Fakta, Review dan Sinopsis Film Glass 2019

Para fans Trilogi Unbreakable atau  pasti menanti-nanti penayangan film Glass pada bulan Januari 2019 ini. Atau mereka yang kagum dengan penampilan James McAvoy yang memerankan tokoh antagonis dengan 24 keperibadian pada film Split tahun 2017 lalu. Saya salah satu orang yang resah menanti apa yang dilakukan The Horde setelah kepribadian ke-24-nya muncul. Berapa banyak korbannya? Bagaimana ia bisa dikurung di fasilitas rumah sakit jiwa bersama dua tokoh berkekuatan super lainnya? Buatmu yang juga menantikan film ini, yuk simak review dan sinopsis lengkap film Glass versi Susindra. Jangan baca kalau tak suka spoiler ya, karena ciri khas di sini tak hanya lengkap tapi juga sering detail dengan persona tokohnya.

Poster film Glass dari IMDb

Film Glass (2019) bercerita tentang Elijah Price, tokoh antagonis yang menciptakan dua manusia berkekuatan super: David Dunn (diperankan oleh Bruce Wilis) dan Kevin W. Crumb (diperankan oleh James McAvoy – saya akan lebih sering menyebut The Horde karena tokoh ini punya 24 kepribadian dan 24 nama). Perlu sobat Susindra ketahui, bahwa film Glass merupakan film ketiga dari trilogi yang disebut dengan Unbreakable Trilogy atau Eastrail 177 Trilogy.. Trilogi pertama dibuat pada tahun 2000, trilogi kedua diperkenalkan pada tahun 2017 dan trilogi ketiga tayang pada tahun 2019. 

Sinopsis Film Glass

Film Glass dibuka dengan The Horde sedang menahan empat orang gadis cheerleader. Jeda waktu antara film kedua dan ketiga adalah 3 minggu. Kejahatan The Horde diketahui oleh David Dunn saat mereka tanpa sadar bertabrakan. Saat itu sosok Hedwig, anak tengil berusia 9 tahun yang menguasai tubuh The Horde. David membuntutinya agar bisa melepaskan para tahanan. David Dunn berhasil menyelamatkan para gadis namun ia ditembak oleh sekelompok polisi sehingga tidak sadarkan diri. David dan Kevin terjaga di sebuah institusi rumah sakit jiwa bernama Raven Hills Memorial. Elijah Price juga berada di sini.

Kamar David Dunn dengan instalasi air untuk mencegahnya keluar sel - Poster film Glass dari IMDb

David, Kevin (The Horde) dan Elijah diterapi oleh Dr Elle Staple dan diberitahu bahwa mereka hanya manusia biasa yang mengidap sebuah peyakit. Mereka hanya merasa kuat. Mereka penyandang Suppossed Hero’s Disorder atau Heroes syndrome. Sebagai tindakan preventif, di sel David terdapat air dan di sell The Horde terdapat senapan berisi formula yang bisa menundukkan The Beast, karakter ke-24 Kevin yang sangat kuat dan liar. Selama di institusi, Mrs. Price, Casey dan Joseph berusaha menjenguk mereka namun ditolak oleh Dr Ellie. 

Mr. Glass senang mengetahui keberadaan The Horde dan bermaksud mengadunya dengan David. Ia ingin dunia tahu bahwa ada manusia berkekuatan super di dunia ini. Ia berkeyakinan bahwa manusia-manusia super akan muncul jika mengetahui keberadaan David dan The Horde. Dia akan mengadu mereka pada pembukaan Osaka Tower di Philadelphia. Diam-diam Mr Glass mengirim rekaman video pertarungan David dan The Hord ke ibunya, Joseph dan Casey, dengan harapan mereka bertiga akan mengedarkan video tersebut.

Review film Glass

Tak seperti biasa, kali ini saya mereview film ini menggunakan serangkaian list karena butuh banyak kalimat untuk memahamkan film bagi mereka yang belum menonton film Unbreakable dan Split. Berikut ini catatan saya.

Fakta film Unbreakable, Split dan Glass

1. Film Glass adalah film terakhir dalam trilogi Unbreakable atau lebih tepat disebut dengan Eastrail 177 Trilogy. Debut film ini dimulai pada tahun 2000. Penerimaan penonton tidak cukup baik dan membandingkan dengan Sixth Sense karya M. Night Shyalaman yang menjadi penulis, suradara sekaligus produser film trilogi ini. Apalagi film perdana ini diberi label triler psikologi, padahal ia ingin film ini dimasukkan dalam tema pahlawan super. Butuh waktu 17 tahun untuk melanjutkan kembali ke trilogi kedua. Entah mengapa butuh waktu 2 tahun untuk film trilogi ketiga, padahal jeda setting film 2 dan 3 hanya selama 3 minggu.

2. Sutradara, produser dan penulis film Trilogi Unbreakable adalah M. Night Shyamalan. Shyalaman beberapa kali ikut bermain sebagai cameo di filmnya, sebagaimana Stan Lee di film-film Marvel Universe. Di film ini ia bermain sebagai Jay. Sebagaimana semua filmnya, setting film trologi ini juga di Pennsylvania. Lebih tepatnya di Philadelphia.


3. Antara film pertama sampai ketiga terdapat penghubung yang mungkin lepas dari pengamatan para penonton. Misalnya, David Dunn dan ayahnya Kevin berada di kereta yang sama. Ayah Kevin menjadi salah satu dari 177 korban kecelakaan kereta api maut yang membuat identitas David sebagai manusia super terdeteksi oleh Mr. Glass. Karakter Kevin sudah muncul di film pertama, 20 tahun sebelumnya, sebagai anak kecil yang berjalan setengah diseret ibunya. David Dunn juga muncul sebagai cameo di akhir film Split (film kedua) selama kurang dari semenit. Karakter Mr Glass juga disebut diakhir film Split oleh dua wanita penggosip di sebuah bar.

4. David Dunn tidak pernah sakit atau terluka sejak kecil. Ia juga pernah mengalami kecelakaan bersama istrinya tapi tidak terluka. Ia menggunakan kecelakaan tersebut sebagai alasan untuk berhenti menjadi tim football. Tokoh protagonis ini memiliki kelemahan, yaitu air. Saat SD ia pernah tenggelam, tersedak air dan nyaris meninggal. Peran ini diserahkan pada Bruce Wilis. Di film Unbreakable, David masih bekerja sebagai pegawai keamanan di stadiun football karena saat remaja, ia berhenti bermain dengan alasan cinta. Audrey, istrinya menganggap football sebagai olahraga yang penuh kekerasan. 19 tahun kemudian, di film Glass, David sudah memiliki perusahaan keamanan sendiri dibantu anaknya. David disebut The Overseer

David Dunn a.k.a The Overseer - Poster film Glass dari IMDb

5. Elijah Price terlahir dengan penyakit Type I ostoegenesis imperfecta atau ketidakmampuan tubuh menghasilkan mineral khusus sehingga tulangnya rapuh dan mudah patah. Ketika kecil ia disebut Glass oleh teman-teman sepantarannya karena penyakit ini. Untuk menghibur Elijah, ibunya setiap hari selalu memberi hadiah komik kepada putranya ini. Komik-komik ini membuat Elijah berpikir jika dirinya serapuh ini, pasti ada orang yang memiliki kondisi tubuh kebalikannya, yaitu tidak pernah terluka atau  patah tulang. Ia menetapkan diri menjadi supervilain dengan membuat 3 kecelakaan besar demi menemukan orang yang memiliki kebalikan dirinya. Ia membakar sebuah hotel besar, meledakkan sebuah pesawat, dan menabrakkan sebuah kereta. Kecelakaan kereta ini membuatnya menemukan 1 orang yang dicari, yaitu David Dunn, karena menjadi satu-satunya penumpang yang selamat dan tanpa cedera. Peran ini diambil oleh Samuel L. Jackson.
Mr. Glass - Poster film Glass dari IMDb

6. Kevin Wendell Crumb adalah pemuda yang memiliki Dissociative identity disorder (DID). Trauma berat di masa lalu membuatnya memiliki 24 keperibadian, yaitu: Hedwig (anak berusia 9 tahun), Dennis (penderita OCD dan cenderung jahat), Patricia (perempuan Inggris yang rapi, klasik dan berwibawa), Barry (pemuda pinggiran yang senang mendesain baju), Orwell (sejarawan), Jade (gadis remaja), Ian dan Mary (duo kembar dari Irlandia), Norma (perempuan dari Amerika Selatan), Luke (laki-laki beraksen Amerika Selatan), dan Mr Pitchard (dosen film Jepang), the beast (manusia setengah serigala dengan kemampuan tubuh maksimal, bisa merayap di tembok, dan kanibal seperti serigala), dan karakter lain yang tidak muncul di 3 film trilogi atau luput dari pengamatan saya. Kevin mendapat keperibadian ganda setelah ayahnya meninggal pada tahun 2000 dan diasuh oleh ibu yang sangat galak. Trauma berat membuat kepribadiannya terbelah-belah sesuai dengan kemampuan yang dia atau kepribadian lainnya dambakan. Kesadaran Kevin menghilang sejak tahun 2014 dan seluruh kontrol diambil alih oleh kepribadian lainnya. Kevin disebut The Horde dan diperankan oleh James McAvoy.
Kevin dengan 24 kepribadian - Poster film Glass dari IMDb

7. Dr Ellie Staple, seorang anggota organisasi kuno dengan tato daun clover berdaun tiga. Ia mendapat tugas membuat 3 manusia berkekuatan super di atas merasa dan mengakui bahwa mereka hanya manusia biasa. Mereka hanya memiliki sejenis penyakit yaitu Suppossed Hero’s Disorder atau Heroes syndrome. Dalam dunia psikiatri, penyakit ini benar-benar ada. Dr. Ellie harus membuat pasiennya mengakui bahwa ia menderita kelainan ini dan bersedia diobati. Jika gagal, pasien harus dioperasi otaknya atau dibunuh. Dr Ellie adalah sosok netral di sini. Dia hanya menjalankan tugas. Pada akhirnya David dan Kevin harus dibunuh, sedangkan Elijah yang mengetahui akhir hidupnya memutuskan membunuh dirinya sendiri.

Dr Ellie. Tipe kamera seperti ini menandakan akan ada bahaya besar  - Poster film Glass dari IMDb

8. Joseph adalah putra David yang sejak kecil berharap ayahnya menjadi pahlawan super. Di masa kecil dia bahkan bermaksud menembak ayahnya demi membuktikan bahwa ayahnya punya kekuatan super. Joseph membantu usaha ayahnya, yaitu Dunn Home Security. Joseph juga satu sekolah dengan Casey, korban penculikan The Horde yang berhasil lolos dari maut.

9. Casey Cooke adalah seorang yatim piatu yang diasuh oleh sahabat ayahnya. Dia mendapat perlakuan buruk dari walinya tersebut. Di tubuhnya terdapat banyak bekas luka, entah melukai diri sendiri karena DID atau dilukai oleh walinya. Yang jelas, Casey penyendiri, punya insting bertahan hidup yang sangat baik dan sangat cerdas melihat situasi di sekelilingnya. Ia dilepaskan oleh The Horde saat melihat bekas-bekas luka di perutnya.

10. Mrs. Price adalah ibu Elijah atau Mr Glass yang ketika putranya masih kecil, setiap hari menghadiahi anaknya komik. Ia memberitahu David secara tersirat bahwa putranya adalah penjahat pada film pertama.

Casey, sesama penderita DID seperti Kevin - Poster film Glass dari IMDb

11. Black Clover Society adalah organisasi kuno berusia 1000 tahun yang menjadi tempat Dr. Ellie bekerja. Mereka menangkap dan mengubah manusia super menjadi normal kembali. Jika gagal, mereka akan membunuhnya. Daun clover atau semanggi yang dijadikan simbol adalah 3 daun, yang merupakan bentuk daun biasa pada umumnya. Clover berdaun empat dianggap istimewa dalam budaya Amerika. 

12. Setiap karakter utama memiliki warna khusus atau cara rekam. David memiliki warna dominan hijau saat ‘ditangkap kamera’ sedangkan Kevin berwarna kuning agak oranyeMr. Glass memiliki warna dominan ungu saat muncul dan sering diambil dari pantulan kaca. 

Pembagian warna karakter dalam film Glass - Poster film Glass dari IMDb

Sumber foto IMDb Glass

5 Comments

  1. Wah iya, ini film yang keren bagiku.

    ReplyDelete
  2. Wah James McAvoy itu salah satu pemeran idolaku.

    ReplyDelete
  3. Wah Bruce Wilis. Tokoh idolaku.

    ReplyDelete
  4. Wah iya, ini filmnya keren abis.

    ReplyDelete
  5. Sinopsisnya saja bagus. Apalagi yang selebihnya. Pasti keren banget.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)