Cara Membuat Masker Lumpur yang Aman untuk Merawat Kulit Tetap Alami

Bagi beberapa orang masker lumpur masih sangat jarang digunakan untuk penjaga kecantikan kulit. Namun tahukah Kamu, ternyata masker dari lumpur sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit terutama agar kulit tetap terlihat cantik alami. Lumpur yang digunakan bukanlah sembarang lumpur yang bisa kita temukan di sawah-sawah, melainkan jenis lumpur yang sudah disediakan secara khusus untuk perawatan kecantikan dan untuk kesehatan wajah.


Jenis masker dari lumpur sangat beragam, untuk itu perlu disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing wanita agar tidak menimbulkan iritasi atau bahkan kerusakan sel. 

Ada beberapa jenis lumpur yang sangat baik dan aman untuk merawat wajah secara alami, antara lain sebagai berikut.

1. French clay mud.
Jenis masker dari lumpur yang satu ini paling banyak digunakan, terutama pada spa ataupun salon-salon kecantikan. Lumpur dari jenis ini sangat baik untuk mengencangkan pori-pori kulit serta membantu menghilangkan kerutan pada wajah. Selain itu dipercaya juga untuk menjaga agar kulit tetap awet muda.

2. Lumpur vulkanis.
dari namanya sudah bisa diduga jika jenis lumpur yang satu ini berasal dari pegunungan vulkanis. Tepatnya dari ledakan vulkanis sebuah gunung berapi. Kandungan mineral yang cukup tinggi pada lumpur vulkanis sangat baik untuk merawat kulit secara alami.

3. Fuller’s earth.
Lumpur yang satu ini dikenal juga dengan nama Multani Mitti oleh orang India. Lumpur yang satu ini biasanya banyak dikemas dalam sebuah produk kecantikan yang dijual di toko online dan berbagai situs-situs online lainnya. Fuller’s earth sangat bagus untuk mendinginkan kulit secara alami serta bagus untuk mencegah peradangan kulit. Penggunaan secara rutin bagus untuk mengobati masalah kulit, seperti jerawat serta penuaan dini.



4. Lumpur hitam.
Lumpur hitam banyak terdapat di rawa-rawa. Dikenal baik untuk menjaga kulit tetap awet muda dan mencegah dari penuaan dini berkat kandungan organik dan anorganiknya. Jika rutin digunakan akan mengoptimalkan regenerasi sel-sel kulit dan mampu mencerahkan kulit secara alami.

5. Alpine moor mud.
Untuk jenis lumpur yang satu ini sangat baik untuk membersihkan pori-pori kulit akibat paparan debu, sisa keringat, serta komedo. Sayangnya lumpur yang satu ini hanya bisa ditemukan di hutan Alpin saja.

Beberapa jenis lumpur yang sudah dijelaskan tadi memang sangat bagus untuk kecantikan. Jika Kamu ingin membeli lumpur yang sudah dalam kemasan, yang cukup terkenal di dunia kecantikan, antara lain masker Hello Kitty, masker lumpur laut mati, dan masker Shiseido Naturgo. Namun Kamu juga bisa membuat masker dari lumpur sendiri. Namun perlu diperhatikan pemilihan lumpurnya, mengingat lumpur di sekitar kita banyak yang sudah tercemar oleh pestisida, seperti di sawah-sawah misalnya.

Untuk itu Kamu bisa membeli produk masker dari lumpur dari toko kecantikan terdekat atau dari situs belanja online. Masker tersebut jangan langsung Kamu pakai. Namun Kamu ramu terlebih dahulu dengan berbagai bahan alami di sekitar kita agar hasilnya cukup maksimal. Kamu bisa menggunakan lemon atau jeruk nipis sebagai campurannya. Untuk cara pembuatannya Kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

1. Ambil lumpur yang telah Kamu beli tadi secukupnya saja, kemudian campurkan dengan air perasan dari lemon atau jeruk nipis. Kamu bisa menambahkan air perasan lemon sampai layaknya adonan pasta.
2. Diamkan campuran masker tersebut sejenak.
3. Bersihkan area wajah Kamu terlebih dahulu dengan sabun muka agar kotoran pada bagian pori-pori tidak terhambat proses penyerapan kandungan masker dan lemon tadi sehingga hasilnya akan maksimal.
4. Oleskan masker pada area wajah menggunakan spatula kecil.
5. Supaya mendapatkan hasil yang optimal, diamkan masker kurang lebih selama 1 jam. Tunggu sampai meresap.
6. Setelah masker lumpur mulai kaku dan kencang, saatnya Kamu membersihkan masker dari wajah dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori kembali.

Merawat kulit itu tidak ribet, kok. Yuk mulai dari sekarang. 

Comments

  1. Tapi sekarang ini udah banyak masker lumpur instan yang bisa dibeli di pasaran yaa :D.

    ReplyDelete
  2. Wah ternhyata banyak yaa jenis-jenis lumpur yang digunakan untuk masker.

    ReplyDelete
  3. Pingin nyobain masker lumpur nih :D

    ReplyDelete
  4. Suka banget pake Naturgo. Komedo ikutan hilang.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)