Cara Unik Donasi Digital yang Sedang Populer di Masa Kini

Berkat kemajuan teknologi, donasi digital semakin ramai dan diminati banyak orang. Selama pandemi kemarin saja, data menunjukkan kenaikan sumbangan online sebesar 72 persen lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Salah satu penyebabnya adalah adanya cara unik donasi digital yang populer di masa sekarang ini.



Orang-orang semakin kreatif dalam melakukan proses galang dana. Mereka melakukan donasi digital menggunakan kecanggihan dan bantuan teknologi, yang melahirkanh banyak ide unik untuk melakukan galang dana dalam proses donasi digital. 

Sebelum masuk ke bagian contoh donasi digital yang sedang populer masa kini, apa sih sebenarnya, alasan yang membuat donasi digital diminati banyak orang? Apakah model donasi seperti ini jauh lebih baik ketimbang donasi offline? Cakrawala Susindra mencoba menguraikan semampunya. 


Alasan Donasi Digital Lebih Baik Dibandingkan Donasi Offline

Seiring berkembangnya teknologi, berbagai platform donasi bermunculan ke permukaan. Platform ini membantu masyarakat untuk mengirimkan donasi tanpa ribet dan dinilai lebih praktis. 

Ini dia alasan kenapa donasi digital lebih banyak dipilih dibandingkan donasi offline


Transparansi

Donasi digital dinilai lebih terbuka dibandingkan donasi offline yang lebih tertutup. Penanggung jawab donasi offline terkadang memang melaporkan total donasi yang terkumpul di akhir kegiatan. Hanya saja, perhitungan masuknya uang dan barang terasa kurang transparan. 

Hal ini berbeda dengan donasi digital. Transparansi terjadi mulai dari masuknya uang yang terlihat secara real time. Berkat kecanggihan sistem dan teknologi, kini kamu dapat secara langsung memantau jumlah donasi yang sudah terkumpul di platform kegiatan sosial yang menawarkan jasa kegiatan donasi digital. 



Rahasia Terjaga

Kenyataannya, tidak semua orang nyaman bila namanya tercantum sebagai pemberi donasi. Alasannya bermacam-macam, bisa karena memang tidak ingin terlihat sombong atau ingin menyembunyikan amal baik seperti anjuran agama. 

Donasi offline mau tidak mau membuat nama dan wajah penyumbang terlihat oleh orang lain. Berbeda dengan donasi digital, dimana penyumbang bisa memilih untuk menyembunyikan nama dari orang lain. Tentunya, privasi donatur pun lebih terjaga. 


Lebih Praktis

Seiring berkembangnya zaman, ada banyak orang yang kekurangan waktu, bahkan untuk sekedar pergi ke tetangga sebelah. Nah, dengan adanya donasi online, seseorang tidak harus pergi ke posko terlebih dahulu. 

Cukup lewat ponsel, kamu bisa melakukan donasi dengan praktis dan cepat lewat platform donasi. Cukup sediakan internet dan smartphone, kamu kini bisa menyumbang dengan praktis tanpa perlu buang waktu pergi ke posko. 


Jangkauan Luas

Bagi yang sedang menjadi relawan yang membantu penggalangan dana, donasi digital bisa dipertimbangkan sebagai opsi terbaik. Mengumpulkan dana di jalanan memang dapat dilakukan dengan mudah. Akan tetapi, jangkauan donasi hanya terbatas di tempat tersebut. 

Tentunya berbeda dengan donasi online. Donatur bisa dari seluruh penjuru dunia. Bisa membagikan informasi link donasi kepada banyak orang dari mana saja. Jangkauan donasi online bisa menyebar hingga seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. 


Banyak Pilihan Pembayaran

Zaman sekarang banyak yang tidak terbiasa memegang cash. Saya salah satunya. Platform donasi digital bisa jadi solusi terbaik untuk bersedekah tanpa ribet. 

Kebanyakan platform donasi online menyediakan berbagai metode pembayaran lewat transfer ATM hingga kredit. Tak hanya itu, pembayaran lewat e-money pun juga sangat memungkinkan untuk dilakukan. 



Contoh Donasi Digital yang Sedang Populer

Saat ini, donasi digital tidak hanya sebatas menggunakan e-money saja. Dua contoh donasi digital berikut ini sedang populer, lho. 


Lelang Barang Online

Bid online atau lelang sedang ramai digunakan para artis atau pengusaha untuk membantu meramaikan donasi pada campaign tertentu. Lelang ini dapat dilakukan siapa saja secara online

Saat ini, sudah banyak sekali platform kegiatan sosial yang menyediakan metode donasi digital dengan cara lelang barang online. Sebut saja, beberapa di antaranya seperti Lelang Indonesia dan Ayobantu. 

Lelang Indonesia merupakan suatu kegiatan sosial yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Uniknya, Lelang Indonesia tidak hanya menyediakan metode lelang barang secara online, tapi juga offline. Bagi kamu yang mungkin bingung dengan sistem lelang barang online, kamu dapat pergi ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang ada di tempatmu untuk mengikut Lelang Indonesia secara langsung.

Informasi terkait penyebaran KPKNL dapat diakses melalui laman resmi Lelang Indonesia. Nah, untuk kamu yang lebih suka lelang barang secara online, kamu dapat masuk ke laman resmi Lelang Indonesia dan masuk pada bagian "Galeri Lot Barang" untuk menemukan berbagai jenis barang yang sedang dilelang.

Ayobantu juga platform yang digemari. Semua kegiatan galang dana untuk donasi digital dilakukan secara online, yang dapat kamu pantau perkembangannya melalui laman resmi Ayobantu. Cara mencari campaign lelang di Ayobantu pun cukup mudah. Kamu dapat masuk ke laman resmi Ayobantu, kemudian pada bagian kolom pencarian, masukkan kata kunci “lelang”. Kamu akan menemukan banyak sekali campaign lelang untuk donasi digital baik yang sedang berlangsung ataupun sudah selesai dilakukan. 


Biasanya, hasil dari kegiatan lelang barang untuk donasi ini baik itu oleh platform kegiatan sosial mana pun, hasilnya akan disalurkan ke panti asuhan, korban bencana alam, memajukan pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. 




Donasi dengan Membeli Aset NFT

Cara unik untuk donasi berikutnya yaitu dengan membeli aset digital NFT. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa platform yang menyediakan kegiatan donasi digital dengan menggunakan aset digital NFT. Sebut saja, seperti BeKind dan Ayobantu. 

BeKind merupakan sebuah start up yang menciptakan aset digital NFT yang akan digunakan untuk mengumpulkan donasi digital. Aset digital NFT dari BeKind ini diluncurkan secara internal untuk dibeli oleh orang luar. Sedangkan Ayobantu, saat ini menawarkan jasa untuk pengelolaan aset digital dan hasil donasi digital dari penjualan aset digital NFT melalui campaign-campaign yang sedang mereka selenggarakan. 


Donasi dengan Blockchain

Cara unik untuk donasi digital yaitu dengan berdonasi menggunakan blockchain. Apabila selama ini kita mengetahui blockchain sebagai salah satu turunan mata uang crypto yang berfungsi untuk menyimpan uang secara digital, ternyata blockchain juga dapat kamu manfaatkan untuk berdonasi. 

Bagi kamu yang paham dengan blockchain, akan sangat bagus untuk memanfaatkan metode ini untuk berdonasi secara digital. Hal ini karena proses donasi dengan blockchain aman dan dilakukan secara transparan. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir terjadinya sindikat penipuan atau penyelewengan hasil donasi digital yang terkumpul oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Itu dia beberapa kelebihan donasi digital dibandingkan donasi secara offline. Baik donasi offline dan online sebenarnya sama-sama bagus. Hanya saja, bila kamu mencari yang praktis dan aman, bisa pertimbangkan untuk berdonasi online saja. 






4 Komentar

  1. berdonasi secara digital jadi pilihan masa kini karena dirasa mudah dan cepat apalagi sekarang sudah banyak cara untuk berdonasi. Aku baru tahu kalo blockhain bisa digunakan untuk berdonasi. sungguh menarik

    BalasHapus
  2. Donasi online memang gampang banget, apalagi karena banyak banyak lembaga-lembaga yang menyediakannya. Tapi ya itu, kurang transparan akan jumlah yang terkumpul. Solusinya yaitu dengan memilih platform terpercaya.

    BalasHapus
  3. Wah aku baru tau ini kalo aset NFT sama blockchain ternyata bisa di donasikan direct begitu. Aku pikir ya di uangkan dulu baru bisa didonasikan

    BalasHapus
  4. Aku pernah mengikuti donasi online, kak Susi...memang terasa sekali kemudahannya. Apalagi sekarang yaa...lebih seneng kalau dompet digital yang ada isinya ketimbang uang cash. Berasa lebih aman aja gitu yaa..

    Dan inovasi donasi menggunakan blockchain ini cara baru masa kini yaa..
    Bisa dicoba dan semoga menjadi manfaat yang lebih luas bagi yang membutuhkan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)