A Quiet Place, Teror Mencekam yang Alami: Sebuah Review dan Sinopsis Lengkap Khas Susindra

Usai menonton film tentang survival dari kiamat atau post apocalyptic, kadang saya membayangkan, siapa saja yang akan selamat jika memang ada kehidupan setelah kemusnahan tersebut. Rupanya jenis fiksi yang satu ini memang sangat digandrungi, dan akan terus saja dibuat film/novelnya. Dan pertanyaan ini dengan apik dijawab di film A Quiet Place


FIlm horor terbaik 2018



Sudah bulan Maret, tanggal 9 tahun 2020. Itu artinya, sequel film A Quiet Place akan tayang di bioskop. Itu artinya, berbagai pertanyaan pasca kengerian saya akan segera terjawab. Saya sudah tidak sabar menanti film A Quiet Place 2. Bagaimana nasib Evelyn, Regan dan Noah? Mareka akan membawa bayi baru lahir yang berisik dan belum paham aturan harus diam. Nangis ya nangis saja.

Film horor ini memiliki level teror yang luar biasa bagi saya. Sudah hampir 2 tahun berlalu dan saya masih belum berani menonton kembali. Setelah mempertimbangkan beberapa hal, akhirnya saya menonton kembali dan menulisnya di Cakrawala Susindra. Eman kalau film bagus seperti ini tidak dicatat di blog yang punya koleksi film horor terbaik ini.


Review lengkap A Quiet Place 

Pembuka film yang mengerikan

Sebuah keluarga dengan 3 anak laki-laki dan perempuan berada di sebuah minimarket. Mereka tampak seperti penjarah yang bekerja bersama-sama. Mereka tidak mengeluarkan suara sedikit pun, bahkan tidak memakai sepatu atau alas kaki lainnya. 

Si anak yang paling kecil, Beau, menginginkan sebuah roket mainan yang terletak di rak paling atas. Ia ingin terbang ke luar angkasa. 

Sang kakak perempuan, Regan, berhasil menangkap roket yang hampir jatuh ke lantai. Sang ayah menyita roket itu lalu mengajak pulang. Sebelum mengikuti, Regan mengambil roket dan memberikannya pada Beau. Kasih sayang keluarga sangat terlihat di sini. Saya paling suka menonton film horor keluarga. Misalnya A Monster Call dan Before I Wake.


perjalanan tanpa alas kaki di A Quiet place
perjalanan tanpa alas kaki di A Quiet place


Keluarga ini berjalan beriringan di atas jalan berpasir. Si bontot mengikuti dari belakang, membawa roket (dan baterai secara diam-diam). Mereka sampai di batas jembatan. Beau mengeluarkan roket, memasang baterai, lalu menghidupkan roket mainannya. 

Nguiiiing.....

Seluruh keluarga memandang ngeri dan berlari ke arah Beau sambil menutup mulut. Terlambat... tubuh Beau sudah tidak ada di sana lagi. Sesuatu telah merenggutnya dengan amat sangat cepat.


Pembuka film ini memikat semua penonton karena menjelaskan aturan keluarga ini:


Jangan bersuara.

film a quiet place



2 Jenis pekerjaan yang menyelamatkan hidup kita setelah terjadi pascakiamat

Lee Abbott (diperankan oleh John Krasinski), adalah seorang ahli teknik yang kreatif. Mungkin bisa dikatakan sebagai teknisi yang jenius, jika melihat rangkaian pertahanan di rumah tinggal mereka. Rumah tersebut punya sistem pertahanan nirsuara berupa lampu dan kode ke mana tempat yang aman saat terjadi serangan. Di dalam rumah bawah tanah juga terdapat seperangkat alat monitor yang menunjukkan informasi terbaru. Oh iya, pemeran ayah ini juga menjadi sutradara film.

Evelyn Abbott diperankan oleh artis pemeran watak bernama Emily Blunt. Pasti tahu dong, siapa aktris yang berbakat ini. Ia adalah seorang nakes atau tenaga kesehatan. Jadi, kesehatan keluarga terjamin meski hidup sekeluarga di tempat terasing sekeluarga. Bahkan dalam kondisi survival pun, tak perlu khawatir sakit atau salah memakan sesuatu yang beracun. 

Saya masih gamang... mana film horor terbaik versi saya. Saya kepikiran film Good Night Mommy Ich Seh Ich Seh.... Tapi tidak.... Saingan yang pas adalah Before I Wake dan A Monster Call. Dua film ini indah sekali.


Seperti film bisu tapi punya tata suara yang memukau

Sepanjang film kita akan mendapatkan adegan bahasa isyarat dengan tangan. Keluarga ini nyaris tidak mengeluarkan suara sepatah kata. Tapi, tata suaranya mendapatkan beberapa penghargaan, yaitu: 

  • Menang Hollywood Sound Award di Hollywood Film Awards
  • Nominasi Best Sound (Editing and Mixing) di Satellite Awards
  • Nominasi Best Original Score di Golden Globe Awards
  • Nominasi Original Score – Sci-Fi/Fantasy/Horror Film di Hollywood Music in Media Awards

Beberapa pemain juga berjaya di beberapa ajang penghargaan film internasional, misalnya Emily Blunt memenangkan "Most Frightening Performance" dan "Outstanding Performance by a Female Actor in a Supporting Role"


Keluarga Abbott survivor A Quiet Place
Keluarga Abbott survivor A Quiet Place

Saya jadi ingat, ada film tahun 2016 besutan sutradara Mike Flanagan yang saya pernah membuat outline review dan sinopsisnya. Judulnya "Hush". Film yang dibintangi Kate Siegel ini benar-benar mencekam tapi tetap alami. Kate berperan sebagai Maddie, seorang novelis perempuan yang tunarungu karena meningitas. Maddie hidup mandiri di tepi hutan untuk mencari ketenangan ala penulis. Ia harus berjuang untuk tetap hidup, melawan seorang psikopat yang sangat kejam. Bulu kuduk saya masih berdiri sampai sekarang. Sutradara Mike Flanagan sudah teruji di film Occulus yang review dan sinopsis lengkapnya pernah saya tulis di blog Cakrawala Susindra ini.


Best Original Screenplay

Film A Quiet Place menang Best Original Screenplay atau Skenario Asli Terbaik di beberapa ajang lomba film. Artinya, skenario film ini tidak berdasarkan material atau bahan ide yang telah dipublikasikan. Yang sudah pasti menang adalah di Critics' Choice Movie Awards.

Tak heran jika film ini berhasil mendapatkan 95% review positif di Rooten Tomatoes, dari 301 ulasan. Metacritic juga menghadiahi skor 8 dari 100, tak ketinggalan, CinemaScore ikut memberikan nilai B+ dengan skala A-F.

Saya jadi ingat  film Glass 2019 dan Triligy Unbreakable.


Minimalis pemeran film sehingga peran setiap tokoh 

Bisa dikatakan, film ini hanya memiliki 7 pemeran. Minimalis sekali. Setiap pemeran dapat mengeksplore perannya dengan apik, bahkan bisa dikatakan sulit dilupakan. Cade Woodward, pemeran balita Beau hanya muncul 5 menit, tapi ia sangat dikenang. Membuat penonton penasaran, ada apa dengan suara roket mainan yang membuat nasibnya sangat mengenaskan. 




Bahkan peran Leon Russom sebagai laki-laki yang akhirnya menyerahkan dirinya menjadi sasaran empuk entitas yang menjadi biang teror pun meninggalkan kesan tentang orang yang memutuskan berhenti bertahan karena yang dicintai meninggal.


Berikut daftar pemeran film A Quiet Place yang berjumlah 7:


  1. John Krasinski, sebagai Lee Abbott, seorang kepala rumah tangga dan teknisi
  2. Emily Blunt sebagai Evelyn Abbott, seorang istri dan dokter
  3. Millicent Simmonds sebagai Regan Abbott, putri tertua, tunarungu
  4. Noah Jupe sebagai Marcus Abbott, anak kedua
  5. Cade Woodward sebagai Beau Abbott, anak ketiga
  6. Ezekiel dan Evangelina Cavoli sebagai bayi keluarga Abbott yang baru lahir.
  7. Leon Russom sebagai laki-laki di hutan yang kehilangan istrinya.



A Quiet Place: Film tentang alien yang mencekam

Yap! Tepat! Film ini berkisah tentang serangan alien ke bumi. Bentuknya gabungan tengkorak, semut, belalang, dan bisa bergerak di dinding tanpa suara. Tubuhnya sangat kua sehingga bisa melubangi baja. Makhluk ini mencari mangsa melalui suara. Jadi, meski di sebelahnya tapi bisa menahan napas, mungkin bisa selamat. 




Banyak spekulasi tentang serangan alien ini. Tak heran, karena film ini nyaris tidak menjelaskan seperti apa bentuk predator yang menghabiskan makhluk bumi, bahkan tidak diperlihatkan apakah manusia yang dibunuh itu dijadikan mangsa atau sekadar dihabiskan.

Tak ada keterangan dari mana datangnya makhluk itu, apa maksud kedatangannya, nyaris tak ada. Bahkan survivor atau penyintas lain pun tak ada kabar yang dapat digali di sini, kecuali saat Lee dan Noah anaknya bertemu seorang pria tua yang sedang berduka dengan kematian istrinya, lalu memutuskan membuat suara agar terbunuh juga.

Gerakan makhluk itu terlalu cepat untuk dilihat bentuknya. Bentuk aliennya terlihat saat pertarungan terakhir dengan keluarga Abbott. Tentu saja, sudah seharusnya Sobat Cakrawala Susindra tahu akhir dari film ini.


Sinopsis lengkap A Quiet Place

Saya sudah memaparkan pembuka film sebelumnya. Maka langsung saja, beberapa minggu setelah kematian tragis Beau karena roket mainan, rasa bersalah itu belum sembuh. Regan masih menyalahkan dirinya. Ia bahkan merasa ayahnya masih marah padanya. 




Sang ayah, berinisiatif mengajak Noah, anak laki-laki satu-satunya, untuk mengambil ikan. Kemampuan mencari makan harus diwariskan ke anak mereka. Adegan saat Noah ketakutan mendengar suara gemericik air sungai membuat saya nelangsa. Aih, setelah sekitar setahun tak mendengar suara sendiri dan selalu waspada dengan suara apapun, bahkan suara alam bisa menjadi teror. Tentu saja tidak lama. Setelah selesai mengambil ikan, Lee mengajak anaknya ke dekat air terjun agar dapat berbincang dengan normal. Bahkan mengajari Noah mendengarkan teriakan kembali. 

Hati saya hangat karenanya.

Singkat kata, kita ditunjukkan pada bagaimana kehidupan mereka berlima. Evelyn juga dalam kondisi hamil tua, namun kesehatannya cukup terjaga. Romantisme suami istri menjadi pemanis cerita. 

Pemanis... tapi juga bikin dahi berkerut. "Suami saya bertanya, bagaimana cara membuatnya tanpa suara?"

Ih... mungkin karena kurang canggih atau tidak kepepet....




Lee sedang pergi. Regan sedang berada di lokasi Beau terbunuh. Saat itulah, Evelyn merasakan tanda akan melahirkan. Ia dengan hati-hati menuju tempat melahirkan. Namun ia tak menyangka telapak kakinya tertusuk paku sehingga berteriak. Tak butuh waktu lama bagi para alien untuk datang ke sana. 

Entah sudah berapa kali keluarga ini melakukan simulasi jika terjadi serangan. Evelyn berhasil memberi kode ada serangan di rumah. Kode itu juga berarti semua yang melihat harus berlari ke atas tempat penyimpanan gandum yang letaknya agak jauh.

Adegan Evelyn melahirkan sangat mencekam. Sebagai perempuan yang pernah melahirkan, saya ikut ketakutan.




Pada akhirnya, seluruh keluarga Abbott bahu membahu memecah konsentrasi alien pembunuh... dan ada satu anggota keluarga yang meninggal. Bertambah satu berkurang satu, mereka harus mencoba bertahan hidup dengan menyerang balik alien yang menyerang. Tak dinyana... mereka menemukan kelemahan sang alien.

Sinopsis Annabelle ini pasti kamu tunggu
tamat


Trailer A Quiet Place 

Trailer A Quiet Place II

Ini sungguh kisah yang indah. Mengharu biru sekaligus sangat menegangkan. Saya benar-benar diterkam kengerian, terutama saat Evelyn melahirkan. Diam ternyata bisa jadi bising. Tak tahu siapa musuh ternyata menjadi tripple waspada. Bagi saya, film ini sangat mencekam tapi juga menghangatkan. 

Oh ya, film ini bukan film perang-perangan, bukan film hantu, bukan film sadis, bukan pula film tikam-tikaman. Menurut saya, film ini horor psikologis. Giris tapi manis. Ngeri tapi alami. Baru sekali ini saya menonton film horor tak berani mengulang kembali. A Quiet Place jadi horornya horor versi saya, dan saya akan menunggu sekuel A Quiet Place II pada tanggal 20 Mare 2020 ini. Semoga review dan sinopsis lengkap ini membuat teman-teman ingin menonton film kelanjutannya. 

13 komentar

  1. hehe saya sudah nontn ini, dan bagus! bisa ditonton deh.. gmna caranya hamil tanpa suara wkwk duh keren lah

    BalasHapus
  2. Wah.. saya jadi penasaran ingin menonton film ini, Mbak Susi. jadi ulasan Mbak Susi, film ini tersurat sangat memikat, padahal hanya dengan 7 pemain ya, Mbak. bahkan dengan minimna dialog, dimanfaatkan dengan tata suara yang apik sehingga mendapatkan banyak penghargaan. Sungguh saya semakin penasaran, Mbak hehehe.

    BalasHapus
  3. Waw ini film horror ya. Aduhhh aku nggak berani nontonnya mba. Maklum aku tipe penakut dan parnoan nonton yang begini hihihi. Tapi kayaknya bagus ya ceritanya, soalnya unik sampai nggak boleh bersuara. Hebat berarti ini sutradaranya ama pemainnya ya. Bagaimana cara menyampaikan cerita kepada penontonnya tanpa banyak eialog denggan kata. Cuma isyarat. Hadeuhhh susah ini

    BalasHapus
  4. Saya harus nonton Mba..

    Saya gak kuat bayanginnya gimana melahirkan harus senyap begitu. Saya saat melahirkan anak ke lima meskipun sealami-alaminya, tetap saja tak kuasa bila membayangkan harus melahirkan dengan tenang.

    BalasHapus
  5. Sepertinya seru dan menengangkan film a quite place ini ya mbak. Aku pengen nonton jadinya tapi aku gak berani nonton film horor kayak begini.

    BalasHapus
  6. Huaa film horor ya tapi kayaknya serem banget sih duh maju mundur nih mau nonton huhu soale penakut orangnya.

    BalasHapus
  7. aku ga mau baca duluuuu huhu.. pengen nonton ini tapi belum jadi aja. tak tontone sik wis..

    BalasHapus
  8. Aku sudah nonton ini dan filmnya emang bagus banget sih menurutku, apalagi Jhon Krasinski juga mainnya totalitas bgt

    BalasHapus
  9. aku tahu ini mbak, dikasih tahu temenku
    kan mau ada a quiet place 2
    nah katanya aku kudu nonton yang part 1
    daripada nonton lama2 ya, aku nonton sinopsisnya di youtube, 11 menit, hhehe
    keren bangeeet, apalagi kalau nonton full ya

    BalasHapus
  10. Ini salah satu film yang udah pengin saya tonton waktu baca sinopsisnya Kak. Belum sempet nonton sampai sekarang. Makasih banyak reviewnya. Bikin makin pinisirin

    BalasHapus
  11. aku paling takut film horor Mbak. Karena parnonya itu bisa sampai seminggu. Mau pipis di malam hari takut. berasa ada yang ngelhat di sudut sana hahaha lebai sih, tapi gak tahan takutnya itu mengganggu aktivitas banget

    BalasHapus
  12. awal film ini keluar saya pengen nonton tapi nyali saya terlalu kecil. lalu saya mau nonton online aja, masih adegan awal udah saya tutup, wkwkwk... Setelah baca review ini saya jadi penasaran banget dan pengen nonton beneran

    BalasHapus
  13. Saya blm pernah nonton film ini, bagus kayanya. Apalagi saya suka film2 yg di awal sdh menegangkan. Makasih mbak, mau saya tonton dulu sesi pertama. Penasaran

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)