Cara Membuat Mawar Dari Kain Flanel

Week end gini paling enak jika membuat sebuah prakarya sederhana bersama buah hati. Duduk bersama nanda di teras sambil membawa alat jahit sederhana, tentulah menjadi week end istimewa. Tak percaya? Coba saja. Jangan merasa not crafty hanya karena belum mencoba.
Bros dan jepit rambut mawar dari SweetZee

Sore ini, saya ingin mengajak sahabat membuat bros mawar yang saya jual di laman Facebook SweetZee  saya. Kreasi yang satu ini sudah saya saya jual ratusan pcs sejak mulai memasarkannya beberapa bulan ini. Mawar flanel buatan saya cukup sederhana, dan menurut saya penyederhanaan dari aneka tutorial mawar dari flanel. Mari segera kita mulai dengan menyiapkan 2 lembar kain flanel ukuran 24x24 cm yang biasa dijual seharga Rp 1500/pc. Beberapa peniti bros ukuran 2 cm (harga peniti 150/pc). Bisa juga divariasikan dengan jepit rambut atau untuk bando. Kain dan bahan juga bisa beli pada saya. :D

Potong kain pink bentuk bulat diameter 3,5 cm sebanyak 6 lembar. Potong menjadi setengah lingkaran. Potong kain flanel hijau bentuk daun. Bisa juga bentuk bintang. Khusus bentuk bintang ini, sebenarnya adalah ciri khas kreasi bunga saya yang ukuran kecil. Kita harus punya ciri khusus agar mudah diingat, kan? 

Ambil selembar kain setengah lingkaran dan gulung seperti diatas dengan bantuan benang. Bagian yang atas adalah bagian setengah lingkaran yang datar, ya...

Gulung sisa kain flanel pink seperti di atas. 

Lanjutkan sampai membentuk mawar. 


Rahasia khusus membuat kreasi mawar flanel adalah jarak antar flanel yang sama agar rapi. Dan rahasia membuat flanel mawar yang selanjutnya adalah jangan menarik benang terlalu kuat. Bentuk mawar merekah bisa kita dapat setelah mawar jadi dan dilem.
Setelah jadi, satukan semua bahan yang tersisa. Normalnya, dari 2 lembar kain flanel di atas kita bisa membuat 5-6 bros mawar ukuran kurleb 4 cm. Anak-anak sekolah pasti suka membuat kreasi ini dan dijual pada temannya. Bisa jadi kegiatan week end yang asyik, kan?

Tak mau repot? Beli pada saya yuuk..... harga satuannya Rp 2000,- . Bisa dapat harga Rp 1800 dengan membeli minimal 3 pcs saja. Khusus jepit rambut mawar, harganya resellernya Rp 2000 karena bahannya lebih mahal. 
Bros dan hiasan rambut cantik dengan harga murah hanya ada di Sweetzee (karena market utamanya anak sekolah dasar, hahaha...). Tapi tetep cantik untuk para ibu, kan? Buktinya banyak ibu yang beli, dan sering dijadikan souvenir pengantin.

Karena banyaknya peminat tutorial ini, maka saya memutuskan menjualnya dalam bentuk paket membuat bunga. Sengaja saya buat paket untuk mengurangi ongkos pembuatan sekaligus mengambil posisi win-win. Paket bunga ini berisi tutorial, pola, dan bahan untuk membuat bunga sebanyak 30 pcs. Setiap paket juga ada bunga yang setengah jadi, hampir jdi, dan sudah jadi. jadi proses belajar juga dengan mengamati bunga yang disertakan. Lebih mudah belajar setelah melihatnya sendiri. Paket tutorial membuat bunga dahlia dan seruni saya hargai @RP 50.000,- dan paket tutorial Mawar saya hargai Rp 35.000,-. Tertarik membeli? Silahkan inbox facebook saya Susindra Craft.
Bantu saya dengan like Page Sweetzee saya ya.... Page ini selain untuk berjualan juga untuk share tutorial dan pola flanel gratis. Terima kasih loh. 

22 Komentar

  1. wuaaw, cantik dan keren sekaliiii.. ^_^

    BalasHapus
  2. Damae, Jiah, mbak Rita & Mas Fauzan: Bisa dicoba ya. :)

    BalasHapus
  3. cantiknya bunga2 flanel ya, jolie, btw suka French language ya.Slm kenal mbak :)

    BalasHapus
  4. Je parle Français assez bien. Pas beaucoup de vocabulaire, mais bien prononcé. :)

    BalasHapus
  5. wah keren banget mbak
    jadi pengen bikin
    dulu sih pernah bikin flanel tapi ga sabaran

    BalasHapus
  6. wih cantik2 mawarnya.
    Bunga favorit saya nich
    Maju terus mbak, Insya Allah akan berkibar jika ditekuni dan semakin banyak kreasi.
    Salam dari Surabaya

    BalasHapus
  7. Mas Iskandar: Membuat prakarya flanel gini bisa jadi terapi kesabaran.
    Mbak Sandy: Semoga terkabul do'anya. Saya juga suka mawar.
    Mbak Mugniar: Beli yuuuk... ;)

    BalasHapus
  8. asyiiiik dikasih tutorial nih sama mbak susi

    BalasHapus
  9. Hehe.. diusahain seminggu sekali, mbak. Semoga bisa.
    Baru bikin target seminggu 2-3 posting, dan tiap week end khusus tips atau tutorial. semoga target tercapai ya mbak. Bismillah.. mengawali yang baik2 agar bermanfaat.

    BalasHapus
  10. huwah...cantiiiiikkk. kepengen nyobain bikin, tapi sepertinya saya ga akan setelaten itu deh mba Sus hihihihi

    BalasHapus
  11. Tapi telaten yang lain ya mbak Orin. Ketika memutuskan ini sebagai pengganti kerjaan kantor dan minimalkan kontak mata dengan komputer, Flanel jadi jawaban.

    BalasHapus
  12. merajut dan menjahit itu beda, hal yg aku ketahui saat mencari buku menjahit (untuk hadiah)

    BalasHapus
  13. Itu benar. Lebih spesifik lagi, sama2 menjahit, beda bahan beda cara. Beda ukuran pola, beda pula cara menjahitnya. :D
    pun dengan merajut. Ada beberapa cabang rajutan. Moga saja tidak salah memberi hadiah ya Rio.

    BalasHapus
  14. Tutorialnya bagus...aku nyoba tapi ga rapih...,,ga bisa jahitnya.. ^_^

    BalasHapus
  15. Aduh keren bgt jadi +ilmu nich
    Makash y Bunda :)

    BalasHapus
  16. lumayan ribet juga y

    BalasHapus
  17. cakep bangeett.....pengen coba bikin ahh....ijin nyontek boleh ya mba...makasih :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)