Cara Menguasai Skill Masa Depan

Kalau ditanya, "pekerjaan apa yang saat ini sangat banyak dibutuhkan tapi pemainnya masih sedikit", saya akan menjawab Data Scientist salah satunya. Apalagi jika ditambah kriteria "bisa dikerjakan di rumah". Masih ada opsi lain yaitu Data Analyst, Data Enginer, Data Administrator, Data Architect, dan lain sebagainya. 

big data atau data besar - cara menguasai skill masa depan


Ini salah satu fakta yang masih sedikit diketahui. Hanya lingkar tertentu yang menyadarinya. Makanya jika ditanyakan ke siswa sekolah SMA, mungkin dari 1000 siswa, mungkin hanya 100 siswa yang tahu, namun tak sampai 20 yang mengambilnya. Banyak yang masih asing dengan karier yang satu ini.

Padahal, profesi yang satu ini menjadi sangat penting sejak era digital. Ketika semua data diharapkan sudah didigitalkan. Ketika begitu banyak aktivitas harian menjadi data mentah yang bisa digunakan untuk kebutuhan pasar dan lainnya.


Pekerjaan yang sangat menjanjikan

Pekerjaan berawalan dengan kata "data" di atas selama beberapa tahun ini sangat menyedot pegawai, namun jumlah yang bisa diambil masih sedikit. Tak heran jika ada yang punya pekerjaan dobel-dobel, saking tidak ada yang bisa dipekerjakan. Tapi jangan salah, peminatnya juga sudah bertambah banyak karena peluang kerjanya yang menggiurkan. Apalagi beberapa bisa dikerjakan secara remote dari luar kantor.

Pekerjaan yang satu ini juga menawarkan karier yang berjenjang. Makanya perlu dilakukan akselerasi atau percepatan. Bisa dimaklumi, karena obyek yang dikerjakan memang bersifat "unlimited" dan perlu diolah. Hasil olahannya juga bisa beraneka rupa.

Yang jelas, pekerjaan yang berfokus pada big data atau data besar semakin diminati. Semakin banyak perusahaan yang menyadari pentingnya penggunaan big data. 

Pasalnya, data-data yang ada sangat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan. Data tersebut, tentu saja, merupakan data olahan yang sudah mengalami proses pengumpulan data hingga penganalisaan. 

data besar untuk analisa perusahaan



6 pekerjaan seputar data besar

Tak mudah mengolah data yang sudah dikumpulkan karena sesuai namanya - big data - informasi yang ada masih acak dan terus bertambah setiap detiknya. Perlu ilmu dan pengalaman untuk memprosesnya.

Saat ini sudah ada 6 pekerjaan seputar data besar atau big data yang terbuka lebar bagi semua orang, yaitu: 

1. Data Analyst. Tugas utamanya adalah mengolah data

2. Data Eengineering. Tugas utamanya adalah menerjemahkan algoritma komputer ke dalam kode prototipe dan mengembangkan proses teknis untuk meningkatkan aksesibilitas data.

3. Data architect. Tugasnya adalah memahami semua aspek desain database. Ini karena mereka bertugas merancang, mengembangkan, dan mengelola database

big data atau data besar - cara mengolahnya


4. Data Scientist. Tugas utamanya adalah memproses data dan menyajikannya dalam produk data.

5. Database Administrator. Tugasnya tak sekadar  mengelola database perusahaan, akan tetapi juga melakukan update, modifikasi, dan menjaga keamanan backup data.

6. Database Manager. Tugasnya adalah menjadi pemimpin tim data dan tugas manager pada umumnya. 


Skill Academy Camp

Untuk sobat Cakrawala Susindra yang tertarik dengan karier seputar data besar atau big data, bisa ikut Skill Academy Camp 2022, lho. Kelasnya dimulai bulan September nanti. Mumpung masih anget banget, ayo segera daftarkan diri. Jangan sampai melewatkan kesempatan emas ini, untuk membuka peluang pekerjaan baru yang sedang membutuhkan banyak sekali pemain baru. Apalagi gajinya juga termasuk sangat besar jika dibandingkan karier lain pada umumnya.

Apa sih Skill Academy Camp itu? Jadi, Skill Academy Camp adalah program akselerasi karir selama 2-3 minggu, semuanya full online, untuk persiapan kerja dan membangun portofolio kerja. Kelas persiapan karier ini diampu oleh para mentor yang ahli & berpengalaman. Mentor-mentor muda yang bikin mata melek dan hati terkagum-kagum.

Kelasnya secara live interaktif, dengan lingkungan belajar yang penuh semangat. Platform pelatihannya saat ini merupakan yang terbesar dan terpercaya, karena sudah dipercaya oleh lebih dari 10 juta pengguna. Dari jumlah itu, 88% dari mereka telah berhasil meningkatkan penghasilan setelah belajar di Skill Academy.

Kelas ini menawarkan 7 kelas, yaitu:

1. Data Analytics

2. Visualisasi Data

3. Digital Marketing

4. Microsot Excel

5. SEO

6. Copywriting

7. Communication Skill



Bagi yang tertarik pada program Data Analytics, berikut materi yang akan dipelajari:

1 Introduction to Data Analytics

2 Introduction to database and Basic SQL

3 Fundamental SQL Commands

4 Group By and Conditional Statements in SQL

5 Merge your data by JOIN

6 What statistics is all about?

7 Basic Statistics for Data Analysis

8 Working with data using Python


Skill Academy Camp ini dilakukan secara online sebanyak 8x pertemuan. Pada akhir kelas, semua peserta harus sudah bisa membangun portfolio. Dan sebagai reward, diberikan e-Certificate dan informasi seputar Career class. Jadi, semua peserta akan dapat memanfaatkan seluruh bootcamp dengan maksimal. 

apakah skill academy berbayar?


Apakah Skill Academy Camp berbayar? Tentu saja. Langsung klik Skill Academy Camp untuk sampai ke seluruh informasi tentang kelas, materi, dan harga per kelas. Ada juga informasi beasiswa di sana. Rugi kalau tidak langsung mencari informasi selengkapnya dan segera ambil kelasnya ya. Ingat, karier yang cemerlang menanti mereka yang cerdas memanfaatkan peluang.


21 Komentar

  1. baca SQL, aku keinget waktu kerja dan kuliah. Tentu sekarang udah makin canggih ya mba. big data.... data science. Jadi datanya nggak H-1 tapi udah real time, cepaaat bener deh pasti. Skill masa depan banget ini

    BalasHapus
  2. Kelas live interaktif tentu akan bikin peserta makin semangat belajar di Skill Academy Camp. Program akselerasi karir selama 2-3 minggu, semuanya full online, untuk persiapan kerja dan membangun portofolio kerja yang bermanfaat sekali diikuti untuk menguasai skill masa depan yang dibutuhkan.

    BalasHapus
  3. MEnarik nih Skill Academy Camp ... saya tertarik sama copywriting.
    Data analyst menjanjikan sih yaa ... tapi cocoknya buat yang muda-muda ...

    BalasHapus
  4. Semalam saya baru lihat konten di Tiktok yang membahas tentang Data Analys. Menarik banget ini infonya. Jadi langsung saya infokan ke anak saya yang kuliah. Supaya kalau bisa ditambah skillnya

    BalasHapus
  5. Ini profesi yang menjanjikan banget untuk karir di masa depan tapi sayangnya banyak anak-anak jenjang sma dan smk yang belum mengetahui atau bahkan sudah tahu tapi belum memahami. Kegiatan Skill Academy Camp ini bisa jadi solusi meningkatkan pengetahuan anak tentang skill masa depan ini.

    BalasHapus
  6. Kemampuan mengolah data ini adalah skill masa depan yang cukup menjanjikan ya mbak
    Punya banyak peluang pekerjaan yang bagus

    BalasHapus
  7. Iyess banget dunia pekerjaan yg berhubungan dg data atau dunia IT memang menjanjikan banget.

    Kebetulan suamiku kerja di IT juga, apalagi di masa pandemi butuh byk SDM karena pd beralih ke online ya.

    Nah pelatihan Skill Academy Camp sangat berguna.

    BalasHapus
  8. Kalau aku sepertinya akan mencoba mendalami Digital Marketing, apalagi kelas ini bisa dilakukan secara online jugakan ya mak? Jadi kita juga bisa atur waktunya ya.

    BalasHapus
  9. Iyaya, keseringan denger kata "data" tuh uda kebayang ribetnya.
    Tapi dengan meningkatkan skills di Skill Academy Camp, maka bisa memiliki skill yang berkaitan dengan Data Analysis dan dibuktikan dengan memiliki e-Certificate.

    BalasHapus
  10. Skill masa depan emang harus dipelajari dan di kuasai sejak jauh-jauh hari ya.. Ke depan skill ini bakal sangat dibutuhkan. Skill Academy emang jeli melihat kebutuhan ini

    BalasHapus
  11. Waktu zaman kuliah, sekitar tahun 2005 ada dosenku yang memiliki visi yang berkaitan dengan big data. Dulu sih mikirnya "Beneran nggak ya hal itu bisa dilakukan?" Ternyata, sekarang sudah canggih banget ya zaman. Berkat orang-orang dengan skill masa depan ini.

    BalasHapus
  12. Dulu pekerjaan yang serba teknologi itu masih di awang-awang. Sekarang sudah jadi favorit ya. Kalau pun sekolah umum belum ada, kursus kaya Skill Academy Camp juga tersedia. Jadi tetap bisa belajar di mana saja dan kapan saja

    BalasHapus
  13. Kadang orang bilang, halah ngerjakan data aja kan gampang. Wealaahh dikira yaaa... klo perusahaan gede kan justru penting nih penguasaan keahlian tentang pengolahan big data.

    BalasHapus
  14. Peluang terbuka lebar ya Mbak untuk pekerjaan-pekerjaan terkait data dan big data. Karena memang masih terbatas SDM-nya. Menarik nih Skill Academy Camp. Bisa jadi pilihan kursus yang menjanjikan pekerjaan bagus.

    BalasHapus
  15. Copywriting Data Analyst sepertinya bisa nyerempet-nyerempet ke bloger nih. Bisakah menjadi pekerjaan alternatif bagi bloger? Hm, saya jadi penasaran deh.

    BalasHapus
  16. Data science ini emang lagi booming banget sekarang ini mbak, tapi saya udah keder duluan karena mesti belajar bahasa pemrograman baru lagi, Phyton.

    Bagus juga nih kalau anak-anak muda memperdalam kemampuan mengolah data ini dengan belajar di skill academy

    BalasHapus
  17. Skill Acadedemy Camp ini seperti pelatihan atau kursus untuk tenaga siap pakai ya mba? Wah penting buat yang lagi fokus cari pekerjaan ya sebagai bekal atau modal kerja berbasis data.

    BalasHapus
  18. Setuju sih, skills anak anak jaman sekarang perlu dilatih sesuai jamannya. Bahkan kita juga bisa ikut melek skills jaman sekarang, jangan jadi gaptek ya.. jd semangat terus untuk upgrade skills nih

    BalasHapus
  19. Skill Academy Camp emang terkenal sebagai program akselerasi karir

    BalasHapus
  20. Aslinya tertarik banget dengan program Data Analytics tapi ya gitu, materi yang harus dipelajari banyak banget ya.. hahahah... mungkin kalau kursus di Skill Academy Camp bisa lebih ringan kali ya.. hehehe

    BalasHapus
  21. Jadi inget mba kosan dulu ada mata kuliah yang pakai data analisis di aplikasi SPSS. Sekarang mungkin lebih canggih dan cepat pengolahan datanya.
    Skill yang kudu dikuasai anak zaman now

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)