Merajut Bekal Masa Depan Anak Dengan BMD Chil-Go!

Seperti ibu-ibu yang lain di dunia ini, saya ingin menyiapkan Bekal Masa Depan anak. Saya berusaha merajut jaring-jaring investasi dengan harapan kelak berguna bagi masa depan anak. Saya tidak tahu seperti apa kondisi dunia di masa depan. Apakah akan ada mobil terbang? Apakah apa yang ada di film science fictions akan terjadi? Saya tidak tahu. Satu hal yang saya tahu, yaitu tak mungkin sama seperti saat ini. Sebagai generasi X, saya mengalami beberapa perubahan zaman yang cukup signifikan. Beberapa revolusi terjadi. Apa yang akan terjadi pada anak saya kelak? Begitu pertanyaan saya di kala membayangkan masa depan. Saya tidak bisa menebaknya. Saya hanya bisa berharap bisa menemaninya melewati zaman. Jika takdir saya habis sebelum masanya, minimal anak sudah punya jaminan dana di masa depannya.

Once you are a parent, you are the ghost of your children’s future.

Begitulah salah satu percakapan dalam film Interstellar. Film tentang akhir dunia dan upaya seorang bapak menyelamatkan anaknya sekaligus dunia. Banyak dialog cerdas di film ini. Salah satunya, “Ketika kamu menjadi orang tua, kamu adalah hantu di masa depan anak.” 
Siapkah kita membuat anak mendapatkan sinyal-sinyal penting yang kita berikan? Apapun kondisinya, hanya ada satu jawaban; SIAP! 

Merajut Bekal Masa Depan Anak
Merajut bekal masa depan anak, bagaimana caranya?
Merajut Bekal Masa Depan anak, itulah yang bisa saya lakukan agar anak bisa melalui masa depannya dengan baik. Asupan gizi, kasih sayang, dan pendidikan dasar menjadi investasi tubuh, mental dan spiritual anak. Pun demikian dengan kebiasaan membaca dan menulis yang menjadi investasi masa depan. Agar lebih sempurna, jenjang pendidikan di sekolah dijadikan pijakan dalam mencari atau menciptakan pekerjaan kelak. Anak perlu beberapa kemampuan dasar agar sukses di masa depan yaitu: kemampuan menjual sesuatu, kemampuan berkomunikasi, kemampuan interpersonal, kemampuan coding, kemampuan mengatur rencana, keberanian mencoba hal baru, kemampuan mencari solusi, dan lain-lain. Namun semua itu belumlah cukup. Karena lagi-lagi, masa depan anak tidak bisa kita tebak. Maka saya butuh satu lagi investasi yang sama pentingnya dengan semua investasi yang saya sebutkan di atas, yaitu: DANA. 

Coba simak cerita para ibu di bawah ini.


Dana adalah investasi paling krusial, di era apapun. Makanya, jangan heran jika produk asuransi pendidikan banyak diminati orangtua. Saya pun berusaha menyimpan dana pendidikan untuk Destin dan Binbin. Setiap bulan, sejumlah dana di-autodebet dari tabungan untuk asuransi pendidikan. Bagaimana caranya agar dana autodebet selalu ada, itu menjadi cerita tersendiri. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Siapa tahu kelak menjadi gunung. Takdir kita, Allah yang menentukan, kita hanya bisa berupaya sebaik yang kita bisa. 

Baru-baru ini saya punya satu informasi mengenai program Bekal Masa Depan dari Morinaga Chil-Go! disingkat BMD Chil-Go! yang bisa diikuti. Caranya sangat mudah. Coba perhatikan infografis di bawah ini.

Mekanisme program BMD Chil-Go!
Mekanisme program BMD Chil-Go!

Mekanisme Program BMD Chil-Go!

1 Beli minimal 6 botol susu Morinaga Chil-Go! Secara online atau offline.

2. Cara Membeli: 
    #Cara online : Beli di Kalbe e-store atau Orami by Bilna.
    #Cara offline : Beli di toko/outlet dari daftar yang ada di sini.

3. Dapatkan kode unik
    #Cara online : Langsung mendapatkan kode unik dan bisa segera gabung di 
      BMD Chil-go
    #Cara offline: Kirimkan struk pembelian dan formulir pendaftaran
   
[Formulir yang dapat diunduh di tombol download kit. Isi Formulir dan kirimkan struk pembelian Kirim ke PT Bounche Indonesia Thamrin Office Park AA03-AA05 Jl. Boulevard Teluk Betung - Jakarta 10240. Pengiriman struk maksimal 5x24 jam setelah pembelian. Kode unik akan dikirimkan melalui sms dan email. 1 kode unik bisa untuk mendaftarkan satu ide dan cerita.]

4. Men-submit ide atau cerita dengan menggunakan kode unik yang ada (cara online maupun offline)

5 Bagikan cerita di media sosial facebook dan twitter

Caranya mudah, kan? Apa saja hadiah BMD Chil-GO!?

Hadiah total senilai 3 Milyar dari Bekal Masa Depan Morinaga Chil-go
Ada total hadiah 3 milyar untuk program Bekal Masa Depan yang berupa Dana Asuransi Pendidikan dan ribuan hadiah hiburan. Rinciannya adalah sebagai berikut:
1 Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,-
1 Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000,000,- 
1 Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,- 
35 kardus susu Morinaga Chil-go! berisi 36 botol per kardus
1000 voucher Bilna senilai Rp 200.000,- (khusus kategori mainan anak)
1000 tempat bekal makan exclusive dari Morinaga
1000 tiket Jungle Land

Kesempatan memenangkan hadiah BMD Chil-Go! sangat besar.

Jangan panik. Program ini berlangsung sampai akhir 2016 dengan pembagian 3 priode, yaitu: 
Periode 1 (1 Juli 2016 – 31 Agustus 2016) yang akan diumumkan pemenangnya pada tanggal 14 September 2016 
Periode 2 (1 September 2016 – 31 Oktober 2016) yang akan diumumkan pemenangnya pada tanggal 14 November 2016 
Periode 3 (1 November 2016 – 31 Desember 2016) yang akan diumumkan pemenangnya pada tanggal 31 Januari 2017. 

BEKAL MASA DEPAN CHIL-GO! merupakan program promo produk Chil-Go! bagi para orang tua untuk dapat berbagi stimulasi dan ide kreatif dalam mengembangkan Kecerdasan Majemuk Si Kecil sehingga menjadi Generasi Platinum. Morinaga Chil-Go! akan memilih 9 orang pemenang hadiah utama dan 3.035 orang pemenang hadiah hiburan selama periode program berlangsung. Asuransi dana pendidikan tuk anak

Menyiapkan Bekal Masa Depan Binbin dengan BMD Chil-Go!
Berbekal keyakinan, in sya Allah bisa menjadi salah satu pemenang, saya mendaftarkan Si Bungsu Binbin yang saat ini berusia 8 tahun. Besar harapan saya bisa mendapatkan hadiah Asuransi Pendidikan sehingga persiapan Bekal Masa Depannya akan semakin banyak. Saya bagikan tata cara mengikuti program Bekal Masa Depan, siapa tahu bermanfaat.

Pertama, saya mendaftarkan diri ke www.BekalMasaDepan.com.
Mendaftarkan diri dulu
Kedua, saya membaca-baca dulu aneka tips dan 8 jenis Kecerdasan Majemuk atau Multiple intelligence yang dipetakan oleh Profesor Howard Gardner. Jangan khawatir, sudah ada di situs BMD Chil-Go! kita tinggal mempelajarinya.

Pertama, memetakan kecerdasan majemuk anak agar tahu yang perlu distimulasi lebih banyak
Ketiga, saya mempelajari ide-ide yang sudah didaftarkan. Saya tidak ingin menulis ide yang sama.
Mempelajari galeri ide yang sudah ada
Keempat, saya membeli 6 botol susu Morinaga Chil-Go! di minimarket terdekat. Saya men-download formulir yang disediakan. Saya cetak dan isi dengan benar lalu mengirimkan ke PT Bounche Indonesia beserta struk pembelian. 

Mengirimkan bukti pembelian dan formulir pendaftaran
Kelima, sembari menunggu kode unik dikirim melalui sms dan email, saya mempelajari kecerdasan majemuk apa yang paling dominan pada Binbin. Saat ini saya punya 2 kode unik untuk 2 cerita (karena anak saya dua), tetapi di sini saya menjelaskan untuk Si Adik dahulu. Saya memakai bantuan http://www.morinagamiplayplan.com agar lebih tepat memilih tipe kecerdasan. Tentu saja Ayah Bunda bebas memilih kecerdasan tanpa memakai cara saya.

Agar yakin, saya mengidentifikasi kecerdasan majemuk Binbin dahulu.
Keenam, log in ke www.bekalmasadepan.com menggunakan email yang telah kita daftarkan, lalu masukkan kode unik untuk mulai membagi ide dan cerita.

Memasukkan kode unik setelah semua siap

Ketujuh, saya mulai menuliskan ide, cerita dan foto (serta video jika ada).

Saya menyiapkan sebuah foto
Ide dan cerita yang baik menurut saya adalah:
1. Ide dan cerita untuk membantu mengasah kemampuan anak berdasarkan 8 kategori Kecerdasan Majemuk. Satu cerita berdasarkan satu kecerdasan. Pilih foto dan video untuk mendukung cerita
2. Buat judul yang menarik dengan ketentuan: Maksimal 2 kata atau maksimal 120 karakter. 

3. Tuliskan cerita atau ide dengan menarik. Bisa memakai 5W1H agar cerita runtut. Usahakan ada ide nyata di dalamnya agar mudah diikuti. Saya memakai kerangka pertanyaan di bawah ini:
a. Siapa yang distimulasi? 
b. Apa idenya?
c. Mengapa?
d. Bagaimana melakukannya?
e. Kapan waktu yang tepat? 
f. Dimana tempat yang tepat?
Tidak harus urut, yang penting runtut dan lengkap. Jangan lupa, maksimal 2000 karakter. Sekitar 250-275 kata.


4. Masukkan foto dan tautan youtube (video) jika ada.
5. Cerita berhasil dikirim, dan tunggu diverifikasi dahulu. 


Kedelapan, sembari menunggu verifikasi, saya menyiapkan cerita kedua  dan selanjutnya dengan lebih baik. Saya mencoba tips di atas dari awal dan menyiapkan beberapa stimulasi agar bisa ikut lebih banyak lagi.

Ide saya berjudul Bintang Cemerlang sudah tayang

Alhamdulillah, saya sudah mengikuti program Bekal Masa Depan Morinaga Chil-Go! Saya siap mengikuti lagi karena masih ada kode unik yang berlaku sampai satu bulan ke depan. Setiap kode unik memang berlaku selama 30 hari, jadi kita memiliki banyak waktu untuk menyiapkan cerita atau ide tanpa diburu waktu. Yang perlu diwaspadai adalah tanggal pembelian. Segera kirimkan struk pembelian agar bisa segera diverifikasi. Masih ingat batas waktunya 5x24 sejak pembelian? 

Karena masih memiliki kode unik yang belum terpakai dan ingin lebih siap membagikan ide. Maka, saya mencoba membuat stimulasi untuk kecerdasan yang lain. Di atas, saya menceritakan bahwa kecerdasan Binbin yang menonjol adalah kecerdasan interpersonal. Maka saya mencoba menstimulasi kecerdasan lain. Apa saja?

Simulasi kecerdasan menggunakan permainan ala Susindra

1. Bermain pianika untuk kecerdasan musikal
Untuk kecerdasan musikal, saya mengenalkannya pada alat musik sederhana, yaitu pianika. Binbin memakai not-not lagu pilihan drumband Destin. Apalagi tahun ini Binbin mulai dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Drumband di SD yang sama.

bermain pianika untuk simulasi kecerdasan musikal

2. Bermain monopoli untuk kecerdasan logikal-matematis, linguistik, interpersonal dan intrapersonal
Kami menyediakan permainan monopoli untuk Destin dan Binbin agar tidak terlalu sedikit menonton TV dan bermain game di laptop atau HP. Cara ini cukup ampuh karena selain bermain berdua, adakalanya saya ikut bermain. Mungkin permainan sederhana, tetapi sangat bermanfaat. Ada 4 kecerdasan yang bisa diasah melalui permainan ini yaitu: Logikal-matematis, linguistik, interpersonal dan intrapersonal. Apalagi jika dimainkan bersama orangtua. 

Bermain monopoli menstimulasi beberapa kecerdasan sekaligus mengakrabkan keluarga
3. Bermain gundu untuk kecerdasan kinestetik dan visual-spasial
Permainan khas anak laki-laki lainnya seperti gundu, ternyata memiliki peran penting dalam mengasah kecerdasan kinestetik dan visual-spasial. Bermain gundu membutuhkan kemampuan untuk menguasai permainan dan strategi memenangkannya.

Bermain gundu? Siap! Binbin punya ratusan gundu hasil menang bermain
4. Bermain mobil-mobilan untuk kecerdasan linguistik (bercerita dan berimajinasi) 
Sekilas, permainan mobil-mobilan mungkin terlihat hanya sebatas pleasure, tetapi sebenarnya memiliki manfaat untuk melatih kecerdasan linguistik karena saat bermain biasanya anak sambil bercerita tentang khayalannya melewati perjalanan panjang. 

Bermain mobil-mobilan juga bisa menstimulasi kecerdasan anak
5. Bermain di alam terbuka untuk kecerdasan naturalis
Adakalanya saya dan suami mengajak anak jalan-jalan ke suatu tempat yang dekat dengan alam. Kami menyebutnya ekspedisi agar terdengar keren bagi anak. Bukan sembarang sebutan karena biasanya harus dilalui dengan cara berjalan susur hutan selama 1-2 jam menuju air terjun tersembunyi. Ada beberapa ekspedisi yang telah dilakukan Destin dan Binbin yaitu ekspedisi air terjun Banyu Anjlok, ekspedisi air terjun Sumenep, ekspedisi air terjun Colo, Rahtawu, dan in sya Allah Minggu tanggal 7 nanti ke Candi Angin di kaki gunung Muria via desa Tempur. 



Membuat dan bermain dengan kreasi sendiri

Rumah saya berada di Jepara, sentra kerajinan lemari ukir. Tepatnya di desa Kecapi kecamatan Tahunan Jepara. Bahan berupa sisa kayu melimpah. Anak-anak terbiasa memakai palu, paku, lem dan gergaji kecil. Mungkin tidak lazim di kota lain, tetapi begitulah di sentra-sentra pembuatan mebel. Anak-anak lahir dengan bakat orangtuanya. Contohnya Si Alby, anak seorang tukang kayu di dekat rumah yang bisa menggunakan gergaji dengan cukup baik di usia 2 tahun.


Sejak kecil, suami saya senang membuatkan permainan dari sisa kayu. Si kecil juga sudah terbiasa membawa pulang potongan-potongan kayu. Jadi jangan heran jika Destin dan Binbin membuat sesuatu dari kayu, paku, palu dan gergaji. Alat berlatih berjalan Destin dan Binbin berupa truk mini buatan suami yang bisa didorong atau dinaiki anak. 

Baru-baru ini, anak dan bapak Susindra membuat mobil-mobilan dari sisa kayu. (Kapal-kapalan dari sisa kayu buatan suami)


Yap! mobil-mobilan dari kayu! Destin, Binbin, dibantu ide oleh papa mereka membuat sebuah mobil bermain sederhana. Bahan yang dipakai adalah sisa kayu yang ada di sekitar rumah. Ditambah sandal jepit bekas, karet gelang, dan bekas pulpen/spidol (untuk roda), jadilah sebuah mobil-mobilan. Agar lebih asyik, kami membawanya ke pantai Prawean untuk difoto-foto. 

Membuat kapal-kapalan dari kayu
Kapal yang ini sebenarnya sisa ekspor ke Perancis beberapa waktu lalu. Suami yang kreatif mendapat pesanan berupa kapal mini yang harus bisa bergerak di laut tanpa terbalik dan tidak bocor. Proses pembuatannya cukup unik, karena mengadopsi cara pembuatan kapal yang sebenarnya. Bedanya ada pada bahan. Kapal sebenarnya menggunakan bahan kayu jati, sementara kapal-kapalan ini bahannya dari sisa kayu mahoni yang dipotong 5 mm. Suami sengaja membuat kapal lebih untuk bermain Destin dan Binbin.

Pinjam foto dari toko yang memesan

Saatnya bermain di pantai! 

Sore yang menyenangkan. Kami kembali bermain di pantai. Tentu saja membawa serta susu kesukaan Destin dan Binbin. Satu kardus habis dalam 1 minggu. Luar biasa, dua anak ini. Morinaga Chil-Go! memang susu praktis siap minum. Wherever you go!, ada Chil-Go!

Bermain mobil-mobilan kayu di pantai

Bermain kapal-kapalan di tepi laut
Ah, Morinaga Chil-Go! memang paling tahu yang dimau semua orangtua dan anak. Terima kasih sudah memproduksi susu cair siap minum untuk anak-anak, Chil-Go!


Oh, ya, Morinaga Chil-Go! adalah salah satu produk bermutu dari Kalbe Nutritionals. Sebuah corporate brand identity yang berkomitmen menghasilkan produk-produk nutrisi berkualitas terbaik. Misi utamanya adalah "We provide wellness to millions". Untuk itu, selain bergandengan tangan dengan brand lokal, Kalbe Nutritionals juga menggandeng perusahaan nutrisi terkemuka di dunia seperti Morinaga Milk Industry Co. Ltd (Jepang) dan BENECOL (Finlandia). Untuk pelayanan terbaik, selain tersedia di toko/outlet terdekat, kita juga bisa membeli langsung dengan harga lebih murah dan gratis ongkos kirim di Kalbe e-store. Memiliki pertanyaan yang butuh jawaban cepat? Ada layanan Kalbe Customer care di 0800-140-2000 (bebas pulsa).
Logo Kalbe Nutritionals
Tak terasa, saya sudah bercerita sangat banyak. Saya semangat sekali menyiapkan dan mencari-cari ide untuk saya bagi di BekalMasaDepan.com demi mendapatkan hadiah total senilai 3 milyar rupiah. Saya akan mencoba mengembangkan lebih banyak ide agar bisa ikut lebih banyak agar kesempatan men-submit ide terbaik tetap dapat saya manfaatkan. Terima kasih sudah membaca kisah saya ini. Semoga bermanfaat. 

Jangan lupa ikut program Bekal Masa Depan dari Morinaga Chil-Go! untuk memenangkan hadiah asuransi pendidikan senilai total 3 milyar rupiah. Jangan lupa, ada 3035 hadiah hiburan. Jika bukan kita yang berupaya merajut bekal masa depan anak, siapa lagi? 

Jangan lupa mengikuti media sosial Morinaga Platinum agar mengetahui promo-promo terbaru dan tips kreatif menstimulasi kecerdasan anak.

Twitter: @Morinagaid 
Instagram: @MorinagaPlatinum

Terima kasih, Morinaga Chil-Go!

Share:

81 comments:

  1. Tutorialnya lengkap bingits. Semoga dapat yg 500jeti ya, mbake.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Semoga Mas Nuz. Maturnuwun ya

      Delete
  2. Wah ini ya runut dan jelas, btw aku kok ngeri ya mbak lihat Alby pegang geraji. Dia grogi tu dishooting malah jadi kurang fokus sama gergajinya. Awaaas Alby!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe.... lingkungan sangat membentuk anak Mbak. Brak pembuat mebel brada di sekitar rumah. Jadi memang anak-anak Jepara terlahir dengan gen itu. Cuma mengamati saja sudah tahu cara menggergaji dengan baik.

      Delete
  3. Aku suka ide ekspedisinya, Mbak. Biar anak terlatih traveling sejak kecil dan lebih dekat dg alam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak Rindang. Saya punya blog khusus traveling ke alam, dan mereka lebih sering ikut karena memang kami latih begitu

      Delete
  4. Agak-agak ngeri liat anak kecil bermain dengan benda tajam gitu. Tapi rasanya itu malah lebih baik daripada yang kecanduan megang gadget. Toh tetap ada orang dewasa yang ngawasin pastinya kan ya? :)
    Semoga mbak Susi berhasil jadi juara ya, dan punya tambahan asuransi pendidikan buat anak-anaknya. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamiin

      Iya Mbak, jika tidak biasa tentu ngeri. Tapi kembali lagi, itu identitas anak sini. Anak2 saya senang membuat permainan dari kayu sederhana di samping rumah.

      Delete
  5. Jadi tahu program Bekal Masa Depan, makasih infonya, Mbak Sus.
    Semoga kita bisa menjadi orangtua yang bijak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama...
      Semoga bermanfaat dan menang ya. Sama-sama menyemangati

      Delete
  6. Gundunya banyak, bagi2 donk hehehe

    Btw, seneng ya bapaknya kreatif, gak perlu beli2 mainan mahal utk stimulasi anak. Yg penting fungsional dan anaknya seneng :D

    TFS Mbak Susi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Hasil menang permainan Gundu itu Mbak. Permainan di desa.

      Delete
  7. Informasi yang lengkap mbak, kreativitas anak dibina sejak kecil ya mbak, semoga perbekalan yang disiapkan orang tua cukup untuk sih kecil. Hadiahnya wiiih banget hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Iya Mbak. Kami ingin mereka mengenal kreativitas dan permainan masa kecil. Jadi adakalanya kami membawa mereka pada kenangan kami lalu mewujudkannya bersama. Tembak2an dari daun pisang, berlari mengejar ban,dan mobil dari kulit jeruk bali, masih banyak lagi.

      Delete
  8. Terima kasih mbak susi atas info yang lengkap banget tentang anak. Semoga bisa dijadikan sebagai pembelajaran ketika saya sudah punya anak nanti *padahal kuliah saja belum* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha.... bisa buat keponakan Mas.

      Delete
  9. terima kasih Mba Susi atas informasinya. Ini menjadi masukan yang berharga bagi saya agar dapat mempersiapkan bekal untuk anak di masa depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas Adi. Mari kita siapkan bekal masa depan anak kita

      Delete
  10. Jadi orang tua emang ga mudah ya mba susi, semula pikiranku, kalau nanti Punya anak ya penuhi kebutuhan pendidikannya, dan ternyata pendidikan itu tak sesimpel masuk sekolah tok. Harus belajar dari beragam permainan dan lingkungan sekitar juga ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Tapi kembali ke orangtua itu sendiri. Mau dibawa ke mana anaknya

      Delete
  11. Informasi yang sangat berharga sekali mbak ini :) makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama Mas Didik. Ayo dipakai informasinya

      Delete
  12. Huaaaa, artikelku belum beres yang ini. Sibuk ngurus anak sekolah,

    Tapi emang yang bmd ini pas banget buat pola asuh kita terhadap anak. Saya malah udh nyiapin ide bikin prakaryanya. Artikel intinya mah belum.. duh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Makyul. Siapkan yg terbaik ya

      Delete
  13. Itu kapalnya bs jd bisnis si kecil jg lho. Sayang blm bs ikut progamnyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang bisnis sampingan Ji. Bikin buat ponakanmu to

      Delete
  14. Ini yang dibilang cerita yang head to toe. Beneran lengkap dan jelas serta terang. Luar biasa sekali. Bagi ibu ibu yang memiliki buah hati mesti ikutan ya mbak sus. Luar biasa.

    Sungguh ibu yang berdedikasi tinggi. Bravo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ikut Mas Dodon. Kesempatan menangnya banyak

      Delete
  15. Ini yang dibilang cerita yang head to toe. Beneran lengkap dan jelas serta terang. Luar biasa sekali. Bagi ibu ibu yang memiliki buah hati mesti ikutan ya mbak sus. Luar biasa.

    Sungguh ibu yang berdedikasi tinggi. Bravo

    ReplyDelete
  16. Semoga dapat hadiahnya ya, mbak. Kayaknya adik anaknya aktif dan kreatif ya, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      Alhamdulillah Mas, mereka cukup kreatif bermain. Kami tetap membelikan permainan modern, agar mengimbangi permainan teman dan tidak gumunan (mudah terkesima)

      Delete
  17. Mbak Susindra kreatif banget, ya. Suka banget sama semua stimulasinya. Favorit yang nomor tiga! Hehehe. Pengin deh bisa nulis selengkap ini. Keren banget, Mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah terima kasih Mbak. Iya nih, anak2 senang main gundu

      Delete
  18. jadi orang tua memang harus siap ya mbak, apapun alasannya dan bagaimanapun mungkin rumitnya. saya belum punya anak cuma bisa memahami besarnya tantangan menjadi orang tua. harus belajar dari mbak susi juga nih saya sepertinya, buat persiapan kelak saat jadi ortu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus Mbak. Kita memegang kunci masa depan mereka sampai saatnya diserahterimakan pada mereka. Tentu kita ingin anak bisa membuka lebih banyak kunci, bukan?

      Delete
  19. Saya generasi Y dong :-D Iya ngeliat perkembangan dunia, jadi takut juga. Tapi tenang sih, hawong pepatah bilang "Tiap anak punya masanya sendiri".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mas. Tiap anak punya masanya sendiri. Kita tak bisa mencegah, hanya bisa menyiapkan

      Delete
  20. lengkap bgd mbk susiiiiii...
    kreasinya anak2 kece2 y mbk,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Agar lebih jelas dan banyak yg ikut BMD CHIL-GO!

      Delete
  21. Jadi berpikir, apa yang sudah saya siapkan untuk masa depan anak-anak? Ulasannya lengkap banget, mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo diingat2 mbak. Demi anak lho. Mereka pemegang kunci masa depan bangsa

      Delete
  22. Inspiratif sekali mbak.
    Semoga binbin dan destin bisa dapat asuransi pendidikannya.

    ReplyDelete
  23. wah bisa jadi masukan nih bekal asumsi minuman susu buat anak kecil

    ReplyDelete
  24. Keren banget, aku daritadi bacanya sambil manggut-manggut. Semoga sukses ya Mbak Sus, biar Binbin punya banyak investasi untuk masa depannya. :)

    ReplyDelete
  25. Walau belum menikah dan punya anak, saya suka jika membaca tulisan-tulisan seputar parenting atau pun dunia anak. Itung-itung belajar hehehehe

    ReplyDelete
  26. Pas ketemu dan ngobrol sama Mbak Susi, aku suka banget cara mendidik anaknya. Travelling ke tempat2 terpencil menemukan air terjun yang tersembunyi, sambil glesot2 kepleset lumpur ya, Mbak. Hehe
    Plus ngajak anak nongkrong di perpus daerah sembari berbagi ilmu buat para calon penulis/blogger hebat.
    Eh, ternyata masih ada kejutan2 lain di sistem pendidikannya mbak susindra. Salut!
    Btw, diajarin bilingual juga ga mbak? Mbak susi kan pinter bahasa Perancis dan Inggris :D

    ReplyDelete
  27. Wah dari kecil udah dilatih kreatif bikin mainannya sendiri, semoga menang ya mbak, iya betul sedari kecil harus dibekali ilmu kreatif dan mandiri.
    Dan Jepara kan kota ukir, bisa juga nih ya mbak,destin dan binbin nanti diajari teknik ukir juga, biar ilmu kreatif nya makin lengkap.. tutorialnya lengkap bgt mbak .. Semoga menang mbak

    ReplyDelete
  28. 1. Semoga menang ya mbak susi dan binbin :)
    2. Aku jadi penasaran nama lengkap binbin hehehe. Namanya bagus mbak.
    3. Ponakan aku juga minumnya susu chilgo, tapi ibunya malah nggak tau mungkin ada program ini. Coba aku ijin share ya mbak :) terimakasih mbak tulisannya sangat informatif dan lengkap!

    ReplyDelete
  29. ya ampuun mba, itu usia 2 tahun udah bisa ngegergaji? tapi harus diawasi oleh orangtuanya ya...

    ReplyDelete
  30. Woalaahh, padahal istri saya kerja di Kalbe, tapi hanya sekali dua kami beli susu di kalbe e-store.

    Secara harga emang bersaing sih. Terima kasih mbak susi, rasa-rasanya saya harus menginformasikan hal ini ke istri

    ReplyDelete
  31. lengkappp, bacanya enak.
    makasih infonya mba. tutorialnya jg komplit.

    gudlak mbaaa ��

    ReplyDelete
  32. Wah, aku mah langganan beli di kalbestore. Soalnya aku males ke luar dan harganya lebih murah ahhaa

    ReplyDelete
  33. Aku kok fokusnya ke foto ya? Hehehe.. Sekarang kalbe udah ada onlinestorenya, lebih enak belanja :)

    ReplyDelete
  34. hiks. kalbe...
    i've somethin memory. hahaha.

    eh tapi chil go ini bisa di minum sama orng dewasa ngga sih mba?

    ReplyDelete
  35. Wah lengkappp. Semoga menang mbak susi. Manteeeppp

    ReplyDelete
  36. hebat kak sejak kecil udah diajak traveling semoga jadi menambah wawasan si kecil :)

    ReplyDelete
  37. Penasaran sama kapalnya saya mbak :)

    Keren, lengkap banget tulisannya Mbak. Semoga sukses Mbak

    ReplyDelete
  38. Penasaran sama kapalnya saya mbak :)

    Keren, lengkap banget tulisannya Mbak. Semoga sukses Mbak

    ReplyDelete
  39. Memang tugas kita selaku orang tua, untuk merajut masa depan anak, ya, Mbak. Kita yang harus menstimulasi kecerdasan yang dimiliki oleh anak.

    ReplyDelete
  40. keren dan lengkap tulisannya Mba Susi *jempol*
    suka sama mainan dari kapal-kapalnya :)

    ReplyDelete
  41. Keren mbak dan detail banget, jadi tertarik ikutan bekal masa depan chilgo...

    ReplyDelete
  42. Salfa punya Pantai mini aja nih. Bukan Pantai beneran. Salfa baru 2 tahun jadi belum bisa diajak buat prakarya yang njlimet nih, suka ga sabar

    ReplyDelete
  43. Tulisannya lengkap banget mbak. Berapa lama ya mikir ide dan ngetiknya. Kalau aku mah merenungnya lama, keluarnya singkat, setelah diedit jadi tambah ringkas lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah butuh waktu seminggu Mbak. Kalau posting lomba memang tak bisa jadi sekali dudukan karena diplot dulu

      Delete
  44. Lengkap banget mbakk susi..semoga menang yak hehheh

    ReplyDelete
  45. Belum ounya anak jadi belum begitu paham. Tapi ini tulisannya top to toe sekali mbak, lengkap dan detail. Dan saya pernah cobain minuman ini juga enak ahahaha. Padahal buat anak kecil tapi nyoba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka banget. Hahaha....
      Terima kasih ya Uni

      Delete
    2. Aku juga suka banget. Hahaha....
      Terima kasih ya Uni

      Delete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra