Kenali Aneka Elemen Dasar Website Paling Penting

Dalam membuat sebuah website, penting sekali untuk memperhatikan elemen-elemen yang digunakan. Dengan adanya elemen dasar website, tampilan dari laman page pada blog akan semakin terlihat menarik. Karena, sadar atau pun tidak, setiap melihat halaman blog dengan desain yang sangat mengganggu mata, pasti kita akan lebih memilih menutup laman blog tersebut dan mencari blog lainnya yang lebih nyaman dipandang.

elemen dasar website paling penting ala cakrawala susindra apa saja


Seseorang tidak perlu memiliki kemampuan yang sangat andal atau mahir untuk mendapatkan desain blog yang menarik namun sederhana. Cukup cerdas dalam memilah dan memilih template yang dipakai di dalam blog saja. Yuk, kenali berbagai elemen dasar yang wajib dipertimbangkan dalam membuat website!

Elemen Dasar Website untuk Menarik Visitors

Berikut ini adalah beberapa elemen dasar website paling penting yang wajib Anda perhatikan:

1. Tampilan Layout

Layout yang terdapat di dalam sebuah situs website, sebaiknya disesuaikan dengan isi konten, supaya pengunjung yang membaca bisa lebih mudah menerima informasi di dalamnya. Keseimbangan layout pada dasarnya dilihat dari penataan susunan bagian atas-bawah dan bagian kiri-kanan. 

Pada umumnya, orang memulai membaca dari sisi kiri ke kanan. Oleh sebab itu, main post atau menu utama postingan sebaiknya diposisikan di sebelah kiri. Kemudian, untuk sidebar diletakkan di posisi kanan. Skala prioritas juga harus dipertimbangkan saat membuat layout website. 

Prioritaskan bagian yang paling penting sampai bagian yang kurang penting dalam penyusunan desain layout secara keseluruhan. Hal yang terpenting adalah layout tidak mengganggu pembaca atau pengunjung website Anda.

Baca juga : cara membuat Email dengan nama website.

elemen dasar website paling penting ala cakrawala susindra
Layout Cakrawala Susindra

2. Jenis huruf yang digunakan

Pemilihan huruf atau font website berbeda dengan yang digunakan dalam brosur, pamflet, serta materi cetak yang lain. Klasifikasi huruf dasar untuk website terdiri dari 4, diantaranya serif yang menampilkan kesan elegan, klasik biasa diaplikasikan dalam surat kabar harian, misalnya Georgia, Times New Roman, serta Cambria. 

Selanjutnya, ada sans serif dimana huruf yang ditampilkan mampu membantu meningkatkan minat baca para pengunjung lebih tinggi dari klasifikasi serif. Contoh dari sans serif yaitu arial, verdana, josefin sans, dan lain-lain. Model huruf script memiliki variasi yang begitu beragam mulai dari santai, casual, klasik dengan huruf tegak bersambung. Akan tetapi, jenis huruf ini terkadang sulit dibaca oleh sebagian orang, gunakan model huruf script pada judul postingan bukan isi dari postingannya. 

Kemudian, ada jenis dekoratif yang benar-benar bervariasi dari alphabet sampai simbol-simbol tertentu. Jangan diterapkan pada kalimat yang sangat panjang untuk jenis dekoratif.  Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam jenis huruf yang digunakan adalah karakter huruf yang sesuai dengan tema website.


3. White space atau ruang kosong

Elemen dasar website berupa ruang kosong ini sangat bermanfaat untuk membantu penyusunan data, sehingga lebih mudah dibaca dan tidak bosan untuk dilihat. White space dapat memberikan ruang atau jarak bagi satu elemen dengan elemen website yang lain. 

Selain itu, white space dapat memberikan kesan bersih dan menenangkan pada desain yang digunakan di laman page website. Keseimbangan tampilan layout lebih terjaga secara keseluruhan dan meningkatkan kemudahan teks yang di-posting di dalam website terbaca oleh visitors. Ruang kosong sebaiknya diaplikasikan juga dalam mengatur jarak antara baris dan paragraf pada bagian body text.

Baca juga : DomaiNesia Penyedia web hosting Indonesia terbaik 2020

4. Tombol search untuk mencari isi konten di dalam blog

Search atau kolom untuk mencari isi konten atau informasi yang disediakan di dalam website. Mulai dai hal navigasi, kategori, serta label juga diberikan sebagai pilihan tambahan yang ada dalam website. Fasilitas kolom search akan sangat membantu mempersingkat waktu pengunjung dalam menemukan konten yang ingin dicari. 

Sebaiknya, posisikan kolom search pada tempat yang mudah dilihat di sebelah navigasi atau bagian bawah header. Tombol search dapat bertuliskan huruf atau simbol berupa kaca pembesar. Untuk menambah pengalaman kepada pengguna website, dapat mencobanya dengan fitur custom search yang diberikan oleh google.

Kenapa Kolom search selalu di atas - seo tips
Kolom search selalu di atas

5. Memilih warna yang sesuai

Latar warna atau warna dasar pada tampilan laman page berpengaruh terhadap optimasi kerja mata para pengunjung website Anda. Jika tidak ingin mengganggu kerja mata, gunakan warna yang mudah diserap oleh mata seperti biru, merah, putih, dan hitam. Warna latar juga disesuaikan dengan isi konten yang diposting di dalam halaman website. 

Penggunaan warna yang tepat dapat membantu seseorang meningkatkan mood atau suasana hati ke arah yang lebih baik. Kombinasikan warna muda sebagai latar lalu warna tua diterapkan dalam teks konten yang ada. Sedangkan warna abu-abu atau putih, disisipkan pada lata untuk body text.  

Jangan lupa, backlink itu sangat penting untuk DA, PA, SS, dan Alexa

Sebagian besar orang, terutama kaum wanita, sedang mengagumi warna pastel atau warna yang sedikit redup dari warna utamanya. Gunakan satu warna saja pada bagian highlight dan paduan warna atau gradasi warna dari warna utama jika bingung dalam menentukan warna untuk latar.

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait dengan elemen dasar website. Untuk memanjakan para pengunjung, pastikan website Anda sudah memenuhi 5 elemen dasar yang paling penting tersebut.

Post a Comment

15 Comments

  1. lay out ini aku belum paham, mo otak atik sendiri takut rusak, lay out ma template sama atau nggak yaa?

    ReplyDelete
  2. Dari kemarin bingung mau pilih template yang mainstream atau yg kaya blog aku skrg, nah punya mba susi ini keren ih idenya sekaligus ada identitasnya sekalian di kolom kanan. Dan yak setuju banget yang harus ada kolom search, bantu banget kalau ngetik keyword atau konten langsung :3

    ReplyDelete
  3. AKu prefer pesen, kak...daripada utak-atik sendiri.
    Tapi yaa...aku ingat abnget waktu pertama kali nge-blog. Aku memilih background hitam, karena aku suka. Perasaanku nyaman dan unik karena jarang kan...blog dengan background item.

    Lalu di kritik sama teman blogger juga, katanya...ga nyaman, Len...
    Ganti yang standart doonk..

    Akhirnya perjalanan panjang itu yang membawa blogku saat ini.

    ReplyDelete
  4. Blogger baru atau yang sedang belajar ngoprek-ngoprek blog kudu nih baca tulisan Mba Susi. Hihihi. Godaan gonta ganti template udah lewat buat saya. Dulu mah jangan ditanya, udah kayak ganti baju aja, dua kali sehari. Kikiki

    ReplyDelete
  5. Saya jadi ingat blog saya pas baru buat bloog, Mbak Susi. Itu norak sekali. Segala amcam pernak-pernik saya paang. Mulai dari jam, musik, sampai ikan mas koki dan turun salju hahaha. Ganti-ganti template, akhirnya pilih beli template saja. Dan sampai sekarang saya pakai.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih banyak informasinya. Udah lama banget nggak ngulik desain blog atau baca-baca tips blog kayak gini, hehehe.

    ReplyDelete
  7. Wah tips nya boleh juga nih kak, maklum sebagai.newbie yg ga pnya dasar it jadi lemot banget klo baca tips dan trik ttg sesuatu berbau it hehe

    ReplyDelete
  8. Pingin buat sendiri untuk template. Tapi rasanya susah ya. Jadi beli yang sudah jadi aja. Dan ubah-ubah sedikit aja

    ReplyDelete
  9. Saya awalnya pake template bawaan blog gratisan. Setelah upgrade ke TLD langsung pake template premium. Biar lebih nyaman bacannya. Tfs artikelnya yaa Mbak Susi

    ReplyDelete
  10. reminder buat saya ini...Terima kasih sharingnya Mbak Susi, saya gaptek..kadang mikirnya cuma nulis aja duh, ternyata memang banyak yang harus diperhatikan ya agar tampilan web nyaman bagi oembaca

    ReplyDelete
  11. Aku nyetting layout blogku sesuai seleraku Mbak. Boleh gak sih seperti itu?

    ReplyDelete
  12. Saya juga suka otak atik website supaya cantik, dan suka juga kalo website yang saya kunjungi itu cantik. betah bacanya.

    ReplyDelete
  13. Wah, Mbak Susi pasti demen otak-atik nih. Saya baru belajar design blog sendiri nih mbak. Sangat terbantu dengan artikel ini buat acuan blog ideal ya. Meski yang saya design masih dibuat gratisan dulu. Hehehe

    ReplyDelete
  14. makasih mbaa buat ilmu basic nya tentang websitee. aku masih belajar buat layout yang bagus nih

    ReplyDelete
  15. minimal elemen dasar ini dulu yang sudah aku terapin ke blog. dulu suka otak atik template, sekarang jadi agak males hehehe, tapi rencana mo ganti 'rumah' biar fresh aja

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)