Pentingnya Sebuah Domain bagi Blogger

Ketika memutuskan memiliki blog baru, saya memutuskan membuatnya secara serius. Maksudnya adalah membuat blog dengan self hosted dan domain tld. Tidak tanggung-tanggung. Tentunya dengan izin suami. Saat itu suami bertanya, seberapa pentingnya sebuah domain bagi setiap blogger?



Wah, ini bisa jadi bahasan yang menarik untuk semua sobat Cakrawala Susindra yang ingin menyusul menjadi blogger sekaligus pekerja lepas seperti saya. Akhirnya artikel ini jadi deh. Semoga dapat menjawab pertanyaan teman-teman nanti. 

Jawabannya ala-ala saja, bukan ala pro. Saya menjadi blogger karena suka menulis dan ingin tulisan saya banyak dibaca, jadi tidak punya ilmu cara menjadi blogger profesional.

Ini juga alasan saya tidak mau migrasi blog Cakrawala Susindra ke self hosted. Blog lawas ini biar saja seperti ini. Kalau mau mencoba enaknya pakai blog yang diklaim lebih mudah dan lebih profesional, saya bikin anak baru saja. Dan sudah saya lakukan. Nanti saya ceritakan di artikel tersendiri. 

Kali ini kita fokus pada pembahasa tentang seberapa Pentingnya sebuah domain bagi setiap blogger.


Domain adalah...

Domain adalah nama website yang diakhiri ekstensi .com, .co.id, dll yang diketik saat akan mengunjungi sebuah web atau blog. Nama ini bisa ringkas atau tidak, bergantung pada nama yang dipilih pemiliknya. Ada yang pendek misalnya bucin.com ada yang panjang misalnya artikelsuperlengkap.com. 

Aslinya, nama domain itu beripa deretan kombinasi angka dan huruf yang rumit. Fungsinya sebagai alamat sebuah blog/web. Nama domain mempermudah pemanggilan blog karena mudah diingat. 



Singkatnya, domain merupakan nama untuk mewakili IP address sebuah website yang biasanya berakhiran dengan .com, .co.id, .gov.id, dan sebagainya. Ragam ekstensi untuk domain ada banyak sekali, dengan berbagai variasi harga. Bahkan ada yang gratis juga. 

Domain mempunyai fungsi seperti sebagaimana sebuah alamaytrumah dari semua konten yang kita buat dalam satu blog. Semua konten tersebut dikumpulkan dalam sebuah 'rumah' yang disebut hosting. 



Alasan domain penting

Berikut saya merangkum 5 alasan saya menganggap domain itu penting bagi blogger. 

1. Alamat lebih ringkas dan mudah diingat

Blog ini aslinya memakai domain blogsusindra.blogspot.com. Cukup panjang jika ditulis. Cukup sulit dihapal oleh pembaca awam. Beda dengan domain susindra.com yang pastinya lebih mudah dihapalkan.


2. Harga domain tidak mahal. 

Meskipun masih nebeng pada Google namun tak banyak orang awam yang paham bahwa blog ini berbudget rendah. Hanya membeli domain saja. Kalau tahu tempat beli domain murah, harganya lebih irit. Harga domain paling murah Rp12.000,- per tahun, untuk ekstensi my.id. Saya senang ngumpulin dan cari domain id sekarang, sejak harganya turun. Selain domain id juga subdomain id seperti my.id dan web.id.

Saya beli susindra.my.id selama 5 tahun hanya membayar Rp55.000,-. Domain dengan ekstensi .com harganya lebih mahal, berkisar Rp150.000,-, di Domainesia sekarang ini ada promo hanya  Rp114.000,-



3. Terlihat lebih profesional

Nama domain dengan nama memberi keuntungan berupa reputasi yang baik. Lebih tepatnya menampilkan sosok penulis blog yang profesional. Dan memang bisa menjadi sebuah branding yang kuat bagi pemiliknya. Tak sedikit nama blog yang menggunakan nama pribadi, karena dinilai lebih memperkuat branding.


4. Membuka peluang kerjasama dengan brand yang membutuhkan

Tak dapat dipungkiri bahwa mayoritas brand lebih memilih menggunakan jasa blog yang sudah memakai domain tld daripada masih ada embel-embel blogspot atau wordpress di belakangnya. Mengganti dengan domain tld meningkatkan kemungkinan kerjasama sebesar 80%. Sisanya memang di performa blog dan rezeki pemiliknya. 


5. Untuk keperluan SEO

Menurut saya ini salah satu alasan mengapa harus menggunakan domain tld (berbayar), karena sangat berpengaruh terhadap hasil pencarian Google. Apalagi jika menggunakan kata kunci. Ini akan membawa jauh lebih banyak pembaca untuk datang, karena lebih percaya pada pandangan pertama. Apa itu domain dalam sebuah blog?


Bagaimana cara memilih domain?

Saat akan memilih nama domain, kita perlu mengingat tujuan membuat website atau blog; apakah untuk personal branding atau untuk kualitas SEO yang lebih mudah digapai? 



Saya pribadi lebih memilik tujuan pertama, yaitu untuk personal branding. Maka jangan heran jika saya memiliki 3 domain dengan unsur nama susi. Akan tetapi saya juga punya 4 domain lagi dengan unsur kata kunci yang ingin saya bidik. Jujur saja, untuk blog dengan usia kurang dari satu bulan, hasilnya memang lebih bagus yang mengandung kata kunci.

Ekstensi domain bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi SEO selain nama domain. Karena itu, usahakan untuk menggunakan ekstensi domain yang relevan dan sesuai dengan konten. Cek domain yang paling cocok bagi sobat Cakrawala Susindra.

Nah, silakan renungkan dua ini dulu. Luruskan niat menjadi blogger. Jika sudah mantap pilih alasan i atau 2, maka berikut ini tips memilih domain:

  1. Jumlah huruf dalam nama domain sesedikit mungkin. Yang terpendek adalah 4 huruf, misalnya buku.com.
  2. Gunakan kata kunci yang dibidik atau yang sesuai dengan niche blog. Misalnya cantik.com, atau kisah.xyz milik saya.
  3. Tambahkan infomasi lokasi untuk mengerucutkan hasil pencarian. Contoh mudahnya pasarjepara.com
  4. Kombinasikan beberapa kata kunci. Sebaiknya batasi dua kata kunci agar lebih pendek. Contohnya infopuan.com yang sudah jelas berkaitan dengan informasi seputar perempuan.
  5. Sedapat mungkin prioritaskan ekstensi .com.


Tips saya kali ini simpel banget dan nggak yang ndakik-ndakik. Tapi sangat membantu jika memang ingin serius menekuni dunia blogger. 


15 Komentar

  1. Wah bener banget domain itu memang penting untuk blogger apalagi untuk membuat artikel lebih berkualitas dan dijangkau banyak orang, mantep nih. Terima kasih infonya!

    BalasHapus
  2. Iya Mbak, saya baru setahun ini punya domain tdl, dan alhamdulillah mulai ada tawaran kerja sama.

    Senang sekali rasanya waktu pertama mendapat tawaran. Terima kasih untuk infonya ya Kak.

    BalasHapus
  3. Menurut pendapat penggunaan domain memangnpenting. Awalnya mengenal blog dari teman,lambat laun terbimbing darinya.

    BalasHapus
  4. Aku nih yang termasuk bingung milih domain. Artikel ini bisa jadi bahan buatku nyari domainn lagi. Memang harus jeli nih. Biar dipakai seumur hidup. Hehe...

    BalasHapus
  5. Iya benar, domain sendiri membuat kita, para blogger menjadi lebih profesional dan lebih mudah untuk menerima kerjaan di blog. Semoga kita istiqomah ngeblog ya, Mbak Susi.

    BalasHapus
  6. Senang aku baca info gini, awal blog pakai yang gratisan ,lambat laun karena mau jadikan pekerjaan pakai yang berbayar, punya rumah! Alhamdulillah.

    BalasHapus
  7. Saya juga memilih pakai domain yang bsa buat branding lebih mudah. Branding memang lebih mudah kalau unik dan sedikit suku katanya ya.

    BalasHapus
  8. Murah banget 55.000 selama 5 tahun. Jadi beli domain tidak beratin kantong dan enjoy juga nulis

    BalasHapus
  9. Bener banget domain Juga sebagai branding Kita ya mba... Lebih professional kesannnya kalau memang ingin menjadi blogger

    Ini beneran 55rb jadi mau bikin blog satu lagi

    BalasHapus
  10. alhamdulillah dengan domain, blog makin terlihat profesional. peluang2 job juga berdatangan.
    pengin punya blog lagi tapi masih belum bisa karena keterbatasan waktu

    BalasHapus
  11. Sayangnya aku baru baca tulisan ini sekarang. Dulu waktu beli doamin beneran nggak kepikiran mpe sejauh ini. Pokoknya pilih yang asyik aja udah. hehehe

    BalasHapus
  12. Punya domain kece itu, memang jadi membranding diri ya.
    Dengan begitu jadi peluang buat menghasilkan cuan juga

    BalasHapus
  13. Tipsnya simpel dan gak ndakik-ndakik kok Mba Sus. Hehehe. Jadi ingat saya dulu gak mikir seperti ini bikin nama domain, sebab memang tujuannya lebih mirip ke diary pribadi. Eh, siapa sangka malah ini yang datangi cuan. Meski demikian, bagi yang udah terlanjut bikin nama domain yang mungkin agak ribet kayak saya, bisa dikuatin di konten ya Mba Sus. Kalo kontennya sudah kuat, mau domain sebelibet apa pun pasti tetap dicari.

    BalasHapus
  14. Wah, memang sangat berpengaruh ya mbak domain itu. Harus banyak belajar lagi ini, terima kasih mbakk

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah selama saya sudah ada Domain khusus. Kedepannya lagi ingin membuat tulisan bermanfaat untuk lebih banyak orang.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)