusia. Pak Theodor Escherich menemukanku pada tahun 1895. Sejak saat itu manusia sering mempelajari tentangku.

Aku makhluk hidup yang sangat kecil. Aku hanya bisa dilihat melalui mikroskop. Ukuranku hanya 0,5 – 5 milimikron. Bentukku lonjong seperti Mr Plankton tapi memiliki bulu cambuk panjang (flagella) untuk melekatkan diri pada dinding sel manusia. Sekali flagelaku melekat, kami sulit diusir. Kami termasuk bakteri pathogen atau bakteri yang merugikan. Hai manusia, hati-hati denganku!


Aku dan keluargaku paling suka hidup di makanan mentah dan air kotor. Jumlah kami tak terhingga. Kami sangat mudah berkembang biak. Cara reproduksi kami dengan membelah diri.  Kami biasa masuk ke tubuh manusia melalui makanan yang tidak higienis. Kami tinggal di saluran pencernaan, terutama di usus besar. Kalau bisa tinggal di sini, rasanya seperti tinggal di apartemen mewah di ibukota! Sebagian besar saudara kami tinggal di sungai-sungai kotor menunggu kesempatan tinggal di capitol eh tubuh manusia. Beberapa ada yang berusaha keras menghuni makanan yang berprotein tinggi agar bisa segera masuk ke dalam tubuh manusia. Iya, kami memang bakteri yang sering mengganggu sistem imun dalam tubuhmu. Coba simak animasi cara kami berkembang biak.



Beberapa dari kami terbawa keluar dari tubuh manusia melalui kotoran. Tapi kami tak mau kalah dengan manusia. Beberapa dari kami akan menempel di saluran kemih. Kami paling suka jika ada yang kurang bersih saat beristinjak. Kami pindah rumah baru yang tak kalah nyaman dan menginfeksi di sana. Kami membuat manusia sering buang air kecil dengan tambahan rasa sakit di pinggang dan perut bagian bawah. Terutama para wanita yang kurang menyadari pentingnya membersihkan organ dalam dengan benar. Makanya, 5 dari 10 wanita pernah mengalami anyang-anyangan. Apakah kamu pernah juga?

Saat ini kami sedang mengembangkan wilayah baru. Jumlah kami semakin banyak. Sudah saatnya memperluas jaringan. Lihat dinding sel ini? Kami hanya perlu mendakinya untuk mencari celah masuk. Caranya mudah. Ayo kita mulai memanjat. Flagella-ku sudah bergerak-gerak tak sabar. Ayo kita berangkat…. 


Uh… sesuatu yang lengket dan licin mengenaiku. Aku semakin sulit merekatkan bulu-bulu dan flagella-ku. Mungkinkah itu….

******
Hai… namaku cranberry. Nama latinku Vaccinium oxycoccos. Aku tanaman semak yang sangat disukai manusia karena kandungan antioksidanku. Meski asam, manusia tetap menjadikanku sebagai salah satu makanan yang harus sering dikonsumsi. Jus buahku sangat lezat. Kamu coba deh.

Aku sangat baik bagi kesehatanmu. Kalau kamu serung kena sariawan atau infeksi saluran kemih, kamu harus banyak-banyak memakanku. Harus. Kalau kamu ingin menjaga kesehatan jantungmu dan ingin mencegah kanker, aku adalah makanan terbaikmu. Kandungan Proanthocyanidins-ku menjadi 1 dari 7 anti oksidan super di dunia.

Saat ini kami sedang mendapat tugas melindungi saluran kemih manusia bernama Susindra yang terkena anyang-anyangan. Perlahan tapi pasti, ribuan dari kami menyebar dan siap menyerang. Ayo bantu ikuti sepak terjang kami menghancurkan para bakteri e. coli. Mereka akan langsung tak berkutik jika bertemu kami. Kami selimuti tubuh mereka sampai mati. Jadi... semua penyakit yang disebabkan bakteri bandel ini akan hilang.  


Nah… sekarang percaya kan kalau cranberry bisa menyembuhkan anyang-anyangan? Jangan lupa, selalu konsumsi kami, ya.

*****

Saya pengen membuat cerita pertempuran antara cranberry vs E. Coli lebih seru dengan banyak ciat-ciat, tapi saya belum mahir membuat fiksi silat. Padahal saya suka bukunya Kho Ping Hoo. Hehehe....

Tapi jika dilanjut terus, saya khawatir kamu bosan membaca fiksi ala-ala pemula ini. Yang penting kamu selalu ingat pada buah ajaib yang banyak ditemukan di Amerika dan Kanada ini. Khasiat buah merah berukuran kecil ini sangat besar. 

Enakan mana sih, minum jus buah aslinya atau ekstraknya? 


Yah... kalau kamu menemukan buahnya sih, lebih segar yang asli. Tapi... jangan salah, justru ekstrak buahnya memberi lebih banyak manfaat. Durasi kerja vitamin, mineral dan senyawa lain lebih lama daripada yang buah asli. Ekstraksi yang dilakukan membuat kinerja proanthocyanidins lebih efektif dan efisien. Nah... buat kamu yang terkena infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan, jangan lupa minum Privé Uri-cran merupakan ekstrak cranberry asli. Bebas memilih yang kapsul atau serbuk. Kandungan utama buah berry merah yang kaya akan flavonoid antosianidin, sianidin, dan quercetin membantumu menjaga kesehatan. Jangan lupa, buah semak ini juga kaya akan senyawa fitokimia ini menjadi sumber anti oksidan polifenol untuk kesehatan jantung dan mencegah kanker. Makin sehat, kan?

Foto dari facebook page Uri-cran

Oh ya, selain minum Prive Uri-cran, kamu juga perlu menjaga kesehatan saluran kemih kamu, ya. Basuh dengan cara yang benar, yaitu dari depan ke belakang. Bagi yang sudah menikah, biasakan buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan badan. Jangan menahan keinginan pipis, apapun alasannya. 

Selain tiga cara di atas, yang tak kalah pentingnya adalah kebiasaan meminum air putih 8 gelas per hari. Kadang, masalah buang air kecil terjadi karena tubuh kekurangan cairan. Kopi dan gula berlebih juga tak baik bagi wanita yang memiliki kecenderungan menderita ISK. Dan jangan lupa, sering-sering mengkonsumsi ekstrak buah cranberry untuk mencegah anyang-anyang kembali lagi. Semoga kamu selalu sehat, ya.



Share:

Sahabat Susindra