Hadiah Ulat: Backlink sebagai Pondasi Domain Authority, Spam Score, Domain Rating dan Alexa

Minggu ke-8 Kelas Ulat Bunda Cekatan di Institut Ibu Profesional. Kali ini tugas kami adalah menemukan 1 buddy untuk saling curhat; menggali kelemahan dan kelebihan agar bisa saling memberikan hadiah berupa pengetahuan yang kami butuhkan. Hasilnya, kali ini saya akan mengulas sedikit tentang backlink sebagai pondasi Domain Authority, Spam Score, Domain Rating dan Alexa.


Domain Authority Spam Score Domain Rating dan Alexa



Saya menyebutnya hadiah ulat dan saya tidak salah sebut. Kelas Bunda Cekatan memang menyebut tahap belajar kedua ini sebagai Kelas Ulat. Minggu ini adalah penghujung kelas. Oh iya, minggu lalu, di Kelas Ulat ke-7 saya memberi hadiah tentang street photography, mungkin tertarik.

Seperti ulat yang rakus memakan daun, 8 minggu ini kami dipersilakan menikmati semua jenis daun yang dapat kami nikmati. Ada 40 kelas dengan tema berbeda dan masing-masing kelas saling sharing ilmu. Sobat Cakrawala Susindra takkan dapat menebak apa saja yang kami pelajari di kelas. Saya hanya punya dua kata: SANGAT BUANYYAK! Saya ulat yang picky eater, hanya mau makan yang sesuai mind map, tapi saya membongkar banyak sekali keranjang potluck eh ilmu saat merenung di tepi danau.


Tugas Buddy


Tugas kali ini adalah mencari 1 buddy untuk diajak mengolah ilmu yang kami pilih. Setidaknya itu yang saya pahami sehingga saya tetap memilih seorang teman blogger dari Keluarga WeBS (Website, Blog dan SEO). Mind map belajar SEO yang saya buat di Kelas Telur adalah panduan saya.

Saya lemah di riset keyword, sehingga memang mencari buddy yang bisa melakukan riset. Saya menemukan Mbak Dian Kusumawardani sebagai buddy, lalu curhat tentang apa yang telah saya pelajari dan apa yang saya harapkan. Mbak Diyah juga melakukan hal sama. Ia ingin belajar tentang Domain Authority, Spam Score, Domain Rating dan Alexa versi saya. 

Blaik! 
Saya nyaris tidak memerdulikan semua itu. Domain Authority saya stag di angka yang sama selama 2 tahun dan itu tidak menyenangkan. Apapun usaha saya, bahkan brokenlink sudah bersih pun tetap saja... 

Beruntung Page Authority dan Domain Authority saya cukup memuaskan, dan Alexa saya termasuk ramping. Jadi saya bisa sedikit lega dan tidak fokus mengurus Domain Athority. 

Yuk siapin potluck untuk kebutuhan blogging Mbak Dian....
 Pondasi Domain Authority Spam Score Domain Rating dan Alexa
Yuk siapin potluck untuk kebutuhan blogging Mbak Dian...

Domain Authority, Spam Score, Domain Rating dan Alexa

1. Domain Authority


Domain Authority adalah sebuah website metric yang menjadi ukuran kepercayaan dari sebuah situs atau website berdasarkan rujukan yang berasal dari mesin pencari dan pengguna. Moz yang mengembangkannya. 

Domain Authority menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi trafik dan ranking dari sebuah website dan menjadi acuan seberapa tinggi ingkat kepercayaan mesin pencari kepada suatu web/blog. 


Cara menaikkan DA adalah:



  1. Rutin membersihkan brokenlink
  2. Konten berkualitas
  3. Promosi dan branding 
  4. Kekuatan media sosial 
  5. Membuat banyak inbound link pada setiap konten 
  6. Blogwalking sebanyaknya dengan meninggalkan link di komentar (bukan Google profile) 


Spam Score

Domain Authority dan Spam Score sama-sama dikembangkan oleh MOZ. Bukan penilai milik Google, namun dipercayai kualitasnya dan dinilai obyektif dalam mengukur kinerja sebuah web/blog. Spam Score adalah algoritma yang dimiliki Moz untuk menentukan apakah sebuah website layak dianggap website spam dan sangat mungkin untuk di-banned oleh Google atau tidak.

Cara menurunkan Spam Score tidak seberapa mudah. Kuncinya ada pada link (inbound maupun external link) dan backlink. Jumlah link menyesuaikan dengan prosentase jumlah link keluar dan ke dalam. 

Jika sering hanya lupa menambahkan link dalam tiap postingan, bisa dihadiahi Spam Score 1. Jika jumlah backlink dofollow terlalu besar, akan mendapat Spam Score 2. Namun jika terlalu banyak memasukkan jumlah link keluar, bisa juga menerima dengan Spam Score 3. Ini batas maksimal sebuah blog yang ingin dilirik oleh pelanggan pemberi job review.


Domain Authority, Page Authority dan Spam Score bisa dicek di https://websiteseochecker.com/domain-authority-checker/

Domain Rating

Domain Rating adalah metrik yang dikembangkan oleh Ahrefs untuk menunjukkan seberapa kuat profil backlink sebuah situs. Semakin tinggi angkanya, maka DR yang dimiliki sebuah situs semakin kuat. Nilainya 1 - 100. Bahasa sederhananya, DR mengukur seberapa besar popularitas link/domain sebuah blog.


Domain Rating bisa cukup fluktuatif naik turunnya karena dipengaruhi oleh kualitas backlink dofollow yang kita terima di situs lainnya.

Domain Rating dapat dicek dengan https://smallseotools.com/domain-rating-checker/ atau https://ahrefs.com/website-authority-checker

Alexa


Alexa Rank adalah alat pemasaran yang dikembangkan oleh Amazon menggunakan data trafik sebuah website. Data estimasi jumlah pengunjung + berapa halaman yang dikunjugi menjadi salah satu patokan kerja istana. Kedua data tersebut dihitung dalam waktu 3 bulan lalu dibuat peringkatnya. 


Cara mengecek Alexa dengan https://www.alexa.com/siteinfo





Penulisan yang SEO Friendly itu kunci

Sebelum saya membahas tentang backlink sebagai salah satu pondasi Domain Authority, Spam Score, Domain Rating dan Alexa, saya ingin menekankan tentang penulisan SEO friendly yang menjadi pijakan utama sebuah blog. 

Blogging adalah kegiatan menulis. Mesin pencari memberikan rekomendasi dari tulisan. Jumlah kunjungan dan lamanya membaca sangat tergantung pada penulisan atau konten. 

Konten yang bagus akan memiliki peringkat baik di mata Google Search. Penulisan yang SEO Friendly menaikkan kualitas dan kredibilitas blog di mata Google dan manusia yang membaca. 

Content is King adalah frasa abadi di dunia blogger.


4 Pilar SEO yang perlu dipegang erat

Ada 4 pilar SEO yang perlu dipegang erat oleh setiap blogger. Saya sudah menulisnya di postingan sebelumnya, tepatnya di minggu pertama Kelas Ulat. Saya bawakan ke sini lagi agar mudah, tapi saya sarankan tetap membaca artikel aslinya 4 pilar SEO.

1. Technical. 

Tugas utamanya adalah memastikan seluruh laman website/blog dapat dijelajahi oleh Googlebot. Ini adalah salah satu cara masuk pejwan atau laman pertama pencarian. Beberapa yang perlu dipastikan baik adalah AMP, Structured data, Page-speed, Javascript, redirect, dll.

2. Content. 

Content is King akan selalu menjadi pilar SEO yang abadi. Google sampai berpayah menciptakan algoritma tercanggih saat ini, yaitu BERT yang dapat membaca kata sebaik manusia. Content atau konten berkaitan dengan tulisan kita. Dalam artikel sebelumnya, saya memfokuskan beberapa taktik saya dalam menguasai pilar kedua ini, yaitu riset aneka keyword, teknik menulis yang SEO friendly, menulis berdasarkan kebutuhan pencari informasi (Search intent), menulis yang unik, dan masih banyak lagi. Silakan baca peta belajar saya sebelumnya, ya.

3. Optimasi on-page. 

Optimasi on-page berkaitan bagaimana konten atau tulisan yang kita buat itu memiliki peringkat tinggi. Tentunya tidak ada yang gratis tiba-tiba dapat. Harus ada usaha, karena ada puluhan, mungkin ratusan juta artikel yang membahas hal sama seperti yang kita buat. Jadi, pastikan ada meta title, meta description, meta data, heading tag, dan lain-lain. Saat ini saya sedang fokus ke optimasi on-page. Mbak Dian memberikan hadiah untuk saya berupa 10 langkah sederhana melakukan SEO on-Page. Maturnuwun, Mbak!

Mbak Dian Kusumawardani sebagai mahasiswa Buncek


4. Optimasi Off-Page. 

Optimasi off-page tak jauh dari kredibilitas blog dan backlink berkualitas. Kredibilitas blog harus dibangun dan ditingkatkan. Jangan sampai salah langkah. Ini terlihat dari MOZ, Alexa, DA/PA, dan lain-lain. Perhatikan juga bounch rate dan angka spamscore, selain brokenlink. Mbak Dian sedang fokus di sini, jadi kami akan saling melengkapi. Insya Allah.

Backlink sebagai pondasi

Bicara backlink bisa berarti kegiatan seorang narablog dalam memasukkan suatu link dari luar ke dalam blognya, bisa juga diartikan penempatan link blog kita di suatu blog atau website. Keduanya sangat sangat penting. Keduanya menjadi pondasi SEO.


Backlink adalah link suatu blog atau website yang masuk ke sebuah blog atau website lainnya, yang dapat menjadi rujukan bagi pembaca (manusia) maupun robot peramban. Backlink sangat mempengaruhi kredibilitas sebuah blog. 

Jikalau sebuah website yang kredibel memasukkan link blog kita ke dalam konten mereka, mesin pencari akan memasukkannya sebagai backlink yang baik. Terlebih jika dimasukkan ke blog yang punya niche yang sama. Ini salah satu bahasan di serunya kelas SEO kami.

Jika Google suka backlink kita, domain authority kita akan naik. Hasil pencarian di Google Search juga membaik. 

Cara mendapatkan backlink berkualitas"

1. Membuat konten yang unik, menarik, dan organik
2. Menulis secara runtut dan mendalam
3. Saling menitipkan komentar dengan sesama blogger
4.Menggunakan Question Hub unuk menjawab pertanyaan yang mungkin mengarahkan kita ada suatu infomasi baru
5. Menitipkan link blog melalui Guest Host atau Penulis Tamu
6. Membuat profil dan tulisan di beberapa blog dengan peringkat tingi, misalnya menulis di medium, Kompasiana, dan lain sebagainya.



6 Cara di atas bisa dilakukan jika ingin menaikkan Domain Authority, Spam Score, Domain Rating dan Alexa melalui backlink. Hasilnya cukup mengejutkan. Silakan coba, ya. Dan semoga bekal berupa hadiah ulat yang saya siapkan untuk Mbak Dian ini akan membantunya selama proses menjalani kelas Kepompong di Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional.

16 Komentar

  1. Huooo lengkap, ini akan di bookmart, biar bs di lihat2 lagi pas praktek

    Makasih banyak mbak susi

    BalasHapus
  2. Menulis secara seo friendly masih menjadi tantangan bagiku karena pasti bertentangan dengan keinginan XD blogku SSnya 5%, udah mencoba disavow dan hapus brokenlink tetep segitu. Apa mba susi ada tips atau postingan untuk merampingkan SS? :D

    BalasHapus
  3. aiiih, kudu belajar lagi niih, makasih ulsannya mba susi

    BalasHapus
  4. hehe untuk DA yang paling simple itu tanem backlink di blog yang udh tinggi juga mba DA nya :D.
    mungkin bisa nih saya dapet backlink dr blog ini hihi

    BalasHapus
  5. Asik, dapet ilmu lagi. Ini udah semingguan mengolah materi buat kelas SEO rasanya mandek. hehehe makasih, Mbak Susi

    BalasHapus
  6. Pada awalnya dunia blog hanyalah sebatas dunia menulis saja, namun ternyata tidak seperti itu.

    Sedari dulu sampai kini, aku merasa ilmu menulisku jalan di tempat. Tidak bergerak, tidak ada kemajuan yang berarti. Apalagi jika berhubungan dengan DA,PA, Spam score, DR dsb aku masih belum mengerti bagaimana cara mengolah dan mengatur konsistensinya..

    Karena untuk mengatur intensitas menulis saja aku masih belum stabil, maka untuk tahap selanjutnya masih belum dipelajari.

    Ya, setidaknya dengan belajar dan membaca dari sana sini, jadi tahu pentingnya memperhatikan semua itu, tidak hanya memperhatikan tulisan saja.

    BalasHapus
  7. Ihiy semoga cepat menjadi kepompong berkualitas ya ulat lucu. Makanannya lezat sekali. Aku sampai harus pelan2 bacanya agar tak ada yg terlewat. Kan sayang kalau mubazir.

    BalasHapus
  8. Ya ampun ini ilmunya komplit banget mbak, segala printilan trntang analytic blog ada di sini semua, yang masih ga mudeng soal DA PA alexa dan teman2nya bisa baca2 tulisan ini

    BalasHapus
  9. Langsung minder mbak, Da turun drastis, PA juga, alexa gendut, brokenlink banyak. Mau nangis

    BalasHapus
  10. Belajar banyak dari artikel ini, duh saya masih blank masalah seo, mesti dikunyaj pelan-pelan nih ilmunya biar ngerti

    BalasHapus
  11. Tulisan yang sangaaat bermanfaat sekali,Mbaak
    Terima kasih sudah banyak sharing tentang SEO,Mbak. Jadi banyak belajar

    BalasHapus
  12. wah daebaakk,,, lengkap banget ini artikelnya, bakal aku simpen buat pelajaran ini mah, hehehuu

    makasi mba sus

    BalasHapus
  13. Wah, bekalnya bergizi banget nih, Mbak. Urusan backlink emang enggak mudah, ya, baik dalam menjelaskannya maupun praktik untuk dapat backlink berkualitas :)

    BalasHapus
  14. Ilmunya bermanfaat bgt kak, jadi lbh tau tentang backlink, spam score atau alexa.. Biasanya klw nulis di blog tdk mmperhatikan langkah-langkah agar lebih baik.

    BalasHapus
  15. Aku kok kepoh siapa yang gambar toples2 isi ulat itu ? hehe
    Walah ulat itu sebutan buat yang ikutan kelasnya gtu yaaa. Ntr pas lulus jadi kupu2 ya? Lama gak sih ikutan kelasnya? kepoh hehe

    BalasHapus
  16. hoaa, ini lengkap banget. duh kya nya buddy ku juga butuh info tentang ini deh, aku buat backlink ke blog ku ya mba ^^ oiya, buddy ku lagi mau belajar tentang manajemen ide dan manajemen waktu untuk ngeblog. mampir ke blog ku ya.. hihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)