Memperkenalkan Diri melalui Liebster Award, yuk....

Assalamualaikum! Halo Sobat Cakrawala Susindra! Apakabarmu? Tumben-tumbenan saya menyapa seperti ini. Pasti tahulah ya, kalau Liebster Award itu selalu bikin pembacanya terharu bahkan mungkin mewek. :uhuk. 

Lap keringat..... Apa hubungannyaaaa, coba.

Memperkenalkan Diri melalui Liebster Award, yuk....


Sepanjang yang saya tahu, Liebster Award atau Penghargaan untuk (yang) tersayang memang kesempatan emas bagi penerimanya untuk menunjukkan dirinya. Ada 11 hal yang bisa ditunjukkan. Lumayan. Award berbahasa Jerman ini pernah sangat populer pada awal tahun 2011-2015, di seluruh dunia. 

Saya surpris masih berlanjut sampai saat ini.

Kalau tidak jeli membaca peluang, memang bisa jadi postingan yang mengharu biru. Misalnya pada postingan Liebster Award saya tahun 2014 lalu dengan judul Liebster Award: Mengenal Lebih Dekat Siapa Susi Susindra. Silakan ke sana juga untuk tahu kenapa saya kadang begitu misterius.

Kalau penasaran dengan apa itu Liebster Award, ini lho tata kelola permainannya. 

Liebster award itu tentang 7 aturan: 

  1. Publikasikan materi penghargaan ini di blog penerima penghargaan.
  2. Mengucapkan terima kasih kepada blogger yang memberikan penghargaan.
  3. Ceritakan 11 fakta tentang diri sendiri dan 3 favorit tulisan sendiri.
  4. Menjawab 11 pertanyaan blogger yang memberi nominasi.
  5. Menominasikan dan memberi penghargaan kepada 11 blogger lainnya.
  6. Memberi 11 pertanyaan masuk akal kepada blogger penerima penghargaan. 
  7. Memberitahu 11 blogger penerima penghargaan.

Cuma ada 7 saja, tapi luar biasa hasilnya. Saya sarankan sambut tawaran ini, jadikan sebuah cara untuk memperkenalkan diri dan untuk membentuk backlink dengan sesama blogger.


liebster award png versi baru
Liebster award png versi baru

liebster award png versi lawas
Liebster award jpg versi lawas

Dari mana bermula

Dari sebuah sapaan di WhatApp! Mbak Ana atau Rosanna Simanjuntak mengabarkan tanggal 23 Juni lalu, bahwa saya mendapatkan Liebster Award. Judulnya Liebster Award 2020 pertamaku

Terima kasih Mbak Ana. Maaf ya, agak lama menulisnya. Saya sedang sibuk membangun candi eh membangun blog baru untuk Lomba Blog Kampung Tangguh Semeru. Karena lombanya membuat blog baru dengan domain yang ditentukan dari sana, plus media sosialnya, jadi effort-nya memang luar biasa. Mengikuti lomba ini jadi salah satu pengalaman blogging yang sangat berkesan bagi saya. Apalagi diganjar uang Rp 10.000.000,-. Alhamdulillah.

Saya berani ikut lomba ini, karena tahun ini saya membuat beberapa blog baru dengan cara yang benar. Perjalanan membuat blog saya tuangkan dalam sebuah blog jurnal belajar SEO bernama SEO MaM. Ini beda dengan SEO Moms buatan Mas Qbenk ya. Saya muridnya di batcht 2, jadi kadang ga enak hati kalau ketahuan. Hihihi. Tapi saya bikin ini lebih dulu. Silakan mampir ke sana kalau mau tahu cara membangun blog berplatform blogspot dari persiapan. Juga struktur blog. 



Blog kedua yang saya bangun adalah Selaksa Cerita. Saya buat untuk jurnal keluarga. Tapi terbengkelai juga. Wkwkwk. Tantangan saya adalah hanya bisa menulis pada malam hari karena ada Giandra, 18 bulan yang sedang masa super eksploratif. Masa ketika para ibu yang kurang ilmu mengeluhkan dan mempertanyakan, "Anakku hiperaktif!"

"Hei Mam, anakmu hanya sangat aktif dan itu artinya sehat. Bukan hiperaktif, yang artinya si anak tak bisa mengendalikan gerak karena masalah medis."

Saya juga mendapatkan award kemarin, dari Mbak Anis Choir, mengenai Liebster Award juga. Judulnya Liebster Award untuk Blogger Kesayangan. Auw... saya merasa tersanjung, lho. Kami sudah berteman selama 4 tahun dan satu grup arisan blogger, yang sekarang jadi grup curhat.

Bedanya, versi Mbak Anis itu serba 7. Memang ada dua versi dan keduanya sama benar. Hanya saja, kalau versi awal memang 11. 

Terima kasih, Mbak Ana dan Mbak Anis, sudah memberikan award kesayangan ini. Saya menyambutnya dengan suka cita. Setelah membaca ke sana, saya tanya ke grup blogger siapa yang mau bertukar backlink melalui award ini. Saya ingin penerima award dari saya mengerjakannya juga.



11 fakta tentang Susindra #2

1. Saya suka sejarah dan suka menulisnya dengan cara berbeda. Kesukaan ini cukup baru saya penuhi. Baru 4 tahun serius. Sisanya cuma suka saja. Selama 4 tahun ini saya punya banyaaaak sekali bacaan sejarah. Sebagian besar dalam bentuk digital, kalau tidak salah sekitar 8 GB. 

2. Saya suka koleksi data sejarah. Koleksi saya mulai dari tahun 1700an sampai terbaru. Saya baca semua? Belum. Baru 200-300an buku, dan hanya tentang sejarah priyayi, sejarah perempuan, dan sejarah pendidikan. Sejarah lokal Jepara, baru yang populer. Saat ditanya sejarah Ronggowangi di Jepara, saya tidak tahu. Wkwkwk

3. Saya ingin jadi sejarawan terkhusus sejarah perempuan. Karena saya perempuan, jadi harus memperkenalkan memperkaya sejarah yang satu ini.

4. Saya pernah ingin anak perempuan, pakai banget. Keinginan ini sudah saya hapus. Setelah Gi atau Giandra Arzanka Susindra lahir, saya tidak lagi menginginkannya. Kalau pun masih ingin juga tidak bisa. Hihihi. Hamil dan melahirkan di usia 40an membuat beberapa tulang saya tidak benar. 

5. Saya melahirkan pada usia 39 tahun dan itu menegangkan! Berasa seperti hamil kembali pertama kali, lengkap dengan tanda dan persiapan tubuhnya. Bisa bayangkan, pasti, yang pernah melahirkan. 

6. Saya pernah keguguran sekali. Inilah yang memicu mengapa saya hamil kembali. 

7. Saya suka berkebun, juga (pernah) suka game berkebun. Cita-cita saya jadi petani kaya raya.

8. Saya tinggal di Jepara tapi selalu ingin pindah dari kota berbudaya ini, tapi saya ingin meramaikannya juga. Ini cukup membingungkan. Saya senang Jepara tapi ada hal-hal yang membuat saya ingin berkembang di kota lainnya. Saya sulit berkembang di sini karena "siapa kamu" masih sangat terasa di sini, selama tongkronganmu masih motor Revo tahun pertama.

9. Saya ingin ternak blog tapi takut tidak mampu mengurusnya. Jadi hanya punya 5 blog saja. Lima saja, gaes.... Wkwkwk. Ini sombong tidak, sih, kalau kenyataannya belum tentu update seminggu sekali. Daftar nama blognya di bawah, ya. Dengan kemampuan segini, saya bercita-cita punya 50 blog. 

10. Dulu saya banci lomba blog, sekarang mengukur kemampuan. Banyak sekali blogger keren yang sekarang ini rajin ngelomba. Beda jauh dari saya yang kadang hanya jadi supporter. Artikel lomba biasanya mempunyai view bagus dan beberapa jadi artikel abadi. Silakan googling arti artikel abadi dan tips bagaimana membuatnya.

11. Saya bingung antara ternak blog untuk AdSense atau jadi blogger review. Yang ini masih jadi perbincangan alot dengan suami. Suami merasa jadi publisher (AdSense) lebih enak karena passif income.

11 pertanyaan untuk dijawab

1. Mengapa kamu memutuskan menjadi blogger? karena suka menulis.

2. Apakah pengalaman blogging yang paling berkesan bagi kamu? Saat bisa keluar kota sebagai blogger.

3. Apakah hal yang paling kamu syukuri dalam hidup? Memilih untuk tetap hidup.

4. Kalau diberi kesempatan jadi The Avengers, pengen jadi siapa beserta alasan ya? Kapten Amerika. Dia punya kesempatan hidup yang kedua dalam kondisi berbeda.

5. Siapakah nama lengkap kamu dan apakah artinya? Susi Ernawati. Ini tidak pernah terpikirkan oleh saya sama sekali dan saya terkejut dengan hasil penelusuran saya tentang arti nama Susi Ernawati.



6. Apa kenangan terindah kamu saat masa kecil? Saat di bangu sekolah SD kelas 6.
7. Jika pandemi berakhir, apa yang ingin kamu lakukan pertama kali? Mungkin tetap di rumah saja, mungkin aktif kembali persiapan event kesejarahan. 

8. Punya tantangan untuk diri sendiri yang belum tercapai, apa dan kenapa? Menjadi orang yang kaya harta.

9. Kalau bisa jadi time traveller, mau kembali ke zaman apa dan bertemu siapa? Zaman kolonial, bertemu banyak pelaku sejarah.

10. Apakah yang dilakukan jika mood blogging sedang "kempes?" Ambil sekop atau ember penyiram tanaman.
 
11. Kalau ada tawaran endorse dari brand besar, pengen brand apa dan apa alasannya? Brand apa saja, dan yang penting bermanfaat.




7 Pertanyaan dari Mbak Anis untuk dijawab 

1. Apasih makna hidup buat kamu? Hidup adalah berjuang dan menyelesaikan tantangan dengan baik agar di kehidupan selanjutnya bisa menikmati dengan nyaman dan sukacita.

2. Peristiwa apa yang paling berkesan buat kamu sepanjang hidup kamu? ceritakan dong. Hampir setiap hari berkesan, tapi cepat terlupakan, karena saya pelupa. Pelupa adalah alasansaya menulis. Kalau sepanjang hidup... banyak yang berdesakan minta diceritakan. hihihi.

3. Siapa tokoh yang menginspirasi selain orang tua. Pak Bambang. guru sekolah SD.

4. Apa yang ingin kamu lakukan yang sampai sekarang belum terwujudkan? Jadi petani.
5. Hal besar apa menurutmu yang sudah kamu lakukan dalam hidup ini? Berkeluarga.

6. Sebutkan 3 blog yang paling suka kamu kunjungi. Blognya Mbak Lendy, Mbak Dian, dan Mas Sani (Kaki Lasak). 2 terakhir jarang diupdate.

7. Sebutkan 3 penulis dan karyanya yang paling mempengaruhi tulisanmu sekarang. NH Dini yang pertama, yang kisahnya membentuk saya sekarang ini. Dee yang kedua, karena tulisannya menimbulkan ledakan-ledakan ide. R.A. Kartini yang ketiga, karena meski ditulis tahun 1899-1904 tapi masih sangat relevan dan membuat saya sekarang ini belajar menjadi peneliti dan penulis sejarah perempuan. 



And the nomination goes to....

Menunjuk teman yang mau mendapatkan nominasi Liebster Award bisa jadi pekerjaan yang sulit, kalau harus fokus memastikan si penerima menerima dan menyambut dalam bentuk tulisan. Maka, saya pun menawarkan ke grup, siapa yang mau bertukar link dengan saya. 

Dan inilah yang menyambut dengan cepat...
1.  Mbak Indah, seorang beauty and lifestyle blogger yang juga sekaligus penulis skenario andal. Coba kulik bio-nya. Sederet judul sinetron ada di sana. 

2. Mbak Shafira Adlina atau Mbak Ira, seorang blogger produktif sekaligus asesor dan fasilitator pendamping UMKM dan pelaksana ekspor. 

3. Mbak Anda, seorang beauty and travel blogger yang suka baca buku. Banyak tips seputar perjalanan dan perawatan wajah yang bisa dikulik di sana

4. Mbak Santi, blogger yang juga berprofesi sebagai crafter. Tepatnya seorang pelukis tas dari Malang. Saya jadi ingat dulu saya seorang crafter dari bahan flanel dan pita. 

5. Mbak Sita, ibu 4 anak yang rajin sekali menulis. Content writer andal dan sekaligus ghost writer. Wah, saya mau tipsnya dong Mb.

6. Mbak Hani, seorang travelista yang suka menulis dan ngeblog. Topik tulisannya sangat up to date. Khas pelajar SEO yang passionate. Kami sekelas, memang, dan semangatnya luar biasa.

7. Mbak Jihan, yang suka bawa buku ke mana-mana. Worm book yang suka mereview buku juga. Khas penulis banget ya. Mbak Jihan ini ternyata penyuluh narkoba di wilayah Kementerian Agama. 

8. Mbak Maria Tanjung, blogger Surabaya yang sangat rajin menulis, berani menerima tantangan ODOP atau One Day One Post. Saya ingin tahu rahasiamu, Mbak....

9. Evi Sri Rezeki, penulis kesayanganku. Babad Kopi Parahiyangan, bukunya sangat menarik dan rencananya akan jadi tetralogi. Adik kesayangan saya dari Tatar Sunda yang tak pernah mempertanyakan mengapa saya mencintai sosok Kartini.

10. Eva Sri Rahayu, bundanya Rasi yang cantik, yang mengingatkan saya pada gemintang nan indah di sana. Penulis cerita produktif juga, dan kutu buku yang foto-foto tentang bukunya saya suka banget. Saya lupa masih dilanjut nggak, IG bukunya. 

11. Mbak Mia, dosen yang aktif menulis blog, jurnal dan fiksi. Hebatnya lagi, Mbak Mia mempunyai 4 buah hati. Entah bagaimana membagi waktu dan peran, tapi kami satu komunitas yaitu Ibu Profesional, dan kami sama-sama menjadi mahasiswi Bunda Cekatan.



11 pertanyaan untuk dijawab

Meramu 11 pertanyaan adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan juga, setelah menjawab 11 pertanyaan. Hihihi. Dan ini dia...
1. Apa makanan kesukaanmu dan mengapa?
2. Kamu suka malam atau siang, alasannya?
3. Apa rutinitas pagi yang paling seru?
4. Siapa yang paling membantu saat pagi? 
5. Kalau sedang marah, kamu ngapain?
6. Apa alasanmu menulis blog?
7. Menurutmu, bagaimana kondisi blog saat ini?
8. Kapan waktu menulis/ngeblog?
9. Berapa jam dalam sehari, kamu jadi blogger?
10. Siapa yang paling mendukungmu sebagai blogger?
11. Camilan dan minuman apa yang paling sering menemanimu saat menulis?

Semoga ga sulit dijawab, ya. Dan semoga tawaran ini disambut dengan bahagia.
Selamat ber-Liebster Award, my fellow bloggers....

18 Komentar

  1. Weww ku tersanjung mendapat apresiasi dijadikan nominee penerima Liebster Award berikutnya... Makasih Mba Susi, insyaallah saya kerjakan sebaik²nya

    BalasHapus
  2. Hu hu... terharu, terima kasih sudah dicolek mbak Susi. Dan insya Allah saya siap menjawab tantangan ini. Bismillah.. mari perbanyak teman insya Allah rizki akan mengikuti.
    Tunggu ya mbak

    BalasHapus
  3. Terima kasih mba Susi, sudah berkenan meneruskan tongkat *tsaaah, estafet Liebster Award berikutnya!

    Terus terang aku saluuut banget sama mba, bisa memelihar 5 blog.
    Aku padamu, mba!
    Pasti mba sangat-sangat berenergi banget ya!

    Baidewei, subway,
    Blog SEOMam itu sering aku kunjungi, silent reader sih, hihihi.
    Buat belajar SEO tentunya.
    Hitung-hitung, nambahin page view lah ;)

    BalasHapus
  4. Mbakku, aku terharu bacanya. Kusambut dengan senang hati tawaran ini. Love you pokoknya 😘

    BalasHapus
  5. Keren sekali tulisannya, nampak kualitas sebagai blogger dari susunan kata perkaranya dan kalimat yang mudah di cerna. Padahal nampak simpel hanya pertanyaan dan jawaban singkat. Tapi kok Yo pas.

    Pengen juga bisa menulis mengalir seperti tulisan mbak susindra, semoga saja bisa.

    BalasHapus
  6. Terima kasih banyak mba Susi..siap saya kerjakan
    Bismillah.

    BalasHapus
  7. Tampaknya seruu...
    dari semua hal, saya senang baca yang bagian Q n A, beberapa tampaknya butuh kontemplasi untuk dijawab, seperti masa kecil yang mengesankan, tiba-tiba saya blank, apa???

    BalasHapus
  8. Siaaap. Mba Sus terimakasih sudah dicoleeekk. Aku segera sambut tantangannya hehehe.

    BalasHapus
  9. Keren bu pengalamannya dan bisa jadi motivasi buat para blogger lainnya

    BalasHapus
  10. Wah, ada namaku yaaa hehe
    Jadi tersanjung aku. Jd makin semangat nulis.itulah ya mbak,aku 1 blog aja nulisnya seminggu sekali haha
    Tq ya

    BalasHapus
  11. Salam kenal Bu Susi, aku sampe save bener-bener tulisan ini supaya kelak bisa dibaca-baca lagi kalau aku butuh refrensi blogger. Sebagai blogger pemula, aku harus banyak belajar. Wah, Mbak Maria Tanjung di mention disini. Selamat ya, mbak. Mbak Maria yang ngenalin saya sama Blogwalking Asik sampai bisa BW ke blog ini. Aku juga baca2 profil Bu Susi ternyata lulusan hukum juga ya, sudah S2 pula. Aku jadi ciut banget di blog nyantumin Mom Lawyer Lifestyle. Pasti ilmunya lebih tingga Bu Susi ini. Hehehe. Siap belajar dari jenengan bu. Semoga bisa main ke Jepara karena saya tertarik dengan ukiran khas jepara.

    BalasHapus
  12. kak susi merupakan panutanku nie dalam hal menulis, liebster award ajang memperkenalkan diri yang seru ya dengan mejawab pertanyaan yang diberikan, sehat dan bahagia selalu ya kak. semoga aku bisa ikutan ajang liebster award kak huhuhu ngarep

    BalasHapus
  13. Saya sebagai bloger pemula baru tahu mengenai Liebster Award ini mb susi, menarik yaa ada ajang penghargaan seperti ini di dunia bloger. Bisa memberikan semangat buat para bloger saling berkarya terus. Sukses mb.

    BalasHapus
  14. Saya juga pernah menulis ini, dinominasikan oleh teman bloger Makassar, asyik ya dan kita bisa semakin kenal dengan yang dinominasikan. Btw, salam kenal mbak.

    BalasHapus
  15. Baru ngerti sejarahnya liebster award ini. Selain untuk senang-senang, sekaligus bermanfaat untuk tukeran link ya mbak��

    BalasHapus
  16. masyaAllah keren banget mbak susi, senangnya bisa kenal dan dicolek di liebster. btw aku baru tau ternyata udah lama ya liebster award.. bismillah aku cicil nulis balasannya, siapa ya yang mau kucolek haha

    BalasHapus
  17. Hehe... Terimakasih mbak. Senang bisa di colek di sini. Menarik banget bisa saling mengenal kek gini.
    Eh, aku baru tahu lho kalo mbak susi suka banget ama sejarah. Ehmmm.. Mau dong aku sambut tantangannya. Tungguin ya

    BalasHapus
  18. Mbak Susiii... Makasih ya. Pertama kali namaku disebut dalam acara ini. 😭😘😘😘

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)