Peta Belajar Kali Ini Berjudul Bedah Cakrawala Susindra

Galau... saya sungguh galau. Tugas Kelas Telur di Bunda Cekatan Ibu Profesional kali ini membuat saya galau. Saya sudah membulatkan tekat, sebelum kelas Buncek di mulai, bahwa saya akan membenahi blog ini, yang berusia 11 tahun dengan 743 artikel. Ini sebuah janji yang harus saya penuhi, bagaimanapun caranya, saat saya memutuskan mengisi blog kembali, saya akan membedah blog Cakrawala Susindra ini. Tapi saya tak siap membuat peta belajar, meski niatnya agar tidak tersesat di belantara ilmu blogging. Karena saya justru terlalu sibuk mengumpulkan remahan ilmu ngeblog yang jika dibuat daftar, bisa sangat panjang. 

peta-belajar-bedah-seo-cakrawala-susindra
Sumber foto: Canva

Peta belajar


Saya memulai membuat peta dengan bertanya, apa yang saya butuhkan untuk mendandani kembali blog ini? Dan makbrudul... banyak PR yang berdesakan mendaftarkan diri. Saya tahu, sih, beberapa memang sengaja saya skip, misalnya mengisi alt image dan deskripsi pencarian. Saya tahu impact-nya besar, tapi entah kenapa saya skip saja. 

INI MASALAHNYA. Jika 2 yang mudah saja saya skip, bagaimana dengan 50an PR yang saya tahu, sedikit tahu, atau baru tahu? Oh ya, saya mendapatkannya setelah bertanya di https://seositecheckup.com.

cara-cek-seo-blogmu-susindra


Ya Allah... susahnya jadi blogger, ya Allah....

Project Bunda Cekatan

Mungkin heran, ya, kenapa saya menjadikan blog ini sebagai project di Bunda Cekatan. Mengapa saya ingin membedah blog Cakrawala Susindra? Apa kaitannya? Rasanya seperti tak ada, tapi diada-adakan. 

Saya  tetap berpegang pada 3 pedoman dalam memilih telur yang hendak ditetaskan, yaitu FINANSIAL, BAHAGIA, dan MANFAAT. 

Bisa dikatakan, blog ini yang paling mewakili, daripada ilmu rumah tangga atau lainnya. Blog adalah jati diri saya sebagai pribadi, anak, istri dan ibu. Ini adalah sarana belajar mengurus rumah tangga juga. Paket komplit bagi saya. Makanya, setelah mengalami fase sortir dari telur hijau menjadi telur merah dan diolah sehingga menjadi telur orange, saya memilih BEDAH BLOG sebagai project utama selama belajar di Bunda Cekatan.

Agar tidak kebingungan, silakan baca artikel di bawah ini secara urut ya.
3. Telur orange: Ilmu yang saya butuhkan
(Judulnya beda, ya...)

Apa yang membuat saya galau?

Karena peta ngeblog saya menjadi sangat sarat kegiatan. Gambar di bawah ini adalah gambar awal peta belajar saya. Belum jadi. Dan sudah semrawut. 



Suami saya langsung berkomentar bahwa saya tidak realistis. Kebanyakan. Mbladrah. AMBYAR!

Saya pandang lekat cukup lama. Baiklah, saya persempit. Ternyata tetap banyak. Saya hanya meghapus sub dari sub kegiatan.  

Dengan kata lain, aslinya sama, Cuma lebih enak dilihat saja. 

peta-belajar-susindra


Apa yang saya harapkan dari blog ini? Apa rencana saya dalam melakukan bedah blog Cakrawala Susindra ini?


Memperbaiki kualitas konten dari 743 artikel yang ada, itu pasti. 6 bulan cukup, insyaAllah. Saya fokus pada aktivitas bagian kiri, yaitu konten, keyword dan SEO on page

Bagian kanan, yaitu kredibilitas blog, backlink berkualitas dan SEO on site adalah aktivitas yang bisa dilakukan terpisah. 

Sebenarnya, peta di atas sudah saya sesuaikan dengan kebutuhan saya. Aslinya, ini lho, ilmu SEO yang harus dipelajari.

peta-belajar-bedah-seo-cakrawala-susindra
Sumber foto: Canva
Saya sedang tidak bisa menjelaskan semua yang saya tulis di atas. Mungkin akan sangat membosankan dan akan kembali menyentuh 3000 kata. Tidak. 

Terlalu teknis, adalah alasan pertama, bisa jadi saya salah menjelaskan adalah yang kedua. Tapi secara umum, langkah yang saya ambil sudah sebagian terlihat pada peta belajar yang saya unggah paling atas itu. Sisanya bisa googling, ya.

Oh ya, teman-teman kalau mau membenahi blog, bisa mulai dengan bertanya, mau dibawa ke mana, blognya. Dari jawaban itu akan tahu PR-nya di mana.

Kenapa sih saya mau bersusah payah membenahi blog ini? 


Blog ini pernah merajai pejwan, dengan statistik kunjungan yang wow! Kata teman saya, jika saya adsense-kan, sebulan bisa belasan juta. Segitunya... permohonan adsense saya ditolak terus,wkwkwk. 

Kudu semaput.
Eh... berasa mau pingsan. 

Nah, setelah lama hiatus, saya masih malas ngeblog. Fokus saya saat ini adalah mengelola energi menulis dulu. Makanya saya abaikan SEO on page yang saya pelajari dan amalkan dulu. 

peta-belajar-bedah-seo-cakrawala-susindra
Sumber foto: Canva


Saya cukupkan sekian dulu, ya, peta belajar saya kali ini. Mohon maaf jika merasa tak mendapat ilmu apa-apa atau mengira saya pelit menjelaskan. Jika jeli, sebenarnya cukup ndaging, hanya saja, memasaknya membutuhkan artikel di blog lain yang khusus membahas ilmu SEO. Hihihi. 

Saya takut salah menjelaskan lalu ditertawakan oleh para master SEO. Bahkan peta belajar saya kali ini juga sudah pasti ada yang menertawakan karena kurang pas. Percaya, deh, saya baru proses mengumpulkan ilmu yang saya butuhkan, dan sebagian besar masih belum tersentuh. Dengan kondisi itu, saya tak boleh sembarangan berbagi. Jika project saya berhasil – mohon doakan – saya takkan pelit membagi ilmu tentang SEO dan penulisan blog. Yang pertama, saya harus memantapkan peta belajar ini dan mulai membenahi blog Cakrawala Susindra.

24 Comments

  1. Saya dapat kok Mbak ilmunya. Dari postingan ini saya jd belajar bahwa dari sebuah blog sebenarnya banyak yang harus diurus. Kalau ditelateni sebuah blog bisa sangat menghasilkan.

    ReplyDelete
  2. PR saya di dunia blogging juga masih sangat banyak,Mbak. Yang paling dekat ini rencananya mau hapusin broken link lalu mencantumkan alamat email di beranda blog :)

    ReplyDelete
  3. Rasa malas! Iya, ini benar banget, Mbak. Sayapun mau mulai aktif lagi ngeblog, cara awal yang saya pilih adalah membuang rasa malas. Rasa yang susah banget buat dijauhin, ya. Huhuhuhu

    ReplyDelete
  4. Aku jadi kebakar lagi semangatnya abis liat peta belajarnya mba susi. Liat peta blognya aku kaget sendiri karrna emang selama ini hampir melakukan hal2 yang serupa beberapa, blogging itu asyik sekaligus menguras energi namun menyenangkan ya

    ReplyDelete
  5. Ya ampun membaca postingan Bunda Susi bikin saya malu hahaha saya juga males, saya juga masih banyak PR di blog.

    Liat postingan ini bikin saya mikir juga sih Bun kalau bikin semacam peta belajar itu bikin fokus kita jadi satu titik ya. Di tengah berbagai banyak hal yang kita pengin atau rencanakan.

    Saya juga penasaran sama SEO bun

    ReplyDelete
  6. Keren banget mbak, saya belum sempet membenahi apa2 wacana mulu haha. Bahkan Nov-Des kyknya hampir semua blog lifestyle kena badai pemangkasan PV wkwkwk huhuhu.
    TApi jdnya lbh semangat sih buat nulis organik, ya sambil melihat tulisan mana yang perlu diangkat supaya bisa jd page i1 pkai seo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Susi manteb banget lho sibuk ngurus bayi tapi bisa ngeblog dan ikutan komunitas bunda2 itu hehe :D Tugasnya konon ktanya banyak ya :D

      Delete
  7. Haturnuhun...kak Susi.
    Aku jadi ikutan cek blog aku. Tapi web nya langsung ngilang yaa...harus langganan.
    Kak Susi cepet banget pahamnya mengenai apa yang dibutuhkan untuk Bedah Cakrawala Susindra.

    Sudah gak diragukan lagi passionnya.
    Laaff kak Susiii~

    ReplyDelete
  8. mantap kok ini peta belajarnya Mbak SUsi, Selalu memberikan pencerahan bagi diriku yang pemula ini. SEO jadi penting bagiku karena mikir, sayang juga kalau ada tulisan atau buah pemikiran yang bagus namun tidak ada yang mampir untuk membaca. rasanya sia sia menulis

    ReplyDelete
  9. menarik banget nih ulasannya kak, kita bisa mengetahui apa saja yang harus diperbaiki melalui situs yang kaka berikan di artikel tersebut. Saya mau ikutan ngetest juga ah kira kira banyak PR yang harus diperbaiki nggak ya..

    ReplyDelete
  10. Banyak banget PR sebagai blogger.
    KAdang pengen pingsan kalau semangat benahin semuanya.
    Tapi sebagai mamak-mamak ada waktunya untuk lebih sadar diri akan batasan.

    jadinya, saat bete dengan perdorma blog, saya memilih menulis dan membalas komen dan blog walking saja hahaha.

    Masalah performa, nanti aja deh :D
    (Plis jangan dicontoh:D)

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Wah keren mbak sudah masuk kelas bunda cekatan. Mantap.. aku saja masih menunggu pendaftaran kelas bunsay. Hehehe... sukses ya mbak dalam mengaplikasikan project-projectnya.

    ReplyDelete
  13. Saya sendiri belum sampai pada tahap itu, Mbak. Perencanaan yang sungguh matang untuk membenahi blog, yang saya pikirkan adalah bagaomana cara memilih template yang oke dan enak dilihat sekaligus mobile friendly. Blog ini bagus tampilannya, ke bawah tidak ke samping.
    Peta belajar saya barangkali soal template, tetapi malas utak-atik blog dengan kegiatan padat dan keinginan agar bisa menulis esai bahasa lagi yang sudah tentu butuh fokus.
    Semoga sukses, Mbak. Nanti ilmunya dibagi, ya.

    ReplyDelete
  14. Blog ini pernah merajai pejwan, dengan statistik kunjungan yang wow! Kata teman saya, jika saya adsense-kan, sebulan bisa belasan juta. Segitunya... permohonan adsense saya ditolak terus,wkwkwk.



    WOW warbiyasah, Mbak Susi.

    Kenapa ditolak terus ya permohonan adsense-nya?

    Semoga semua yang diharapkan bisa tercapai ya Mbak Susi.

    ReplyDelete
  15. Saya dah beberapa kali belajar SEO, tapi otak saya ini udah gak mau terima lagi.
    Dan pada dasarnya saya ini pemales dan pecicilan, klop lah...
    Alhamdulilah punya temen yang sampai saat ini selalu siap ngoprek tampilan ataupun settingan blog saya kalo ada masalah. (semoga beliau selalu diberi kesehatan, kepintaran, dan kebaikan hati, supaya bisa selalu terus bisa bantu saya, AAamiinn).

    Dan mengenai peta mu itu mba..
    saya minta ampun, memang kriwel, saya bacanya miring kiri miring kanan...
    Semoga lancar2 pemetaaanmu ya mba...
    dibukakan pintu hati dan fikiran supaya lancar ilmunya masuk Aaamiiin ya Allah

    ReplyDelete
  16. Ya Allah... susahnya jadi blogger, ya Allah....
    Ikutan ngomong kayak gitu saya Mba Sus. Hehehe. Udah 700-an artikel mbaaaaa, kereeeeeen. Saya pun sedang memperbaikin konten dan ngerapiin tulisan-tulisan lawas nih mba. Lagi dikebut ini. Semoga selesai. Amiiin.

    ReplyDelete
  17. Ya ampun aku pengen ngumpet, maluu karena Bu Susi ternyata salah satu member IIP juga. Udah sampai Bunda Cekatan, masya Allah. Saya Bunda sayang aja belum ikutan, baru selesaikan matrikulasi. Semangat kuliahnya ya bu

    ReplyDelete
  18. Makin tau nih, ngeblog bukan sekedar ngeblog, ternyata kualitas blog juga diperhitungkan. Aku jadi tersindir masih yang biasa2 aja, ga ada perencanaan seperti diatas. Semangat untuk perbaikan.

    ReplyDelete
  19. Jadi peta belajar itu buat metain apa yang harus mbak benahi dari blog mbak ya. Terniat deh mbak. Tapi emang harus gitu yak. Good luck mbak

    ReplyDelete
  20. Hebat kak pernah berada di pejwan, baca blog kk ini saya langsung nengok blog saya, ya ampun blog saya cuma sekedar tulisan n foto udah tok itu saja.
    Hahaha..ternyata saya harus banyak2 belajar ini masalah perblog-an.

    ReplyDelete
  21. Detail bangett peta belajarnya, bikin saya jadi terinspirasi juga bikin sedetail ini. Dulu oernah bikin blog mapping juga, tapi berakhir sekadar wacana hahahaha

    ReplyDelete
  22. Duh sepertinya saya mesti banyak belajar lagi terutama tentang SEO 😁. Dan menata kembali blog saya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)