Susu Cair Untuk Pertumbuhan Anak Usia 1 – 12 Tahun

Jika ada susu cair pertumbuhan anak yang memiliki sinergi formula brain care dan body defense, apakah Ayah Bunda akan lebih memilihnya daripada susu cair yang memiliki satu formula saja?

Sudah lama saya melihat iklan susu cair pertumbuhan anak yang baik untuk pertumbuhan atau baik untuk pencernaan. Saya katakan atau karena biasanya susu cair yang diiklankan itu memiliki 1 manfaat. Susu cair yang mengklaim baik untuk pencernaan biasanya tidak menyebutkan kandungan brain care. Pun sebaliknya. Padahal keduanya bisa disinergikan dalam satu kemasan. Ternyata ada susu yang menggabungkan semuanya, yaitu Susu Morinaga.

Inovasi Susu Cair
10 September 1966, di sebuah garasi rumah, itulah asal usul PT Kalbe Farma Tbk, sebuah perusahaan farmasi terbesar di Indonesia yang berskala internasional. Grup Kalbe, begitu sebutan ramahnya karena memiliki 4 divisi besar yang mencakup beberapa PT besar yang fokus di obat resep, produk kesehatan, nutrisi, dan distribusi – kemasan. Kita mengenal PT Dankos, PT Bintang Toedjoe, PT Saka Farma, dan lain-lain. Pada divisi Nutrisi, ada PT Sanghiang Perkasa yang pada tahun 2007 berganti nama menjadi Kalbe Nutritionals, yang secara aktif melakukan pengembangan produk nutrisi berupa makanan dan minuman. Dengan mengusung misi “Kalbe Nutritionals produts in in every home”. Maka tak heran jika seluruh produk makanan dan minuman mulai dari janin (pra lahir) sampai manula. Kita mengenal Prenagen, Lovamil, Milna, Morinaga, dan Zee untuk ibu hamil, menyusui sampai anak-anak. Ada Entrasol, benecol dan Fitbar untuk orang dewasa sampai manula, serta Diabetasol untuk para Diabetisi.



Susu cair pertumbuhan anak, Morinaga Chil-go!
Kalbe sudah jadi sahabat Indonesia sejak 1966

Untuk mendapatkan produk terbaik, Kalbe Nutritionals bekerja sama dengan perusahaan besar dari Jepang (Morinaga Milk Industry Co. Ltd) dan Finlandia (Benecol). Besarnya permintaan pasar produk susu Morinaga, maka didirikan perusahaan PT Kalbe Morinaga Indonesia pada tahun 2007 sebagai bagian dari divisi Kalbe Nutritionals. Komitmen utamanya adalah menyediakan produk susu berkualitas terbaik untuk semua konsumen dengan terus mengembangkan produk di Morinaga Research Centre Jepang. Produknya antara lain: Morinaga Chil Kid, Morinaga Chil-Kid soya, Morinaga Chil-School, dan lain-lain. Produk inovatif terbaru adalah susu cair pertumbuhan, Morinaga Chil-Go! yang menjadi favorit Destin dan Binbin.




 
Morinaga Chil-Go adalah susu cair yang menggabungkan brain care dan body defense yang akan mendukung si kecil menjadi gereasi platinum multi talenta sehingga dapat menghadapi perkembangan dunia. Sebagaimana kita tahu, dunia anak-anak sekarang sedah sangat jauh berbeda. Kesempatan mereka belajar sangat luas dan kompetitif, sehingga anak-anak harus berusaha lebih keras. Multi talenta, itulah ciri anak-anak generasi sekarang yang disebut juga sebagai generasi platinum. Agar dapat mengikuti laju dunia mereka butuh nutrisi tumbuh kembang, nutrisi otak dan pertahanan tubuh ganda. Seperti dua anak saya
Susu cair pertumbuhan anak, Morinaga Chil-go!
DnB siap sekolah dari pagi sampai sore
Saya memiliki 2 anak laki-laki aktif berusia 11 dan 7 tahun, usia yang membutuhkan banyak energi, nutrisi pertumbuhan badan, nutrisi otak dan pertahanan tubuh. Mereka berada di sekolah mulai dari jam 7 pagi dan pulang jam 15:30 sore. mereka berada di lingkungan sekolah selama 8,5 jam pada hari Senin sampai Kamis. Pada hari Jumat dan Sabtu sekolah mereka agak longgar karena hanya setengah hari. 
Setengah makan siang mereka berada di area sekolah sehingga harus membawa bekal makan siang. Menu makan siang yang praktis dan minuman kesukaan mereka saya selipkan ke dalam tas dan setiap sore kami bertanya apakah bekalnya habis atau masih ada sisa. Tak lupa, kami selipkan sebotol susu cair Morinaga Chil-Go! yang dapat mereka minum pada saat istirahat. 

Morinaga Chil-Go! merupakan inovasi terbaru karena berbentuk susu cair yang siap diminum kapan saja. Kemasannya praktis, dengan ukuran 140 ml sehingga anak bisa membawanya ke mana saja. Botolnya ramping dan masuk ke dalam saku anak, juga wadah bekal makanan mereka di sekolah. Sangat cocok jika dikatakan Morinaga Chil-Go! Whereever you Go! karena kemana pun anak pergi, dia bisa membawanya serta. Seperti Destin dan Binbin yang sering membawa susu Morinaga Chil-Go! kemana-mana. Jika tidak diajarkan cara mengkonsumsi susu yang baik, mereka bisa lepas kontrol dan membawa 5 susu cair untuk pelepas dahaga. Mereka suka sekali rasanya. Si sulung suka susu putih dan coklat, si adek suka sekali susu coklat dan strawberry. Saya harus awas melihat jumlah minum susu cair ini karena jika dibiarkan, selusin susu habis dalam satu dudukan seperti awal mereka meminum Morinaga Chil-Go! di luar pengawasan saya.

Susu cair pertumbuhan anak, Morinaga Chil-go!
Morinaga Chil-go bisa diminum setiap saat
          “Uenak sekali, Ma!” jawab si sulung dengan suara mantap.
         “Saya suka! Saya suka!” sahut si adek di belakangnya dengan gaya film kartun favoritnya.

Mereka berebut cerita rasa susu favorit mereka dan jumlah lebih yang diambil saudaranya. Meski tak sampai berantem, duhh... Punya 2 anak "kembar" harus telaten mendengarkan. 

Saya yang hampir memarahi mereka akhirnya luluh dan menjelaskan bahwa tak baik meminum susu cair sebanyak itu sekaligus.

Memangnya mengapa jika minum susu terlalu banyak? Ayah Bunda ingin tahu alasannya? 


Susu itu memang sangat menyehatkan tubuh, kandungan susu sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan, namun, semua yang berlebihan tentulah tidak baik. Karena jumlah konsumsinya akan berlebihan. Yang lebih berbahaya lagi jika susu diminum sebagai obat dahaga sehingga 6 botol susu cair sekaligus sekali minum, misalnya. Huaaa...... jangan, ah. Jadinya nanti malah tidak baik. Lebih baik 1 botol untuk satu dudukan dan jika sangat haus, sebaiknya meminum air putih terlebih dahulu. Bagaimana pun susu bukan penghilang dahaga. Susu adalah minuman untuk menambah nutrisi tubuh. Ingat ya,

ciri generasi platinum multi talenta
Siap mengeksplorasi lingkungan sekitar adalah ciri generasi platinum


“Susu bukan penghilang dahaga, jadi jangan menenggaknya sampai habis sekali minum,” nasihat saya pada mereka sebelum bermain.
“Ya, Ma,” jawab mereka kompak.
 

Setelah pamit dan cium tangan, mereka siap bermain dan mengeksplorasi sekitar desa. Mereka bermain di lapangan, di kebun tetangga dekat rumah, bersepeda, atau bermain petak umpet, jumpritan, bentikan atau jampingan di lapangan depan masjid bersama anak-anak desa lainnya. Adakalanya mereka meminta ijin membawa susu lebih untuk diberikan pada teman-teman bermain mereka.

Morinaga Chil-Go! adalah susu cair pertumbuhan untuk anak usia 1-12 tahun. Susu cair Morinaga Chil-Go! sudah siap minum kapan saja dan di mana saja. Anak usia 1 tahun juga aman mengkonsumsinya. Morinaga Chil-Go! Whereever your kid go!

Susu cair pertumbuhan anak, Morinaga Chil-go!
Yang sangat suka rasa susu Morinaga Chilgo...

Generasi Platinum


Generasi platinum adalah anak-anak kelahiran mulai tahun 2000 yang secara psikologis memiliki karakter unik, lebih ekspresif, dan eksploratif, selaras dengan perkembangan zaman (Alzena Masykouri – psikolog Universitas Paramadina).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa anak-anak platinum lebih ekspresif dengan cara mengenali emosi dan perasaannya sendiri dan dapat bereaksi secara tepat. Mereka lebih eksploratif karena suka mengobservasi sekitar dengan gabungan sains, biologi, sosial, dan bidang ilmu lain yang mereka kuasai kemudian membaginya. Jaringan informasi seperti internet, media elektronik, dan gadget memudahkan mereka menginvestigasi penemuan mereka secara mendalam dan membaginya. 


DnB yang sangat suka Morinaga Chil-Go!

Generasi ini sangat butuh nutrisi yang tepat untuk kecerdasan multi talenta dan yang dapat sekaligus memproteksi mereka dengan pertahanan tubuh ganda. Mereka sangat membutuhkan susu pertumbuhan anak terbaik, yaitu susu cair Morinaga Chil-Go! yang praktis siap minum dan bisa dibawa kemana saja. Anak-anak platinum ini pasti sangat menyukai kepraktisannya, rasa lezatnya, dan nilai gizi untuknya. Rasa susu vanila yang lembut, susu coklat yang sedap dan rasa strawberry yang lezat akan membuat anak platinum dengan senang hati menghabiskan berapa pun susu cair Morinaga Chil-Go! yang disodorkan pada mereka, seperti 2 krucil saya yang pernah menghabiskan susu dalam jumlah banyak sekali duduk saking lezatnya.

Kelebihan Susu Morinaga Chil-Go!
1.    Formula platinum. Sinergi nutrisi tepat untuk mendukung pertumbuhan si kecil menjadi generasi premium muti talenta
2.    Kecerdasan multi-talenta. Morinaga Chil-Go! dilengkapi dengan Kolin, Zat Besi, Vitamin B Kompleks, Yodium, dan Inositol – vitamin dan mineral penting untuk mendukung kegiatan belajar Si Kecil.
3.    Pertahanan tubuh ganda. Saluran cerna yang sehat membantu penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Morinaga Chil-Go! juga dilengkapi nutrisi seperti Prebiotik Inulin 1000 mg, Zinc dan kalsium tinggi
4.    Inovasi unggulan. Dukungan Morinaga Research Centre untuk terus menciptakan produk-produk berkualitas.


Susu cair pertumbuhan anak, Morinaga Chil-go!


Nutrisi dan kandungan Morinaga Chil-Go!
Setiap satu gelas susu lazimnya mengandung protein, lemak karbohidrat, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh anak. Zat besi, Vitamin B kompleks (AHA, DHA, LA), dan Yodium adalah vitamin dan mineral untuk kecerdasan anak. Zinc, Omega 3, omega 6, dan kalsium, untuk pertumbuhan anak. FOS dan GOS untuk pencernaan anak. Kandungan umum susu ini semakin disempurnakan oleh Morinaga Research centre yang menambahkan Kolin dan Inositol yang sangat baik untuk kecerdasan anak, Prebiotik Inulin 1000 mg dan kalsium tinggi untuk pertahanan tubuh anak. Inilah inovasi unggulan Morinaga Chil-Go!.


1.  Kolin, vitamin yang larut dalam air, merupakan nutrien essensial yang sering dimasukkan ke dalam golongan vitamin B. Para ibu hamil biasa meminum meminum Kolin sesuai resep dokter. Adapun manfaat Kolin bagi anak adalah:
  • Sebagai nutrisi otak yang diperlukan dalam pembentukan phosphatidylcholine dan sphingomyelin. Keduanya merupakan molekul lipid yang bertindak sebagai insulator bagi sirkuit jaringan syaraf.
  • Menjaga fungsi sel karena kolin membantu pembentukan membran sel. 
  • Membantu menjaga kesehatan hati karena kolin dalam hati berperan membuang kelebihan kolesterol dan lemak dalam hati.
  • Membantu metabolisma tubuh untuk menghasilkan energi. Kolin berperan membantu metabolisma lemak. 
2.  Inositol, carbocyclic Polyol yang termasuk dalam vitamin B kompleks namun tidak disebut sebagai vitamin. Kegunaan utama inositol adalah untuk transduksi sinyal insulin, pengendalian saraf, pengendali konsentrasi kalsium dalam sel, pemeliharaan membran sel, modulasi aktivitas serotonin, penghancur lemak, mengurangi kadar kolesterol, dan lain-lain. 

Susu cair pertumbuhan anak, Morinaga Chil-go!
Morinaga Chil-Go! Whereever you go!

Bersama kolin dan inositol, Morinaga Chil-Go! berperan untuk penyimpanan memori, kemampuan berpikir, berbicara, dan gerakan sadar.

3.  Inulin. Dalam 1 botol Morinaga Chil-Go! ukuran 140 ml terdapat 1000 mg Inulin.
Inulin adalah sejenis karbohodrat yang mengandung serat dan bersifat prebiotik. Dikenal sebagai gula buah, yang memiliki banyak manfaat menjaga kesehatan saluran cerna dan menjaga daya tahan tubuh. Sebagaimana probiotik, inulin tidak dapat dicerna dan diserap oleh usus halus sehingga perjalanannya sampai di usus besar. Di sinilah Inulin sangat berperan sebagai makanan mikroflora di dalam usus besar, yang membuat kotoran lebih lunak sehingga anak terhindar dari konstipasi dan sembelit. Manfaat lainnya, jika inulin menjadi makanan menyehatkan bagi mikroflora (bakteri baik), inulin ternyata merugikan bakteri jahat dan patogen karena mereka menjadi mati. Maka selain mencegah sembelit, inulin dalam Morinaga Chil-Go sangat baik untuk merangsang sistem daya tahan tubuh, mengurangi resiko kanker usus, dan membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.


Susu cair pertumbuhan anak, Morinaga Chil-go! - susindra
si kecil tertangkap tangan bikin camilan dari Morinaga Chil-Go! dan snack coco... gemes ih

 Sekarang sudah tahu kandungan dalam Morinaga Chil-Go! dan manfaatnya, kan? Luar biasa sekali mengetahui minuman favorit anak-anak saya itu sangat membantu kecerdasan otak, pertumbuhan dan kesehatan mereka. Saya lebih mantap lagi karena Morinaga Chil-Go! sudah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor sertifikat 00040011611299 dan Nomor BPOM 260809251006.

Kemasan Morinaga Chil-Go! menggunakan botok plastik HDPE (02) yang merupakan bahan dasar ramah lingkungan karena dapat di daur ulang. High Density Polythylene memiliki sifat bahan plastik yang lebih tahan panas, kuat dan keras. Plastik HDPE ini sangat banyak dipakai di luar negeri karena dinilai lebih aman dengan harga murah. Biasa dipakai untuk botol susu, kopi, dan coklat.

Anak kreatif
Saya dan suami adalah pasangan pembuat kerajinan tangan. Kami sering membuat sesuatu dari barang bekas. Ketika melihat kayu mahoni tipis menumpuk, suami membuat perahu mainan anak yang bisa mengapung di air dan dibeli teman dari Perancis. Dia juga menghias sandal jepit Swallow sehingga memiliki nilai jual tinggi. Saya sendiri membuat bros dan bando dari bahan-bahan bekas maupun baru yang saya jual di Susindra Handmade dan Craft for Charity. Rupanya kebiasaan kami berkreasi menurun ke Destin dan Binbin. Destin pernah membuat perahu layar dari sisa kayu Mahoni dan lem alteco. Dia juga lebih sula membuat layangan sendiri daripada membeli ketika musim angin tiba. Binbin masih sekedar menjadi “asisten”, namun saya yakin dia tak kalah dengan saudara tuanya jika sudah cukup usia.


Susu Cair Untuk Pertumbuhan Anak Usia 1 – 12 Tahun

Saya surprise melihat mereka mengambil beberapa ATK nge-craft saya dan membuat mobil-mobilan dari botol susu Morinaga Chil-Go! “Mobil Molen,” kata Destin yang mengacu ke Truk Mixer pengangkut beton cor.


Bahan yang digunakan:
1.    Sandal jepit bekas
2.    Lidi
3.    Gunting
4.    Lakban (optional)
5.    Alteco (optional)
6.    Botol Morinaga bekas


Cara membuatnya:
1.    Buat 4 lingkaran di sandal jepit seukuran 3,5 cm (bisa dibantu Ayah/Bunda karena Destin dan Binbin pinjam pola bunga Mamanya ;) ) gunting yang rapi ya, agar lancar jalannya mobil.
2.    Tusukkan lidi ukuran 7 cm ke lingkaran tadi. 2 lidi di 2 lingkaran dulu. Pastikan tepat di tengah karena menjadi roda mobil.
3.    Buat lubang di botol morinaga untuk tempat roda.
4.    Masukkan lidi (no 2) ke dalam lubang, lalu tusukkan sisa 2 lingkaran di atas.
5.    Perkuat dengan lem alteco dan lakban.

Susu Cair Untuk Pertumbuhan Anak Usia 1 – 12 Tahun - susindra
Broom.. Broom... mobil-mobilan kreasi Mas Destin asyik dimainkan

Khusus lem alteco, sebaiknya ayah/bunda yang melakukannya. Lem alteco berbahaya karena bisa menyatukan tangan. Anak saya, Destin sudah biasa berkreasi dengan lem ini, jadi tahu cara menghindari dari bahayanya. Apalagi di Jepara, lem ini sangat umum digunakan. Tahu kan, Jepara itu kota mebel yang industri mebelnya merata di seluruh kota? Kebetulan kami tinggal di desa sentra Lemari Ukir.


Nah... itulah cerita keluarga Susindra dengan susu cair pertumbuhan anak usia 1-12 tahun, Morinaga Chil-go! Ayah Bunda yang ingin anaknya cerdas, kreatif dan pertahanan tubuh tinggi sehingga bisa bebas mengeksplorasi sekitar harus menyediakan susu cair inovatif ini di rumah. Rasa susunya sangat lezat dan anak-anak pasti suka. Seperti Destin dan Binbin, 2 jagoan saya.


Sumber:
http://id.kalbe.co.id/ProdukdanJasa/Nutrisi/ProdukAZ/tabid/402/ID/715/MORINAGA.aspx
https://id.wikipedia.org/wiki/Kalbe_Farma
http://www.kalbestore.com/Product/Varian/Susu-Morinaga-Chil-Mil

http://foodreview.co.id
http://www.kalbenutritionals.com/ 
https://id.wikipedia.org/wiki/Kalbe_Nutritionals


Note:
Uenak ekspresi khas Jepara untuk kata enak.
Jumpritan: mirip petak umpet tetapu ala Jepara
Bentikan: permainan dengan ranting dahan/bambu khas Jepara
Jampingan: jumping dengan sepeda
Share:

34 comments:

  1. Wooo jd ini dr Kalbe... Asik2 bs minum susu. Sampe buat kreasi mobil2 lan jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak cuma mobil2an, pakai mainan yg lain juga botol bekasnya. Duo gantengku itu kalo dah nge-craft, lupa waktu & tempat!

      Delete
  2. Enak sekali anak2 jaman sekarang. Segala macam tersedia. Tinggal minta orangtuanya. Beda dengan zaman saya.
    Terima kasih infonya.
    Salam hangat dari Surabaya.

    ReplyDelete
  3. Keren nih, botolnya dimanfaatkan lagi :)
    Lumayan yaa mbak, bisa jadi mainan mobil-mobilan gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lihat perahu layar dari kayu mahoninya Destin malah lebih keren, mbak. Hehehe...
      Imaginasinya lumayan tinggi dia.

      Delete
  4. Mobil2annya keren. Jadi inget waktu kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Kami mendidik agak2 ala 90-an. Zaman gini jarang anak yg bebas bermain di luar, mancing, nyerok ikan, bentikan, jumpritan, dkk

      Delete
  5. Saat ini banyak sekali diproduksi beragam susu sesuai kebutuhan utk si anak.. Salah satunya susu Morinaga ini ya Mbak.. Mudah2an anak2 kita semakin tumbuh dan berkembang dgn baik dan semakin cerdas krn rajin minum susu..

    ReplyDelete
  6. Minum susu Morinaga jadi makin kreatif ya DnB, seneng tuh bisa bagi-bagi susu juga buat teman sepermainan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah Mbak. Harus membiasakan anak berbagi, jadi tanpa kita minta, mereka berinisiatif sendiri

      Delete
  7. wah info yg sangat penting, makasih kakak :)

    Kami menyediakan informasi tentang Air Minum Sehat . Air minum tersebut sering kali disebut sebagai Air Minum Alkali , dan disini kita juga memberitahukan tentang Manfaat Air Alkali .

    ReplyDelete
  8. Chil Go enak lho. Aku sering nyicip. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget, mbak. Aku suka juga, apalagi dilubangi dikit atasnya trus nitip di freeser. Beku enak.

      Delete
  9. nyam nyam nyaaam, enyaaaak yah morinaga chil*go!

    ReplyDelete
  10. Wah kandungannya bagus banget. Ihhh kreatifnya bikin pemanfaatannya botol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah anak2 kreatif. Tiap hari lihat orang tuanya nge-craft, lama kelamaan mereka uaeng coba. Saya yg kadang ribet cari alat/bahan yg lupa dikembalikan. Hehehe... Keluarga crafter

      Delete
  11. wah dibuat mainan mobil-mobilan ya, kreatif nih idenya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Mbak. bangga pada mereka berdua

      Delete
  12. Replies
    1. Iya mbak. Alhamdulillah anak2 ikut bapak ibunya yg senang membuat sesuatu.

      Delete
  13. Waaah..., tak meragukan ini susu untuk anak-anak. Makasih banyak ya, Mbak, infonya lengkap. Sungguh saya suka :)

    ReplyDelete
  14. Anakku juga suka banget minum susu ini. ^^

    BTW, aku sudah follow blognya, ya?

    ReplyDelete
  15. susu kesukaan si ken jg nih..
    enak, emaknye jg suka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah...yg ini saya sepakat mbak. Saya suka banget...

      Delete
  16. memaaang oke yaaa produk ini...kesenangan anak-anak ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Rasanya lebih lezat daripada biasanya. Praktis dan ortunya senang memberikannya krn khasiat yg ingin didapat

      Delete
  17. Morinaga Chil-Go sepertinya akan menjadi susu cair favorite anak-anak dengan inovasi terbaik dari kalbe

    ReplyDelete
  18. Wuaah kereen, dijadikan mobil-mobilan. Beda nih postingan Mbak Susi. Biasanya ibu-ibu posting resep, Mbak Susi postingannya ala crafter .. ya memang crafter yah hehehe.

    Sukses ya postingannya, Mbak Susi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra