Pengertian, Kelebihan dan Manfaat Asuransi Cashless

Asuransi cashless menjadi salah satu bentuk kemudahan yang dihadirkan oleh lembaga keuangan seiring dengan kemajuan digital. Asuransi cashless dianggap lebih modern, tidak ribet dan repot, lebih mudah dan tentu saja lebih sesuai dengan gaya hidup modern. AXA Mandiri sebagai perusahaan asuransi profesional dan terkemuka juga menghadirkan inovasi asuransi cashless ini untuk kemudahan para nasabahnya. 

Pengertian, Kelebihan dan Manfaat Asuransi Cashless dari AXA Mandiri


Pengertian dan Cara Kerja Asuransi Cashless

Berbeda dengan asuransi sistem reimbursement yang pemegang polis harus mengeluarkan dana lebih dulu, asuransi sistem cashless memungkinkan nasabah hanya membawa dan menggunakan kartu saja yang akan digesek oleh pihak RS untuk biaya perawatan. Pada dasarnya cashless menghilangkan cara pembayaran dengan uang langsung atau tunai pada klaim asuransi. 

Pihakk asuransi telah melakukan perjanjian kerjasama dan negosiasi dengan rumah sakit rekanan untuk memberikan pelayanan kesehatan pada tertanggung. Kemudian selanjutnya seluruh biaya perawatan tertanggung akan diurus pihak asuransi dan dibayarkan langsung kepada RS. Dengan sistem seperti ini, tentu proses penggunaan asuransi menjadi lebih simple dan praktis. K

KelebihanMemiliki Asuransi Cashless

Mengapa cashless lebih disukai dan dipilih oleh nasabah dibandingkan dengan sistem reimbursement? Saat ini orang sudah mulai berpikir bahwa sangat penting memiliki perlindungan dari asuransi cashless. 

Terkadang kita berada dalam kondisi yang tidak membawa uang tunai dalam jumlah tertentu saat berpergian. Ketika dalam kondisi tersebut lalu mengalami sesuatu seperti sakit, misalnya, dan harus ke rumah sakit tentu akan membutuhkan biaya. Dengan asuransi cashless maka Anda tidak perlu kuatir walaupun tidak membawa uang tunai. 



Asuransi cashless akan sangat berguna dan membantu Anda ketika dalam kondisi darurat. Selama Anda melakukan perawatan pada jaringan rumah sakit yang telah menjadi rekanan asuransi tersebut maka uang tunai tidak diperlukan. Pilihlah asuransi cashless terbaik, salah satu contohnya yang direkomendasikan adalah asuransi AXA Mandiri yang telah melakukan kerjasama dengan 700 lebih rumah sakit di dalam dan luar negeri. 

Tidak hanya asuransi kesehatan, di AXA Mandiri juga menyediakan berbagai produk asuransi lainnya yang pastinya dibutuhkan. Misalnya, asuransi dana pendidikan AXA Mandiri yang sudah kita bahas beberapa waktu yang lalu, yang saya nilai penting untuk masa depan anak-anak kita. 

Prosess Penggunaan Asuransi Cashless

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari asuransi cashless tersebut kita hanya perlu mengikuti proses dan prosedurnya saja. Bagaimanakah prosedur yang berlaku dalam penggunaan asuransi cashless? M

  1. Memilih RS yang telah melakukan kerjasama dengan pihak asuransi 
  2. Bawa kartu asuransi yang akan menjadi dasar verifikasi oleh pihak RS 
  3. Tunjukan kartu asuransi dan isi formulir pra otorisasi.
  4. Setelah pemeriksaan yang dilakukan oleh administrator untuk mengetahui keaslian data selanjutnya tunggu surat persetujuan perawatan. 
  5. Setelah semua proses selesai Anda sudah bisa menikmati manfaat dari asuransi Cashless

Manfaat Asuransi Cashless (H2) 

Bukan tanpa alasan mengapa asuransi dengan sistem cashless lebih dipilih dan disukai orang saat ini. Alasan tersebut tentunya tidak bisa dilepaskan dari kelebihan dan manfaat asuransi cashless itu sendiri, yaitu : 

1. Tidak Perlu Adanya Dana Talangan

Menggunakan asuransi cashless membuat pemegang polis maupun tertanggung tidak perlu menyiapkan dana talangan dulu untuk membayar RS. Cukup serahkan kartu asuransi dan semua biaya perawatan di RS akan ditanggung dan dibayarkan oleh asuransi.  



2. Sangat Bisa Diandalkan Saat Darurat

Tidak ada orang yang bisa mengetahui kapan musibah atau kecelakaan akan menimpanya. Begitu juga jika diri sendiri atau keluarga tiba-tiba sakit dan harus mendapatkan perawatan. Di saat darurat seperti inilah asuransi cashless akan terasa manfaatnya. 

Kita tidak perlu pusing ketika tidak membawa uang tunai, saldo ATM tidak cukup dan kondisi darurat lainnya. 

3. Proses yang Mudah dan Cepat

Prosess penggunaan asuransi cashless juga sangat mudah dan relatif cepat. Anda tidak perlu repot mengumpulkan berbagai dokumen seperti rekam medis, resep obat dan lainnya untuk melakukan klaim asuransi. Belum lagi pembayaran yang membutuhkan waktu lama. Dalam asuransi cashless hal seperti itu tidak perlu terjadi karena Anda cukup membawa kartu dan menunggu proses verifikasi dalam beberapa menit saja. 

4. Mencakup Layanan Rumah Sakit di Dalam dan Luar Negeri

Bagaimana kalau saat sedang ke luar negeri kemudian membutuhkan perawatan RS? Jangan kuatir karena asuransi cashless terkemuka seperti AXA Mandiri memiliki jaringan RS di dalam dan luar negeri. Jaringan dan layanan asuransi AXA Mandiri menjangkau hingga ke semua negara ASEAN. 

Hal yang Perlu Diingat dalam Asuransi Cashless

Sangat penting untuk mengingat dan memperhatikan penggunaan asuransi cashless antara lain: 

  1. Hanya bisa digunakan pada RS yang telah bekerjasama dengan pihak asuransi.
  2. Berapa biaya perawatan medis tidak ditanggung asuransi cashless misalnya biaya ambulance.
  3.  Jika ada selisih biaya tetap harus ditanggung dan dibayar oleh tertanggung.
Itulah pengertian, kelebihan, dan manfaat asuransi cashless. Dengan berbagai kelebihan, kemudahan, dan manfaat yang dihadirkan oleh asuransi cashless, membuat jenis asuransi ini sangat penting untuk Anda miliki. Jadi, tunggu apalagi? 

Yuk segera gunakan produk asuransi cashless dari AXA Mandiri! 


67 Komentar

  1. Memang benar ya setiap orang harus punya asuransi untuk segala macam kebutuhan termasuk kesehatan dll. Thanks mbak sudah memperkenalkan kpd saya asuransi cashless dari Axa mandiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asuransi sekarang jadi kebutuhan, Mas.
      Minimal punya 1

      Hapus
  2. Wah, keren nih asuransi cashless. Umumnya kaan kita talangin dulu, nanti baru deh reimbursement sambil menyertakan bukti-bukti. Coba deh aku tawarin ke anak-anak buat keluarga mereka...

    BalasHapus
  3. Memang asuransi chasles Axa Mandiri ini sangat membantu ya kak, jika keadaan darurat lagi sakit, tinggal kasih kartunya aja ya ke RS.

    BalasHapus
    Balasan

    1. Benar Mbak Inna.
      Premi juga masih terjangkau

      Hapus
  4. Bicara tentang asuransi, dulu pernah sih ikut pelatihan perusahaan lain. Diprospek teman satu universitas. Eh, lama-lama malah mlempem, gak ikut lagi. Asuransi yang diikuti sekarang cuma BPJS kesehatan. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal memang punya BPJS. Minimal banget.

      Hapus
  5. Sekarang memiliki asuransi sudah menjadi keharusan ya mba,mengingat kita juga nggak tau kedepannya seperti apa. Kalau kita udah prepare semua pastinya kita merasa aman dan gak khawatir lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mbak. Ini bukan trend tapi kebutuhan

      Hapus
  6. Simple bgt tinggal keluarkan kartu dan semua biaya sudah terkover.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelihatannya simpel tapi kan harus punya asuransinya dulu. Hehe

      Hapus
  7. Berkali-kali harus menjalani perawatan di RS, aku terbantu banget dengan adanya asuransi. Kalau gak ada asuransi pasti dah nangis-nangis deh ngebobol rekening huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Yang tahu manfaatnya akan merasa punya asuransi itu sangat menguntungkan

      Hapus
  8. Wah benar juga ya, saat darurat bisa bermanfaat nih asuransi cashless AXA Mandiri. Kita toh ga pernah tahu kapan itu terjadi. Kalau mendadak ada apa-apa sudah ada asuransi kan lebih lega.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mbak. Mending punya dulu,jangan menunggu sudah kejadian

      Hapus
  9. Wah sistem cashless ini asik banget ya, Mak.Dengan sistem asuransi sebelumnya walau bisa direimburse kalau ga siap dana talangan ya galau juga. Ga ada yang mau sakit tapi buat prepare emang harus siap. Keren nih asuransinya AXA Mandiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mbak. Kalau menalangi dulu, bisa kelabakan, kitanya

      Hapus
  10. Memang sudah zamannya ya asuransi cashless, AXA Mandiri keren sudah menerapkannya karena masih banyak yang belum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada yang belum pakai sistem cashless gini

      Hapus
  11. Jadi teringat dulu saat anakku masuk rumah sakit Mba Susi... aku harus menyiapkan dana talangan sekitar 5 juta agar pelayanan anakku dapat dilanjutkan. Sedih banget kan Mba
    . Untungnya sekarang sudah ada ada asuransi cashless dari AXA Mandiri. Tidak perlu menyiapkan dana talangan terlebih dahulu agar dapat dilayani di rumah sakit yang bekerjasama dengan AXA Mandiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbayang pontang-pantingnya kalau tidak punya dana cadangan Mbak.

      Hapus
  12. Axa Mandiri selalu bisa menyesuaikan kebutuhan dan keadaan ya. Skrg emang masa cashless kan, apalagi gak perlu ada dana talangan. Tinggal ke rumah sakit yg udah kerjasama saja. Proses juga cepat. Keren 👍😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mas Sani. Dibuat praktis agar banyak yang tertarik

      Hapus
  13. Ada juga ya asuransi versi cashless. Ya, untuk nambah wawasanku nih tentang produk asuransi bagi kesehatan. Biasanya aku hanya tau produk asuransi konvensional.

    BalasHapus
  14. Sangat praktis ya metode cashless. Ringan bagi nasabah. Hanya perlu dicari tahu rumah sakit apa saja yang sudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kepencet publish 😅

      Tadi mau bilang, PRnya adalah mencari tahu RS apa saja yg sudah oke menerima asuransi ini.

      Hapus
  15. Di era kemajuan digital tentu diperlukan penyesuaian termasuk oleh lembaga keuangan.
    Termasuk diantaranya, asuransi cashless yang pastinya lebih modern, tidak ribet dan repot dan lebih mudah. Syukurnya AXA Mandiri sebagai perusahaan asuransi profesional dan terkemuka menjawab kebutuhan nasabahnya dengan inovasi asuransi cashless ini

    BalasHapus
  16. Produk yg adaptif dg kebutuhan konsumen dna perkembangan zaman mmg merupakan keharusan utk jd nilai tambah yg menariknbg konsumen ya. Cashless insurance dr axa mandiri ini selangkah maju dr yg lain

    BalasHapus
  17. Menurutku mudah dan cepat itu yang penting banget. Soalnya kan buat apa segala fasilitas kalau tidak di tunjang dengan mudah dan cepat. Jd itu kuncinya

    BalasHapus
  18. Saya tidak punya asuransi mbak. Hiks kasihan sekali saya. Soalnya suami belum sreg dengan asuransi mungkin karena belum dapat informasi yang akurat.
    Setelah baca ini, saya jadi tertarik mau perkenalkan ke suami asuransu cashless ini, semoga beliau tertarik

    BalasHapus
  19. memang asuransi begini akan lebih nyaman dibanding dengan model reimbursement yang artinya kita harus nalangin duluan...Ada platform-platform kelasnya kah? Atau bebas saja semua biaya akan ditanggung pihak asuransi?

    BalasHapus
  20. Semakin lama inovasi asuransi semakin bertambah ya mba. Dan ini sekarang terbaru ada yang cashless. Konsumen jadi terbantu ya

    BalasHapus
  21. Sekarang udah zaman cashless. Bahkan berasuransi juga sudah bisa cashless. Semakin memudahkan nasabah, ya :)

    BalasHapus
  22. Kayaknya hampir semua asuransi yang overall dipakai di kantor menggunakan cashless, terutama suamiku juga. Kelebihannya ya jadi gak repot saat transaksi administrasi di rumah sakit.

    BalasHapus
  23. Zaman serba digital, jadinya mempermudah sekali asuransi cashless ini. Keren inovasinya AXA.

    BalasHapus
  24. Hal yang perlu diingat dalam asuransi cashless itu bener banget ya Mbak Susi... beberapa biaya memang di luar tanggungan seperti biaya mobil ambulance ya. Noted. Tfs Mbasay

    BalasHapus
  25. Asuransi cashless sangat memudahkan dan praktis tentunya ya mba. Bisa dimanfaatkan di waktu yang tepat saat membutuhkan. Karena yang namanya sakit itu tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi..

    BalasHapus
  26. sekarang makin banyak pilihan asuransi yang memanjakan kita para penggunanya ya mba, termasuk yang satu ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masing-masing perusahaan asuransi jadi berlomba-lomba berinovasi dan memberikan layanan terbaik yaa mbak.

      Hapus
  27. Asuransi emang penting banget ya apalagi kondisi sekarang, tapi harus jeli juga milih sesuai kebutuhan dan harus tau perjanjian awalnya supaya gak misscom

    BalasHapus
  28. Asuransi saya masih sistem reimbursement nih, Mak. Memang nggak selamanya kita lagi pegang uang, ya. Dana talangan pun nggak semudah itu kita dapat. Jadi Asuransi Cashless solusi banget, sih, untuk zaman sekarang ini.

    BalasHapus
  29. pada banyak momen cashless ini memang membantu banget ya mba, termasuk juga untuk asuransi ya. Dan semoga kalau udah model cashless ini untuk urusan klaim bisa lebih mudah dan fleksibel juga ya

    BalasHapus
  30. Jadi pengen tau nih RS mana aja yang bisa kerjasama sama asuransi ini. Menguntungkan banget soalnya, dibanding sistem reimburce, harus siapin dananya dulu.

    BalasHapus
  31. Wah jadi tinggal menyerahkan kartunya aja ya mbak? Lumayan ya praktis gak usah nalangin dulu pakai dana sendiri. Ooo salah satu yang ada cashlessnya tu AXA ya. Terima kasih infonya mbak.

    BalasHapus
  32. mudah banget ya kak,cukup membawa kartu ke RS mitra dan langsung terlayani dengan baik. Semuanya semudah itu dan ngga perlu repot lagi

    BalasHapus
  33. mudah banget ya, mitranya pasti banyak. Enak kalau mudah digunakan. Saat dibutuhkan tidak ribet. Kesehatan dan asuransi sangat dibutuhkan di masa depan

    BalasHapus
  34. Karena kami nasabah Mandiri, sempat beberapa kali ditawari AXA Mandiri.
    Dan sepertinya penawarannya menarik yaa..

    BalasHapus
  35. Tyt ada ya asuransi cashless gini. Baru tau aku mba. Dimasa begini mmg penting banget punya asuransi ya mba. Jd gak dredeg kalo kenapa2.

    BalasHapus
  36. Zaman sekarang tuh semuanya serba cashless ya mbak. Termasuk untuk urusan asuransi. Bagus juga nih inovasinya AXA Mandiri.

    BalasHapus
  37. Berarti yang harus dicermati terlebih dahulu adalah dengan rumah sakit mana saja ya asuransinya. Praktis juga dengna cara seperti ini karena tidak harus ada dana talangan terlebih dahulu.

    BalasHapus
  38. Iya ya mom, kalau cashless pasti lebih simple dan disukai.. Kita gak perlu repot urus administrasi dua sisi, ke RS dan ke Asuransi.

    BalasHapus
  39. Saya sekeluarga juga pakai axa mandiri, asuransi kesehatan dari kantor suami... Alhamdulillah bermanfaat banget...

    BalasHapus
  40. Makin kekinian ya asuransi jaman now, nggak perlu lagi pengguna ribet memikirkan reimburse nya gimana, dengan cashless jadi lebih mudah

    BalasHapus
  41. Waaaahhh... Inovatif sekali ya. Asuransi memang penting, asal pelajari dulu sebelum memutuskan pilihan.

    BalasHapus
  42. Aku ngga punya asuransi nih mba huhu. Kasian betul yaaa. Tapi baca ini jadi punya sudut pandang lain. Apalagi untuk asuransi pendidikan. Penting banget padahal ya

    BalasHapus
  43. Hebat juga ya inovasi asuransi sekarang bisa cashless gitu, ak pribadi belum punya asuransi sih

    BalasHapus
  44. Sistemnya udah pk banget nih asuransi. Jadi kita hanya bisa pakai aauransi itu di 1 tempat yang sudah di verifikasi data keasliannya ya ? Atau dimana saja yang kita maun ?

    BalasHapus
  45. Asuransi cashless gini penting sih, kmrn asuransiku sm anak terpaksa tutup semoga next year ada alokasi budgetnya

    BalasHapus
  46. Zaman makin canggih, asuransi pun ada yang cashless. Sampai saat ini saya belum gabung di asuransi semacam ini Mba. Baru punya BPJS aja. Penting juga ya punya asuransi seperti ini :)

    BalasHapus
  47. Sudah jaman ya semua harus punya asuransi. Disamping utk perlindungan juga kenyamanan di masa depan.

    BalasHapus
  48. Asuransi Cashless ini bermanfaat banget ya mbak terlebih situasi pandmemi gini karena sakit itu mahal harganya untung ada AXA yaa

    BalasHapus
  49. Membantu sekali Mbak asuransi cashless ini. Selama ini kebetulan asuransi yang kupakai jg cashless. Jadi kalau keluar rumah sakit abis perawatan tinggal keluar aja nggak pakai reimburse kalau RS nya bekerja sama dengan asuransinya. Jadi opname tinggal tunjukin kartunya aja.

    BalasHapus
  50. Baru tau ada asuransi cashless begini, baca artikelnya jadi tahu banyak tentang produk AXA cashless ini. Kebetulan saya sudah nasabah AXA untuk produk asuransi yang lain, jadi pengen tanya-tanya nih ke CSnya.

    BalasHapus
  51. Proses mudah dan cepat, merupakan salah satu hal utama yang akan menentukan, laku dan tidaknya suatu produk asuransi. Cashless AXA Mandiri, boleh banget nih dicoba.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)