Atasi Kejenuhan Naik Kereta Api dengan 5 Barang yang Ampuh ini

Kereta api tampaknya masih menjadi primadona bagi mereka yang ingin bepergian. Selain harganya yang relatif pas di kantong, naik kereta api juga akan memberikan pengalaman dan keseruan tersendiri. Saat naik kereta api, kamu akan disuguhkan pemandangan persawahan yang membentang luas dan deretan pegunungan yang bisa memanjakan mata. Belum lagi, saat melewati jalur pantura,  kamu akan bisa melihat pantai utara.



Buat yang ingin liburan dari Solo ke Jogja dengan menggunakan kereta, kamu bisa pesan tiket kereta Solo ke Jogja di Traveloka Lifestyle SuperApp. Kamu bisa memilih mau kereta api eksekutif, bisnis, atau ekonomi. Pilih yang sesuai dengan budget kamu.

Kalau perjalanan naik kereta api dari Solo ke Jogja hanya memerlukan waktu kurang lebih 40-60 menit, bagaimana jika kamu melakukan perjalanan yang lebih jauh? Misalnya dari Solo ke Jakarta yang memerlukan waktu kurang lebih 8-9 jam. 

Pastinya, kamu akan diliputi perasaan takut kalau akan merasa bosan selama dalam perjalanan. Tenang, kamu bisa membawa barang-barang ini untuk mengatasi kebosanan kamu selama perjalanan naik kereta api.


1. Bawa buku bacaan

Buat kamu yang punya hobi membaca, membawa buku atau novel bisa menjadi cara ampuh mengusir kebosanan selama perjalanan naik kereta api. Kamu akan memiliki banyak waktu luang selama perjalanan sehingga kamu bisa leluasa untuk menambah pengetahuan dari membaca. 

Jika kamu suka baca novel, kamu bisa menikmati ketika perasaan kamu hanyut dalam kisah yang ada di novel itu. Saat kamu asyik dengan buku yang kamu baca, maka rasa bosan itu bisa teralihkan.

 

2. Bawa camilan

Tidak hanya bisa mengatasi jika kamu tiba-tiba lapar di dalam kereta api, membawa camilan juga bisa membunuh rasa bosan saat kamu melakukan perjalanan dengan kereta api. Siapkan camilan dan minuman kesukaan kamu. Jika kamu tidak sempat membelinya, sebenarnya di dalam kereta juga menyediakan camilan. 

camilan ampuh Atasi Kejenuhan Naik Kereta Api
Kamu bisa menuju ke gerbong restorasi untuk membeli camilan di sana. Hanya saja kamu harus siap-siap merogoh kocek yang lebih dalam lantaran harga camilan atau makanan yang ditawarkan juga lebih mahal jika dibandingkan beli di supermarket atau minimarket. Jadi agar lebih hemat, sebaiknya kamu mempersiapkan camilan sebelum berangkat.

 

3. Bawa earphone

Barang yang satu ini tidak boleh terlewatkan ketika kamu akan melakukan perjalanan dengan kereta api. Saat kamu merasa bosan, cara ampuh yakni mendengarkan musik favorit atau menonton film kesayangan. 

Namun ketika kamu menikmati keduanya, usahakan jangan mengganggu penumpang lainnya sehingga kamu membutuhkan barang ini untuk mendengarkan musik atau menonton film favorit kamu.

Kamu juga tidak perlu khawatir gadget kamu kehabisan baterai selama dalam perjalanan. Kereta Api Indonesia (KAI) kini telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk memanjakan penumpangnya. Setiap bangku penumpang disediakan stop kontak untuk mengisi daya handphone kamu.

 


4. Bawa kartu

Nah, kalau barang yang keempat ini mungkin bisa menjadi rekomendasi barang yang wajib kamu bawa jika bepergian dengan teman atau keluarga. Kamu bisa membawa kartu apa saja yang biasanya kamu mainkan, misalnya Uno. Ketika rasa bosan itu menghampiri, kamu bisa memainkan kartu uno bersama dengan mereka. Selain dapat mengusir rasa bosan, permainan ini juga bisa menambah kedekatan kalian, loh.

 

5. Bawa laptop

Kalau kamu tipe orang yang tidak ingin waktu terbuang sia-sia dan ingin lebih produktif selama di dalam kereta, kamu bisa membawa laptop. Selama dalam perjalanan kamu bisa menggunakan laptop kamu untuk melakukan hobi kamu. 



Misalnya kamu seorang penulis blog, kamu bisa menggunakan laptop kamu untuk menulis. Jika kamu berprofesi sebagai youtuber, kamu bisa memanfaatkan waktu perjalanan itu untuk mengedit video yang harus kamu upload.

 

Melakukan kesibukan atau hobi selama dalam perjalanan pastinya bisa mengusir rasa bosan saat menempuh perjalanan dengan kereta api. Selain itu, kamu juga bisa lebih produktif dan tidak membuang waktu dengan sia-sia. 

Untuk pengisian daya laptop, kamu juga tidak perlu khawatir karena di dalam kereta juga tersedia stop kontak. Semua kereta api, baik yang eksekutif, bisnis, atau ekonomi sekalipun setiap gerbongnya telah dilengkapi dengan stop kontak.

Kamu tidak perlu ragu lagi memilih moda transportasi kereta api untuk bepergian keluar kota. Lakukan persiapan yang matang dan jangan lupa membawa barang-barang yang dapat menjadi solusi untuk mengusir rasa bosan selama perjalanan dengan kereta api. 

Tips ini bisa digunakan saat kamu naik pesawat. Pada prinsipnya sama-sama untuk mengusir kebosanan yang mungkin dirasakan.

Jadi kalau kamu sudah punya agenda bepergian keluar kota dan ingin budget yang lebih hemat, kamu bisa menggunakan kereta api tanpa perlu khawatir lagi akan merasa bosan selama dalam perjalanan. Perjalanan dengan menggunakan kereta akan membawa kesan yang berbeda jika kamu tahu cara menikmatinya.

Semoga artikel sekitar wisata ini membantumu mengusir kejenuhan selama di dalam kereta api. Semoga perjalananmu selalu lancar dan selamat sampai rumah kembali....


15 Komentar

  1. Perjalanan hal menyenangkan ialah mengikuti setiap pemandangan di luar akomodasi yang digunakan, beberapa hal diatas cocok dipraktikkan

    BalasHapus
  2. Nah bener banget perjalanan jauh memang kadang menjenuhkan saat lama berada di kendaraan apalagi kereta apalagi banyak orang. Bisa dipraktekkan ini mah, terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
  3. Beberapa poin di atas pernah saya lakukan, kakak. Yang paling sering itu buku bacaan, cemilan, earphone, dan laptop. Cuma saat udah punya anak yang bisa banget dilakukan itu ya, cemilan, earphone, buku bacaan (dibaca pas anak-anak tidur), dan mainan anak-anak, hehehe

    BalasHapus
  4. Benar. Aku pernah bekerja di Semarang. Kalau pulang ke Surabaya biasa naik kereta. Nah barang-barang yang nggak boleh ketinggalan ya emang beberapa itu, seperti novel, cemilan dan earphone. Hehehehe

    BalasHapus
  5. Harus isi waktu dengan lima benda ini yaa. Supaya perjalanan tidak membosankan juga. Dari pada mager tidur terus heuu

    BalasHapus
  6. saya masih pengen naik kereta, baru sekali naik kereta perjalanan jauh, sayangnya di malam hari jadi gak bisa lihat pemandangan di luar, lewatin sawah dan lainnya.
    Moga nanti masih bisa naik kereta lagi, biar bisa siapin semuanya dengan baik dan jadi gak jenuh saat di perjalanan kereta :)

    BalasHapus
  7. perjalanan menggunakan kereta apai untuk jarak jauh masih menjadi moda tramsportasi favorit bagi kami, anak-anak tidak jenuh dan masih ada ruang bergerak untuk mereka

    BalasHapus
  8. Jadi kangen naik KA. Terakhir bulan November tahun lalu, Bandung-Surabaya. Mayan pegel dan kliyengan. Memang membantu banget bawa 5 hal di atas biar engga jenuh...

    BalasHapus
  9. aaah aku hampir tiga tagun gak pernah naik kereta, tepatnya selama pademi. mengingat dulu kalaunaik kereta untuk mengatasi kebosanan selain bawa cemilan atau mainan, aku selalu jalan-jalan atau ngopi di restorasi mbak

    BalasHapus
  10. Banyak alternatif mengisi waktu di kereta, kalau diem doang malah bosen :)

    BalasHapus
  11. Naik kereta API jadi Tak lagi membosankan kalau Ada 5 alat ini ya mbak, note nanti sediain juga ah

    BalasHapus
  12. Aku jd inget dan mau cerita kalo dulu pernah trip bareng temen ke Jogja dan kita bawa kartu gitu. Ya Allah seru banget dan ngerasa jadi yg paling rame sendiri, aku jg bawa kartu Uno itu

    BalasHapus
  13. Seru gitu memang klo traveling naik kereta Api, aiih jadi kangen mudik naik kereta heheee

    BalasHapus
  14. Naik kereta api gak serusuh pesawat ya. Sebab perjalanan panjang, paling asik emang bawa buku bacaan, novel kesayangan. Kadang terbawa suasana pas lihat pemandangan di luar. Apalagi kalo novel roman. Duh duh. Hahahaha. Jadi kebawa romantisnya.

    BalasHapus
  15. Camjlan wajib apalagi di stasiun daerah suka ada camilan oleh-oleh . Dan yg utama ada carger ka jgn lupa. Yakan. Kalau batere abis ya mati kutu

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)