Anak Malas Belajar? Kenalin 12 Fitur Baru di Ruangguru Saja

Beruntung orangtua yang punya anak rajin belajar. Tapi kalau diprosentase, angkanya kecil ya. Lebih banyak yang malas belajar. Apalagi Gawai sudah di tangan. Bisa lupa waktu... Belajarnya kapan-kapan dan entah kapan belajar. Makin lama makin tertinggal dari teman sekelasnya.

Anak Malas Belajar Kenalin 12 Fitur Baru di Ruangguru Saja


Anak yang sudah ketinggalan pelajaran biasanya jadi tambah malas, apalagi jika sudah disertai dengan perasaan rendah diri. Ingin memulai belajar lagi tapi sudah tertinggal dari temannya. Ia masuk ke kategori anak underachiever. Sebutan ini menurut saya paling tepat karena nilai belajarnya rendah padahal punya potensi nilai tinggi. 

Kalau bicarain ini jadi ada perasaan sedih, ya. Apalagi jika sebenarnya hal semacam ini ada solusinya di Ruangguru.

 

Ruangguru bimbel online terbaik

Ruangguru adalah platform belajar terbaik dan terviral di Indonesia. Bentuknya bimbingan belajar atau bimbel, yang bisa diambil secara online. Jadi tidak lagi bergantung pada jarak dan waktu. Bebas belajar kapan saja dan di mana saja.

Menurut klaim perusahaan, yaitu PT Ruang Raya Indonesia, siswa bimbel mereka saat ini sudah mencapai 38 juta pengguna di tahun ajaran 2022-2023. Jadi tidak salah jika disebut sebagai bimbel online terbaik. Angka tersebut menjadi bukti yang sulit dibantah.

Ruangguru mampu memahami kebutuhan semua pelajar se Indonesia dan membuat inovasi yang menarik dan mudah digunakan. Contoh termudah adalah fitur AdaptoX yang mampu memahami dan membantu anak-anak yang malas belajar dan malas sekolah, akan tetapi juga sangat tepat dalam mengasah kemampuan anak genius agar semakin bersinar. 

Fitur yang sangat menarik sekali. Saya termasuk orangtua yang sangat berminat dengan fitur-fitur yang ada di platform bimbel murah dan yang online. Ibaratnya sama seperti saat belanja secara online. Harus cari informasi di sana dan sini, bandingkan ini dan itu, cari kejelekannya selain keuntungannya. Sedapat mungkin setiap rupiah yang keluar digunakan dengan tepat. Kalau bisa dapat bonus ini itu. Fitur AdaptoX termasuk dalam 12 fitur andalan di Ruangguru.

Baiknya langsung saja saya kenalin 12 Fitur Baru di Ruangguru. Bahas satu per satu secara singkat dulu, sebagai perkenalan. Saya akan menulis lengkap setiap fitur pada lain waktu di Cakrawala Susindra, karena saking keren dan bergunanya akan butuh banyak kata dan lembar tulisan. 


12 Fitur Baru di Ruangguru

Tahun ajaran baru 2022/2023, ketika para ibu sibuk dengan cara menjaga imunitas anak pada masa PTM, Ruangguru meluncurkan fitur baru. Semuanya bisa dinikmati penggunanya dan membuat anak bisa belajar dengan riang di rumah.

Fitur ini dirancang untuk dapat digunakan untuk semua tipe anak. Anak underachiever atau anak genius bisa menggunakannya dengan sama baik tanpa membandingkan kemampuan mereka.

Perlu dipahami bahwa anak underachiever itu bukan anak bodoh. Ia hanya anak yang malas belajar sehingga prestasi belajar rendah. Dan ini tidak berlangsung tiba-tiba. Juga bukan karena satu-dua-tiga penyebab. Sifatnya kasuistik dan multisebab. Nah, mereka ini bisa jadi rajin belajar dengan menggunakan 12 fitur yang ditawarkan oleh Ruangguru. Apa saja penjelasannya?

 

1. AdaptoX

Kemampuan anak belajar berbeda-beda. AdaptoX merupakan fitur yang mampu menyesuaikan kemampuan setiap penggunanya. Menurut klaimnya, bisa membuat presentasi belajar siswa sampai 85%. Kenapa begitu? Karena fitur ini sangat menarik dan interaktif. Konsep belajarnya menyenangkan karena simulasi belajar diciptakan seakan sambil bermain.


2. Zona berlatih

Setelah menikmati fitur belajar dan simulasi, lazimnya anak akan mencoba mengerjakan soal di Zona Berlatih. Secara alami saja, karena kepo adalah sifat alami manusia. Sampai di sini, orangtua bisa memberi beragam motivasi belajar ke anak. Karena nilai di zona ini dapat diakses oleh orangtuanya.

 

3. Ranking Liga XP

Anak yang mengerjakan soal akan mendapat nilai berupa XP dan gold. Nilai ini akan di-ranking. Ranking seluruh pengguna bimbel online tercatat dan resume nilainya tersaji di dalam bentuk XP dan gold di aplikasi. Anak dengan semangat kompetisi menjadi siswa terbaik akan sangat termotiivasi untuk mengerjakan soal latihan.

 

4. Playlist Rangkuman

Anak yang senang mengetahui poin-poin saja tanpa belajar banyak akan sangat suka dengan fitur Playlist Rangkuman. Juga anak yang sudah belajar dan hanya ingin melakukan penguatan. Yang jelas fitur ini membuat belajar menjadi semakin efisien.

 

5. Konsep Kilat

Untuk anak yang masih suka loncat-loncat saat belajar atau ingin langsung mengerjakan soal, bisa masuk ke Konsep Kilat. Soal-soal di sini disusun dengan menyatukan semua subbab yang ada dan cocok untuk latihan ulangan dadakan maupun ulangan akhir bab.

 

6. Playlist Belajar

Merencanakan pelajaran apa yang akan dipelajari dan tujuannya adalah salah satu cara belajar yang cepat. Playlist Belajar bisa digunakan untuk membuat jadwal belajar yang terstruktur dan terarah. Tentu saja playlist dibuat sendiri dan menyesuaikan tujuan belajar. Beberapa orangtua atau anak mungkin saja membuat playlist dari pelajaran yang ingin dikuasai atau belum dikuasai. Atau kalau saya akan menyarankan anak mengambil dari yang paling dia sukai untuk mendongkrak semangat belajarnya. Apalagi saya penganut konsep "meninggikan gunung, bukan meratakan lembah". Anak menguasai apa yang ia sukai daripada membuatnya bisa semua ilmu/keterampilan. 


7. Ruang Belajar Website

Belajar di Ruangguru sudah yang paling tepat, deh. Bisa diakses dengan aneka gawai yang ada. Mau pakai HP yang mobilitasnya tinggi, atau dengan personal computer yang punya visibilitas tinggi? Bisa keduanya. Kalau saya pribadi lebih menyarankan menggunakan kompoter atau laptop karena bisa lebih maksimal belajarnya. Jika adanya HP, maka pakai HP saja karena tetap seru, interaktif, dan semua fitur bisa diakses dengan baik.



8. Lembar Belajar

Beberapa anak suka mengerjakan soal di kertas daripada di gawai. Ruangguru sebagai bimbel online terbaik juga menyediakan banyak lembar belajar yang bisa diunduh lalu dicetak menggunakan printer rumahan atau nitip cetak di warung fotokopi dekat rumah. Mengerjakan dengan kertas memang punya sensasi berbeda, ya.

 

9. Ruang Latihan

Selain punya Zona Berlatih, Ruangguru juga punya Ruang Latihan. Mereka yang ingin mendapatkan XP dan Gold akan betah sekali mengerjakan soal di sini. Apalagi kalau bisa jadi yang terbaik di board nilai yang ada.

 

10 Video Belajar Kolaborasi dengan Aulion

Aulion adalah creatif director di Ruangguru. Sosoknya dianggap tepat sebagai pencipta video belajar karena sudah menjadi konten kreator yang sangat baik. Kehadirannya di sini diharapkan bisa makin mendongkrak ekosistem belajar terpadu yang sudah ada di Ruangguru. Anak-anak yang suka belajar dari yucup bisa dengan puas mengakses video belajar kolaborasi dengan Aulion.

 

11. Diskusi

Ada anak yang suka bertanya, suka diskusi, atau malah suka sharing. Atau ingin berinteraksi dengan pengguna Ruangguru lainnya. Semuanya bisa dilatih di fitur Diskusi. Ada master teacher Ruangguru yang siap membantu menjawab semua pertanyaan. Fitur yang satu ini termasuk yang menyenangkan bagi pemilik tipe analitis seperti saya dan si sulung yang selalu punya pertanyaan. Tiap jawaban menghasilkan beberapa pertanyaan sekaligus sampai penjawab lelah. Jangan khawatir, Master Teacher Ruangguru sabar menjawab setiap pertanyaan kok. Baik banget, ya.



12. UTBK Center

Fitur UTBK Center disusun untuk para siswa yang ingin belajar untuk persiapan masukperguruan tinggi. Ada 3 keunggulan yang ditawarkan di sini, yaitu (1) latihan soal secara fleksibel; (2) uji kemampuan melalui try out; dan (2) rekomensasi jurusan berdasarkan tes minat dan bakat yang dilakukan.


Wah, ternyata sudah panjang banget ya penjelasan saya tentang Ada 12 fitur baru yang sudah rilis di aplikasi Ruangguru yang bisa dicoba oleh para penggunanya. Apapun jenis belajar anak, karakteristik belajarnya, maupun tujuan belajarnya, Ruangguru bisa membantu. Kalau mau tahu lebih banyak tinggal klik di sini saja.

33 Komentar

  1. Memang ruang guru sekarang sdh jadi media belajar yang menyenangkan

    BalasHapus
  2. 38 juta pengguna... keren ruang guru dan mau untuk terus berinovasi sehingga semakin banyak yang tertarik dan terinformasi dengan baik ttg fasilitas ruangguru.

    BalasHapus
  3. memang bagus ruang guru, inovasinya banyak dan sesuai kebutuhan siswa

    BalasHapus
  4. Ruang guru memang bagus, inovasinya banyak dan sesuai kebutuhan siswa. fitur2 di ruang guru menjadikan siswa senang belajar

    BalasHapus
  5. Wow, saya termasuk yang amazed dengan fitur AdaptoX. Keren banget loh ada pilihan mau penjelasan yang cepet atau detail. Termasuk cara belajar murid merdeka ngga sih ini? Merdeka milih cara belajar yang paling pas buat mereka.
    Oh ya, istilah underachiever juga saya suka. Ah top lah nih

    BalasHapus
  6. Penasaran dengan fitur AdaptoX. Ini pastinya fitur kesukaan para orang tua yang sudah lelah meneriaki anaknya untuk belajar. Bisa meningkatkan sampai 85%, wow banget!

    BalasHapus
  7. Wah banyak sekali ya fitur baru di Ruang Guru, makin komplit aja, eh ada konsep kilatnya juga :D
    Anakku dulu jelang ujian juga sering belajar di Ruang Guru, berlatih soal-soal. Jadi makin semangat belajarnya.

    BalasHapus
  8. Meninggikan gunung, bukan meratakan lembah. Jadi ingat cerita monyet disuruh berenang dan ikan disuruh memanjat. Ceritanya mudah dicerna, tapi dalam penerapannya ternyata tidak sesimpel mendengarkan ceritanya hehehe.

    Sekokah anak saya juga bekerja sama dg RG. Tapi sejauh ini anak saya belum mau ikutan RG.mungkin belum ada faktor pendorong dr dalam dirinya. Jadi saya nggak maksa. Ulasan mb susi keren nih..akan sangat berguna ketika suatu saat anak saya tibaw muncul keinginan utk join RG

    BalasHapus
  9. Ada XP dan Gold, jadi serasa main game ya. Tapi ini berlombanya untuk mengerjakan soal-soal latihan. Secara nggak langsung menjadi motivasi buat anak-anak untuk belajar, biar bisa mengerjakan soal dan dapat XP makin banyak

    BalasHapus
  10. Wah sampai berjumlah 12 ya fitur terbarunya Ruangguru. Bahkan ada utbk center dan fitur diskusi segala yang bagus banget untuk pembelajaran anak

    BalasHapus
  11. aku juga pakai ruang guru untuk bimbel anakku mbak, alhamdulillah terbantu banget. apalagi dengan fitur yang semakin lengkap jadi anak-anak lebih nyaman belajarnya sesuai dengan gaya belajarnya

    BalasHapus
  12. Wah lengkap banget fitur belajar di Ruangguru yah mbak, pastinya bisa bikin anak makin semangat belajar deh. Tertarik banget sama yang Adaptox deh, kayaknya seru kalo kelasnya interaktif dan banyak games kayak gitu yaaah

    BalasHapus
  13. beruntunglah anak2 jaman sekarang ya banyak aplikasi yg memudahkan belajar ya. nanti kalo pas anakku pulang dr pondok coba aku kenalkan sama fitur2 andalan ruangguru ini supaya bisa bantu dia belajar. ruangguru emang manfaat banget

    BalasHapus
  14. Ruang Guru makin oke aja nih fiturnya. Aku tertarik yang utk UTBK dan juga soal2 yang bisa didownload itu utk belajar anak itu. Setuju banget anak2 underachiever itu sebenarnya enggak bodoh tapi memang kadang cara belajarnya aja yang gak tepat buat mereka. Ortu kudu jeli memahami kebutuhan anak ya mbak. Apalagi di era sekarang ini.

    BalasHapus
  15. Wah keren banget fitur2 Ruang Guru ini bisa bikin anak yang males belajar bisa tertantang dan termotivasi. Apalagi ada Ranking Liga XP yang bikin semangat ngerjain sola latihan soalnya bisa kompetisi sama temen2 lainnya.

    BalasHapus
  16. Fiturnya banyak yaa, yg adaptox tuh perlu banget. Makin banyak inovasinya Ruang Guru. Sampai 12 fitur ya. Memahami kebutuhan dan aku setuju kalau nggak ada anak bodoh 😁
    Mungkin kudu kreatif ya cara penyampaiannya..

    BalasHapus
  17. Makin banyak ya fitur yang ada di Ruangguru ini. Jadi anak juga semakin terbantu ya mba untuk belajar lebih maksimal dengan adanya ftur ini.

    BalasHapus
  18. terkadang yang paling berat memang menjaga semangat untuk terus mau belajar ya mba..dengan adanya ruangguru ini anak -anak diharapkan bisa tertarik ya mba

    BalasHapus
  19. Wah, keren banget ya fitur fitur terbaru dari Ruangguru ini
    Bikin anak jadi semangat belajar ya mbak

    BalasHapus
  20. wah keren nih 12 fitur terbaru dari ruangguru bisa meningkatkan keinginan untuk belajar lebih giat

    BalasHapus
  21. Wah, menarik sekali ini mbk. Makin kesini ruangguru makin keren ya. Banyak fitur terbaru yang bisa membantu abak anak untuk memahami satu pelajaran

    BalasHapus
  22. 12 fitur baru di Ruang Guru pasti ngebantu anak-anak dan orang tua yang selama ini masih bingung gimana cara ngajak anak belajar.

    BalasHapus
  23. Keceeee bangetttt fitur²nya

    Kok ya pas aku lagi cari yg ciamik utk anakku mbaaa

    Doi udah SMA, daku kudu selektif pilih yg terbaiiikkk utk anak ye kan

    BalasHapus
  24. Adanya Aulion bisa jadi penyegar dalam dunia belajar anak kita di Ruangguru ini ya. Lewat video anak belajar makin mudah memahaminya

    BalasHapus
  25. Ruang guru menjadi solusi anak susah belajar, apalagi disaat tugas menumpuk pelajaran anak2 sekarang sudah berat pula.

    BalasHapus
  26. Ruang guru makin banyak dan canggih fiturnya. Asik bgt Anak2 bisa makin fun belajarnya.

    BalasHapus
  27. Ih menarik banget belajar dengan berbagai simulasi, bisa menarik minat nih, bisa ikut uji coba juga ya

    BalasHapus
  28. wah di tahun ajaran baru ini Ruang Guru makin keren ya banyak fitur baru, semoga menjadi penyemangat belajar anak anak kita :)

    BalasHapus
  29. Ruangguru ini jadi platform belajar terbaik deh. Banyak fiturnya, selain itu ada UTBK Center. Cocok banget buat anak-anak SMA yg mau ke perguruan tinggi.

    BalasHapus
  30. Ruang Guru sekarang terkenal banget ya bimbel online apalagi di masa pandemi ya, fiturnya juga banyak dan menambah pengetahuan anak tentang pelajaran ya, menarik banget fitur diskusinya

    BalasHapus
  31. Ruang Guru fiturnya lengkap ya, makin keren aja. Membantu belajar anak-anak dan bikin semangat pastinya

    BalasHapus
  32. Fitur ruang guru ini menjadi pilihan yang tepat buat anak-anak yang terkadang agak malas-malasan ya kak hihihi

    BalasHapus
  33. Sekarang ruang guru makin kesini makin canggih aja fitur nya, dan harga nya tetap sama seperti dulu

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)