Inspirasi Enny Mamito



Membuka blog mbak Enny yang bernuansa biru kalem sungguh adem. Nuansa sederhana memang terasa di dua blog mbak Enny yang lebih suka template klasik, yaitu: inspirasi dan pelangiku. Jauh banget dari kebiasaan saya yang suka instant. 

Demi mengikuti giveaway mbak Enny, saya menahan diri cukup lama dan membaca-baca artikel di sini. Saya tertahan di artikel berlabel for mom dan inspirasi. 2 topik yang saya suka baca lama-lama dan hati-hati. Karena mbak Enny tidak memakai fasilitas jump break dari tool penulisan blog untuk posting lama, saya bisa membaca lurus ke bawah tanpa membuka link posting terbaru. Setelah membaca 11 artikel (tanpa sadar- seakan membaca 11 bab buku), saya butuh beberapa waktu untuk memutuskan, mana posting terbaik. Karena ke-11-nya adalah posting pindahan dari blog milik mbak Enny yang lain dan atau penulisan kembali artikel pihak ketiga. Yang mana??

Saya tak ada masalah dengan posting jenis ini selama memberi pengetahuan baru atau memberi manfaat bagi pembacanya. Apalagi mbak Enny mencantumkan darimana sumbernya. Saya suka ketiga artikel for mom. Saya suka 7 figur yang ia tulis di label inspirasi (ada 1 yang baru tahu, yaitu pak H. Chaerudin). Yang mana??

Baiklah, saya paling suka dengan artikel tentang bang Idin atau H. Chaerudin. Sosok yang bukan artis ini memang luar biasa. Membuat saya mempunyai harapan, kelak saya juga mempunyai andil besar bagi bangsa ini dan bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. Bukan harapan yang mustahil mengingat banyaknya kisah bang Idin-bang Idin yang hebat di Indonesia. 

Nah, mbak Enny meminta saran dan kritik demi kebaikan blog ini. Saya jadi teringat pada giveaway saya dulu yang meminta kri-san sama. Tentu saja saya akan memberi kri-san ala Susindra. Semoga mbak Enny berkenan dengan krisan saya.
Blog Mamito

Sudah saya sebut di atas tentang jump break di blog ini. Di artikel baru memang ada, tetapi kebetulan di posting yang saya baca tidak ada (bisa dicoba klik label for mom & inspirasi). Memang bagus sekali bagi pembaca malas seperti saya yang dimanjakan dengan fasilitas membaca terus tanpa membuka link. Tetapi mbak Enny sangat dirugikan. Mengapa? Jumlah pageview per posting menjadi lebih sedikit. Para pengunjung cukup scroll ke bawah untuk membaca semua artikel dalam satu label. Meski artikel lama, tetapi jumlah pageview bisa terus bertambah, loh. Buktinya di blog ini, ada 10 artikel yang tetap selalu bertambah pageview-nya dan selalu menjadi top 25 recent pos jika widget ini saya pasang di blog. Salah satunya artikel hampir tertipu hadiah grand livina yang sudah mencapai 21.527 ketika saya menulis ini. Yang penting sekarang sudah pake jump break ya mbak...
Agar tidak terkesan hoax, saya pelihatkan contohnya.
Krisan kedua, tentang banyaknya widget kurang penting di blog. Salah satu kelebihan memakai template klasik blogger adalah kemudahan untuk mengatur layout blog. Jika memaksa memakai semua widget, alangkah nyamannya jika ditata seringkas mungkin. Bisa dicoba memakai type lay out seperti di gambar. Menurut saya type layout paling bagus. Sidebar di kiri dengan salah satunya terbagi 2 sidebar, juga adanya footer – jika diperlukan. Trophy, award, keterangan grup, dan gambar-gambar ditata sedemikian rupa agar ringkas di sidebar. Bukan lurus ke bawah. Ukuran gambar juga bisa diperkecil agar fix di sidebar. Pagerank, sitemeter, dan widget kecil diletakkan di bawah. Widget mengenai saya bisa diletakkan di atas/bawah follower. Widget share it lebih baik dibuang karena sudah ada bawaan blog. Label dibuat cloud (jangan memanjang ke bawah) agar ringkas. Blog archive dibuat simple saja dengan dropdown menu (lagi-lagi agar ringkas). JIka ingin pembaca melihat posting sebelumnya, lebih baik menambah widget linkwithin. Percayalah, jauh lebih banyak mengundang pembaca daripada cara konvensional. Pengunjung dari linkwithin saya mencapai 40% dari penambahan pageview per artikel. 
Contoh layout agar ringkas. Jumlah footernya disesuaikan
jumlah yang diinginkan.

Yan terakhir, demi meringkas penampilan blog lagi, adalah memperpendek ukuran wiget page facebook, networked blog, dan twitter. Widget blogroll menampilkan nama blog saja tanpa judul maupun jam. Daaan.. last but not least, jumlah posting cukupkan 2-3 saja jika sudah memakai linkwithin. 

Gitu deh mbak, kesan, pesan, dan krisan Susindra. Semoga tidak terkesan sok menggurui. Hanya share pengalaman saja, karena jujur saja, blog saya juga sarat dan padat dengan widget. Jadi poin ini cukup menyita perhatian saya. 


Comments

  1. amboiii..minder gue ah liat review nyah huhuhu

    ReplyDelete
  2. Mantap...... hampir semua ilmunya dikeluarin dalam review ini. He,,,x9


    Sukses selalu
    Salam ,

    ReplyDelete
  3. Mimi: minder gimana, mi?
    Mama Keke-Naima: Amiin...
    Mas Indra Ejawantah: ilmu blogger pemula seperti saya memang cenderung cetek. Semoga saja tetep semangat belajar. :)

    ReplyDelete
  4. Saya juga ikutan GAnya mbak Enny, tapi begitu baca artikel disini jadi mundur teratur...

    Saya Vote utk menang deh

    ReplyDelete
  5. Wah, mbak Susindra bener2 nih mantap kri sannya. Jempol 2 dan minjem jempol suami ikutan.
    Menang, menang...

    ReplyDelete
  6. Mas Insan & mbak Niken: Alhamdulillah.. semoga do'a dan harapannya terkabul.
    #wing... kedip-kedip mata ke mbak Enny.

    ReplyDelete
  7. alhamdulilah bisa bw disela nemanin kinan liat OVJ...tumben bolehin mamanya pegang lappie ...jadi bisa bw nieh mbak..*maaf nggak bisa bw sering sering...hiks...paling aku update mbak susi dari FB keren keren bunga flanelnya....pingin bisa mbak..:)
    sukses GA nya mbak

    ReplyDelete
  8. Komplit sarannya mbak Susi. Tepat pula (aih saya cuma bisa ngomong ya, blog saya pun belepotan hehehe). Pemakaian jump break memang menguntungkan kita. Juga buat pembaca, kalo merasa gak perlu baca, mereka bisa jump ke tulisan lain dengan lebih cepat... ^__^

    ReplyDelete
  9. iya. kalo main ke blog teman, tidak selalu komentar di posting terbaru. kadang malah baca lebih banyak jika judul dan paragraf pembuka bikin penasaran.

    ReplyDelete
  10. saya juga ga selalu koment di posting terbaru. biasanya cari yg artikelnya menarik buat dikoment

    ReplyDelete
  11. mulai semangat lagi ikutan kontes ya mbak

    ReplyDelete
  12. Mbak Fanny: sepakat.
    Mbak Lidya: Iya, mbak.

    ReplyDelete
  13. Manusia diciptakan untuk saling mengenal dan tolong-menolong dalam kebaikan. Alangkah indahnya hidup ini bila ada kepedulian diantara makhluk ini.

    Masukan yang riil, jelas, dan penting sebagai bahan pertimbangan untuk bahan evaluasi ke depannya. Berbagai itu indah. Indahnya berbagi. Salam sukses.

    ReplyDelete
  14. DETAiL DAN MENYELURUH, siap-siap jd pemenang neh..

    ReplyDelete
  15. ini saran dan tips juga buat saya yang relatif senang berganti baju ( theme ). Terima kasih dan semoga terpilih menjadi salah satu pemenang, Mbak Susi.
    Salam untuk ponakan saya, Binbin.

    ReplyDelete
  16. wah sgt bermanfaat krisannya,mb..
    makasih jg sdh ikutan GAku y mb :)

    ReplyDelete
  17. wah sgt bermanfaat krisannya,mb..
    makasih jg sdh ikutan GAku y mb :)

    ReplyDelete
  18. wah sgt bermanfaat krisannya,mb..
    makasih jg sdh ikutan GAku y mb :)

    ReplyDelete
  19. Mas Herdony, Abi Sabila mbak Ririe dan mbak Enny: Terima kasih. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  20. My first thank you for the article photos on this site.
    my likes see it, however sorry I did not accidentally daydreaming here and I also did not know because what ...
    hopefully can inspire many people. success always

    ReplyDelete
  21. Thank you for making this interesting article. I'm happy to visit here

    ReplyDelete
  22. wkwkwkwkw yahud nih kri-san nya. Top mbak Susi. Saya sendiri kalau ngeblog gak mikirin top rank dan kawan-kawannya.... skr ini yg penting bisa melampiaskan kepenatan erja dengan nulis di blog itu udah seneng. Nanti mau juga menggali "dalem2" nya deh. Semoga menang ya mbak :-)

    ReplyDelete
  23. baca ini jadi belajar juga hahaha...makasih yaaa. dan smoga menang GA nya

    ReplyDelete
  24. Terimakasih atas postingan menariknya gan. Sangat membantu dan bermanfaat
    blog saya di sini
    visit my blog

    ReplyDelete
  25. Ingin bisa review seperti ini!

    ReplyDelete
  26. review blog ny detail :D
    gut lak buat gA nya mb :)

    ReplyDelete
  27. Sukses ya Mbk.

    Postingannya dalem banget.

    Tak doakan menang ya.

    Jempol pol pol deh.

    ReplyDelete
  28. keren reviewnya :) jadi pengen direview juga ^^

    ReplyDelete
  29. WAH WAH ,,KEREN nih,,ikutan donk di riview,,,hehe,,semoga menang hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)