Yuk Optimalkan Aplikasi Kasir agar Omset Bisnis Meroket

Salam, pengusaha yang berbahagia. Sudahkah Anda menggunakan mesin kasir online secara optimal? Mesin kasir modern kini berbasis aplikasi sehingga sangat menguntungkan dalam hal peningkatan omset. Aplikasi kasir untuk para pengusaha pun sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Menurut saya ini sebuah langkah maju yang luar biasa dan harus segera dilakukan.

optimalkan aplikasi kasir agar bisnis meroket


Pakai semua fitur di aplikasi ini dan nikmati peningkatan omsetnya! Tapi sebelum itu, selesaikan membaca ini ya. Tak sedikit pengusaha baru yang belum bisa memaksimalkan fitur dari aplikasi tersebut, padahal ini penting untuk meningkatkan omset bisnis. Seperti apa cara untuk memanfaatkannya? Yuk lanjut baca artikel Cakrawala Susindra ini!


Tips Mengoptimalkan Aplikasi Kasir untuk Meningkatkan Omset 

Apabila dilihat dari fiturnya, aplikasi kasir tidak hanya bekerja untuk mencatat transaksi dan menyediakan metode pembayaran yang lengkap. Melalui fitur tersebut pelayanan terhadap konsumen akan jauh lebih cepat dan praktis. 

Disisi lain, aplikasi kasir juga akan membantu dalam hal manajemen usaha yang bisa meningkatkan omset. Berikut ini beberapa tips mengoperasikan aplikasi kasir supaya omset bisnis meningkat, sebagai bagian dari literasi finansial bagi pengusaha baru maupun lama: 

1. Menciptakan dan Mencatat Promo Menarik

Promosi adalah salah satu bagian strategi untuk meningkatkan omset. Pengusaha perlu menciptakan promo kepada pelanggan baru dan juga loyal. Tujuannya agar mereka lebih konsumtif dan perputaran barang lebih cepat. 

Peran dari aplikasi kasir di sini adalah untuk mencatat promo secara akurat. Kasir tidak perlu takut lupa untuk menyertakan promo kepada pelanggan. Kasir hanya perlu klik jenis produk dan juga promo maka aplikasi kasir akan membuat kalkulasi otomatis. 


Kopi untuk cegah writer's block dan jaga konsentrasi

2. Memanfaatkan Fitur Loyalitas Konsumen

Selain promo, kita juga harus membuat layanan khusus kepada konsumen loyal. Omset bisnis bisa saja jumlah terbanyak didapatkan dari pelanggan loyal. Ada program loyal di aplikasi kasir untuk melihat siapa saja pelanggan tetap dan jumlah pembelian mereka. Memanfaatkan ini untuk membuat mereka makin cinta dan rajin belanja.

Contoh termudah adalah membuat program hadiah kepada konsumen loyal. Mereka hanya perlu mengumpulkan poin yang didapatkan setiap kali transaksi. Kegiatan ini akan mendorong konsumen untuk terus berbelanja, pencatatannya pun langsung di aplikasi kasir ini. 


3. Mengurangi Biaya Operasional

Setiap aplikasi kasir akan langsung mendata penjualan setiap harinya. Data tersebut akan dikumpulkan dalam bentuk laporan. Bahkan penggunaan kas kecil pun bisa dicatat dari aplikasi kasir. 

Berdasarkan laporan dari aplikasi kasir tersebut Anda bisa merancang ulang soal biaya operasional sehari-hari. Langkah ini akan membantu Anda untuk mengurangi biaya operasional harian yang mungkin saja tidak disadari berakibat boros. 

Tak perlu pusing mencatat dan menghitung manual lagi, kaaan.... Pos-pos belanja akan langsung terlihat di laporan.


4. Meningkatkan Jumlah Rata-Rata Pemesanan Produk

Suplai bahan baku sangat penting. Hindari kehilangan pesanan karena ada stok yang habis. Aplikasi ini membantu mencatat stok semua produk yang ada, sehingga bahan dari supplier bisa dikelola dengan mudah dan cepat. Pemesanan produk ini harus dicek secara berkala dan agar tahu kapan harus meningkatkan atau menurunkan jumlahnya. Proyeksi usaha bisa dilakukan denga cepat dan cermat.

Karena banyaknya permintaan yang bisa dilihat dari laporan penjualan. Jadi pengusaha bisa meningkatkan jumlah pemesanan produk dari supplier untuk produk yang laku keras atau akan diadakan promo, dengan begitu Anda tidak akan kehabisan produk untuk dijual. 



5. Pertimbangan untuk Mengubah Harga Produk

Omset bisa meningkat atau menurun juga tergantung dengan harga produk yang ditawarkan. Tidak selamanya harga naik omset menurun. Anda bisa mempertimbangkan soal peningkatan harga ini dengan mengecek laporan penjualan dan stok dari aplikasi kasir. 

Laporan dari aplikasi kasir diharapkan bisa membantu menciptakan keputusan soal harga. Anda juga bisa mengecek bagaimana kemampuan pelanggan dalam berbelanja berdasarkan data konsumen yang dimiliki. 


6. Manajemen Petugas Kasir 

Setiap kasir akan memiliki akun berbeda yang tujuannya untuk mengurangi kesalahan dan memudahkan pengecekan. Ada hal lain yang bisa Anda lihat dari hal ini adalah performa petugas kasir dalam menghasilkan omset. 

Contohnya ketika Anda memiliki usaha retail maka petugas kasir memiliki tugas untuk meningkatkan omset dari penjualan di area kasir. Display barang di area kasir sangat penting sehingga petugas bisa menawarkan produk. 

Dilihat dari akun kasir mereka bos akan tahu berapa jumlah penjualan yang bisa mereka hasilkan. Anda pun akan lebih mudah untuk menyarankan agar mereka terus berusaha dalam hal up selling





Aplikasi kasir bukan sekedar alat untuk melakukan transaksi. Saat ini ada banyak fitur yang memudahkan pengusaha dalam meningkatkan omset. Selama Anda sudah berlangganan aplikasi kasir maka sebaiknya optimalkan semua fitur yang telah disediakan. 

Jangan sampai uang yang sudah Anda sediakan untuk membeli aplikasi justru tidak bisa membuat omset semakin naik. Yuk optimalkan aplikasi kasir agar bisnis meroket! Mudahkan proses membangun usaha dengan aplikasi-aplikasi keuangan semacam ini dan nikmati proses membesarkan 'anak' usaha tanpa kehilangan banyak waktu untuk keluarga. 



3 Komentar

  1. Benar sih Mba mesin efisien seperti sangat diperlukan, kelihatannya emang berbiaya, tetapi kedepan lebih hemat dan lbh cermat

    BalasHapus
  2. Benar semua nih yang situturkan Mbak Susi namun ada saja yang berat menggunakannya padahal jadinya malah praktis ya kalau sudah terbiasa.

    BalasHapus
  3. Yup, bukan jadi ikut ikutan ya mba dengan adanya berbagai aplikasi nti malah bingung ya udah beli tapi buat menggunakannya kurang maksimal. Sayang kan

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)