Cara Mengetahui Tone Warna Kulit dengan Mudah dan Praktis

Di masa sekarang, banyak orang yang menggunakan aplikasi edit foto untuk meningkatkan kecerahan warna kulitnya. Hal ini pun membuat orang lain semakin sulit dalam membedakan jenis warna kulit. Bahkan, beberapa orang yang memiliki budget lebih pun tidak sungkan untuk pergi ke dokter untuk menyamarkan warna kulit aslinya.

Cara Mengetahui Tone Warna Kulit dengan Mudah dan Praktis


Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mengetahui jenis dari warna kulit. Tentunya, cara-cara ini tergolong ampuh untuk membedakan mana warna kulit asli dan mana yang buatan. Tanpa basa-basi lagi, mari langsung menyimak pembahasan di bawah ini :

1. Lihatlah Urat Nadi 

Mengamati urat nadi secara cermat salah satu opsi yang paling sering digunakan dalam mengenali warna kulit. Cara yang satu ini terbilang ampuh untuk mengetahui warna dasar dari kulit seseorang. Dengan melihat urat nadinya yang terletak di salah satu tangan, maka kamu dapat mengetahui warna asli kulit lewat urat nadi tersebut.

Urat nadi yang berwarna biru menandakan warna yang dingin atau terang. Urat nadi yang berwarna hijau menandakan warna yang hangat, dalam hal ini sawo matang dan warna coklat lainnya juga termasuk. Terakhir, warna urat nadi yang sulit dibedakan dengan warna kulit asli, berarti warna kulit tersebut cenderung netral.

2. Membandingkan Wajah di Cermin dengan Kertas Putih

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis warna kulit adalah dengan membandingkan wajah dengan kertas putih lewat cermin. Langkah pertama yakni dekatkanlah cermin ke arah pipi kiri maupun pipi kanan, tergantung selera kamu.

Jika kertas putih seakan berubah warna menjadi merah muda, maka hal tersebut menandakan bahwa kulit kamu cenderung putih atau terang. Namun, jika kertas putih seakan berubah warna menjadi kekuningan, maka hal tersebut menandakan bahwa kulit asli kamu adalah sawo matang.

3. Bandingkan dengan Warna Rambut

Biasanya, seseorang yang berkulit terang cenderung memiliki warna rambut yang jauh lebih gelap. Jika mereka mewarnai rambutnya dengan warna-warna yang terang, maka hasilnya pasti akan pucat.

Berbanding terbalik dengan mereka yang memiliki kulit sawo matang ataupun gelap. Hal ini karena jika mereka mempunyai atau mewarnai rambutnya dengan warna terang, mereka akan terlihat lebih segar dipandang mata.

4. Mintalah Bantuan Seseorang untuk Melihat Belakang Telinga Kamu

Cara berikutnya yang dapat kamu terapkan untuk melihat jenis warna kulit asli yakni dengan meminta bantuan kepada kerabat atau teman untuk melihat bagian belakang telinga kamu. Jika kamu memiliki warna kulit terang, maka bagian belakang telinga kamu akan cenderung berwarna pink.

Sebaliknya, jika bagian belakang telinga kamu berwarna kekuningan, maka dapat dipastikan bahwa kulit asli kamu berwarna sawo matang atau jenis kulit kecoklatan lainnya.




5. Cobalah memakai Perhiasan

Perak dan emas merupakan dua jenis bahan perhiasan yang paling laris di pasaran. Perlu diketahui bahwa kedua jenis bahan perhiasan tersebut dapat digunakan untuk mengetahui warna kulit asli kamu. Maka dari itu, kamu dapat mencoba cara yang satu ini.

Selain praktis dan mudah diterapkan, cara ini juga terbukti ampuh untuk mengetahui kondisi kulit kamu. Contohnya saja, wajah seseorang yang berwarna gelap atau kecoklatan akan bersinar jika dipakaikan perhiasan berwarna emas. Sebaliknya, seseorang yang warna kulitnya cenderung pucat atau terang, maka akan terlihat lebih baik jika menggunakan perhiasan berbahan perak.

6. Mencocokkan dengan Warna Pakaian

Mereka yang mempunyai warna kulit yang hangat (sawo matang) cenderung memakai pakaian yang berwarna mencolok, misalnya seperti orange ataupun kuning. Lalu, mereka yang mempunyai warna kulit yang netral akan lebih sering memakai pakaian yang berwarna biru, hijau, merah muda, maupun hitam.

Sementara dengan orang-orang yang memiliki jenis warna kulit yang terang atau pucat, amak akan cenderung pantas memakai pakaian berwarna apapun kecuali hitam maupun warna-warna lembut lainnya. Hal ini karena dapat membuat kulit orang tersebut lebih terlihat semakin pucat.

7. Mengekspos pada Cahaya Matahari

Cara yang satu ini tergolong sebagai cara yang ekstrim untuk mengetahui warna kulit. Alih-alih mengekspos secara langsung sinar matahari yang berlebihan, kamu dapat mencoba sinar yang intensitasnya jauh lebih rendah.

Ketika memakai cara ini, pastikan agar kamu tidak memakai make up apapun seperti sunblock, pelembab, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang berkulit sawo  matang, berbahagialah karena kulit kamu tidak akan mengalami bintik-bintik yang diakibatkan oleh sinar matahari secara langsung.


Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara mengetahui jenis warna kulit dengan mudah dan praktis. Dengan mempraktikkan semua poin yang telah dijelaskan di  atas, semoga dapat membantu kamu dalam mengenali warna kulit asli kamu sehingga bisa lebih maksimal dalam merawat kulit tubuhmu. 

Bisa baca juga jenis kebaya jika butuh referensi tentang jenis kebaya dari zaman jadoel.

22 Komentar

  1. Beberapa cara untuk mengetahui tone warna kulit di atas belum pernah aku coba...wah, ternyata memakai perhiasan emas atau perak juga bisa jadi caranya ya. Memang penting nih tahu tone warna kuit kita biar ga salah milih perawatan atau warna makeup yang akan kita beli nanti

    BalasHapus
  2. Belum pernah sampe segitunya sih mbak untuk tau tone warna kulit. Kulit saya coklat, ya udah coklat aja, wkwk. Jarang pake make up juga. Tapi boleh nih saya coba cara-cara di atas. Manatau saya mau pake make up sesekali.

    BalasHapus
  3. Wah ternyata untuk melihat warna dari jenis kulit kita ada ilmunya dan caranya ya mba. Aku baru tahu. Soalnya selama ini aku tahunya cuma lihat kulit di punggung tangan. Tahu warna kulit ini penting untuk milih produk kosmetik ya mba

    BalasHapus
  4. Oalaahhh, ternyata emas cocoknya buat yang kulit gelap ya, makanya banyak aktor-aktor berkulit gelap itu mengkoleksi emas di badannya sampai segede jangkar kapal hahaha.

    Tapi bener juga ya, kalau membayangkan mereka pakai perak rasanya jadi makin kusam deh, beda lagi dengan yang tonenya lebih cerahnya, kalau dikasih emas agak aneh hahaha.
    Lebih pas pakai perak :D

    BalasHapus
  5. Pas mba.. warna nadiku kebiruan. Sebenarnya tone kulit ku lebih cerah ya Mba..

    BalasHapus
  6. Wah setelah baca ini aku jadi yakin warna kulitku adalah sawo matang. Hihihi. Terimakasih tipsnya kak.

    BalasHapus
  7. Aku jadi paham ini warna kulitku sawo matang. Terus bisa lebih nyesuaikan warna baju sama jenis bedak seperti apa yang sesuai.

    BalasHapus
  8. waktu beli pelembab aku suka bingung sama kulit wajah sendiri hehe. Ternyata bisa dilihat dari belakang telinga y mba, baru tahu nih. Dan aku sih emang kulit gelap :)

    BalasHapus
  9. Suka banget sama artikel ini Mbak Susi... jd lebih tahu cara mengenali kulit sendiri. Terutama yang dengan melihat belakang telinga, kl pink berarti berkulit putih, kl kekuningan berarti sawo matang ya

    BalasHapus
  10. Wah saya baru tau mbak cara membandingkan warna kulit dengan rambut ...btw kulit saya item mbak apakah rambut saya harus di cat warna pirang nan terang biar terlihat cerah hihi

    BalasHapus
  11. Boleh juga nih tipsnya, aku lihatnya dari urat nadi sepertinya sawo matang, tapi kadang seluruh tubuh itu beda2 tone warnanya, kalau tangan sering terpapar matahari jadi agak mencoklat gitu, tapi bagian tubuh lain lebih terang.

    BalasHapus
  12. Wuih ... Aku nggak terpikirkan loh ada cara begini buat mengetahui tone warna kulit. Mungkin karena warna kulitku saat ini adalah warna kulit yang sesungguhnya ya, hahhaha ... Wis sawo matang wae nggak papa. Yang penting bersih dan bebas jerawat. Tapi sekarang sih seharusnya lebih gelap dari jaman aku kecil. Akibat sering kena matahari kali, ya.

    BalasHapus
  13. Pengetahuan baru nih mbaaa
    Warna kulitku emang cenderung terang, kadang urat nadi ampe jelas bgt.

    Sisi tdk enaknya, kalo ada bruntusan/ruam, jelaass bgt dah

    BalasHapus
  14. Aku baru tahu cara mengetahui tone kulit ini. Ternyata salahsatunya bisa dilihat dari urat nadi ya. Karena warnanya hijau gitu. berati sawo matang hehehehe

    BalasHapus
  15. Ini yg suka susah aku. warna kulitku gelap pengen kelihatan putih. terus dulu kalau pake baju suka ga cocok sama warna kulit.

    disini dapat ilmu baru. thanks ya...

    BalasHapus
  16. Cara yg simple banget tapi kulitku gelap hehe malas juga mau skincare tapi pacarku jago skincare dan suka glowing hahah

    BalasHapus
  17. Oalah gitu toh. Iya yaa, saya gak tahu nih tone warna kulit saya. Selama ini tahunya warna kulit itu ya kalau gak kuning langsat ya sawo matang. wkwkwk

    BalasHapus
  18. Ternyata banyak cara ya..kirain cukup dengan ngaca aja udah ketahuan hehe...Ngaca pun bisa pake pembanding kertas putih...

    BalasHapus
  19. MashaAllah. Jadi dapat pengetahuan baru nih. Saya mendadak mencoba semuanya. Dan baru tau kalau warna kulit saya cenderung terang karena nadi yang terlihat berwarna biru. Padahal merasa gelap yak hahahahaha.

    Bagus banget artikelnya Mbak. Saya share ah ke temen-temen.

    BalasHapus
  20. langsung deh cek kulit yang dekat urat nadi

    Ternyata banyak cara ya?
    Selama ini saya pemalasan, jika beli foundation dan bedak, pasti minta SPGnya untuk milihin
    Kalo beli baju, nanya ke penjual, cocok nggak :D :D

    BalasHapus
  21. Ya ampun, aku baru tahu lho mbak, begini cara mengetahui tone warna kulit ya. Cocok banget nih buat modal biar gak salah beli bedak.

    BalasHapus
  22. Hihihi kubaru tau, selama ini gak ngerti cara ngecek tone warna kulit sendiri. Jadi klo beli foundie atau bedak kadamg suka nanya sama mbak yg jaga, cocoknya warna yg mana 😅

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)