10 Ciri Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya

Dalam kasus tertentu - yang tentunya mendesak sekali - adakalanya seseorang sampai pada keputusan untuk mencari pinjaman online. Jumlah perusahaan semacam ini jumlahnya banyak sekali, seperti jamur yang tumbuh di musim hujan. Cuaca dan situasinya tepat. Maka tak ada pilihan lain selain selektif mencari. Saya punya daftar ciri pinjaman online terbaik dan terpercaya. Mau tahu?

ciri pinjol terbaik dan terpercaya




Pinjaman online sudah lama ada. Misalnya pinjaman online Tunaiku yang sudah ada sejak tahun 2014. Itu artinya sudah tujuh tahun melayani nasabahnya. Bahkan menjadi salah satu produk perbankan utama dari Amar Bank yang juga sudah beroperasi sejak tahun 1991. Jadi, ini bukan hal baru, hanya saja, pada masa pandemi ini jumlahnya luar biasa. 

Tahu, nggak? Jumlah total uang yang disalurkan oleh perusahaan pinjaman online legal pada bulan Januari 2021 lalu sudah mencapai 155,9 trilyun. Ini laporan dari OJK, ya. Bukan mengarang sendiri. Dan karena dari OJK, pastinya yang memang legal dan dalam pengawasan.

Berapa jumlah nasabah pinjaman online legal? Masih menurut OJK, jumlahnya mengalami kenaikan 134,59%. Itu artinya, pinjaman online banyak dijadikan solusi oleh warga Indonesia. 

Artikel ini bukan ajakan untuk meminjam uang di pinjol, ya. Justru sebaliknya, untuk lebih mengerti tentang produk keuangan yang satu ini. Silakan baca tulisan saya yang bertema finansial, baik tentang pinjaman online, kartu kredit, pembuatan rekening bank secara online atau cara mencari modal dari bank. Semuanya memberikan penjelasan tentang caranya sekaligus warning, untuk mengenal diri, kebutuhan dan kesanggupan. 

Jangan ambil pinjaman apapun untuk kebutuhan perut atau keinginan mendesak. Ambil dengan pertimbangan matang termasuk memahami risikonya, serta kemampuan membayarnya. Proyeksikan diri 3 bulan mendatang apakah masih sanggup? Jika iya, lakukan screening selanjutnya untuk mengetahui apakah benar dana tersebut sangat dibutuhkan.

Saya akan membagikan ciri sebuah pinjaman online bisa dipercaya. 

1. Terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan 

OJK sesuai namanya, mempunyai fungsi sebagai pengatur dan pengawas kegiatan di semua sektor jasa keuangan. Pinjaman online termasuk di dalamnya. OJK melakukan fungsi pengaturan dan pengawasan secara terintegrasi. Itu artinya, semua data yang ada sudah terdata secara teratur, adil, transparan dan akuntabel. Tugas utama OJK untuk nasabah adalah melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Saat ini hanya ada 149 perusahaan pinjaman online yang diawasi oleh OJK. Pastikan buka situsnya dan unduh dokumen 'daftar pinjol resmi OJK' yang dapat diakses di sana.


2. Punya kalkulator simulasi pinjaman

Sebelum meminjam saya sarankan menggunakan kalkulator simulasi yang ada di aplikasi pinjol tersebut. Oh, iya, buat saya ini salah satu syarat wajib ada saat menentukan mau pinjam. Memang kalkulator tersebut tidak 100% benar namun bisa jadi perkiraan. 



3. Bunga dan denda rasional

Pastikan diaplikasi tersebut memberi informasi mengenai jumlah bunga dan dendanya. Makin rendah makin bagus. 


5. Tenor pembayaran cukup lama

Ada pinjaman online yang hanya 1-3 bulan dan memang legal, namun menurut saya tenor atau lamanya pinjam juga menentukan apakah keuangan perusahaan bagus atau tidak. Saya pilih yang punya tenor pinjaman 12-24 bulan. 


4. Plafon pinjaman besar

Mau pinjam berapa? Kalau saya sih serendah-rendahnya, kalau memang sangat butuh dan setelah proses screening alias membuat ceklis mengapa harus pinjam terpenuhi. Tapi saya akan mencari perusahaan pinjol yang mampu memberikan dana utangan paling besar. Misalnya 20 juta. Lagi-lagi berkaitan dengan performa perusahaan tersebut.


5. Meraih sertifikasi ISO 27001

ISO 27001 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi, khususnya aspek keamanan fisik, logis, dan organisasi. Bahasa mudahnya sudah punya sertifikat tata kelola yang baik dalam penanganan informasi dan sudah melakukannya sesuai dengan peraturan hukum dan undang-undang yang berlaku di suatu negara. Singkatnya lagi, mampu melindungi data pribadi kita dengan sangat baik.


6. Transparan

Perusahaan memberikan semua informasi krusial seperti biaya administrasi, suku bunga, dan denda keterlambatan di situs resminya dan dapat diakses kapan saja. Setiap perubahan juga harus sudah diberitahukan di semua media jauh hari sebelumnya. Ini penting sekali agar nasabah tahu apa yang ia ambil.


7. Punya aplikasi

Perusahaan pinjaman online punya aplikasi yang sudah diunduh oleh banyak orang dan memberikan data real time data keuangan yang kita ambil di sana. Juga data peminjam secara global dapat diakses di sana.


8. Punya alamat jelas

Yang ini saya hampir kelupaan. Alamat dan kontak yang jelas adalah syarat mutlak untuk menjadi perusahaan peminjaman online terpercaya.  Jadi ia bukan entitas blur yang sulit dilacak. Harus jelas alamatnya, ada kantornya, dan baik kualitas pelayanannya.


9. Meraih penghargaan

Apa syarat meraih penghargaan? Tentu karena kualitasnya lebih baik daripada yang lainnya. Ada banyak penghargaan yang berkaitan dengan sekttor jasa keuangan. Pastikan pinjol incaranmu punya prestasi bagus dan terkini.



10. Punya media sosial yang aktif

Pentingkah sebuah perusahaan jasa keuangan punya media sosial aktif? Maha penting seperti netizen +62 yang mahabenar. Zaman digital, jika tidak ikut aktif di dalamnya akan tergerus oleh zaman. Jadi ini salah satu ciri wajib yang saya masukkan.


Sebenarnya masih banyak ciri pinjaman online terpercaya. Banyak sekali, dan bisa belasan. Namun Susindra stop sampai 10 saja agar mudah mengklasifikasikan mana yang akan diambil. Setidaknya memang harus menentukan top 3 sebelum memilih salah satu. Itu yang kami lakukan.


Tunaiku dari Amar Bank

Ini kali kedua saya menulis tentang Tunaiku dari Amar Bank. Yang pertama berjudul Pinjaman Online Tunaiku. Saya berikan informasi secara global namun tetap lengkap. 

Mengapa saya memberi rekomendasi Tunaiku? Karena ia adalah produk resmi dari Amar Bank. Sebuah bank resmi dari Surabaya yang berada di bawah naungan perusahaan multinasional yaitu Tolaram Group. Bank ini sendiri berdiri secararesmi dengan nama PT Bank Amar Indonesia Tbk.  Itu artinya bank ini bersifat terbuka, siapapun bisa membeli sahamnya, termasuk saya misalnya. 

Meski bank dari Surabaya, namun punya kantor pusat di Gedung Grha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat. Kurang bonafid apalagi, coba?

Alasan lainnya adalah 10 ciri di atas ada di sini. Lengkap semua. Informasinya dapat diakses di tunaiku.com termasuk bunga dan dendanya, media sosialnya, bahkan ada live chat setiap Senin-Jumat jam 08.00 - 17.00 WIB. Ini sangat membantu nasabah kapan pun.

Bagaimana jika butuh informasinya bukan hari dan jam di atas? Cuit saja di akun resminya. Kalau mau dapat penghargaan ramah pelanggan pasti langsung dijawab dan diberi solusi. Twitter always do magic.

review tunaiku


Tunaiku ini punya prestasi yang bagus sekali. Ada 4 penghargaan bergengsi yang berjajar di situs resminya, yaitu:

1. Indonesia's Most Popular Digital Financial Brands Award 2020

2. Top SME Leader 2020

3. Top Digital Awards 2020

4. Best Bank Awards 2020 versi Majalah Investasi


Itulah 4 award bergengsi yang didapatkan pada tahun 2020, artinya masih yang terbaik tahun ini. Beberapa di antara award merupakan juara bertahan.


Jadi tak ada alasan untuk tidak memasukkan Tunaiku sebagai perusahaan pinjaman online terbaik dan terpercaya, kan? Silakan unduh aplikasi Tunaiku dari Amar Bank dan pelajari lebih lanjut secara mandiri. Pastikan untuk melihat antara kebutuhan dan kesanggupan diri membayar ya.






45 Komentar

  1. Terdaftar di OJK penting banget ya buat mengawasi dan benar, harus tau alamat asli dan sosmednya juga ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini sangat penting selain harus tahu di awal bunga dan dendanya

      Hapus
  2. Wah kudu bener-bener teliti ya ternyata, nggak asal ketik iya aja setiap ada tawaran pinjol masuk via SMS. SMS tawaran ini kerap banget nyasar deh! Alhamdulillah ada artikel yang bikin waspada terhadap pinjol abal-abal. Semoga kita terhindar dari semua pinjaman deh, meskipun selalu ada kebutuhan mendadak, semoga selalu dicukupkan. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya yang nge-blast via SMS itu malah yang abal-abal deh...

      Hapus
  3. Sebelum merilis Tunaiku, Amar Bank terkenal karena qualified ya mbak?

    Jadi gak usah ragu meminjam selama kita bisa mengembalikan, khususnya untuk pinjaman produktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dikatakan yang awal-awal memberikan pinjaman online, Mbak

      Hapus
  4. dari ciri ciri pinjaman online terbaik yg mbak sebutkan ini, emang Tunaiku yang terpercaya ya mbak

    BalasHapus
  5. Sekarang harus bener-bener ekstra hati-hati kalo milih pinjol, soalnya banyak pinjol yang abal-abal. Ngeri. Kalo saya poin utama milih pinjol harus sudah terdaftar di OJK. Kalo udah ada di OJK rasanya udah aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ada 149 yang terdaftardi OJK, harus lebih selektif lagi

      Hapus
  6. Jika memang memerlukan untuk pinjam online, kudu nyari yang terbaik dari pinjol baik yang ada ya mba. Tunaiku memang pilihan tepat. Sudah terdaftar di OJK dan produk dari bank yg dipercaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Penting untuk menelusuri historinya dulu. setelah menelusuri kualitasnya.

      Hapus
  7. Sangat penting sekali untuk melihat kredibilitas perusahaan pinjol. Jangan sampai pilih perusahaan abal-abal, kalau nggak mau sengsara ke depannya. Paling penting sih liat sepak terjang perusahaannya dan cek statusnya ke website OJK, apakah terdaftar atau tidak.

    Mba, itu poin nomor 4 terbalik dengan nomor 5, hehehe...

    Makasih banyak ya tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha. Menulisnya di perangkat yang kecil, dan langsung. Hihihi.
      Makasih korekinya. Sekarang jadi galau karena total ada 11 ciri. wkwk

      Hapus
  8. Weitss, bener bangettt mba Susi.
    Jaman now, kudu detail dan teliti banget kalo akan berurusan dgn pinjol, fintech, dll.

    kudu dicek kredibilitasnya, jangan sampe terjerat masalah gegara fintech ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan pastikan sanggup bayar!
      Ini yang terpenting sih. Dendanya lumayan. Jadi sebelum apply cari berapa denda keterlambatan. Ini bagian dari manajemen risiko. Jangan mau denda yang harian/mingguan. Yang bulanan dan harus flat

      Hapus
  9. Bener sih teliti dulu, kalau misalnya kena denda realistis atau nggak. Soalnya malah kalau nggak masuk akal kudu hati-hati sebelum memutuskan meminjam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan ga tahu masalah denda ini. padahal pastinya disebut di form perjanjian.

      Hapus
  10. Ekonomi dan perencanaan keuangan dibutuhkan semua segmen kehidupan, cermat meminjam menjadi panduannjika memang harus meminjam. Panduan 10 tips membantu meminjam aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perkuat perencanaan keuangan dulu baru pinjam ya

      Hapus
  11. Kalau memang kita membutuhkan kenapa engga sih prinsip saya. apalagi tunaiku itu sudah bertahun tahun juga berdirinya dan tentu saja sudah legal kan. Bisa utk rekomendasi teman kalau membutuhkan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya prinsip ini perlu diuji lagi dengan screening kemampuan bayar dan seberapa mendesak saat meminjam.
      Saya ga mau pinjam saat mendesak karena cenderung gegabah. Beda kalau ada perencanaan keuangan dulu

      Hapus
  12. Tunaiku pinjaman online yg sudah berkejasama dengan ojk jadi aman ya... Pinjol boleh tapi harus yg legalitas ojk

    BalasHapus
  13. Aku pernah nulis tentag tunaiku sih dan emang udah terdaftar di OJK. Tapi aku paling enggak teratrik dengan pinjaman online karena narasinya udah negatif aja. Terlebih karena banyak kejadian tak diinginkan dari mereke yang terjebak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Iya, literasi keuangan memang masih buruk sih Mas. Mikirnya terdesak lalu pinjam padahal nggak gitu juga. Di atas saya tulis dengan jelas denda bulanan jika terlambat bayar agar orang tidak bernarasi negatif.
      Narasi demikian terjadi karena tidak tahu dan tidak teliti aja

      Hapus
  14. Untuk melakukan pinjaman memang harus diperhatikan yang perlu dipersiapkan, terima kasih banget infonya, langsung dicatat nih hihi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yang perlu disiapkan dan juga proyeksi masa depan. Minimal 3 bulan ke depan, deh, kalau saya.

      Hapus
  15. Wah di Indonesia makin banyak saja ya untuk pinjaman online sehingga inklusi keuangan tentunya akan semakin bagus. Tunaiku bisa jadi alternatif pinjaman untuk yang membutuhkan.

    BalasHapus
  16. Kalau saya sih prinsipnya lebih baik menghindari peminjaman melalui pinjol. Jika tidak benar-benar kepepet. Kalau sudah kepepet ya harus punya rencana bagaimana nanti pembayarannya.

    Tunaiku juga oke.

    BalasHapus
  17. 4 Award di 2020. Memandang Tunaiku sangat terpercaya. Pinjaman online memang bikin was-was. Tapi Tunaiku, nggak perlu ragu.

    BalasHapus
  18. Bisnis pinjol memang menggiurkan. Kadang-kadang dia tak lagi ada di wilayah abu-abu, tapi sudah masuk wilayah gelap. Makanya sebagai konsumen, penting nih buat tahu pinjol apa yang ada di wilayah terang.

    BalasHapus
  19. Pinjol asalkan dilakukan dengan perhitungan yang matang, bermanfaat banget, Hanya saja masih ada banyak masyarakat yg memang blm teredukasi dan hanya asal minjam aja.

    BalasHapus
  20. Memang adakalanya kita kepepet perlu pinjaman. Atau bisa juga untuk usaha. Tapi kadang salah pilih pinjolnya. Gak kredible. Jadinya kita terjerat utang atau analisa kebutuhan dgn pembayaran gak sesuai

    BalasHapus
  21. Sekarang ini memang banyak banget perusahaan pemberi pinjaman online ini Mbak, salah satu cara mengecek kredibilitasnya memang izin dari OJK itu

    BalasHapus
  22. pinjol skrg banyak yang megerikan ya mba, mungkin Tunaiku aja yang masih terlihat oke buat dicoba ya kan

    BalasHapus
  23. Kalau tunaiku ini memang dari Amar bank ya mbak jadi nggak was-was karena sudah terdaftar di ojk pula

    BalasHapus
  24. Kemudahan pinjol saat ini kadang bikin bablas juga ya Mba. Beberapa kerabat kubada yang sampai sekarang dikejar-kejar karena pinjol. Waktu minjam sih enak, dapat duit tapi harus ingat juga ngembaliinnya. Inilah pentingnya menentukan skala prioritas. Kalau gak penting2 amat mending tahan dulu.

    Kalau pun mau minjam harus jelas lembaga nya. Kaya Amar Bank ini bisa jadi salah satu pilihan yang aman untuk pinjol.

    BalasHapus
  25. Nah kaalau saya tipikal orang yang takut pinjam apalagi pinjaman online..tapi membaca uraian dari artikel ini menyadarkan saya bahwa kita harus cermat dan bijak terhadap pinjaman online karena banyak juga pinjaman online yang baik seperti Amar Bank ini ya mbak..

    BalasHapus
  26. Sebenarnya butuh modal sih untuk usaha, tapi masih takut untuk pinjam apalagi online... Entah ya

    BalasHapus
  27. nah komplit ini pertimbangan dalam milih Pinjol salah satunya terdaftar di OJK. Selama bukan hutang konsumtif menurutku gpp kok hutang, asal sanggup bayar. Jadi balik lagi kudu kritis lagi milih pinjol seperti apa, kudu yang paling bisa dipertanggung jawabkan kayak Tunaiku ini

    BalasHapus
  28. jangan sampe meminjam uang di pinjaman online dengan bunga yang tinggi dan tenor yang rendah apalagi meminjam di aplikasi online ilegal itu sangat berbahaya

    BalasHapus
  29. Kalau ngomongin pinjol emang selalu prokontra ya mbak. Tapi kalau aku sih, asalkan memang sudah tahu risikonya, ya silahkan saja. Asalkan tidak merugikan orang lain, termasuk paham dengan segala bunga denda dll, yang penting OJK lah biar nggak jadi korban

    BalasHapus
  30. pinjol skrg banyak yang megerikan ya mba, mungkin Tunaiku aja yang masih terlihat oke buat dicoba ya kan

    BalasHapus
  31. Menurut saya ada baiknya berhati-hati untuk menggunakan Pinjol agar tidak di Blacklist sama OJK.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)