Mengapa Sebaiknya Beli Hosting Unlimited

Saya melanjutkan cerita sebelumnya, tentang pentingnya domain bagi blogger, ya. Bahasan tersebut masih jadi open discussion yang menarik. Akan menarik juga jika dilanjutkan dengan artikel tentang mengapa sebaiknya beli hosting unlimited.

mengapa beli hosting unlimited


Kenapa demikian karena oh karena, kita bisa mendapatkan domain gratis dari membeli hosting saja. Karena mereka ini sahabat yang saling berbagi selamanya.


Kapan saatnya beli hosting 

Hosting adalah media penyimpanan data sebuah website yang dilakukan secara online. Hosting mungkin tidak se-urgent domain, karena pada prinsipnya hosting adalah rumah bagi website, sementara domain berfungsi sebagai alamatnya. Prinsipnya nyaris sama, kalau rumah itu punya pilihan beli sendiri atau tinggal di rumah yang disediakan secara gratis. 

Kalau mau punya rumah sendiri ya memang harus beli webhosting sendiri. Dan namanya rumah sendiri tentu saja bebas membangunnya sesuai keinginan. Ada ribuan plugin yang bisa dipakai untuk menghias rumah.

Kalau mau rumah (blog) yang gratis selamanya ya seperti blog Cakrawala Susindra ini yang sengaja saya buat selamanya nebeng pada platform Blogspot. Saya enggan migrasi karena artikel di blog ini sudah hampir mencapai 1000 artikel. Tak sampai medio 2022 sudah bisa bikin artikel selebrasi untuk artikel ke-1000.

Itu sebabnya Saya lebih suka membuat blog-blog baru dengan wordpress. Yang lama biarlah jadi legacy. Blog yang baru menjadi rumah kreasi. 

FYI, tahun ini saya berencana membuat 10 anak blog sekaligus di platform Wordpress, dengan membeli hosting unlimited. Tiga anak blog sudah mengudara bulan Februari, bulan ini bertambah satu. Jadi, artikel ini bukan omdo. Ini berdasarkan pengalaman. Saya sudah punya 4 domain baru yang belum dibangun.



Ini juga yang menentukan kapan membeli hosting. Sobat sendiri yang perlu menentukannya. Bisa baca artikel sebelumnya, yaitu pentingnya domain bagi blogger

Tak hanya itu, membeli hosting juga perlu dilakukan jika ingin membuat blog atau toko online dengan lebih serius, lebih profesional, dan lebih bagus SEO-nya.  Tiga hal ini yang menurut saya menjadi poin penting mengapa sebaiknya menggunakan platform Wordpress. Optimasinya lebih mudah dan didukung oleh tools-tools yang lengkap. Segala ada. 

Bicara pengalaman juga, saya punya rekomendasi sebaiknya membeli domain id saja. Alasannya karena website dengan domain id lebih mudah ditemukan konsumen Indonesia, jika mereka mencarinya dari Google Search. 

Domain id merupakan domain resmi yang dikhususkan untuk website Indonesia. Ternyata memang itulah yang saya rasakan. Domain my.id saya lebih cepat naik trafik dan DA-nya. Coba deh, cek harga domain id terbaru ini dan pilih yang paling tepat untukmu.


Beli hosting unlimited saja

Jika memang ingin menekuni dunia blogging dengan serius, sebaiknya langsung membeli hosting dan domain sekaligus. Saya juga sarankan menggunakan platform Wordpress meskipun ada pilihan lain. Wordpress lebih mudah dipelajari dan dilakukan sendiri. Mendesainnya juga bisa dilakukan sendiri tanpa coding yang bikin pusing. Cuma tempel-menempel plugin aja. 



Senangnya lagi, ada hosting unlimited, sehingga bisa untuk beberapa blog sekaligus. Sesuai namanya, unlimited artinya tidak terbatas. 

Dalam konteks hosting, artinya memiliki layanan-layanan yang tidak membatasi kebutuhan pemiliknya. Misalnya jumlah bandwidth, jumlah email yang dibuat, jumlah email yang dikirim, jumlah database akun, jumlah addon domain dan subdomain, dan lain sebagainya.

Ketidakterbatasan ini benar-benar menjadi poin plus yang harus diambil, karena pada dasarnya perbedaaan harga tidak signifikan. 

Coba cek harga hosting murah ini dan lihat bagaimana menariknya penawaran tersebut, dibandingkan membeli hosting yang tidak unlimited

Oh iya, meskipun menyatakan unlimited, gunakan untuk 10 blog saja dengan target kunjungan unlimited. Ini cukup penting untuk mempertahankan kecepatan blog dan faktor kesehatan lainnya.


Hosting murah berkualitas

DomaiNesia sering disebut jika ada yang menanyakan tempat beli hosting terbaik di mesin pencari. Banyak yang merekomendasikannya sebagai tempat beli hosting murah kualitas bagus. 

Berikut ini kelebihan DomaiNesia, yaitu:

  1. Bebas pilih lokasi server. Ada 5 lokasi server yang bisa kamu pilih. Yaitu US (Dallas), JP (Tokyo), Merlin (England), SG (Singapura), dan ID (Jakarta).
  2. 2Transparansi status server secara real time. Jadi pelanggan dapat memonitor dengan melihat status server setiap saat. 
  3. 3Menggunakan SSD super cepat, sehingga akan membuat performa website/blog menjadi secepat kilat.
  4. Teknologi Cloud Backup dan Data Restore, sehingga pelanggan tidak perlu merasa takut kehilangan data ketika salah melakukan konfigurasi atau apapun
  5. Garansi 99,9% uptime, Artinya DomaiNesia memiliki garansi server UP sebesar 99,9%, dan akan semaksimal mungkin menjamin servernya untuk tidak down dan bermasalah.
  6. Terintegrasi dengan CloudFlare dan gratis SSL selamanya, sehingga dapat mencapai performa server tinggi. 
  7. Fitur Instant Deploy, sehingga dapat membuat website secara instan, cepat dan otomatis 
  8. Support PHP, Node.js, Ruby dan Python, cocok untuk web developper profesional.
  9. Garansi Uang Kembali, selama 20 hari pertama untuk layanan hosting apabila pelanggan tidak puas dengan performa layanan yang ditawarkan.
  10. Passionate Support 24 jam dan full panduan, dengan bahasa yang mudah dipahami dan dijelaskan step by step secara detail.
  11. Pengelolaan mudah, dengan dashbor cpanel yang mudah dipahami
  12. Proteksi ekstra untuk website berupa anti-virus, anti-malware, dan Imunify360 untuk pertahanan website. 
Dengan 12 keunggulan di atas, tak heran jika DomaiNesia menjadi andalan para blogger. Silakan dicoba, karena dari segi harga memang sangat menarik dan kompetitif. 


9 Komentar

  1. Nah yang hosting ini, karena saya menggunakan blogspot, jadi menggunakan hosting bawaan mereka... penasaran juga sebenarnya menggunakan hosting ini

    BalasHapus
  2. Kak saya masih menggunakan blogspot, referensi penggunaan hosting unlimited akan bermanfaat buat optimasi blog.

    BalasHapus
  3. ternak blognya banyak, keren nih kak, jadi terpacu untuk serius ngeblog, sy masih baru banget terjun di dunia perblogingan, terima kasih informasinya

    BalasHapus
  4. Mantul mbak Susindra. Saya mau mencoba ternak blog, tapi masih belum oke di mengisi kontennya. Kayaknya perlu japrian sama mbak Susindra, nih, hehehe

    BalasHapus
  5. Mantap nih, mau bikin 10 blog anakan. Saya dua blog aja kadang keteteran buat update tulisan.

    BalasHapus
  6. Bisa dicoba web hostingnya dari dulu pengen banget pindah dari blogger ke wordpress tapi masih nyari yang bagus

    BalasHapus
  7. uwow kaget saya mba sampai mau bikin 10 ternak blog. mantap. kepo gimana manajemen waktu dan nulis artikelnya mba. aku baru dua aja rasanya mau meledak, hihihi. tapi seru sih ya. btw aku belum aktifin lagi nih blog di WP, pengen banget karena punya fitur lebih. insyallah kalau mau domainin si wp aku pake domainesia deh

    BalasHapus
  8. saya juga sayang sih kalau harus pindah, blog utamaku juga udah 800an postingan, takut kenapa-kenapa saat migrasinya jadi sekarang kalau buat blog baru mending di WP, dan emang lagi belajar nyaman nulis di WP dulu ini secara dari 2016 betahnya di BS hihih.

    anyway mantab banget Mbak, rencana 10 anakan blognya dah sekarang udah mengudara 4, jadi udah 5 dong dengan yang blog utama ini? semangat terus Mbak :)

    BalasHapus
  9. Wah mau ternak blog sampai 10, keren Mba, semoga segera terwujud, semangat dan sukses Mba.

    Kalau aku sendiri ngeblog lagi agak pelan-pelan kaya siput banget ini, jarang diupdate, karena fokus agak terpecah.Siip juga tips hosting unlimited nya bisa buat referensi aku nanti juga kalau udah mesti pindah dari blogger

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)