Persiapan Play Day For Kids Bersama Morinaga Chil-Go!

Destin dan Binbin adalah anak generasi Platinum multi talenta. Bukan saja karena mereka lahir setelah tahun 2000, tetapi juga karena secara alami mereka memiliki kecerdasan majemuk, ekspresif, eksploratif dan multi talenta. Mereka tidak terbatas pada satu kegiatan dan sudah bisa multitasking. Keistimewaan mereka sudah terlihat pada masa kehidupan 1000 hari pertama. 

Anak generasi Platinum memiliki kemampuan tinggi dalam mengakses dan mengakomodir informasi sehingga mereka memiliki kesempatan yang lebih banyak dan terbuka untuk mengembangkan dirinya – Alzena Masykouri

Destin yang lahir di bulan November 2004 memiliki kecerdasan berbahasa dan sering membuat tetangga terkagum-kagum. Dia bisa merangkai kalimat sederhana sebelum ulang tahun pertama. Kosakatanya mengagumkan. Dia juga anak yang kritis namun peka terhadap keadaan. Koordinasi mata, otak dan tangannya juga bagus. Di usia 8 tahun, ketika pertama kali mengoperasikan game Racing Car yang mirip simulasi mobil balap di arena Gamezone Citraland, dia berhasil mengalahkan seorang pemuda yang menjadi lawannya. Padahal itu adalah pengalaman pertamanya. Destin memang memiliki kelebihan di kecerdasan Linguistik, visual spasial dan logika matematik diantara 8 kecerdasan majemuk yang ada. 



Berbeda dengan kakaknya, Binbin selain sangat suka naik ke atas lemari, dia juga sangat senang dengan komputer. Tangan kecilnya bisa mengoperasikan mouse komputer dengan baik sebelum berusia 1 tahun.  Di usia 18 bulan, Binbin sering membuka program bios komputer dan mengubah setting komputer. Meski belum diajarkan huruf, tetapi dia hafal beberapa perintah pengoperasian komputer run dan regedit secara manual. Dia juga bisa membuat user account baru khusus untuk bermain game, membuka hidden files, dan menginstal game yang disembunyikan. Tak hanya itu, sebelum usia 3 tahun dia sudah bisa bermain Counter Strike dan mengubah setting sesuai keinginannya. Cerita tentang Binbin dan komputer bisa dibaca di posting berjudul Tukang Rusak Komputer dan Binbin Le Roi de L’ordinateur. Binbin memiliki kelebihan di kecerdasan kinestetik, visual spasial, dan interpersonal karena mudah akrab dengan orang baru. 


Tak terbatas di situ, anak-anak generasi Platinum pada umumnya sering membuat sekitarnya terkagum-kagum. Tengoklah permainan free style BMX yang sedang nge-hit saat ini. Anak-anak generasi platinum, entah bagaimana lebih mudah memperlajari teknik mengendalikan sepeda ala-ala sinetron Go BMX. Permainan dan atraksi bersepeda yang cukup berbahaya itu nyatanya dapat dikuasai anak-anak dengan lebih mudah. Setidaknya itulah salah satu pengakuan suami saya yang ketika kecil mengalami kesulitan cukup berarti ketika mencoba beberapa teknik free style dengan sepeda. Destin dan Binbin yang tak pernah melihat sinetron ini bisa ikut melakukan beberapa trik bersepeda karena menirukan atraksi teman bermain di kompleks rumah. Kami beruntung tinggal di dekat masjid yang memiliki halaman berlantai batako cukup luas untuk mengakomodir kegiatan sore anak-anak sembari menunggu waktu Magrib tiba. Biasanya mereka bersepeda atau melakukan permainan tradisional bersama-sama. 

Seperti itulah kira-kira gambaran anak generasi Platinum multi talenta. Ayah dan Bunda yang membaca posting saya sampai di sini pasti memiliki momen-momen menakjubkan yang dilakukan anak, yang membuat mulut berdecak kagum. Anak saya, Destin dan Binbin, adalah salah satu contoh yang mudah saya tunjukkan karena saya sangat mengenal mereka. Untuk lebih memahami apa itu kecerdasan Majemuk, silakan Ayah Bunda melihat video Cara mengenali Kecerdasan Si Kecil bersama Dr. Rose Mini M.Psi dan Morinaga di bawah ini 

Kenali dan asah multiple intelligence Si Kecil untuk menjadi generasi Platinum Multitalenta - Dr. Rose Mini M.Psi

Ada anggapan bahwa generasi Platinum beresiko memiliki hambatan kehidupan sosialnya. Pola hidup anak sekarang yang memiliki keterbatasan waktu bermain, pilihan aktivitas rumahan yang lebih beragam, dan ketergantungan pada gawai disinyalir menjadi penghambat utama kehidupan sosial mereka. Termasuk juga kecenderungan para orang tua mereka yang juga menghabiskan terlalu banyak waktu dengan gadget mereka. 

Agar anak tetap bisa bersosialisasi di antara kegiatan berkomunitas para ibunya, komunitas Institut Ibu Profesional Jepara sering mengadakan acara pertemuan luring yang menitikberatkan pada acara anak-anak mereka. Jadi para ibu yang terbiasa bercengkrama dan berbagi ilmu di grup WhatsApp ini bisa sesekali bercengkrama secara langsung. Acara offline IIPJ sering dikemas dalam bentuk yang ramah anak. Misalnya Play Day for Kids, Cooking Class for Kids, Market Day, Tour de Talent, Traditional Game, juga SanLat atau Pesantren Kilat ibu dan anak. Acara dikemas dengan konsep menyenangkan, dengan anak sebagai pelaku utama. 

Di Play Day for Kids, anak diajak menjadi tuan rumah yang baik mulai dari menyiapkan lokasi, memasak, menyiapkan minuman, bermain tim, dan mendengarkan dongeng. Acara Traditional Game sering disatukan dengan acara Play Day for Kid ini.  Di Market Day, anak diajak memasak menu sederhana namun memikat dan memasarkan masakan tersebut di alun-alun Jepara. Tour de Talent mengajak anak-anak mengunjungi rumah seseorang yang dianggap inspiratif agar anak belajar bahwa ada banyak cita-cita di masa depan yang bisa mereka raih. Kegiatan Sanlat juga termasuk kegiatan yang ditunggu-tunggu, karena meski bernama pesantren kilat, tetapi acara dikemas dengan konsep menyenangkan. Mengajarkan mereka bersosialisasi dan berkelompok, itulah inti kegiatan-kegiatan luring IIPJ. Maka jangan heran jika anak-anak sangat menantikan kegiatan ini. Meski memakai nama berbahasa Inggris, tetapi acaranya dikemas secara sederhana, membumi, dan hemat. Jadi diharapkan semua anggota IPJ bisa ikut meski masih terkendala ekonomi. Tak ada eksklusivitas di IIPJ. Yang terpenting adalah semua anggota institut dapat mengembangkan kemampuan sosial anak agar mereka bisa menjadi pemimpin yang baik kelak di kemudian hari. Berikut ini adalah tips mengembangkan kemampuan sosial anak generasi Platinum yang saya pinjam dari website Kalbenutritionals: 

  • Membangun komunikasi efektif dengan anak, dengan memotivasi anak agar berani.mengungkapkan pendapat dan memiliki rasa percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain.
  • Melatih keterampilan sosial dasar pada anak. Misalnya mengajari berterimakasih, menyapa, memperkenalkan diri, meminta maaf ketika salah, dan sebagainya.
  • Memotivasi anak dengan memberi pujian terhadap setiap hal baik yang dilakukan anak dalam bersosialisasi.
  • Memberi kesempatan dan mendorong anak untuk bergaul dengan siapa saja, orang-orang kaya atau miskin, terpelajar atau tidak sekolah, teman sebaya, atau lebih tua, dan sebagainya.
  • Ajak anak untuk mengikuti acara keluarga secara regular.
  • Memotivasi anak untuk bersahabat pena dengan teman berlatar budaya berbeda



Bulan Februari ini, acara Play Day for Kids IIPJ menjadi acara yang istimewa. Tak seperti biasa, kegiatan menyenangkan ini mendapat sponsor produk susu cair Morinaga Chil-Go!, susu cair pertumbuhan anak untuk usia 1 sampai 12 tahun. Morinaga Chil-Go membagi susu cair pilihan favorit anak-anak ini secara gratis dengan tema “Acara Berbagi Morinaga Chil-Go!” Secara khusus, saya diberi 6 kardus susu cair yang setiap kardus berjumlah 36 botol ukuran 140 ml. Dapat dibayangkan kebahagiaan kedua anak saya ketika paket Morinaga Chil-Go! tiba. 


Kesempatan itu langsung saya gunakan untuk memberitahu Destin dan Binbin tentang acara Play Day For Kids With Morinaga Chil-Go!. Bukannya kecewa karena ternyata paket susu yang tiba akan dibagi ke teman-teman lain, mereka malah excited sekali. Mereka mulai mengabsen teman-teman yang mereka kenal dari kegiatan para ibu dan anak yang pernah mereka ikuti. Regi, Reza, Ahmad, Haris, Abid, Rasyid, Oyyan, Ayyash, dan Karim adalah beberapa nama yang mereka ingat. Meski intensitas pertemuan sekitar 2 bulan sekali, ada bonding kuat di antara mereka karena setiap bertemu, mereka dikenalkan pada kegiatan tim yang menyenangkan. Tak hanya bebas bermain, tetapi bermain yang diarahkan. Maka, tak heran jika bertemu teman-teman spesial ini selalu mereka tunggu. Padahal, di hari minggu biasanya mereka mendapat jatah bebas bermain gawai sebagai hadiah karena telah belajar bersungguh-sungguh di sekolah selama seminggu. Jika acara di luar dikemas menarik, ketergantungan anak pada gadget bisa sangat berkurang, kan?

Binbin yang memang sangat mudah berteman dan berbagi sesuatu dengan teman langsung merasa penting. Dia ingin segera membaginya. Dia semangat sekali mengangkat sekardus susu yang masih penuh. 

“Oh no... tunggu sampai minggu depan ya, Dek...” kata saya. 

Agar mereka senang, saya membiarkan mereka membuka 1 kardus dan membaginya dengan teman-teman bermain di sekitar rumah. Satu kardus ekstra saya simpan untuk mereka berdua. Susu Morinaga Chil-Go! adalah susu favorit mereka berdua.

“Bangga punya mama blogger hebat,” puji Destin. 
“Mamaku sangat hebat,” puji Binbin tak mau kalah. 

Anak-anak kebanggaan saya.... @_@ mereka dengan sukacita berbagi susu. Senang rasanya karena berhasil mendidik anak agar senang berbagi susu Morinaga Chil-Go! yang sangat mereka sukai karena rasanya yang lezat.


Susu Morinaga Chil-Go! adalah susu cair paktis siap minum. Produk susu anak istimewa yang berada di bawah bendera Kalbe Nutritionals atau PT Sanghiang Perkasa. Kalbe Nutritional sangat konsern mengembangkan produk nutrisi berupa makanan dan minuman. Dengan mengusung misi “Kalbe Nutritionals produts in in every home”, semua produk makanan dan minuman mulai dari janin (pra lahir) sampai manula dikembangkan di perusahaan ini. Kita mengenal Prenagen, Lovamil, Milna, Morinaga, dan Zee untuk ibu hamil, menyusui sampai anak-anak. Ada Entrasol, benecol dan Fitbar untuk orang dewasa sampai manula, serta Diabetasol untuk para Diabetisi.  Hampir semua produk akrab di sekitar kita karena memang banyak dipilih keluarga. Daftarlah menjadi keluarga Kalbe dan nikmati aneka keuntungannya.


Meski produsen susu formula dan susu pertumbuhan anak, Kalbe Nutritional melalui Morinaga juga mengkampanyekan 1000 hari pertama kehidupan. Morinaga ikut mendukung program ASI Ekslusif untuk bayi 0-6 bulan dan ASI penuh sampai usia 2 tahun, karena selain terbukti mencerdaskan, juga membuat ikatan ibu dan anak sangat erat. Jadi salah jika dikatakan susu formula akan membuat ibu enggan menyusui. Semua kembali ke komitmen ibu dalam memberikan yang terbaik bagi anaknya. 

Sampai di sini, mungkin Ayah dan Bunda belum tahu, Morinaga mempunyai aplikasi bernama Mommychi yang bisa diunduh tanpa biaya melalui Google Play (Android) dan App Store (iOS)? Fitur unggulan Mommychi yaitu Deteksi Kesehatan Anak dapat digunakan oleh orang tua untuk memantau perkembangan anak secara berkala. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi orang tua karena bisa mempermudah tugas mereka memantau kebutuhan dan perkembangan anaknya. Di dalam aplikasi Mommychi ada  apa saja?


  1. Galeri foto 1000 hari anak dengan template cantik, 
  2. Kalkulator kalender kesuburan, prediksi hari lahir, prediksi tinggi
  3. Direktori kesehatan meliputi daftar rumah sakit, dokter, apotek, dan KALCare
  4. Belanja produk Kalbe di KALBE e-store lebih mudah
  5. Game anak batita,
  6. Musik klasik dan musik anak-anak
  7. Tanya Jawab dokter,
  8. Tutorial umum, seputar kehamilan dan anak.


Selain aplikasi MommyChi di Android dan iOS, ada juga Morinaga MI PlayPlan di dekstop dan laptop. Apa lagi itu? Morinaga MI PlayPlan adalah Rencana Bermain Multiple Intelegence yang dikembangkan oleh Morinaga. Isinya adalah serangkaian rencana bermain, aktivitas harian dan tips yang dapat digunakan oleh para Ayah dan Bunda untuk merencanakan, mengarahkan, dan membantu menstimulasi perkembangan kecerdasan majemuk Si Kecil. Penjelasan lebih lanjut silakan membaca keterangan di gambar. 

Kalbe Nutritional melalui Morinaga juga membuat serangkaian acara seminar dan workshop di bulan November 2015 dengan tema “Siap Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini”. Generasi platinum saat ini akan menjadi generasi penerus bangsa dengan delapan karakter utama yang siap menghadapi masa depan dengan bekal fisik nan sehat, kecerdasan secara intelektual, emosional dan spiritual. Selain seribu hari pertama menjadi masa awal yang tak tergantikan untuk membentuk kecerdasan anak, orang tua perlu menyiapkan banyak bekal untuk Si Cerdas multi talenta ini. Salah satunya adalah susu Morinaga Chil-Go! yang praktis, siap minum, dan rasanya sangat lezat. Semua anak yang meminum susu ini mengakui kelezatannya.

Morinaga Chil-Go adalah susu pertumbuhan anak on the go! yang menggabungkan brain care dan body defense yang akan mendukung si kecil menjadi generasi Platinum multi talenta sehingga dapat menghadapi perkembangan dunia. Sebagaimana kita tahu, dunia anak-anak sekarang sudah sangat jauh berbeda. Kesempatan mereka belajar sangat luas dan kompetitif. Anak-anak harus berusaha lebih keras menaklukkan dunia. Agar dapat mengikuti laju dunia mereka butuh nutrisi tumbuh kembang, nutrisi otak dan pertahanan tubuh ganda.

Morinaga Chil-Go! merupakan inovasi terbaru karena berbentuk susu cair yang siap diminum kapan saja. Kemasannya praktis, dengan ukuran 140 ml sehingga anak bisa membawanya ke mana saja. Botolnya ramping dan masuk ke dalam saku anak. Juga muat di wadah bekal makanan mereka di sekolah. Sangat cocok jika dikatakan Morinaga Chil-Go! Whereever you Go! karena kemana pun anak pergi, dia bisa membawanya serta. 

Kelebihan Susu Morinaga Chil-Go!
  1. Formula platinum. Sinergi nutrisi tepat untuk mendukung pertumbuhan si kecil menjadi generasi premium muti talenta
  2. Kecerdasan multitalenta. Morinaga Chil-Go! dilengkapi dengan Kolin, Zat Besi, Vitamin B Kompleks, Yodium, dan Inositol – vitamin dan mineral penting untuk mendukung kegiatan belajar Si Kecil.
  3. Pertahanan tubuh ganda. Saluran cerna yang sehat membantu penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Morinaga Chil-Go! juga dilengkapi nutrisi seperti Prebiotik Inulin 1000 mg, Zinc dan Kalsium tinggi
  4. Inovasi unggulan. Dukungan Morinaga Research Centre untuk terus menciptakan produk-produk berkualitas.

Keterangan lebih lengkap silakan membaca Susu Cair Untuk Pertumbuhan Anak Usia 1 - 12 Tahun 

Bagaimana? Berminat memberikan susu terbaik bagi anak ini? 


Seperti saya sebutkan sebelumnya, Morinaga Chil-Go! mempunyai Acara Berbagi Morinaga Chil-Go! untuk anak-anak Indonesia. Saya salah satunya wakil dari Jepara yang mendapatkan produk ini gratis. Meneruskan amanah berbagi yang digagas oleh Morinaga Chil-Go!, saya membagikan susu tersebut di acara Play Day for Kids Institut Ibu Profesional Jepara. Maka persiapan acara yang diberi nama Play Day for Kids with Morinaga Chil-Go! pun dimulai. 

Persiapan acara Berbagi Morinaga Chil-Go! yang dibarengkan dengan acara rutin IIPJ ini tidaklah rumit. Kami para ibu-ibu segera rapat di grup WhatsApp secara intens. Pillihan-pilihan lokasi yang menyenangkan anak dipilih bersama. Pilihannya adalah di Perpusda Jepara yang menjadi basecamp IIPJ dan komunitas lain di Jepara, di pantai Prawean, di rumah pengurus, atau di rumah anggota yang ingin rumahnya dikunjungi. Setelah membahas beberapa kemungkinan sekaligus mempertimbangkan pilhan bersama, maka diputuskan, acara Play Day For Kids With Morinaga Chil-Go! diadakan di rumah Bunda Rindha di desa Bandengan Jepara. Desa yang memiliki pantai terkenal di Jepara ini dipilih dengan suara terbanyak karena beberapa ibu memutuskan sekalian mengajak anak berlibur seharian. Jadi setelah acara selesai, mereka bisa meneruskannya dengan wisata bahari di pantai. 

Setelah tempat, maka rangkaian acara, penanggungjawab dan timing dibicarakan. Setelah rapat beberapa kali, maka diputuskan, inilah rangkaian acara Play Day For Kids With Morinaga melalui komunikasi intens di grup WhatsApp. Siapa penanggung jawab setiap bagian diputuskan bersama. Dan inilah rangkaian acarannya:
  • Permainan tradisional
  • Minum susu morinaga child go 
  • Cooking class bahan dasar susu Morinaga Chil-Go!
  • Dongeng bersama bunda chalis

Adapun peserta anak-anak yang ikut adalah Nilna, Reza, Aqila, Haazim, Destin, Binbin, Keyla, Yumna, Rasyid, Falih Ulayya, Nada, Nijam, Nawafi, Qisya, Zafina, Tyas, Aqila2, Launa, Oyyan, Ayyash, Karim, Rahma, Javas, Safiya, Naura, Ridu, Jakhfal, Zidan, Zidni, dan Robyn.

Nah... penasaran dengaan acara Play Day for Kids with Morinaga? Tunggu artikel lengkap saya selanjutnya ya..... acaranya seru sekali..

Share:

45 comments:

  1. aku kudu melu persiapan ben anakku jos!

    anak skrg suka nanya macem2 yg buat org tua mikir. plg tdk kita hrs nyeimbangin pemikiran kita dg mreka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenaaang... kamu cari calon bapaknya dulu dan pastikan calon iman yang baik. ;)

      Delete
  2. Whuaaa ada permainan trdisionalnya. Keren

    ReplyDelete
  3. Nah... penasaran dengaan acara Play Day for Kids with Morinaga? Tunggu artikel lengkap saya selanjutnya ya..... acaranya seru sekali

    - Iya jadi penasaran - heheh
    salam sukses selalu mbak

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Asyik.. silakan baca posting berikutnya ya mbak

      Delete
  5. waaa pasti seru nih acaranya, ada lombanya :)

    ReplyDelete
  6. Waaaahhh, infonya menarik sekali dan sangat bermanfaat :) Terimakasih sudah share :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak. Semoga banyak yang mendapat manfaatnya

      Delete
  7. nunggu play datenya ach, ada acara dongengnya pula

    ReplyDelete
  8. Wawww...seru nih mbak, anak-anak paling suka acara seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. acara ini oleh anak-anak dan untuk anak-anak

      Delete
  9. Waaaa sukses ya, Mbak, acaranya! :)

    ReplyDelete
  10. anak-anak yang tumbuh sehat dan hebat juga berkat peran serta orang tua yang bijak dan selalu memberikan hal terbaik, salut deh untuk mbak Susi dan susu andalannya :) jadi pengin donlot aplikasi momychi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mbak. peran orang tua sangat penting. Ibu adalah gurunya, ayah adalah kepala sekolahnya. semua harus berusaha terbaik bagi anak

      Delete
  11. Ada aplikasinya juga ya Mba? Pas banget ya untuk membangun karakter anak2 sejak usia dini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Saya sudah cobain aplikasinya

      Delete
  12. Wah keren banget deh planning acaranya bikin penasaran dengan liputannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak Ernawati. Monggo dibaca di posting berikutnya

      Delete
  13. baru tau ada aplikasinya jg mbk, jd pgn nyobak nih

    ReplyDelete
  14. Wah, di Pemalang jarang banget acara beginian. Padahal anak-anak pasti suka banget diajak rame-rame dan berkreasi seperti ini. Btw, bapak-bapak pake aplikasi Mommychi manfaatnya apa ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. manfaatnya tetap sama seperti ibu-ibu Pak, jika memang dipakai sesuai kebutuhan. malah lebih bagus kalau bapak-bapak ikut aktif memantau perkembangan anak

      Delete
  15. Waaah seru ini pasti acaranya ya :D

    ReplyDelete
  16. penasaran banget mbak. clueya aja sudah seru gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik... silakan lanjut ke posting setelah ini ya

      Delete
  17. Wow..komplit banget infonya.
    Acaranya juga sangat keren. Semoga sukses ya mbak Susi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Terima kasih Mbak Sofy

      Delete
  18. Wow..komplit banget infonya.
    Acaranya juga sangat keren. Semoga sukses ya mbak Susi..

    ReplyDelete
  19. Ibu2 yg hebat ya di IIPJ. Anak2nya pun jadi hebat.
    Bentar ah mau ngintip postingan di sebelah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik.... anggota IIPJ itu susah dilepas dari anaknya. Kalo kegiatan pasti bawa anak

      Delete
  20. produk baru dari morinaga ya mbak ? pasti enak nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget Mbak... saya suka bangeeeettt..... ups....
      hahahaha.... gak cuma anak-anak yg doyan... seluruh rumah doyan banget.
      Susu favorit anak ini

      Delete
  21. waaah serunya, seneng kalau bisa lihat anak-anak bisa senyum dan bebas bermain kayak gitu. apalagi kalau ada lombanya, semoga makin banyak anak Indonesia yang masih bisa menikmati mas tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah misi kami mbak, membiarkan anak bebas dan tersenyum ceria di antara tugas sekolah mereka yang wow kadarnya

      Delete
  22. Wah keren... sayangnya sy belum "beranak", jadi yaahh buat simpanan saja tulisan di atas... salam kenal

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra