Tips Kuliner Hemat di Jakarta: Cara Mencari Hidden Gems Treats di Traveloka Eats

Tips kuliner hemat di Jakarta: cara mencari hidden gems di Treats by Traveloka Eats
Tips kuliner hemat di Jakarta: cara mencari hidden gems di Treats by Traveloka Eats

Jakarta selalu menjadi magnet bagi saya. Menjadi klangenan karena memiliki banyak hal baru untuk dijelajah. Semua yang tak ada di Jepara, atau pun Semarang. Syukur alhamdulilllah ternyata jodoh saya dengan kota metropolitan ini cukup bagus. Minimal setahun sekali saya datang. Contohnya tanggal 30-31 Januari 2020 lalu, saya ke ibukota lagi. Saya menginap di Grand Kemang Jakarta dan bisa menikmati lezatnya kuliner di hotel tersebut.


Jelajah Jakarta

Jelajah Jakarta menjadi pengalaman luar biasa bagi saya. Saya selalu menganggap kota ini ramah pendatang. Berbagai moda transportasi publik tersedia. Aneka akomodasi juga bebas kita pilih, juga makanannya. Harganya menyesuaikan kesanggupan beli kita. Adakalanya saya datang ke Jakarta sebagai tamu undangan dan menerima kemewahan yang ditawarkan. 

Tips kuliner hemat di Jakarta: cara mencari hidden gems di Treats by Traveloka Eats
Jelajah Jakarta bersama para pemenang Kadin Blog Competition 30-31 Januari 2020 lalu

Untuk jelajah kota kosmoplitan ini, saya memilih moda transportasi paling praktis bagi wisatawan: kereta commuter line, bus trans Jakarta, MRT atau mass rapid transit, dan ojek online. Saya pilih transportasi publik dengan alasan kemudahan, kepraktisan dan penghematan waktu. Jika tak tahu di mana stasiun mana berhenti, misalnya, selalu ada sesama penumpang yang berbaik hati membantu. 

Itulah sebabnya saya selalu menikmati jelajah Jakarta....


Pusat kuliner milenial terbaik

Jakarta juga menjadi pusat kuliner milenial terbaik yang super komplit. Kita tak hanya jelajah rasa, tapi juga jelajah ide tentang kuliner. Bayangkan, betapa kreatif dan inovatifnya pelaku usaha kuliner di Jakarta agar bisa terus mengepulkan panci masak mereka. Persaingan di bidang kuliner sangat kompetitif dari segi rasa, inovasi, harga, maupun penawarannya.


Bahkan tawaran kembali ke alam, seperti menu iga bakar andalan Warung Kita di Jalan Setia Budi Jakarta Selatan.

Iga bakar the best-nya Restoran Warung kita di Jakarta Selatan

Bagi saya yang tinggal di daerah dengan daun pisang melimpah, konsep ini tidak seberapa diminati. Beda sekali jika ditawarkan di kawasan perkantoran elit. Tak heran jika Bu Aning merekomendasikannya pada kami. 

Beliau memilih menu gado-gado. Saya sempat gumun. Restoran yang terletak di gedung pencakar langit, menawarkan konsep warung sederhana, dan sangat banyak peminatnya!


Kami berfoto usai makan siang di Warung Kita


Di setiap sudut ada, dan selalu ada inovasi makanan baru atau konsep kafe baru. Seperti surga kuliner yang memanjakan perut, mata dan indra perasa. 


Nasi goreng Grand Kemang Hotel Jakarta

Menempuh jarak ribuan kilometer, tentu tak elok jika tak melakukan kuliner atau jelajah rasa. Saya sampai hotel tanggal 30  Januari 2020, pukul 22.45 WIB dan langsung merasa lapar. Saya harus makan sesuatu dan Sperta Reastaurant Grand Kemang adalah pilihan terbaik. Lokasinya di dalam hotel dan saya tak perlu keluar. Kebetulan saya menginap di Grand Hotel Kemang. Saya dengar, menu nasi goreng Grand Kemang sangat lezat dan harus dicoba. 


Nasi goreng Gand Kemang Hotel di Sperta Restaurant. Cuitan dari akun resmi Grand Kemang Hotel


Saya akan ke kamar dulu, bersih-bersih, baru makan. Itu kesepakatan saya dengan Kang Masroer yang datang berbarengan dengan saya. Dia di lantai 4 dan saya di lantai 3. Kami sepakat bertemu kembali di lobby jam 23.10 WIB.

Ternyata, restoran yang kami tuju sudah tutup. Hanya dapat menerima pemesanan dari kamar. Ok. Tak apa. Saya tetap melakukannya. Saya pesan menu nasi goreng Grand Kemang karena deskripsinya sangat menarik, lauknya komplit. Cuitan di atas hanyalah contoh dari saya sebagai pembanding dari foto saya di bawah.


Foto nasi goreng Grand Kemang pesanan saya jam 23.30 malam

Pesanan nasi goreng saya sampai di kamar pukul 00.15 WIB. Saya iseng memotretnya karena keburu lapar. Hahahaha. Busui rakus, nih, tengah malam makan.

Fotonya seadanya banget, ya. Wkwkwk. Ya Allah... foto iseng ternyata berguna.
Nasi goreng Grand Kemang yang terkenal itu. Harganya Rp115.000,-

Ternyata memang lezat dan harus dicoba para tamu....

Traveloka Eats

Oh ya, sudah coba Traveloka Eats? Ini fitur tergress Online Travel Agent berlambang burung ini. Kita bisa mencari restoran terdekat dari tempat kita berada saat itu sembari mencari diskon atau penawaran terbaik. Pilihannya ada puluhan ribu. Jadi pasti ada yang cocok bagi kita. Mau yang terdekat, promo terbaik, juga menu yang mungkin sedang kita cari. Lengkap dengan harganya.

Hmm... tampaknya, fitur mencari rekomendasi makanan ada di banyak aplikasi lain, ya. Jadi, apa dong keisimewaannya? 

Setidaknya ada 3 alasan mengapa harus jelajah kuliner dengan Traveloka Eats, yaitu:

1. Ada panduan kuliner pilihan.
Ada ribuan kumpulan rekomendasi kafe dan restoran yang dapat dipilih menggunakan saringan lokasi (kota), jenis kuliner, dan range harga.

2. Direktori restoran yang komprehensif.
Jelajar kuliner nusantara atau manca? Semua ada dan terus di-udate secara komprehensif, menyesuaikan review pelanggan yang telah merasakan pelayaan di kafe atau restoran tersebut.

3. Penawaran spesial dalam genggaman. 
Banyak promo dan penawaran istimewa dari kafe atau restoran yang istimewa, untuk semua pengguna Traveloka.

Masih ada lagi.....


Treats by Traveloka Eats

Jangan remehkan Traveloka dalam membuat inovasi. Meski sekilas sama, tapi Traveloka Eats punya keistimewaan yang tak ada di aplikasi lain. Namanya Treats by Traveloka Eats. Para pecinta kuliner diajak bermain mencari hidden gems dengan reward berupa diskon super menarik, up to Rp200.000,-

Iya, saya tidak salah tulis. Di Treats by Traveloka ada banyak sekali hidden gems yang berupa cashback mulai dari Rp50.000,-sampai Rp200.000,-


Contoh tawaran menarik dari Treats by Traveloka Eats


Tapi.... 

Ehem... saat ini Treats by Traveloka Eats baru ada di Jakarta, ya Sobat Susindra. Kota lainnya pasti akan nyusul sebentar lagi. 


Meski saat ini tidak sedang di Jakarta, jangan tutup, ya. Lanjutkan baca. Saya doakan Sobat Cakrawala Susindra bisa segera ke Jakarta dan mencoba fitur ini.


Traveloka Eats di kota terdekat

Jangan kecewa, doong.... Kalaupun baru sampai Traveloka Eats juga sudah bisa mendapatkan aneka promo super menarik seperti voucher, diskon ataupun cashback. Tak hanya itu, poin yang diberikan juga lebih besar.

Sebelum kecewa, saya jelaskan sedikit tentang Traveloka Eats di kota terdekat. contohnya di Semarang. Atau mau ke Bandung?

Simulasi Traveloka Eats di aplikasi.

Contohnya, beli makanan di Genki Sushi Paragon Mall Semarang, memberikan voucher senilai Rp100.000,- dengan masa berlaku sampai 31 Maret 2020.

Ada diskon dan voucher menarik, kan?

Sekarang balik ke Treats by Traveloka Eats, yuuk... Mau tips kuliner hemat di Traveloka, kaaaaan?



Konsep hidden gems di Treat by Traveloka Eats

Traveloka mengajak penggunanya menyimpan promo menarik yang ditawarkan dari restoran atau kafe yang menjadi partner, melalui program hidden gems. Penawaran tersebut dimaksudkan untuk menarik minat pengguna Traveloka menyimpannya. 

Partner yang promonya banyak disimpan tentunya akan meningkat posisi rekomendasinya. Pengguna Traveloka senang, partner juga senang. 

Tak heran jika disebut dengan hidden gems, karena kafe dan restoran yang mendapat banyak rekomendasi akan menjadi permata (restoran terbaik) di kotanya. 

Cara ini membuat restoran berlomba-lomba memberikan penawaran terbaik, karena review pelanggan adalah segalanya. Di masa modern ini, ketika segalanya sudah digitalkan, konsep getok tular masih berlaku, dengan cara dan media yang lebih modern.

Ayo, kita berikan rekomendasi untuk membantu pebisnis kuliner. Kita dapat bonus menarik juga, kaaaan..... Bagikan #PengalamanMengenyangkan ya!

Cara mencari hidden gems di Treats by Traveloka Eats

Saat di Jakarta, saya belum tahu ada fitur ini. Coba kalau tahu... bisa lihat-lihat promonya. Mungkin saja ada waktu untuk mencoba makan gratis. Eh? Kok makan gratis? Ya iyalah, lha dapat diskon sebesar itu tanpa minimal beli.


Begini lho cara mendapatkan hidden gems ratusan ribu di Traveloka:

1. Buka aplikasi Traveloka. 

Pasti sudah terpasang dong di HP? Rugi banget kalau tidak punya. Langkah selanjutnya adalah:

  • Membuka ikon EATS di kanan atas (sebelah Xperience), 
  • Klik gambar Treats.
  • Pilih lokasi. Saat ini baru bisa digunakan di Jakarta.

(Lebih jelasnya silakan buka infografis di bawah ini.)


Cara mencari hidden gems di treats by traveloka eats #1


2. Jelajahi semua promo Treats by Traveloka Eats

Jelajahi semua promo Treats by Traveloka Eats di semua restoran favorit. Simpan Treats yang menarik. Istilahnya, kita diajak berburu hidden gems. 




3. Simpan deals yang menarik. 

Kita bisa menyimpan promo dan deals sesuai kategori suka-suka kita. Misalnya kopi, hangout, diner, dan lain-lain. Bebas membuat kategori, kok. 
Kategori ini memudahkan kita untuk memilih deals yang sudah kita simpan. Bonusnya, ada tambahan poin jika menyimpan deals.





4. Tunjukkan deals

Datang ke restoran, lalu tunjukkan deals yang diinginkan kepada staf restoran, sebelum memesan. Tekan “Dapatkan Deals” untuk konfirmasi penggunaan deals, kemudian tekan “Pakai Deals” untuk membayar. Oh iya, bisa juga pakai Treats QR, lho.



Ingat, ya, tunjukkan deals pada staf kafe atau restoran sebelum pesan!

5. Pembayaran nontunai

Bayar pesanan menggunakan Uangku, kartu kredit, Traveloka PayLater, atau transfer bank.



Tips tambahan:

Buat review setelah makan agar semakin banyak yang ikut berburu hidden gems di Treats by Traveloka Eats. Ada tambahan poin yang menarik setelah mereview yang bisa ditukarkan dengan penawaran menarik lainnya.









Saya tak sabar menunggu Treats berlaku di Semarang!


Tips tambahan saat menggunakan Treats by Traveloka Eats

Harap ingat selalu 5 langkah  menggunakan fitur ini:

  1. Open
  2. Explore
  3. Save
  4. Get Deals
  5. Spend with Treats





Open | Explore | Save | Get Deals | Spend with Treat



Jangan ada yang terlewat.

Ingat juga, ada 4 cara pembayaran, yaitu

1. Pembayaran menggunakan Uangku
2. Pembayaran menggunakan kartu kredit
3. Pembayaran menggunakan Traveloka PayLater
4. Pembayaran menggunakan cara transfer bank.


Uangku | kartu kredit | Traveloka PayLater | transfer bank

Jadi.... tak perlu siapkan uang tunai. Pembayaran nontunai yang digunakan.


Promo menarik lainnya

Beberapa promo tambahan yang bisa kita dapatkan dari Treats by Traveloka adalah:





  1. MANTAP, yaitu diskon 20% (sampai dengan RP25.000,-) untuk semua deals dalam Treats. Promo ini hanya berlaku saat week end, yaitu Jumat – Minggu. 
  2. YESGAJIAN, yaitu diskon sebesar 30% (sampai dengan Rp200.000,-) setiap hari. Patikan HP kita sudah versi 3.17.0, ya.
  3. MUKBANG, yaitu tiket undian menggunakan kode kupan MUKBANG (Jepang, Korea, Thailand, Aku Datang!). Hadiahnya adalah kesempatan kulineran di luar negeri. Promo berlaku sampai 15 Maret 2020, ya.
  4. PAKETREATS, yaitu diskon up to Rp200.000,-! Promo berlaku samoai 30 Juni 2020.

Kesempatan kulineran pasca lebaran dengan uang THR! Horray!

Sperta Restaurant di Grand Kemang Hotel

Suatu kebetulan bahwa saya mendapatkan fasilitas menginap di Grand Kemang Hotel dan mendapat kesempatan makan malam di Sperta Restaurant. Tapi saya sampai di hotel terlalu malam, sebagaimana saya sebutkan di atas. Jadi saya hanya bisa memesan dari kamar saja. Dan karena lapaaar sekail, saya foto asal-asalan saja. Duh, agak nyesel, saya. 




Sperta Restaurant juga menjadi area breakfast para tamu. Tempatnya sangat nyaman, dan ada beberapa jenis kursi seakan mengakomodir setiap selera pengunjungnya. Sebuah sofa tiga dudukan dipadu dengan sofa satu dudukan, sofa tiga dudukan ditemani kursi berbahan alloy, ada juga kursi rotan sintetis. Ruangannya luas dan bisa juga mengambil kursi di sebelah kolam renang.


Sumber foto dari Treats by Traveloka Eats

Sumber foto dari Treats by Traveloka Eats


Sayang sekali, karena akhir Januari lalu saya belum tahu cara mencari hidden gems dari Treats by Traveloka Eats, jadi saya hanya bisa menulisnya sebagai rekomendasi dulu. Tentunya saya sangat ingin melakukan sendiri. 

Saya tak boleh terlalu kecewa dengan hilangnya kesempatan makan-makan enak dengan harga super miring berkat promo hidden gems dari Treats by Traveloka Eats. Sobat Cakrawala Susindra yang saat ini di Jakarta juga jangan sampai melewatkan promo terbaru dari Traveloka ini. Berburulah. Berburulah gems dan simpan sebanyak mungkin. Ajak teman dan yang terkasih menikmati kasih sayang Traveloka pada pelanggannya ini. Traveloka itu.... "Solusi Semua Kebutuhan Travel Anda"

43 komentar

  1. semoga segera ada juga di Medan.
    Saya sbg penikmat kuliner menantikannya

    BalasHapus
  2. Saya selalu sedih kalau melihat Traveloka Eats di Palu. Soalnya belum ada special offer. Untungnya pas lagi dinas ke Jakarta, baru deh. Hunting deals di Traveloka Eats

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak mau ketinggalan banget ya kan mas. Apalagi hidden gems bikin kita dapet cashback hingga 200ribu

      Hapus
    2. Bisa dipahami, sih, Kak. Mungkin belum banyak yang jelajah rasa di tempat yg lebih kaya ragamnya. Semoga kelak bisa banyak special offer ya

      Hapus
  3. Ngiler banget euyyy mba Susi, liat nasi goreng Kemang dan juga menu lainnya.
    Saya coba Traveloka eats di Medan asyik juga loh .

    Udah banyak banget resto yang kerja sana dengan Traveloka..
    Hidden game ini yang pengen banget dicoba.. lumayan 200 ribu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lumayan ada yang beri voucher 200 ribu

      Hapus
  4. Menu-menunya bikin ngiler semua Mbak Susi XD. Btw fitur baru traveloka ini pas banget buat nyari makan di tempat yang oke dan dapat diskon ya. Inovatif!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah di lokasi, tidak sempat ngiler Mbak

      Hapus
  5. wah seruuu banget ini ngereview tempat makan bisa dapat poin ya. Asyik bangeet. mau ah pakai traveloka eats, biar kulineran semakin hemat ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya Mbak. Kalau istilah kita, mumpung banyak partner Traveloka yang jor-joran bakar uang. Xixixi.... Kita sikat semua.
      Jangan lupa beri review ya...

      Hapus
  6. Duh, ngelihat foto pas kita ke Jakarta dulu jadi rindu buk, hihi. Terus ngelihat foto makanannya jadi laper. Oh iya, baru tau kalau ada fitur baru dari Traveloka, Traveloka Eats. Salut buat Traveloka yang terus berinovasi! Fitur barunya ini membantu banget loh bu untuk nyari promo menarik.

    BalasHapus
  7. Hmmm ... Ini bisa jadi pilihan banget saat akhir pekan dan anak-anak kepengen diajak makan di luar. Boleh lah ya, kalau sebulan sekali. Apalagi jajannya pakai Treats by Traveloka Eats begini. Bisa jajan enak dan hemat. Kalau sudah begini, kuota jajannya bisa ditambah, tuh. Mengajak orangtua atau keponakan misalnya. Asyik ...

    BalasHapus
  8. Pake traveloka eats aja udah banyak diskonnya, masih ada menu threats lagi. Wow banget ya...

    BalasHapus
  9. Woww makin mudah aja mau makan makan. Aku blm coba sih fitur traveloka treats ini, tar ah mo coba2 hehe

    BalasHapus
  10. ini adanya baru di Jakarta ya, mbak?

    saiyah itu rada keder nyobain aplikasi baru haha. ntar coba deh

    BalasHapus
  11. Wajib dicoba ini treats by traveloka nya. Nggak susah lagi cari makanan di kota lain. Ada promo nya lagi.

    BalasHapus
  12. Aku juga sudah mulai pakai traveloka eats ini. Apalagi kalau bukan banyak promo alasannya! Kadang suka bingung kalau mau menjamu tamu di kantor, jadi terbantu sekali pakai fitur ini. Keren pokoknya!

    BalasHapus
  13. ternyata, jakarta itu gudangnya kuliner ya. terus sekarang mencari restoran favorit cukup cari di aplikasi traveloka dan bis abooking online. memudahkan sekali untuk kulineran di tempat favorite.

    BalasHapus
  14. Baru tahu fitur ini di traveloka. Jadi ingin mencoba juga. Biar ga bingung cari resto enak pas jalan-jalan bareng keluarga

    BalasHapus
  15. Woww keren yaa Mbak Susi barengan Dyah Roemah Aura sebagai pemenang III lomba blog Kadin. Buibu inspiratif panutanku ini... Tfs hidden gems di traveloka eats nya ya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi lebih paham cara booking promo di Treats ini setelah baca artikel Mbasay Susi Erna Susindra.com ini ehehe... Good luck yahh Sistahh

      Hapus
  16. Waah, saya blm pernah nih mbak nyobain Iga bakar disana, jadi pengen nyobain, padahal hampir seminggu sekali bahkan dua kali jalan ke daerah sana

    BalasHapus
  17. Fitur Treats ini emang pas banget sih buat orang-orang yang suka kulineran dan ingin berhemat, aku banyak nemuin hidden gems juga selama memakai Treats dari Traveloka Eats ini, banyak restoran keren dengan berbagai promonya

    BalasHapus
  18. Fitur treats emang jadi harta karun nih buat pecinta kuliner, banyak restoran kece dan banyak promonya juga

    BalasHapus
  19. Jiwa kisminku memberontak lihat harga nasi goreng 115000. Biasa bikin nasi goreng dari sisa nasi semalam soalnya. Wkwkw. Bisa nggak angka 1 nya dihilangin 1.

    BalasHapus
  20. Saya belum pernah pakai aplikasi ini. lihat deskripsinya kok kayaknya keren. mau nyoba ah. makasih ya sharingnya.

    BalasHapus
  21. Huhuhuhu. Mbokyao di Salatiga ada hidden gems nya traveloka eats... kan jadi mupeng doang ni :(

    BalasHapus
  22. Kalau aku kmrin berburu kuliner yang berdekatan dengan kontrakan aja si kak sus. Saya sendiri udah nyobain fiturnya, banyak penawaran menarik yg bisa kita dapat.

    BalasHapus
  23. 3.17.0 itu versi apanya mbak, android atau aplikasi travelokanya?

    Ternyata bikin review di traveloka bisa dapat point ya, emang sih kalau habis transaksi di traveloka dapat email untuk memberikan review, tapi selalu saya abaikan saja email itu.

    Semoga aja Gems nya semakin meluas ke kota lain ya, nggak cuma di Jakarta aja

    BalasHapus
  24. wah, saya hanya lewat dan lewat saja. belum banyak mencicipi kuliner Jakarta. ah, suatu waktu saya harus mencoba. hehe

    BalasHapus
  25. Saya pernah beberapa kali ke Jakarta, tapi gak sempat menikmati kuliner Jakarta karena ke sananya selalu sebentar, kalaulah bukan karena agenda kampus, diundang hadir untuk agenda. Jadi pengen merencanakan liburan ke Jakarta, ya benar-benar liburan

    BalasHapus
  26. Senangnya ya ada fitur treats di Traveloka jadi ngebantu kita banget cari kuliner yang banyak promo hehe.

    BalasHapus
  27. Ais..ais...foto-foto yang ditampilkan bikin ngiler auto lapar hehehe

    Tipnya mantul mbak.

    BalasHapus
  28. hmm ternyata begini toh caranya untuk bisa mendapatkan tips kuliner hemat di jakarta hanya menggunakan aplikasi dari traveloka lalu pilih fitur traveloka eats wow simple banget

    BalasHapus
  29. Menemuka hidden gems jadi lebih mudah ya dengan Treats by Traveloka Eats

    Semoga secepatnya kota lain menyusul ada Treats ini.

    BalasHapus
  30. Menikmati jakarta melalui traveloka dengan promo menarik dan bersahabat dengan kantong...lumayan kan bisa ajak keluarga jalan2 murah meriah

    BalasHapus
  31. Ahhhh, traveloka eats memang yahutttt banget dah bikin semuanya jadi murah

    BalasHapus
  32. Treats ini bikin pecinta kuliner kaya aku terasa diperhatiin. Apalagi pas pengen jajan tengah bulan gini. Bisa pake deals di treatnya traveloka biar ga boncos dompet ini

    BalasHapus
  33. Di Jakarta apapun yang kita cari ada. Kuliner daerah pun ada di sini. Terakhir ke Jakarta 2019 kemarin juga pas acara seremoni blog competition. Btw selamat ya atas kemenangannya

    BalasHapus
  34. Lengkap banget infonya mba Susi. Banyak promonya ini TRAVELOKA Eats ya

    BalasHapus
  35. Aku belum pernah ke Jakarta. Semoga suatu saat nanti bisa ke Jakarta. Mau di Jakarta atau kota lainnya. Wisata kuliner itu paling mengenyangkan dan menyenangkan.

    BalasHapus
  36. Lihat foto foto makanan jadi pengen cobain semuanya. Btw saya belum pernah sih pakai traveloka eats. Sepertinya sedang booming dan recommended yah

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)