Apar, Alat Pemadam Kebakaran Rumahan: Harga Apar dan Tips Penggunaannya

Saat ini, apar atau atau alat pemadam kebakaran menjadi benda wajib punya di metropolitan. Rapatnya rumah di ibukota membuat risiko kebakaran cukup besar. Terutama sekali ketika menjelang liburan. Rumah susun pun tak kalah besar risikonya. Namun tak hanya rumah padat yang berisiko tinggi kebakaran. Rumah normal di lingkungan normal pun memiliki risiko yang sama, meski besarnya berbeda. Apakah hanya di kota besar saja? Tentu saja tidak.


Tipikal man zaman now yang  merasa butuh banyak alat elektronik, membuat colokan semakin padat. Beragam alat elektronik menjadi daftar harus punya atau malah sudah punya. Dan mereka ini, jika disurvey, lebih banyak berada di luar rumah pada waktu kerja. Memang, tuntutan pekerjaanlah yang membuat mereka ingin kehidupan serba praktis, sehingga membutuhkan mesin cuci, penanank nasi, pemanggang kue, dan masih banyak lagi. Bahkan alat kecil seperti hair dryer atau sauna elektrik pun jadi must have things. Terbayang, kan, crowded-nya rumah dengan alat elektronik?

Mengingat tingginya risiko kebakaran di kehidupan sehari-hari, apar atau alat pemadam kebakaran sudah menjadi peralatan wajib di rumah tangga. Tak hanya rumah yang membutuhkan apar, kantor-kantor besar dan kecil pun sangat butuh. Fungsi utamanya, tentu saja untuk memadamkan api yang dapat menyulut terjadinya kebakaran. Alat ini dapat segera memadamkan api dan atau meminimalisir resiko kebakaran.

Apar sudah diproduksi dalam bentuk compact dan dijual oleh beberapa distributor resmi.  Penjualannya bisa secara online dan atau konvensional. Umumnya dalam bentuk tabung. Nah, jika kesulitan membeli secara langsung di toko, seperti saya yang tinggal di kota kecil, membeli secara online sangat disarankan. Harga APAR cukup bervariasi, tergantung ukuran dan jenisnya. Kalau menyebut angka, berkisar dua ratus ribuan sampai satu jutaan. Secara umum, ada 2 jenis apar yang bisa dibeli untuk kelas rumahan, dan didasarkan pada pada sistem pengoperasiannya.

Jenis APAR :
Tabung APAR Cartridge system, merupakan jenis tabung pemadam kebakaran yang memiliki bagian terpisah antara cairan pemadam kebakaran dengan gas pendorong dari cairan tersebut.
Tabung APAR Stored Pressure System, yang merupakan tabung pemadam kebakaran yang memiliki bagian media menjadi satu, dimana cairan pemadam dan gas pendorong menjadi satu.


Kalau mau membeli apar secara online, saran saya, kamu sebaiknya membeli di situs belanja online terpercaya di Indonesia. Di situs ini sudah ada beragam peralatan pemadam kebakaran. Kamu bisa mencari penjual yang memberikan harga termurah atau kualitas terbaik. Kamu tetap akan mendapatkan sertifikat resmi alat pemadam kebakaran karena memang asli dan dijamin keamanan dan ketahanannya.

Ketika membeli apar, saya sarankan kamu memilih jenis APAR dengan sistem pengoperasian stored pressure system. Jenis ini lebih mudah digunakan, karena hanya menekan panel tertentu saja. Ketika ada api yang tak diinginkan, cukup tekan panel untuk mengeluarkan cairan khusus pemadam kobaran api. Api besar pun bisa diredam oleh tabung APAR yang satu ini.

Saran lainnya adalah, perhatikan bentuk tabung APAR yang Kamu pilih. Belilah tabung apar tanpa sambungan ataupun pengelasan. Tabung ini meminimalisir terjadinya kebocoran. Jangan khawatir tentang harga. Kisarannya 200 ribuan rupiah sampai jutaan. Tinggal kamu mau yang seperti apa. Sesuaikan budget dan kebutuhan, ya.

sumber gambar pixabay

Nah, anggap saja sekarang kamu sudah beli. Saran saya yang lain adalah, letakkan apar di tempat yang strategis dan mudah dijangkau orang dewasa. Tempat yang tepat adalah yang bisa dijangkau dan dilihat daru berbagai sudut ruangan di rumah. Yang tak kalah penting adalah, pastikan menjauhkan dari jangkauan anak. Edukasi anak tentang bagaimana dan kapan boleh menggunakannya. Beritahu anak terus tanpa bosan, ya, terutama saat ia menunjukkan minat akan mengambilnya. Yah, namanya juga anak-anak. Curiousity mereka sangat besar. At worse case, mereka bisa jadi pahlawan yang tahu pertama kali bahaya kebakaran di rumah.

Nah, sebelum saya tutup, nih, tahu kan kalau situs Bukalapak sering menawarkan promo hari-hari tertentu, dan ataupun diskon pembelanjaan online kepada para customernya? Bukan tak mungkin kamu bisa membeli dengan harga yang jauh lebih murah. Situs ini memang favorit saya banget. Yuk ah, mulai pilih-pilih apar yang kamu butuhkan. Beritahu saya jika kamu sudah beli, ya!

Share:

4 comments:

  1. menurutku setiap rumah penting nih punya apar walaupun hanya 1. hanya u berjaga-jaga aja

    ReplyDelete
  2. Jadi mikir nih penting juga punya APAR di rumah buat jaga2..

    ReplyDelete
  3. Tiap rumah kayaknya wajib deh punya APAR buat jaga-jaga aja nih :)

    Kalo gak salah bukalapak juga ada fitur Nego deh ya, aku lihat iklannya di TV.

    ReplyDelete
  4. Terjangkau juga harganya yah saya kira mahal
    tapi kalau beli terus ga dipakai bertahun2 apa perlu dicek atau gimana mba buat mastiin masih berfungsi atau tidaknya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra