Tips Memilih Hosting Untuk Website Wordpress

Semangat pagi, Sobat Cakrawala Susindra! Semoga semangat terus menjalani hari. Saya mau bagi tips mudah memilih hosting untuk website ber-platform Wordpress. Tentu tahu dong, kalau platform yang satu ini sangat cocok untuk menampilkan citra profesional, ber-branding kuat, mudah diatur, dan mudah disesuaikan. 

Tips Memilih Hosting Untuk Website Wordpress susindra
Tips memilih hosting untuk website wordpress ala Susindra

Tak heran jika biasanya para pelaku bisnis online menggunakan website yang berbasis Wordpress untuk mengenalkan produk dan layanan jasa usaha meraka. Namun bukan hanya pelaku bisnis saja yang menggunakan website ber-platform wordpress, para blogger juga sudah menggunakan layanan wordpress sebagai media untuk menampilkan konten-konten karya mereka. 

Lalu sebenarnya apa sih Wordpress itu?

Wordpress adalah sebuah platform pembuatan website yang merupakan aplikasi sumber terbuka dan merupakan mesin sebuah blog. Wordpress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL.

Menggunakan website wordpress memiliki banyak kelebihan seperti :

  1. Tersedianya Plugin yang berlimpah
  2. Memiliki tema yang beragam
  3. Mudah digunakan 
  4. Memiliki support dan komunitas yang besar
  5. Dan masih banyak lagi

Setelah memiliki website ber-platform Wordpress kita juga perlu menyewa hosting berbayar. Namun sebelum memutuskan untuk memilih hosting untuk website Wordpress , sebaiknya kita gali banyak informasi terlebih dahulu agar setelah layanan hosting disewa, kita tidak menjadi kecewa di kemudian hari.

Nah, ada beberapa Tips Memilih Hosting Untuk Website Wordpress:

1. Sesuaikan Kebutuhan

Cek dahulu apakah website Wodpress yang kita buat merupakan website pribadi atau website bisnis. Jika website Wordpress yang kita buat hanyalah website personal dengan jumlah pengunjung yang masih sedikit, maka sebaiknya kita pilih hosting dengan kapasitas yang kecil dahulu. Ketika trafik website sudah mengalami peningkatan yang signifikan, maka kita bisa beralih ke hosting dengan kapasitas yang tinggi dari sebelumnya.

Namun jika website Wordpress yang kita buat adalah sebuah website bisnis dengan jangkauan target pasar yang besar dan luas, maka sebaiknya kita pilih hosting dengan kapasitas yang besar. Karena terlalu beresiko kalau kita pilih hosting dengan kapasitas yang kecil, sebab website akan susah di akses oleh para pelanggan.

Tips Memilih Hosting Untuk Website Wordpress susindra

2. Cek Reputasi Perusahaan Layanan Hosting

Kita pasti tidak mau kecewa dengan layanan hosting yang sudah kita sewa dengan harga yang mahal namun pelayanannya tidak memuaskan.Untuk itu kita perlu mengetahui dengan baik reputasi perusahaan penyedia layanan hosting. Caranya kita bisa tanya kepada teman–teman yang sudah berpengalaman dalam memilih hosting untuk Wordpress atau membaca testimoni yang biasanya banyak di tulis di internet.


3. Pilih Hosting Untuk Wordpress Yang Cepat dan Stabil

Sebagai penyewa hosting Wordpress sudah tentu kita ingin  para pelanggan bisa mengakases website kita dengan lancar dan stabil.Nah, untuk itulah kita perlu memilih penyedia layanan hosting yang menyediakan kecepatan server yang kencang, mempunyai dukungan team support 1 X 24 Jam dan dengan uptime lebih dari 99 %. 

Selain itu kita juga perlu memperhatikan spesifikasi server yang terletak di data center penyedia layanan hosting yang kita incar. Spesifikasi ini mencakup, kecepatan prosesor, teknologi server, harddisk, kapasitas RAM,  maupun network speed (semakin tinggi maka semakin baik kecepatan aksesnya).


4. Memberikan Keamanan Maksimal

Kejahatan hukan hanya ada dan terjadi di dunia nyata saja, di dunia maya pun kejahatan pun terjadi, terutama kejahatan terhadap website, misalnya adanya serangan hacker. Sebagai pemilik website kita tidak bisa menyepelekan hal seperti ini, kita butuh penyedia layanan hosting untuk Wordpress yang memberikan perlindungan terhadap serangan hacker. Selain memberikan keamanan yang maksimal, pastikan layanan hosting juga memberikan perlindungan data dan menyediakan layanan backup secara rutin.


Untuk urusan pelayanan hosting yang berkualitas, kini DomaiNesia hadir untuk menyediakan layanan hosting murah untuk website lebih cepat agar bisnis online yang kita jalankan bisa meraih keuntungan sesuai dengan target yang di inginkan. DomaiNesia memberikan pilihan paket layanan hosting untuk website Wordpress yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, seperti: Paket Extra, Paket Super, Paket Monster, Paket Mikro, Paket Mega, Paket Giga dan Paket Exa .


Wah, kita sudah sampai di bagian akhir, nih. Tips saya tentang cara memilih hosting untuk website Wordpress kali ini cukup singkat, padat dan tepat. Jangan ragu lagi memilih tempat beli hosting ya. Oh iya, kalau mau tips lain tentang website, yuk baca artikel saya tentang elemen dasar website yang harus diketahui.

21 Komentar

  1. Saya pakai Wordpress juga nih, Mbak. Tapi sampai sekarang saya nggak tahu nama jasa penyedia hosting yang menangani sewa-menyewa hosting dan domain ini. Sejak awal, diberikan sebagai hadiah dari seorang teman. Sama sekali nggak pernah membayar biaya sewa tahunan, hihihi ...

    Tapi saya merasakan banget. Kalau blog kita rasanya lambat tuh gimana. Dulu blog ini juga begitu. Kalau saya sampaikan ke teman itu, nanti diutak-atik. Sekarang sudah nggak seberat dulu lagi.

    Tuh, memang harus pintar memilih, ya.

    BalasHapus
  2. Saya punya akun wordpress.
    Awal awal bikin blog dulu ya wordpress ini, trus pas ikut komunitas blogger di Medan, saya malah jarang nulis di wordpress.

    BalasHapus
  3. Saya punya akun wordpress yang belum TLD. Ingin menjadikan TLD tapi kok masih belum bisa fight untuk dapat feedback yang sesuai dengan biaya per tahunnya. Nanti saya ceki-ceki lagi ke domainesia deh, manatau ada yg agak lebih murah untuk TLD wordpress saya, hehe..

    BalasHapus
  4. Penting banget yaa mbak memilih hosting terbaik dan pastinya disesuaikan dengan kebutuhan. Saya pribadi, blass ga ngeh soal hosting gini. Semuanya full diurus suami wkwkwk

    BalasHapus
  5. Tips yang menarik ini..memang perlu memperhatikan pelayanan hosting yang berkualitas, seperti DomaiNesia yang menyediakan layanan hosting murah untuk website lebih cepat.
    Yang tentunya akan membuat bisnis online yang kita jalankan bisa meraih keuntungan sesuai dengan target yang di inginkan...

    BalasHapus
  6. Aku ada wordpress tapi masih nganggur. Belum kepikiran buat didomainin karena mau nyari hosting yang murah juga. Terus harus belajar sih soalnya masih kagok sama menu-menunya

    BalasHapus
  7. Aku nggak pake WordPress sih mbak. Tapi nggak tau juga ke depannya ehhehee...


    WordPress+DomaiNesia sepertinya kolaborasi yang pas ya mbak, khususnya untuk mereka yang mau bikin website untuk toko onlinenya.

    BalasHapus
  8. Saya emang mupeng kalo liat WordPress mba Susi. Banyak banget plug in nya.. tapi saya masih belum pandai ngotak-ngatik nya.. makanya belum berani pindah dari blogspot

    BalasHapus
  9. Kalau sekarang agak2 bingung sih karena penyedia hosting yg bagus uda mulai banyak ya dan harganya bersaing

    BalasHapus
  10. Kalau sekarang agak2 bingung sih karena penyedia hosting yg bagus uda mulai banyak ya dan harganya bersaing

    BalasHapus
  11. Hmm kl mau beli hosting wordpress ke Domainesia ini aja ya Mba Susi... lebih murah dan cepat ya, noted deh. Tfs Mbasay...

    BalasHapus
  12. Udah beberapa tahun aku juga oake domainesia, dan sangat bersyukur dengan pelayanan mereka, saya yang gaptek pernah salah utak-atik blog hingga blog hilang, tim suportnya bantuin hingga blog pun normal kembali

    BalasHapus
  13. Aku pake blogspot sih buat blogku. Tapi ini sungguh info yang bermanfaat buat yang make WordPress. :)

    BalasHapus
  14. Aku punya satu blog lagi yang pakai WordPress. Dari beberapa tahun lalu selalu maju mundur buat dijadiin TLD karena masih belum terlalu aktif nulis di sana. Semoga nanti bisa lebih aktif dan bisa pasang domain plus hosting buat blog yang itu hehehe

    BalasHapus
  15. Informasi yang sedang saya cari-cari ini. kebetulan salah satu blog saya juga wordpress. Terima kasih

    BalasHapus
  16. Memilih penyedia hosting memang perlu banyak pertimbangan ya, Mbak. Harus yang terjamin keamanannya, harganya bersahabat dan yang pasti reputasinya sudah terkenal baik

    BalasHapus
  17. Secara teori paham sih tentang hosting, tapi realisasinya masih nunggu waktu yang tepat. Ngeblog pakai blogspot aja dulu. Hehe

    BalasHapus
  18. Aku pakai wordpress nih, tapi blm pake hosting sendiri.
    Sepertinya aku jd pgn punya hosting sendiri dehh

    BalasHapus
  19. Wordpress memang ajib ya karena banyak plugin yg bermanfaat, namun ya itu, sy suka mendengar jg sebaiknya hostingnya dipilih betul penyedianya yg pas biar nggak sering error

    BalasHapus
  20. iyaaa sayang sekali kalau punya blog bagus dan update tapi ternyata lemot dan hostingnya ga stabil ya mba... memang perlu banget selektif dalam memilih hosting ini..

    BalasHapus
  21. Terima kasih tipsnya Bu. Ini sangat bermanfaat buat yang perlu hosting yang kece punya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)