Terbaru, Daftar Universitas Terbaik di Jakarta

Saat memilih tempat kuliah, tentunya kamu membutuhkan banyak pertimbangan terlebih dahulu. Bagaimanapun kamu pasti berharap dapat menuntut ilmu di tempat yang berkualitas. Ini demi masa depan terjamin. 

daftar universitas tterbaik di Jakarta
Foto dari mamikos[dot]com

Ketika memilih kampus yang tepat, biasanya akan memperhatikan beberapa hal seperti akreditas kampus, output yang dihasilkan kampus, fasilitas dan pelayanan pendidikan, dan tentu saja reputasi kampus tersebut. Makin bagus kualitasnya makin menjadi idaman.

Di jakarta sendiri terdapat beberapa kampus yang berkualitas. Sebagian berupa kampus Perguruan Tinggi Negeri (PTN), sebagian lagi berasal dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS).Meskipun swasta juga tentunya tidak boleh dipandang sebelah mata. 

Berikut ini adalah informasi sedikit tentang 10 Universitas terbaik di Kota Jakarta untuk sobat Cakrawala Susindra. Semoga bermanfaat ya. Jika ada tambahan bisa ditulis di kolom komentar.


Universitas Indonesia

Nama universitas ini tentunya sudah tidak asing lagi bagimu, bahkan hampir seluruh pelajar di Indonesia sudah mengenal namanya. Diam-diam mengidamkannya. 

Universitas Indonesia atau yang lebih kita sapa UI memang salah satu universitas terbaik di Jakarta. Universitas negeri terbaik di Jakarta ini memang dikenal sebagai kampus yang selalu mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas, bahkan tidak sedikit lulusan UI selalu mendominasi perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia. 

Bahkan hingga saat ini Universitas Indonesia mempertahankan kualitas pendidikannya dan menduduki peringkat ke-3 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Ini menjadi poin tersendiri.


Universitas Gunadarma


Tidak hanya dikenal sebagai universitas swasta terbaik di Jakarta, perguruan tinggi swasta ini juga dikenal sebagai salah satu kampus mewah yang memiliki fasilitas lengkap di Jakarta. Bahkan saat ini Universitas Gunadarma menduduki peringkat ke-12 sebagai universitas terbaik di Indonesia. 

Prestasi demi prestasi dicapai, baik di tingkat nasional maupun internasional, sehingga tidak mengherankan jika kampus ini menjadi idaman banyak orang. Tidak berhenti di situ saja, Universitas Gunadarma juga dikenal sebagai kampus swasta yang dikenal menjanjikan prospek masa depan yang cemerlang bagi para lulusannya.


Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara sering disebut Binus. Ini adalah salah satu yang terbaik. Universitas swasta di Jakarta ini berada dalam naungan lembaga pendidikan Bina Nusantara. 

Dengan spesialisasi teknologi informasi, Binus saat ini telah menjelma menjadi salah satu universitas swasta yang disegani di Indonesia. Saat ini, Universitas Bina Nusantara menduduki peringkat ke-15 sebagai kategori universitas terbaik di Indonesia.


Universitas Mercu Buana

Berada di peringkat ke-16 sebagai universitas terbaik di Indonesia, itulah Universitas Mercu Buana. Unisversitas ini telah berhasil menorehkan banyak prestasi di tingkat nasional maupun Internasional. 

Universitas Mercu Buana berdiri sejak 1985. Kampus utama atau biasa disebut Kampus A terletak di daerah Meruya, Jakarta Barat, sedangkan untuk lokasi kampus Universitas Mercu Buana lain, yakni Kampus B, berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat, Kampus C di Depok, Jawa Barat, serta Kampus D di Bekasi, Jawa Barat.


Universitas Trisakti

Universitas Trisakti adalah perguruan tinggi swasta terbesar di Indonesia. Saat ini Universitas Trisakti menduduki peringkat ke-23 sebagai Universitas terbaik di Indonesia. 

Universitas Trisakti ini terletak di pusat kota Jakarta, tepatnya di Jalan Kyai Tapa, Grogol, di mana letaknya berada  di kawasan padat perkotaan di daerah Jakarta Barat.


Universitas Negeri Jakarta

Perguruan Tinggi Negeri yang satu ini dikenal sebagai kampusnya calon guru yang berada di Jakarta. Universitas Negeri Jakarta sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta terbukti telah memberikan sumbangsihnya secara luas kepada dunia pendidikan di Indonesia dan kepada masyarakat.



Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau Unika Atma Jaya adalah salah satu kampus swasta tertua dan bergengsi di Indonesia. Pada tahun 2008, Unika Atma Jaya memperoleh peringkat ke-3 sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia menurut versi Majalah Globe Asia. 

Tidak hanya sampai itu, Unika Atma Jaya juga masuk ke dalam kategori lima besar universitas swasta terbaik di Indonesia menurut survey PDAD tahun 2011. Ini juga pilihan yang bagus.


Universitas Esa Unggul

Berlokasi di kawasan Jakarta Barat, Universitas Esa Unggul juga berada di lokasi yang strategis. Posisi kampusnya dapat dijangkau oleh transporstasi dari seluruh penjuru Jakarta. 

Universitas Esa Unggul  memiliki program sarjana terapan Fisioterapi. Ini merupakan jurusan satu-satunya di Indonesia. Hingga saat ini, Universitas Esa Unggul atau yang sering disapa UEU ini berhasil menduduki peringkat ke-43 dalam kategori universitas terbaik di Indonesia.


Universitas Tarumanegara

Nama Universitas Tarumanegara ini diambil dari salah satu nama kerajaan di Indonesia, yaitu Tarumanagara. Universitas ini berdiri sejak Oktober 1959. Dahulunya saat awal didirikan, kampus ini bernama “Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara”. 

Universitas Tarumanegara berada di bawah naungan yayasan “Tarumanagara” yang juga berdiri pada tahun 1959.



UIN Syarif Hidayatullah

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta sebelumnya adalah IAIN Syarif Hidayatullah atau IAIN Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah ini berada di daerah Tangerang Selatan. Adanya UIN Syarif Hidayatullah dipercaya menjadi salah satu mesin dakwah penebar benih kebaikan dalam tatanan masyarakat kota Jakarta dan sekitarnya.


Itulah ulasan singkat terkait 10 Universitas terbaik di Jakarta. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah di kota metropolitan Jakarta, kamu bisa memanfaatkan daftar di atas sebagai rujukan tepat dalam mencari kampus terbaik. Kampus terbaik bisa membantumu menjadi sosok pembelajar sejati, karena kompetisi dan kesempatan sangat tinggi. 

Apapun pilihan kampusmu, persiapkan diri sejak jauh-jauh hari, karena tiap kampus punya karakter dan standar sendiri.  

20 Komentar

  1. Wah paling pengin kuliah di Universitas Indonesia, keren apalagi bisa kuliah jurusan sastra dan bahasa Indonesia, mantep. Memang rekomendasi banget kuliah di Jakarta, tetapi biaya hidup dan kuliahnya :)

    BalasHapus
  2. Ohh ini tohh universitas-universitas terbaik di Jakarta, aku izin share ya mbak rencananya mau kasih sama anak temen yang mau kuliah di Jakarta

    BalasHapus
  3. Universitas Indonesia masih menjadi unggulan untuk perguruan tinggi di Jakarta dan Indonesia

    BalasHapus
  4. Nah buat adik-adik kelas XII yang kemarin nggak lolos SNMPTN, universitas swasta yang ada di artikel ini bisa jadi bahan pertimbangan nih, buat melanjutkan studi.

    BalasHapus
  5. Sering denger nama universitas gunadarma di iklan TV (dulu waktu masih nonton TV). Ternyata dia universitas swasta terbaik ya. Wah baru tahu aku.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah kemaren ada sepupu yang baru wisuda dari Binus. Emang enak juga yah kuliah di sini, cepet dapet kerja kok. Tapi tetep yah UI idaman semua calon maba hehe.

    BalasHapus
  7. Saya dulu sempat punya keinginan untuk ke UNJ. Sampai kepoin websitenya untuk mendapat gambaran lebih. Tapi karena ortu minta untuk lebih dekat, saya pilih Universitas negeri malang dan Surabaya. Keterimanya di Surabaya.

    BalasHapus
  8. Menarik nih ada jurusan Fisioterapi satu-satunya di Universitas Esa Unggul. Profesi ini sangat diperlukan untuk membantu teman-teman difabel karena berbagai sebab.
    Terima kasih infonya. Bisa dishare ke teman-teman yang anaknya mau kuliah deh

    BalasHapus
  9. dulu ngincer UI sih, sepertinya keren banget bisa kuliah disana, ternyata cukup dengan study tour aja deh ke UI, kuliahnya ga disana, ga lolos tes hehehe

    BalasHapus
  10. Universitas Indonesia memang rasanya universitas impian banyak pelajar. Dulu aku nggak ada kepikiran buat kuliah di sana sih. Karena memang orang tua nggak mengijinkan kalau kuliahnya di luar Madura. Padahal keren kan ya...

    BalasHapus
  11. banyak banget ya Universitas terbaik di Jakarta. sebagian besar aku tahu karena ada teman dan sodara juga yang kuliah disana. Di universita indonesia dan Trisakti.

    BalasHapus
  12. Kalau ada kesempatan ingin sekali saya kuliah lagi di satu diantara daftar universitas favorit di Jakarta yang ada di artikel ini.

    BalasHapus
  13. tamabahin kampus aku dong mbak susi, universitas al azhar indonesia yaa..hihi

    BalasHapus
  14. Banyak juga ya kampus selain UI yang juga favorit. Alhamdulillah aku sih pada kenal semua. Pas banget, guru SMA. Yang biasanya pas kelas 12 cari kampus, banyak nyari2 juga. Jadinya kenal. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pengen banget masuk UI beberapa kali mencoba belum lulus , emang bukan otak UI nih jadi masuk swasta aja

      Hapus
  15. Wah universitas unggulan semua ya, tetep sih impiannya mau masuk UI apa daya gak Lilis jadi ke Mercu Buana deh

    BalasHapus
  16. Dulu pengen banget masuk UI, cuma ortu tak mengijinkan karena selain lokasinya jauh ortu mengkhawatirkan pergaulan saya ketika nantinya tinggal di Jakarta, alhasil masuk ke Universitas negeri sekitar Jawa Tengah aja

    BalasHapus
  17. Beberapa universitas favorit bisa menjadi rujukan belajar ke tingkat lebih baik saatnya nanti buat putra putri terbaik bangsa, lengkap pilihannya di Jakarta

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)