Laptop Gaming untuk Kerja? Bisa!

"Laptop gaming buat kerja? Ga salah, tuh?" Tanya sesembak dengan nada kritis. Bukan kalangan blogger, vlogger, dan pekerjaan dengan -er lainnya yang sering menyebut diri pembuat konten. Wajar jika agak skeptis. Dikiranya laptop gaming ya untuk orang yang suka gim dan menghabiskan waktu dengan bermain saja.

Laptop Gaming untuk Kerja


Kata "gaming" memang membuat sekian ibu langsung waspada. Tapi uniknya malah kata ini sangat meningkatkan daya jual. Mungkin karena pada dasarnya manusia adalah homo luden. Manusia yang suka bermain. Dari lahir sampai masuk liang lahat. Astagfirullah.

Dan memang begitulah. Jenis laptop gaming paling banyak dibeli. Atau masih sebatas dimasukkan ke dalam waiting list. Harganya memang masih termasuk tinggi bagi saya.

Bekerja dengan laptop gaming, seenak apa? Yuk lanjut baca uraian Cakrawala Susindra.


Ciri Laptop gaming

Kerja sebagai konten kreator membutuhkan laptop sesuai dengan pekerjaan yang ia pilih. Kalau hanya berkutat pada konten tulisan dan gambar, sembarang laptop sudah cukup. Cukup ini relatif, sih. 



Tapi, kalau memang mau all in ya memang butuh laptop yang mumpuni. Di bawah ini adalah beberapa ciri khas laptop gaming.

1. Prosesor selalu lebih tinggi daripada laptop biasa
2. RAM yang disematkan minimal 16GB
3. Sanggup multitasking
4. Layar laptop minimal 15 inci
5. Kenyamanan tombol untuk gerak cepat
6. Storage besar
7. Pendingin bekerja optimal sehingga tidak mudah panas
8. Bodi kokoh
9. Baterai berkapasitas besar


Dengan ciri khas di atas, rasanya wajar jika para pekerja terutama pekerja konten akan lebih memilih laptop gaming. Bahkan meskipun ia tak suka bermain gim sekali pun. Tingginya penjualan juga membuat produsen laptop berlomba-lomba memuaskan keinginan dan kebutuhan pemakai laptop.


Bekerja apapun dengan laptop jenis ini sangat memudahkan pekerja dalam prosesnya. Lebih cepat selesai karena tak ada sesi nge-lag. Bisa dibawa ke mana saja tanpa harus cepat-cepat menggelar kabel. Mengedit video juga bisa maksimal.


Alasan-alasan ini juga membenarkan saya kenapa selalu membeli HP gaming meski begitu sampai di tangan, semua game akan saya hapus karena khawatir ingin mencobanya. Hehehe.


Launching laptop OMEN dan Victus dari HP

23 September, angka yang tertulis dalam undangan launching laptop gaming dari HP alias Hewlett-Packard. Peluncurannya di dua tempat, tapi keduanya dilakukan secara daring. Saat memasuki tautan pertama, saya merasa seperti tamu di sebuah rumah minimalis nan hangat. 

launching laptop hp victus dan omen
Setelahnya saya jadi merasa diajak memasuki gim labirin yang memberikan dua pilihan jalan. Informasi disampaikan dengan ringkas dan jelas. Menarik. Konsep yang menarik dan mudah dipahami. Bahkan bagi orang yang awam pada spesifikasi laptop. Saya bisa menyebutnya sebagai "labirin informatif".

Labirin itu membawa kami pada sebuah pintu menuju ruang konsultasi pribadi dengan tim khusus yang disiapkan dengan baik. Penjelasan diberikan secara langsung dan semua peserta juga diizinkan bertanya tentang produk laptop gaming seri Victus dan OMEN yang hari itu diluncurkan.

Ada juga menonton sesi main game secara live.



Laptop Victus 16

Kenalin si Victus 16 yang baru lahir. Laptop generasi 11 dengan prosesor  Intel® Core™ i7 processor, NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 mobile GPU. Karena laptop dengan spesifikasi untuk gim, maka cooling system-nya diperbarui dan lebih dioptimalkan. Pilihan warnanya dibuat garang yaitu Performance Blue, Mica Silver dan ceramic White. 



Laptop Victus 16 punya 8 fitur unggulan, yaitu:

1. Window 10. Dalam paket penjualan disertakan paket Office Home Student 2019. 

2. Wi-Fi 6 (2x2) + Bluetooth® Combo 5.0, dua tipe konektor yang kokoh dan jauh lebih cepat. 

3. Pengalaman bermain gim yang luar biasa, dengan adanya 11th Gen Intel® Core™ processors. Lebih cepat, anti ngelag, performa mantap, sangat responsif dan konektivitas kelas wahid. Bekerja dengan laptop ini juga super cepat.

4. Baterai fast charging, dalam waktu 30 menit bisa 50% terisi dari kondisi kosong.

5. Superspeed USB Type-C® port, reversible, sehingga tak perlu cemas jika salah posisi colok. 

6. NVIDIA® GeForce RTX TM 3060 

7. Up to 1 TB PCIe SSD storage 

8. Akses ke OMEN Gaming Hub, tempat semua keperluan gim dapat diperoleh. 




Laptop OMEN by HP 16

Laptop OMEN lebih mumpuni daripada Victus dan memang ditujukan untuk hardcore gamer. Harganya juga cukup mendekati dua kali lipatnya. Jadi wajar jika banyak plusnya di sana sini. Buat saya ini termasuk laptop sultan. Ada dua pilihan prosesor yang ditawarkan, yaitu Intel® Core™ dan AMD Ryzen™ 9 5900HX. Seperti apa sih keunggulannya?

1. Window 10. Dalam paket penjualan disertakan paket Office Home Student 2019.

2. Pengalaman bermain gim yang luar biasa, dengan adanya Intel® Core™ atau AMD Ryzen™ 9 5900HX, sesuai pilihan. Lebih cepat, anti ngelag, performa mantap, sangat responsif dan konektivitas kelas wahid daripada saudaranya.



3. Ultimate Play, dengan adanya GeForce RTX™ 3070 dan didukung oleh Ampere—NVIDIA’s 2. Kecepatan bekerja dengan laptop ini luar biasa.

4. Storage SSD sebesar 1 TB 

5. USB4™ Type-C® 

6. Keyboard gaming terbaru

7. Wi-Fi 6E 

8.  Akses ke OMEN Gaming Hub, tempat semua keperluan gim dapat diperoleh. 



Khusus untuk OMEN by HP 16 Laptop PC dengan prosesor AMD, ada tiga tambahan yaitu:

8. AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors

9. MD Radeon™ RX 6600M Graphics 

10. Baterai fast charging, dalam waktu 45 menit bisa 50% terisi dari kondisi kosong.


Sungguh laptop-laptop pilihan. 

Kalau saya, pastinya memilih laptop ini meskipun ciri khas laptop gaming memang lebih tebal dan berat dibandingkan laptop premium. Alasannya? Agar punya satu laptop untuk semua anggota keluarga. Semua karakter sekeluarga bisa masuk dan menggunakannya. 
Apalagi desain untuk keawetan, ketahanan, kenyamanan mata, lebih diperhatikan. Laptop gaming didesain untuk mampu digunakan sepanjang hari dengan tingkat multitasking melebihi semua jenis laptop.

Jadi.. terjawab, kan, kalau laptop gaming itu bisa untuk bekerja....



19 Komentar

  1. Setuju mba, laptop gaming selalu menggoda untuk dibawa kerja karena multitasking dan anti ngelag.. Sayangnya harganya bikin aku galau hiks

    BalasHapus
  2. Anti ngelag ini bikin penasaran. Tapi pas melihat performa Gamer Kevin dan Davina kemarin saat launchingnya, wah beneran cepat ya ... Misi pun terselesaikan dengan cepat

    BalasHapus
  3. Kalau aku lagi ngincer yg workstation nya HP mba. Huuw dapur pacunya gahar banget yak. Bikin mupeng

    BalasHapus
  4. Aku pikir selama ini laptop gaming dikhususkan untuk main game saja tapi ternyata banyak kegunaannya ya. Malah lebih oke ya performa nya.

    BalasHapus
  5. Anti ngelag dan multifungsi begini bikin kerja makin produktif ya mom.. Apalagi bentuknya instagramable gitu.. bikin jatuh cinta dah hehehe ^^

    BalasHapus
  6. Ehmm, kebanyakan laptop memang ada yang khusus kuat di gamingnya, tapi ini ada laptop kerja+gaming jadi lebih kuat dan sama-sama pas karena sekarang kebanyakan orang kerja sambil ngegame, jadi gak stress pas kerja.

    BalasHapus
  7. aku mupeng banget sama laptop ini. aku butuh buat ngedit video. sekarang ngedit video pakai smartphone, sangat terbatas.

    BalasHapus
  8. karena laptop gaming itu speknya lebih ok ya. lebih kuat untuk multitasking. jadi menurutku juga gak bakal ada masalah kalau di buat kerja.

    BalasHapus
  9. Buat kerja lebih mudah kenapa enggak. Apalagi nanti hiburannya bisa buat konten kece-kece, terus buat tulisan keren penuh manfaat. Akh, bahagia rasanya bekerja dengan laptop kece kayak gini.

    BalasHapus
  10. Buat gaming aja segahar itu, apalagi buat kerja ya Mba Susi. Sudah pasti lah joss.

    Saya abis baca OMEN dan Victus ini langsung ingat anak kembar saya, Rashif dan Rangin. Mereka serupa tapi tak sama. Kesamaannya adalah sama-sama ganteng dan bayi kuat. Hehehe. Muji anak sendiri.

    Saya juga pakai laptop HP nih Mba Sus, tapi emang bukan series gaming. Brandnya udah sejuta umat dan nyari printilannya juga gak bikin pusing karena banyak tempat servisnya.

    BalasHapus
  11. Ternyata performa laptop gaming ini oke banget ya mbak, meski lebih tebal tapi mungkin lebih tahan banting pas buat yang punya kerja selalu di depan laptop

    BalasHapus
  12. Gak salah dong laptop gaming dibuat kerja, apalagi performa nya mantap banget.
    Ditambah baterai fast charging,jadi gak perlu nunggu lama

    BalasHapus
  13. Sayangnya laptop gaming ini harganya menguras dompet ya mbak wkwkwkw. Tapi sepadan banget pasti dengan kwalitasnya

    BalasHapus
  14. Bagus juga nih laptop gaming yg direview. Bisa game sekalgus kerja, jadi ga gampang ngelag

    BalasHapus
  15. Laptop keren dan enaknya tidak hanya untuk gaming aja, tapi juga bisa untuk kerja. Duh, siapa yang nggak mau punya laptop kayak gini. Bikin pengen ini mah.

    BalasHapus
  16. Aq mupeng juga sama laptop satu ini, performanya maksimal bukan hanya untuk gaming aja, dipakai untuk kerja juga ok

    BalasHapus
  17. duh jadi mau banget deh sama omen ini. laptop gaming juga bisa buat kerja masyaallah

    BalasHapus
  18. Karena kita emang homo luden ya Mbak, makanya di kelas-kelas Ibu Profesional perkuliahannya dirancang dalam bentuk gamifikasi. Wah Laptop gaming HP keren ya, pastinya bisa juga dipakai kerja

    BalasHapus
  19. Sayajuga mengikuti launchingnya. Memang bener.. Dikemas dengan cara beda. Unik dan asyik... Jadi banyak tahu tentang laptop gaming terbaru dari HP yang memang keren...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)