Pengarang yang Menginspirasi Kehidupan Saya

Saya punya dua pengarang perempuan berbeda zaman yang sangat menginspirasi kehidupan. Saking besarnya sampai meletakkan saya pada status literasi yang baik. Bahasa lainnya adalah, saya menjadi kutubuku karena salah satu dari mereka, dan menjadi lebih bersemangat nguri-uri budaya lokal karena pengarang kedua. Anehnya, saya sama sekali tidak menyadari bahwa keduanya adalah pengarang feminis. Saya akan menceritakan dari yang pertama meletakkan dasar kesukaan membaca, kemudian baru sosok yang membuat saya lebih suka lagi membaca sekaligus menulis.

Pengarang yang Menginspirasi Kehidupan Saya



1. Nh. Dini (1936-2018)

Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin atau lebih dikenal sebagai Nh. Dini adalah pengarang pertama yang membuat saya berbinar-binar membaca. Menyelesaikan kisah Dini kecil di novel-novel yang ternyata adalah memoar hidupnya sendiri. Iya, kesamaan nama tokoh, pekerjaan ayah si tokoh utama dan lainnya sangat mirip. 

Nh. Dini lahir pada bulan kabisat tahun 1936 dan meninggal pada tahun 2018 lalu. Keduanya terjadi di Semarang, sebuah kota yang tak jauh dari kota saya. Dia disebut sebagai novelis feminis karena banyak menceritakan tentang perjuangan tokoh perempuan melawan tantangan hidupnya sebagai perempuan Jawa, baik di negerinya sendiri maupun di negeri orang. Ia pandai mendeskripsikan latar atau setting cerita sehingga pembaca seakan diajak ke masa yang sedang dia tulis.

Buku Nh. Dini pertama yang saya lahap adalah novel Sebuah Lorong di Kotaku (terbit pertama tahun 1978). Tentang Dini kecil, si anak bungsu dari seorang pegawai jawatan kereta api di Semarang. Setting novel pada tahun 1940an awal sampai masa akhir pendudukan Belanda. Di kisah itu diceritakan bagaimana kehidupan masyarakat kota Semarang ketika Perang Dunia I berlangsung. Sepulang dari liburan di rumah kakek, ibunya Dini mulai sering membuat makanan yang diawetkan seperti ikan dan daging yang dikeringkan. Novel diakhiri dengan suara-suara dentuman meriam dari posisi bersembunyi mereka, penanda bahwa kekuasaan Belanda diambil alih oleh Jepang.


Setelah itu dilanjutkan dengan novel Padang Ilalang di Belakang Rumah (terbit pertama tahun 1979) adalah novel memoar Dini kedua. Novel kedua tersebut menceritakan tentang kisah kehidupannya pada masa pendudukan Jepang. Tentang harapan tinggi pada “saudara tua” yang baru saja berhasil mengusir Belanda. Namun harapan tersebut berganti menjadi penyakit busung lapar, pakaian dari tenunan jerami atau kain dari karung (bagor) dan suasana kemiskinan yang menyeluruh. Bahkan bagi keluarga Dini yang cukup mampu jika dibandingkan mereka. Novel ini juga sekilas menceritakan tentang Pertempuran Lima Hari di Semarang, PETA dan sejarah yang terjadi pada masa itu. 

Novel ketiga adalah Langit dan Bumi Sahabat kami, masih dengan situasi dan kondisi yang sama pada novel sebelumnya. Novel ketiga ini juga terbit pada tahun 1979. Sayangnya saya tidak membaca novel memoir keempat, yaitu Sekayu. Juga 10 novel memoir lainnya. 

Saya tidak ingat apa alasan saya tidak lagi membaca novel memoar Nh Dini. Kecuali, alasan memang tak ada koleksinya di SMPN 3 Jepara, tempat saya belajar. Saya menemukan buku Sekayu di perpustakaan SMAN 1 Jepara, tapi selera saya sudah berbeda. Saat kuliah, saya menemukan kembali keasyikan membaca novel Nh. Dini, yaitu Pertemuan Dua Hati, Pada Sebuah Kapal, dan Keberangkatan. Setelah menikah saya mempunyai novel bertema sejarah budaya yang sangat bagus dan jadi koleksi berharga saya, yaitu Tirai Menurun. Novel yang terakhir ini harus dibaca oleh para pecinta sejarah budaya dan ketoprak. 

Novel-novel Nh. Dini memang sangat menancap di ingatan saya, dan membuat saya bisa membayangkan kehidupan pada masa pendudukan bangsa asing di negeri ini. Dan itu terjadi pada saat usia saya masih belasan. Lama setelahnya saya lupa bagaimana asyiknya membaca sejarah melalui karya fiksi, meski ada beberapa tokoh yang saya baca, misalnya tentang tokoh Indian bernama Winnetao yang ditulis oleh Karl May. Saya menghabiskan seluruh kisah yang ditulis oleh Karl May tersebut, yang juga merupakan novel memoar seorang tokoh (pahlawan). Saya menghabiskan serial Winnetau pada masa SMP juga.

Mungkin itu sebuah awalan mengapa saya sangat suka membaca sejarah, baik yang fiksi maupun nonfiksi. Dan kita akan berkenalan dengan penulis kedua yang sangat menginspirasi saya.


2. Raden Ajeng Kartini (1879-1904)

Saya memakai nama masa sebelum menikah, Raden Ajeng Kartini, semata karena tulisannya pada masa masih menjadi raden ajenglah yang sangat menginspirasi. Sosok pahlawan nasional yang meninggal dengan nama Raden Ayu Kartini Djojoadiningrat itu kalau tidak salah ditasbihkan nama pahlawannya dengan gelar kebangsawanan raden ajeng. Tolong koreksi saya jika salah.

Sosok Kartini – mari kita sebut demikian – adalah sosok yang sangat maju di zamannya. Bahkan masih lebih maju dibandingkan perempuan yang lahir 100 tahun setelahnya. Itu bisa kita lihat saat membaca tulisannya. Saya cukup terkejut saat mendapati dia menulis “bangsaku” di dalam surat yang dikirimkan pada sahabat penanya. Sebutan itu terlalu berani bahkan bagi laki-laki. 

Saya percaya bahwa embrio nasionalisme dan semangat memerdekan bangsa dari pendudukan bangsa asing sudah ada jauh sebelum era Kartini. Namun ia menulisnya secara lugas pada tokoh cendekia Belanda yang mempercayai semangat ethice sebagai kunci kesejahteraan Jawa.

Saya tidak salah tulis, memang pada masa itu lebih banyak disebut Jawa daripada nusantara. Belum ada istilah Indonesia juga. Belanda pun baru menguasai seluruh Jawa-Madura dan Sumatera minus Aceh. 

Karya tulis ilmiah perdana Kartini berjudul Het Huwelijk bij de Kodjas atau Pernikahan Suku Koja, terbit di jurnal ilmiah Belanda bernama Bijdragen tot de Taal­, Land­ en Volkenkunde pada tahun 1899. Dapat ditemukan pada halaman, Vol 6, Pt 1, halaman 695–702. Monggo dicari dan dibaca. Boleh juga hubungi saya kalau mau salinannya, dalam bentuk terjemahan dari Pak Joost Cote.

Selain tulisan yang dianggap sebagai karya yang bernilai akademis tinggi sampai sekarang, masih ada beberapa karya tulis seriusnya. Misalnya Het Blauw Verfen  atau Pewarnaan Biru (pada batik) yang menjadi bagian dari buku pertama tentang batik di dunia, yaitu De Batik-Kunst van Nederlandsch-Indië. Foto Kartini dan keluarga ada di buku tersebut, sebagai apresiasi karena bantuan berharga Kartini. 

Bantuan apa selain artikel? Kartini (dan adiknya) mengirimkan 30an karya asli Jepara, dan diantaranya ada seperangkat sampel pengerjaan batik Jawa mulai dari kain kosong sampai yang sudah diwarnai, beserta petunjuk cara pembuatannya.

Perempuan muda ini juga suka pamer modernitasnya secara anonim dalam bentuk cerpen di beberapa media cetak Hindia-Belanda maupun di Belanda sendiri. Misalnya cerpen Een Gouverneur Generaals Dag atau Hari Kedatangan Gubernur Jenderal (1899), dan Een Oorlogsschip op de Ree atau Bertambatnya Kapal Perang. Terjemahan judul saya mungkin salah, sih, karena saya tidak pandai bahasa Belanda. Cerpen ini juga belum ada yang menerjemahkan. 

Saya bisa bilang begitu untuk menjelaskan alasan mengapa ia punya banyak hatters. Bahasa sejarahnya, ia banyak dicemooh oleh para bangsawan, termasuk para bupati. 

Tak perlu kecerdasan level tinggi untuk tahu siapa 3 raden ajeng yang diundang secara khusus saat Gubernur-Jenderal melakukan lawatan kerja perdana di Jawa Tengah. Cuma Kartini, Roekmini dan Kardinah yang diundang, dan diistimewakan. Wajar saja kiranya, karena itu adalah balasan dari ketenaran 3 perempuan Jepara itu di Belanda selama pameran penobatan Ratu Wilhelmina. Beberapa koran Belanda seperti Rotterdams Courant menulis tentang mereka sebagai bukti keberhasilan pendidikan di Hindia-Belanda.

Wes pokoknya kalau bicara tentang beliau ini, saya bisa menghabiskan waktu berhari-hari, meskipun hanya seputar fun fact. Banyak hal yang belum terungkap tentang beliau ini. Saya baru mencatat sedikit tapi jumlahnya sudah puluhan. Yang jelas, Kartini adalah penulis feminis dan dianggap pahlawan emansipasi perempuan

Saya menuliskan tentang kiprah Kartini dalam memajukan kerajinan ukir di Jepara sehingga dikenal di seantero dunia. Bahkan menarik minat Ratu Wilhelmina sehingga di istananya ada sebuah ruangan bernama Japara. Memang ia tidak memesan pada Kartini, selain karena sudah meninggal juga pesanan tersebut dikerjakan di Batavia.


Tapi jika ditanya inspirasinya apa? 


Saya katakan, ia bisa mendobrak ketidakmungkinan. Dia tak gentar saat dikatakan, “Idemu bakal laku 100 tahun lagi” dan tetap ngeyel harus bisa dilakukan sekarang. Saat dia ngeyel sekolah kedokteran di Stovia bahkan sudah menjalin surat menyurat dengan siswa sana, dia ngeyel ketika ibunya ngayem-ngayemi, “Mungkin 20 tahun lagi, Stovia baru menerima murid laki-laki.”

Inspirasi kedua adalah, seperti Nh. Dini, suratnya adalah memoar hidupnya. Dengan runtut dan indah ia ceritakan kehidupan masyarakat bangsawan pada masa itu, baik di Jawa maupun Sunda. Juga kehidupan sehari-hari di rumahnya. Juga tentang harapan dan ketakutannya. Adakalanya ia merajuk, mengatai dirinya manja, pembelajar yang lambat, pemimpi. Namun ia juga banyak berkata “Aku mau” pada Stella. Surat perdana dan keduanya pada Stella sangat indah, modern, dan visioner. Ia memulai dengan kalimat,


“Sudah lama sekali aku ingin berkenalan dengan gadis modern – yang bangga, mandiri dan sangat saya kagumi - yang menjalani hidupnya dengan penuh percaya diri, riang dan selalu bersemangat tinggi, selalu antusias dan berkomitmen tinggi, bekerja tidak hanya untuk keuntungan dan kebahagiannya sendiri, yang menawarkan dirinya pada masyarakat luas, bekerja untuk kebaikan saudari-saudari perempuannya (yang terpasung). Saya terbakar oleh semangat ERA BARU dan - ya! - bisa saya katakan bahwa meski saya belum menemukan semangat itu di Hindia, namun dengan sepenuh pemikiran dan perasaan, saya bukan (hanya) bagian dari (emansipasi) di Hindia saat ini, tapi juga berbagi dengan saudari-saudari kulit putih saya yang progresif jauh di Barat sana.”


Bisa dibayangkan bagaimana Stella melompat dari kursi saat membaca paragraf pertama seorang perempuan Jawa yang belum ia kenal itu. Dia hanya menjawab tawaran iklan mencari sahabat pena di majalah Hollands Lellie, dan menyapanya untuk menawarkan diri menjadi sahabat pena. Dan surat perdana itu mengantarkan lebih banyak kalangan akademik yang mengirim surat pada Kartini, menguji dirinya akan pengetahuan tentang Jawa. 

Surat perdana itu menunjukkan Kartini ingin dianggap setara dengan para perempuan feminis Eropa yang sedang berjuang membebaskan diri dari kekangan laki-laki. Fakta lainnya, pameran penobatan Ratu Wilhelmina adalah Pameran Feminis pertama yang terbesar di dunia. Yaitu bulan Juli - September 1898.

Dan sebagian dari kita mengetahui kisah itu melalui sejarah. 

Atau tulisan saya di Cakrawala Susindra.


Saya bukan Kartini, dan jauh sekali bedanya. Tapi dari surat-surat yang saya baca, saya menemukan fakta bahwa menulis itu bukan hanya memperkaya jiwa, tapi juga warisan yang berharga. Kesadaran itu membuat saya tetap menulis, meski jenuh. Membuat saya tetap memilih platform blogspot agar jikalau tak bisa memperpanjang domain, tulisan saya akan tetap bisa dibaca. Yang membuat saya memutuskan menjadi penulis sejarah lokal agar tetap ada yang mengingat nama saya saat mengutip tulisan saya.

Aduh, saya jadi ingat, lusa, tanggal 20 September, domain blog ini harus dibayar, dan tabungan saya kosong. Hahahahaha.

Sekian, curhatan saya kali ini. Banyak Fun fact tentang Kartini yang bisa dibaca di kategori Sejarah umum dan Sejarah Kartini. Selamat membaca dan terkejut-kejut dengan fakta unik Pahlawan Nasional itu.

32 Komentar

  1. Waktu sekolah dulu, lumayan sering baca karya sastra lama termasuk punya Nh. Dini. Tapi aku masih tahap hanya sebagai pembaca, belum ingin jadi penulis. Dan bicara Kartini, aku masih butuh banyak baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pondasi menulisku dari guru SDku, Pak Bambang yang sering banget beri tugas mengarang. Hahahaha

      Hapus
  2. Wah . Padang ilalang di belakang rumah sepetinya menarik yah. 😍😍.

    Nice writing🌼🌼

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dibaca. Ceritanya bagus. Tulisan Nh. Dini juga bagus, cara penggambaran latarnya

      Hapus
  3. Langit dan Bumi Sahabat kami. Kayaknya judul ini sngat bikin aku Penasaran. Gemana isi karangannya...
    Apakah ini tentang mencintai alam semesta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temanya tentang perjuangan keluarga dalam menghadapi situasi negara baru yang masih dirong-rong sekutu

      Hapus
  4. Berati kalau kita ngeblog bagus sama dengan memeprsiapkan warisan keren untuk anak cucu dong ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya begitu.
      Banyak tulisan saya yang dicuplik untuk jurnal/skripsi dan tulisan akademis lain, bertema sejarah Jepara dan tokoh dari sini. Alhamdulillah.

      Hapus
  5. jaman sma aku rajin banget baca tulisan nh dini. suka banget tapi entah kenapa ya kok sekarang malah lupa. kayanya sih akibat terus mulai banyak penulis wanita baru pas kuliah (tutup muka malu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku agak lupa ceritanya Mbak. Tapi tetap terjaga rasa sukanya sampai sekarang. Bisa dikatakan tulisannya menemani pertumbuhan akalku. Bertahap.

      Hapus
  6. Ih kak Susi tulisannya bikin aku merinding! Aku suka banget pas Kak Susi cerita tentang R.A Kartini gimana dia menginspirasi Kak Susi untuk terus menulis "mungkin belum sekarang, tapi 10 bahkan 100 tahun lagi bakal laku" Heheheh. NH. Dini juga jadi salah satu penulis favorit aku!

    BalasHapus
  7. Kayaknya NH.Dini emang penulis sepanjang masa ya Bu, saya juga suka novel-novelnya. Suka takjub sama perempuan seperti NH Dini yang sudah melek literasi dari jaman Belanda

    BalasHapus
  8. Poin penting yang bisa saya ambil dari tulisan Mbak Susi bahwa menulis itu bukan hanya memperkaya jiwa, tapi juga warisan yang berharga. Noted!

    BalasHapus
  9. Membaca artikel Mba Susi ini jadi mengingatkanku kalau sedang bermain di perpustakaan kampus atau jauh di perpustakaan kala SMP. Selalu tertarik juga dengan gaya bercerita tulisan NH Dini, beberapa sudah baca karyanya namun lupa detail2nya. Sepertinya ide bagus juga untuk membaca ulang saat ini

    BalasHapus
  10. Wuih keren Mbak Susi, inspirasinya penulis senior yang melegenda. Kalo aku mungkin Andrea Hirata, Dee Lestari, JK Rowling, Dan Brown, Agatha Christie. Tulisan-tulisan mereka banyak mempengaruhi pola pikir saya. Duh jadi kangen baca buku mereka lagi deh

    BalasHapus
  11. Penulis yg saya belum ketahui secara langsung. Kecuali memang bukunya bisa kita pinjam dan baca di ipusnas.
    Tulisan yg bermanfaat memang akan berusia panjang, tidak hanya sebatas saat ada perpanjangan domain, tetapi lebih ke abadi di hati pembacanya...

    BalasHapus
  12. Kartini memang banyak menginspirasi kita ya mba, karenanya sekarang perempuan bisa berkiprah berdampingan dengan kaum Adam. Setuju soal tulisan itu kelak menjadi harta warisan kita yang berharga. Yuk terus menulis dan berbagi kebaikan.

    BalasHapus
  13. Aku juga suka NH. Dini selain Mira W, Marga T, Leyla S. chudori dll. Mulai kenal banyak novelis dr jaman SD gegara liat kakak suka baca hihii

    BalasHapus
  14. Saa jaman SD sudah baca beberapa karya NH Dini dan terkagum-kagum. Baca ini kok jadi kangen pengin baca lagi...wah
    Kalau karya RA Kartini belum pernah, hanya cuplikan-cuplikan saja.
    Keren Mbak Susi, kedua penulis ini memang menginspirasi. Dan setuju jika, menulis itu bukan hanya memperkaya jiwa, tapi juga warisan yang berharga.

    BalasHapus
  15. Para perempuan penulis ini tidak hanya menuliskan sejarah tapi sekaligus menginspirasi ya mbak

    BalasHapus
  16. Menarik. saya terarik baca2 tentang RA Kartini lebih lanjut. karena ternyata belum semua saya pahami. menginspirasi banget

    BalasHapus
  17. Wah, saya masih perlu banyak belajar lagi nih. Soalnya saya belum pernah membaca karya 2 penulis tersebut. Baik Ibu Nh Dini dan RA Kartini. Masukkan ke wish list bacaan dulu nih, biar disiapkan bacaannya.

    BalasHapus
  18. Tokoh-tokoh yang sangat menginspirasi. Tulisan mbak Susi masya Allah keren banget. Nggak banyak blogger membahas soal ini. Jadi tambah ilmu..

    BalasHapus
  19. Sepakat mba Susi, menulis bisa menjadi dokumentasi perjalanan hidup kita yg tak ternilai harganya ya mba :)

    BalasHapus
  20. Wah..pengarang legend semua ini. Saya kayaknya pernah deh baca tulisannya NH Dini. Tapi lupa euy yang judulnya apa

    BalasHapus
  21. Wanita2 yg super duper tangguh ya Mba
    Memang sosok perempuan yg seperti beliau2 itu bisa memercikkan semangat untuk perempuan lain, walaupun lintas zaan

    BalasHapus
  22. setuju, saya juga menulis agar bermanfaat bagi banyak orang
    Karena itu yang mau copy paste silakan
    "kalo kepake" lho ya :D
    Jangan-jangan saya pikir berguna untuk orang lain
    Eh taunya ngga ada yang peduli :D

    BalasHapus
  23. NH Dini juga adalah salah seorang penulis favorit saya. Terutama saat lajang. Banyak falsafah hidup tentang kehidupan itu sendiri, saya temukan dalam coretan apik beliau. Tak akan terlupakan.

    BalasHapus
  24. "Menulis itu bukan hanya memperkaya jiwa, tapi juga warisan yang berharga".

    Bahkan, tulisan Mbak Susi tentang Nh Dini dan Kartini di sini, menjadi inspirasi saya untuk membuat warisan berharga, setidaknya bagi keluarga terdekat, dan mungkin saja buat orang yang mengenalku.
    Tapi, aku kudu belajar lagi bagaiman menulis dengan indah seperti 2 wanita inspiratif tersebut.
    Tfs mbak Susi, darimu aku jadi mengenal nama2 novel yang belum pernah aku baca :(

    BalasHapus
  25. Masya Allah senang sekali baca tulisannya. Saya setuju dengan pernyataan ini : menulis itu bukan hanya memperkaya jiwa, tapi juga warisan yang berharga.

    Warisan berharga untuk anak cucu sekaligus sejarah bagi diri sendiri.

    BalasHapus
  26. Aku sukak banget karya NH DINI pada sebuah kapal mbak. Pas zaman smp kali dapat di perpus. Saking sukanya novelnya nggak kukembalikan wkwkwkw lebih milih bayar denda karena bilang novelnya hilang ketinggalan di angkot pas pulang sekolah. Untungnya nggak di denda cuma disuruh piket nyapu perpus selama seminggu wkwkwk

    BalasHapus
  27. Dua perempuan yang inspirasional
    Nh. Dini sering Aku baca karyanya semasa sekolah dulu dan sering pinjem di perpustakaan
    Tutur bahasanya, alur kisah dari bukunya serasa mengalir aja

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)