Galau... saya sungguh galau. Tugas Kelas Telur di Bunda Cekatan Ibu Profesional kali ini membuat saya galau. Saya sudah membulatkan tekat, sebelum kelas Buncek di mulai, bahwa saya akan membenahi blog ini, yang berusia 11 tahun dengan 743 artikel. Ini sebuah janji yang harus saya penuhi, bagaimanapun caranya, saat saya memutuskan mengisi blog kembali, saya akan membedah blog Cakrawala Susindra ini. Tapi saya tak siap membuat peta belajar, meski niatnya agar tidak tersesat di belantara ilmu blogging. Karena saya justru terlalu sibuk mengumpulkan remahan ilmu ngeblog yang jika dibuat daftar, bisa sangat panjang. 

peta-belajar-bedah-seo-cakrawala-susindra
Sumber foto: Canva

Peta belajar


Saya memulai membuat peta dengan bertanya, apa yang saya butuhkan untuk mendandani kembali blog ini? Dan makbrudul... banyak PR yang berdesakan mendaftarkan diri. Saya tahu, sih, beberapa memang sengaja saya skip, misalnya mengisi alt image dan deskripsi pencarian. Saya tahu impact-nya besar, tapi entah kenapa saya skip saja. 

INI MASALAHNYA. Jika 2 yang mudah saja saya skip, bagaimana dengan 50an PR yang saya tahu, sedikit tahu, atau baru tahu? Oh ya, saya mendapatkannya setelah bertanya di https://seositecheckup.com.

cara-cek-seo-blogmu-susindra


Ya Allah... susahnya jadi blogger, ya Allah....

Project Bunda Cekatan

Mungkin heran, ya, kenapa saya menjadikan blog ini sebagai project di Bunda Cekatan. Mengapa saya ingin membedah blog Cakrawala Susindra? Apa kaitannya? Rasanya seperti tak ada, tapi diada-adakan. 

Saya  tetap berpegang pada 3 pedoman dalam memilih telur yang hendak ditetaskan, yaitu FINANSIAL, BAHAGIA, dan MANFAAT. 

Bisa dikatakan, blog ini yang paling mewakili, daripada ilmu rumah tangga atau lainnya. Blog adalah jati diri saya sebagai pribadi, anak, istri dan ibu. Ini adalah sarana belajar mengurus rumah tangga juga. Paket komplit bagi saya. Makanya, setelah mengalami fase sortir dari telur hijau menjadi telur merah dan diolah sehingga menjadi telur orange, saya memilih BEDAH BLOG sebagai project utama selama belajar di Bunda Cekatan.

Agar tidak kebingungan, silakan baca artikel di bawah ini secara urut ya.
3. Telur orange: Ilmu yang saya butuhkan
(Judulnya beda, ya...)

Apa yang membuat saya galau?

Karena peta ngeblog saya menjadi sangat sarat kegiatan. Gambar di bawah ini adalah gambar awal peta belajar saya. Belum jadi. Dan sudah semrawut. 



Suami saya langsung berkomentar bahwa saya tidak realistis. Kebanyakan. Mbladrah. AMBYAR!

Saya pandang lekat cukup lama. Baiklah, saya persempit. Ternyata tetap banyak. Saya hanya meghapus sub dari sub kegiatan.  

Dengan kata lain, aslinya sama, Cuma lebih enak dilihat saja. 

peta-belajar-susindra


Apa yang saya harapkan dari blog ini? Apa rencana saya dalam melakukan bedah blog Cakrawala Susindra ini?


Memperbaiki kualitas konten dari 743 artikel yang ada, itu pasti. 6 bulan cukup, insyaAllah. Saya fokus pada aktivitas bagian kiri, yaitu konten, keyword dan SEO on page

Bagian kanan, yaitu kredibilitas blog, backlink berkualitas dan SEO on site adalah aktivitas yang bisa dilakukan terpisah. 

Sebenarnya, peta di atas sudah saya sesuaikan dengan kebutuhan saya. Aslinya, ini lho, ilmu SEO yang harus dipelajari.

peta-belajar-bedah-seo-cakrawala-susindra
Sumber foto: Canva
Saya sedang tidak bisa menjelaskan semua yang saya tulis di atas. Mungkin akan sangat membosankan dan akan kembali menyentuh 3000 kata. Tidak. 

Terlalu teknis, adalah alasan pertama, bisa jadi saya salah menjelaskan adalah yang kedua. Tapi secara umum, langkah yang saya ambil sudah sebagian terlihat pada peta belajar yang saya unggah paling atas itu. Sisanya bisa googling, ya.

Oh ya, teman-teman kalau mau membenahi blog, bisa mulai dengan bertanya, mau dibawa ke mana, blognya. Dari jawaban itu akan tahu PR-nya di mana.

Kenapa sih saya mau bersusah payah membenahi blog ini? 


Blog ini pernah merajai pejwan, dengan statistik kunjungan yang wow! Kata teman saya, jika saya adsense-kan, sebulan bisa belasan juta. Segitunya... permohonan adsense saya ditolak terus,wkwkwk. 

Kudu semaput.
Eh... berasa mau pingsan. 

Nah, setelah lama hiatus, saya masih malas ngeblog. Fokus saya saat ini adalah mengelola energi menulis dulu. Makanya saya abaikan SEO on page yang saya pelajari dan amalkan dulu. 

peta-belajar-bedah-seo-cakrawala-susindra
Sumber foto: Canva


Saya cukupkan sekian dulu, ya, peta belajar saya kali ini. Mohon maaf jika merasa tak mendapat ilmu apa-apa atau mengira saya pelit menjelaskan. Jika jeli, sebenarnya cukup ndaging, hanya saja, memasaknya membutuhkan artikel di blog lain yang khusus membahas ilmu SEO. Hihihi. 

Saya takut salah menjelaskan lalu ditertawakan oleh para master SEO. Bahkan peta belajar saya kali ini juga sudah pasti ada yang menertawakan karena kurang pas. Percaya, deh, saya baru proses mengumpulkan ilmu yang saya butuhkan, dan sebagian besar masih belum tersentuh. Dengan kondisi itu, saya tak boleh sembarangan berbagi. Jika project saya berhasil – mohon doakan – saya takkan pelit membagi ilmu tentang SEO dan penulisan blog. Yang pertama, saya harus memantapkan peta belajar ini dan mulai membenahi blog Cakrawala Susindra.

Jika artikel ini menarik, saya punya puluhan artikel tentang serba-serbi blogging di sini.